Bina Keluarga Balita (2)

Bina Keluarga Balita (2)

Pada tulisan saya sebelumnya, saya menyampaikan perkenalan dengan BKB.

BKB, atau bina keluarga balita, merupakan sebuah program dari pemerintah dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal. Anda jangan kecele, BKB ini tidak sama dengan PAUD(Pendidikan anak usia dini) ataupun TPA karena sasaran dari BKB ini adalah keluarga/orangtua yang memiliki anak balita 0-5 tahun.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kesadaran, dan sikap orang tua serta anggota keluarga untuk mempersiapkan pendidikan anak usia nol (0) sampai dengan bawah lima tahun, dalam rangka menumbuhkembangkan kecerdasan balita.

Sebagai orang tua baru, atau orangtua muda, banyak diantara saudara kita yang tidak mengenyam pendidikan secara memadai, belum memahami pola asuh dan tumbuh kembang anak yang baik.  Untuk itu, pemerintah menyediakan program ini untuk mereka sehingga akan memberikan manfaat kepada mereka. Apa sih manfaat ikut BKB? Ternyata dengan mengikuti program ini menjadi lebih pandai mengurus dan merawat anak, pandai membagi waktu dan mengasuh anak. Bertambah wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak, serta meningkatnya keterampilan dalam mengasuh dan mendidik anak balita.

Yang menjadi alasan utama, mengapa orang tua yang punya Balita harus mengetahui pola asuh anak, adalah pembentukan karakter sejak dini. Sebagai masa yang merupakan tahap awal dari kehidupan seseorang, masa balita dipandang penting karena di masa inilah diletakkan dasar-dasar kepribadian yang akan memberi warna ketika kelak balita tersebut tumbuh dewasa. Disinilah peran orangtua sangat diperlukan dalam membina dan memantau tumbuh kembang anak.

Sebagai orang yang paling dekat dengan Balita, sosok ibu lah yang lebih banyak mengetahui perkembangan anaknya. Apa jadinya jika seorang ibu tidak memiliki pengetahuan tentang pola asuh dan tumbuh kembang anaknya? Bukan tidak mungkin, sosok-sosok koruptor yang kini menghuni negeri ini, tidak diperhatikan tumbuh kembangnya karena kesibukan orang tua mereka.

Bagi anda, sekali lagi, yang peduli dengan kemajuan bangsa ini, yuk mari ajaklah tetangga-tetangga anda untuk mengikuti kegiatan ini.

Sekedar berbagi pengetahuan dengan anda semua para pembaca, berikut ini adalah sebagian kecil materi dalam BKB yang diberikan kepada ibu balita.

  • Perkembangan Fisik Anak yang dipantau dalam KKA (Kartu Kembang Anak)
  • Gerakan kasar dan gerakan halus anak balita 0 – 24 bulan
  • Kemampuan pengamatan anak balita
  • Komunikasi Aktif dan Pasif pada balita
  • Perkembangan Kecerdasan Balita
  • Kemampuan Menolong diri sendiri pada Balita, serta
  • Tingkah laku sosial anak

Teknis kegiatan ini adalah dari dan untuk anggota BKB. Dalam satu kelompok BKB ditunjuk satu atau beberapa kader yang bertugas untuk menyampaikan materi penyuluhan. Biasanya, kegiatan BKB ini terintegrasi dengan kegiatan-kegiatan anak seperti TK, TPA, ataupun PAUD. Jadi, dengan ikut BKB, anak dan ibu sama-sama pintar.

Berminat ikut BKB? Silahkan hubungi Petugas Penyuluh KB setempat, untuk mengarahkan anda mengikuti BKB.

About these ads
Explore posts in the same categories: Bina Keluarga

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

17 Comments on “Bina Keluarga Balita (2)”

  1. Lilies Linggardjati Says:

    Mohon informasi lokasi BKB wilayah Bekasi Utara.Karena saya sebagai ibu baru yang mempunyai anak usia 14 bulan yang aktif,ingin rasanya utk mengikuti program BKB Terima kasih.

    • hadisome Says:

      bu, bkb itu khusus untuk membina keluarga yang memiliki anak balita. pilihan ibu sudah tepat, karena disana akan diberikan penyuluhan tentang pola tumbuh kembang anak. saya tidak berdomisili di bekasi bu. tp saya yakin di setiap kelurahan pasti ada BKBnya. coba ibu hubungi para pengelola pkk kelurahan. pasti ada kok. maaf baru dibalas, soalnya sebulan kemaren kegiatan saya padat, ikutan nyensus

  2. eka cahyani Says:

    wah,,,menarik juga nih,,,
    jadi pesertanya tuh ibu2 yang anaknya ikut PAUD gitu ya??
    sejauh ini gimana perkembangannya pak?apakah banyak pesertanya?

    • hadisome Says:

      iya, kolaborasi aja. daripada ibu2nya nganggur pas nungguin anak2nya… sejauh ini pesertanya belum terlalu banyak. programnya masih sebatas seremonial perlombaan saja


  3. saya kader bkb…diposyandu saya sudah berjalan..

  4. Ineu Isnaeni Says:

    Ass Wr Wb saya kader pkk pokja dua kebetulan bulan juni ada mahasiswa yang yg ngambil jurusan pendidikan ada tugas kkn di desa kami.selama 3 minggu dengan membuka paud.kami waktu itu membantu sosialisasi kemasyarakat dan alhamdulilah responnya bagus,selesai kkn paud dikelola oleh pkk,yang jadi permasalahan kami adakah pelatihan paud dan bkb yang diadakan oleh swasta dan pemerintah untuk tutor secara cuma cuma atau gratis karena kami relawan tidak dibayar terima kasih senelumnya

  5. dini lestari Says:

    Salam kenal pak, saya dini memiliki seorang putra berumur 1th 8 bln,berdomisili di daerah gandul jakarta mohon infonya unt, no. Telp yg bs dihubungi apabila ingin bergabung dgn program BKB ini, atau mungkin ada ibu2 lain yg sdh lbh dulu bergabung mhn informasinya ya

    • hadisome Says:

      halo Bu Dini,
      biasanya program BKB itu terintegrasi dengan program posyandu atau PAUD. coba ibu tanyakan ke posyandu terdekat, barangkali sudah mengintegrasikan posyandu dengan BKB, nanti ibu bisa bergabung di sana.

  6. yudir Says:

    sy ingin bergabung ke BKB, anak sy sdh 3 pr 2 lk 1 yg ke 1 9th yg ke 2,3 usia 2,5bln

  7. putra idrus Says:

    konsultasi tentang BKB dikenai biaya atau gak?

  8. Umi'e Hilmi Says:

    apakah d surabaya sudah berjalan?

  9. kent Says:

    Posyandu saya sekarang terintegrasi dgn paud..menjadi POS PAUD karena BKB kami mendapat peringkat 1 dikabupaten juga posyandunya..untuk anak yang terlayani di Pos Paud dan yang tidak terlayani sangat berbeda sekali perkembangan kemampuan kecerdasanya dan itu terlihat di pendidikan selanjutnya. Di POS PAUD anak akan dapat dipantau perkembanganya dan pertumbuhanya,perkembanganya melalui aspek-aspek ” Moral & Nilai Agama , Bahasa ,Fisik/Motorik , Kognitif , Sosial Emosional , dan Pertumbuhan melalui kegiatan Posyandu dan BKB ( penimbangan,pengukuran lika,tinggi badan,& PMT)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,155 other followers

%d bloggers like this: