alat kontrasepsi: IUD

Sudah hampir satu bulan ini, saya bersama tim dari kantor melakukan penyuluhan dan konseling di ruang delima RSUD Cianjur, dengan sasaran penyuluhan adalah ibu post partum (pasca kelahiran) dan pasca keguguran. Kegiatan ini merupakan implementasi hasil MoU antara BKBPP Cianjur dengan RSUD Cianjur yang menjadi juara tiga nasional Pelayanan KB Rumah Sakit, dalam perhelatan HUT PERSI.

(kegiatan penyuluhan di RSUD Cianjur oleh tim BKBPP-foto: dok pribadi)

Beranggotakan empat orang dalam satu tim, kami saling mengisi satu sama lain. Biasanya, sebagai petugas yang masih mentah alias junior, saya hanya mengekor dan melakukan pencatatan calon akseptor yang menghadiri penyuluhan. Sedangkan petugas yang memberikan penyuluhan adalah tiga orang rekan sejawat saya yang lebih senior dan berpengalaman. Tema yang kami sampaikan dalam setiap kegiatan penyuluhan yang dilakukan di hari senin dan rabu setiap minggunya itu, hampir senada. Tema mengenai aneka jenis pilihan alat kontrasepsi selalu menjadi topik utama. Karena, memang tujuan kami melakukan penyuluhan atau konseling ini adalah untuk berbagi pengetahuan seputar alat kontrasepsi yang bisa dipilih oleh para ibu yang baru saja melahirkan. Tapi, kadang-kadang, sebagai materi pengayaan kami pun memberikan penyuluhan seputar ASI, entah ASI Eksklusif, ataupun Inisiasi menyusu dini.

Bagi kami, dengan hadirnya program ini, merupakan sebuah langkah maju dari pelayanan RSUD cianjur yang memberikan informasi gratis bagi pasiennya. Informasi seputar kb tentunya. Saya mencermati, ternyata masih banyak pasangan muda yang belum mengetahui alat dan obat kontrasepsi untuk ber-KB. Dalam setiap kegiatan konseling, ketika kami tanyakan apa saja alat kontrasepsi yang diketahui, peserta kebanyakan menjawab pil dan suntik saja. Yang melontarkan jawaban alat selain itu, hanya beberapa saja. Tidak lebih dari 40%. Saya berasumsi, ternyata informasi seputar KB memang masih kurang banyak diketahui khalayak meskipun saat ini, ber-KB adalah kebutuhan yang tak terhindarkan terutama untuk ibu-ibu muda kota besar.

***

Dalam satu kesempatan konseling, kami memberikan paparan mengenai alat kontrasepsi jangka panjang IUD. IUD atau Intra Uterine Device, di Bahasakan sebagai AKDR atau alat kontrasepsi dalam rahim. Banyak diantara peserta yang tidak mengetahui bahwa ternyata alat kontrasepsi IUD, yang bernama copper T itu, ukurannya tidak lebih besar dari sebuah batang lidi. Alat kontrasepsi ini tidak mengandung efek samping yang mengganggu metabolisme tubuh seperti halnya obat kontrasepsi.

Oya, perlu dibedakan antara alat kontrasepsi dan obat kontrasepsi. Alat kontrasepsi itu hanyalah alat, tidak mengandung hormon yang kemungkinan bisa mempengaruhi keseimbangan metabolism tubuh. Contohnya, ya IUD itu tadi, dan juga kondom serta tissue KB. Sedangkan obat, bisa anda tebak sendiri, karena mengandung hormone maka sedikitnya akan memberikan pengaruh pada tubuh anda. Yang termasuk obat adalah implant, pil, dan juga suntik kb.

IUD dibandingkan dengan telapak tangan

(IUD – hadi samsul, dok pribadi 2009)

intra uterine device (IUD) -HS.2011

Kembali ke topic IUD, alat kontrasepsi ini relative aman karena tidak memiliki efek samping seperti halnya obat. Alat ini dipasangkan didalam rahim oleh petugas medis terlatih. Alatnya sendiri  steril, kecil dan elastis. Kelebihannya adalah pada efektifitas pemasangan yang bisa berlangsung untuk jangka waktu yang lama, 8 tahun maksimal. Bisa dibuka sebelum waktunya, jika anda ingin merencanakan kehamilan kembali. Karena, menurut teori, kesuburan akan segera kembali tidak lama setelah IUD dicabut. Pada IUD Copper T ini, terdapat lilitan Copper (tembaga) yang berfungsi untuk melemahkan sel sperma yang berusaha menemui sel telur di saluran tuba faloppi. Dengan lemahnya sel sperma, maka kemungkinan terjadinya pembuahan lebih minimal. Satu lagi, IUD ini tidak mengganggu terhadap pemberian ASI, dan juga keteraturan haid.

Hampir tidak ada efek samping, bukan berarti tidak ada sama sekali. Pada beberapa kasus, ditemukan kegagalan IUD, tapi ini hitungannya dalam permil. Satu berbanding seribu.  Kegagalan ini disebabkan karena IUD keluar dengan sendirinya dari rahim melalui vagina ketika akseptor sedang mengalami masa haid yang banyak, ketika membuang urine, atau bisa juga gara-gara kebohongan yang dilakukan akseptor.

Kok kebohongan? Dalam sebuah pelatihan saya mendapat informasi dari pelatih, bahwa seorang ibu yang sudah memiliki anak lima, katanya akan memiliki ukuran rahim yang berbeda dengan ibu yang baru dua kali mengandung. Karena gengsi mengakui sudah memiliki lima anak, maka disebutkanlah bahwa dia memiliki dua anak saja sebelum di IUD. Ketika dilakukan pemasangan, maka ukuran IUD disesuaikan dengan ‘ukuran’ rahim si ibu. Nah, jika kasusnya seperti ini, bukan tidak mungkin IUD akan keluar dengan sendirinya karena memang ukurannya berbeda. Bukankah ini sebuah tindakan kebohongan? Hehehe.

Sebagai indikator masih ada tidaknya IUD di rahim anda, raba lah benang yang terpasang pada IUD tersebut ketika anda membersihkan alat reproduksi anda. Jika benangnya masih teraba berarti IUD ini masih tertanam di rahim anda.

Masa adaptasi setelah pemasangan IUD ini maksimal berlangsung tiga bulan yang ditandai dengan spotting atau timbulnya bercak-bercak darah meskipun bukan masa haid. Mengalami kram di seputar perut ketika mengalami haid. Hal ini wajar adanya, karena yang namanya masa adaptasi, pastilah akan terjadi proses penyesuaian.

Jadi, apakah anda masih merasa ragu untuk ber-KB? IUD bisa menjadi pilihan anda, para wanita karir. (HS)

About these ads
Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

183 Comments on “alat kontrasepsi: IUD”


  1. […] Masih bercerita seputar alat kontrasepsi. Jika sebelumnya saya sudah menceritakan tentang IUD atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR), kini atas request seorang teman, saya akan berusaha […]

    • vivi Says:

      mau nanya nih, saya pake kb iud uda 1,6th.(sebelumnya 40hari setelah melahirkan anak1 lgsg pake iud jg). anak ke2 masih menyusui, kok bisa hamil ya? slama ank menyusui, 5bln terakhir ini bru mens. bulan lalu mens berupa bercak slama 3 hari, setelah masa mens itu, mulai muncul tanda2 seperti lgi hamil muda bersamaan kambuh sakit maag yg disertai mual muntah. lalu saya testpack, hasilnya positiv…kok bisa hamil ya?

      • hadisome Says:

        coba periksakan dulu ke dokter. apa betul itu positif, atau bukan.
        tapi kalo ditanya kok bisa hamil? ya bisa aja mbak, namanya alat buatan manusia mah memang ga sempurna. kehamilan tersebut bisa saja diakibatkan karena ada kesalahan prosedur pada saat pemasangan, sehingga IUD tidak tepat berada di rongga rahim. bisa agak melenceng sedikit…
        untuk lebih pastinya anda lakukan USG untuk melihat posisi IUD di dalam rahim. sekalian konsultasi dengan dokter ahli.
        trims

  2. OVIK Says:

    sya dah 1 tahun lebih memakai kb iud yang 8 tahun setiap habis haid terasa sakit yang luar biasa di area pinggul apa tidak berbahaya?

    • hadisome Says:

      sudah di periksa ke dokter kandungan belum? takutnya ada kelainan / penyakit pada rahim ibu. karena setahu saya, IUD ini relatif aman karena tidak mengandung obat. jika terasa sakit di bagian panggul, dan itu terjadi setelah haid, ada kemungkinan dari dalam rahim. coba diperiksa dulu, takutnya memang dari dalam. pasti akan sangat mengganggu aktivitas bukan?

  3. Rini Says:

    Apakah ada efek samping kalo perut dipijat padahal saya pakai IUD br sekitar sebulan yll?. Thanks

    • hadisome Says:

      sebaiknya dihindari dulu karena masa adaptasi rahim setelah pemasangan iud antara 3 hari hingga 3 bulan.
      tp jika memang sudah tidak ada keluhan semisal kram di daerah perut atau spotting (bercak darah tp bukan haid, silahkan saja)…
      saran saya, sebelum dipijat, coba konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan yang memasang iud anda karena dokter/bidan tersebut pasti lebih tahu kondisi rahim anda.
      salam

  4. Dain Says:

    Apakah dengan menggunakan KB (contoh IUD), sperma boleh (maaf) dikeluarkan di dalam vagina? Berapa persen tingkat kegagalan untuk IUD ini? Thanks

    • hadisome Says:

      boleh2 saja karena IUD ini adalah alat untuk ‘menghalangi’ sperma menembus tuba falopii. kegagalannya sangat kecil, tidak lebih dari 5%

  5. ine Says:

    saya sdh 2 th menggunakan copper T, di tahun pertama relatif tidak ada keluhan yg sy rasakan,,namun di tahun ke 2 ini keluhan nya, 3 bln terakhir selalu haid terlambat, 6 bulan terakhir kadang ada bercak darah dalam bentuk lendir atau lendir yg berdarah meski sdikit sih tapi mengagetkan, kadang setelah berhubungan vagina terasa sakit, dan kadang suka mules sperti haid mo keluar padahal tidak, kepitihan tidak menentu kalo sedang banyak ya tidak nyaman tp tdk pernah sy mengalaminya sampai kepitihan berbau, kira2 apakah itu merupakan salah satu efek samping dari memasang IIUD.terima

  6. ine Says:

    saya sdh 2 th menggunakan copper T, di tahun pertama relatif tidak ada keluhan yg sy rasakan,,namun di tahun ke 2 ini keluhan nya, 3 bln terakhir selalu haid terlambat, 6 bulan terakhir kadang ada bercak darah dalam bentuk lendir atau lendir yg berdarah meski sdikit sih tapi mengagetkan, kadang setelah berhubungan vagina terasa sakit, dan kadang suka mules sperti haid mo keluar padahal tidak, kepitihan tidak menentu kalo sedang banyak ya tidak nyaman tp tdk pernah sy mengalaminya sampai kepitihan berbau, kira2 apakah itu merupakan salah satu efek samping dari memasang IIUD.terima kasih

    • hadisome Says:

      wah sepertinya itu bukan dari efek samping iud. bisa jadi itu dari rahimnya. saran saya segera periksakan ke dokter. jangan dibiarkan berlama2, soalnya keputihannya berbau. saya khawatir ada sesuatu didalam rahimnya. maaf ya baru dibales, soalnya sebulan kemaren sibuk nyensus. makasih sudah mampir :D


  7. sy sdh 1 th memakai IUD,dulu kadang2 haid sy telat sampai semonggu lebih dr masa bersih haid sebelumnya…nah, yg jd ketakutan sy, saat ini sy jg tidak kunjung2 haid pdhal sdh 2 mingguan (bln lalu haid sy bersih smp tgl 10)..sy takut apa hal ini bs menyebabkan kehamilan? apakah dlm dunia kedokteran, siklus haid seperti ini biasa tjd bg pengguna IUD?(soalnya ada yg bilang,klo IUD mens mesti tiap bln).
    terimakasih.

    • hadisome Says:

      pada beberapa kasus ada yang memang “kebobolan” meskipun memakai IUD, meskipun kasus tersebut terjadi dalam hitungan per mil (1/1000). tentang haid yang menjadi telat, itu tergantung dari siklus haidnya. siklus haid seorang perempuan itu variatif antara 28-35 hari.
      tentang kasus anda yang haid jadi mundur2 seminggu, bisa jadi haid anda adalah bersiklus lebih dari 30 hari. makanya anda haid selalu telat tidak tepat pada tanggal haid bulan sebelumnya.
      untuk keraguan anda, apakah anda hamil atau tidak, sebaiknya anda konsultasikan ke dokter yang memasangi anda IUD. trims untuk kunjungannya :)

  8. dewi Says:

    saya baru pasang IUD 2 hari lalu dan hari berikutnya saya mengeluarkan lendir yang lumayan banyak + bercak darah dan darah seperti mens pada hari kedua. apakah hal ini wajar? terima kasih sebelumnya.

    • hadisome Says:

      to saudari dewi: jika baru dipasang, terjadi spotting adalah hal yg wajar karena ini merupakan masa adaptasi rahim terhadap benda asing yg tertanam di rahim anda. diminum saja obat yg diberikan oleh dokternya. nah jika lebih dari tiga hari masih ada bercak, coba kembali lagi ke dokternya dan segera konsultasikan. terima kasih sudah berkunjung :D

  9. dewianti Says:

    saya dah 5 tahun pake IUD T, yg mau ditanyakan sampai berapa lama efektifitas kerja alat tsb, stl abis masa efektifitasnya apa kita hrs mencabut dan menggantinya dgn yg baru bila tidak ingin hamil lagi, Thanks

    Jawab: efektifitas IUD itu berkisar selama 8 tahun. anda harus sering2 memeriksa keberadaannya di dalam rahim dengan cara meraba benang iud T dengan jari anda.
    jika tidak ingin hamil lagi, anda harus mencabutnya jika sudah lewat masa efektif dan segera mengganti dengan yang baru. semoga berhasil

  10. poppy Says:

    kira-kira faktor apa saja yang menyebabkan alat Copper T tidak berfungsi sebagaimana mestinya, atau menyebabkan kehamilan…

    bisa ukuran rahim, kondisi pada saat pemasangan, atau juga kondisi rahim.

  11. Rahma Says:

    Saya sdh 1 thn pakai iud dari novati tidak ada keluhan,tp sebulan ini saya tidak haid dan rasa seperti org ngidam berasa,pertanyaan sy apakah mungkin saya hamil? Oya apakah perjalanan jauh ke luar kota dan mengendarai sepeda motor sebelum /sesudah haid bs merubah posisi iud?sehingga sy kebobolan?dan 1 lg klw terjadi hamil apa ada pengaruh ke bayi sy?trims

    Jawab: untuk memastikannya, anda coba test kehamilan bisa menggunakan test pack. tapi saran saya coba datangi bidan atau dokter ahli kandungan dan konsultasikan.
    tentang perjalanan jauh, sebenarnya tidak jadi masalah. namun, jika anda beraktifitas terlalu “hebat” bisa jadi posisi IUD berubah, namun kasus ini sangat jarang terjadi.
    jika hamil? saran saya periksakan terlebih dahulu pada bidan, atau coba anda raba apakah benang IUDnya masih teraba atau tidak. jika ternyata anda hamil, segera cabut IUD tersebut di bidan atau dokter yang memasangkan anda IUD.
    semoga bukan hamil ya..
    trims sudah mampir.
    segera ke dokter ya,
    salam

  12. Joe Says:

    Mohon Informasinya,sy sdh 15bln memakai IUD spiral (sejak kelahiran anak pertama),sejak pemaiakan IUD haid sy jd tdk teratur,dan bln ini haid saya terlambat hampir 2 minggu,dan keluarnya hny berupa flek2,dan hingga sekarang(+/-3 minggu) bercak2 tersebut blm berhenti,sy tdk merasakan nyeri haid,sy sdh kedokter dan katanya letak IUD sy msh normal,sy takut flek ini krn penyakit,adakah yg pny pengalaman spt saya?mohon di share pengalamannya,terima kasih..

    Jawab:

    saya sarankan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan biar diperiksa kondisi rahimnya. biasanya penggunaan IUD tidak menimbulkan efek samping seperti ini. kalaupun ada bercak2, tidak sampai lebih dari satu bulan. jadi sekali lagi datang dokter kandungan dan sampaikan keluhan ibu serta mintalah dokter tersebut untuk memeriksa kondisi rahim ibu.
    semoga segera ketemu solusinya

  13. ricca Says:

    saya kemarin baru pasang IUD..sebenarnya kalau baru pasnag tidak boleh senggama selama 7 hari ya? dan berikutnya 2 hari (hanya boleh senggama pada hari ke-8 dan hari ke 11 hingga seterusnya)..

    soalnya suami sering keluar negeri..boleh gak berhubungan sebelum 7 hari?

    terima kasih

    • hadisome Says:

      Jawab:
      maaf baru di balas… sebenarnya tidak masalah sih jika ingin berhubungan. Cuma agak dikhawatirkan pada masa satu minggu setelah pemasangan tersebut adalah masa-masa adaptasi. biasanya seorang perempuan akan merasakan nyeri di bagian perut. nah makanya dokter/bidan lebih menyarankan untuk tidak berhubungan dulu selama 7 hari.
      btw, kalo udah ngga nyeri sih silakan aja mbak. bekali dulu suaminya hehehe…


  14. […] anda masih penasaran, silakan klik saja tautan […]

  15. Lia Says:

    Saya baru mau akan memasang IUD, yg jd pertanyaan saya..klo kita memakai IUD tetapi tetap beraktifitas seperti senam yg banyak gerakan2 perut, dan lompat sehingga byk mengeluarkan keringat, apakah akan mengganggu aktifitas kita selama pemakaiaN IUD ?
    sAYA takutnya lepas ata geser karna gerakan2 senam yg saya lakukan. Thx

    • hadisome Says:

      oke, tidak masalah jika anda melakukan aktivitas seperti biasa. saran saya, pada awal2 pemasangan, anda jangan terlalu aktivitas berat. karena itu adalah masa penyesuaian. dikhawatirkan IUD yang anda pakai memang berubah posisi. nanti setelah diatas seminggu atau dua minggu, silakan kembali ber senam ria.
      atau biar lebih pasti, coba konsultasikan juga dengan dokter yang akan memasang IUD.

  16. rika Says:

    saya sudah menggunakan kb iud selama 2.5 tahun tapi pada bulan ini sesudah sy selesai haid dan berenang di air panas keluar darah seperti haid dan sampai saat ini sudah 2 minggu saya pernah konsultasi pada dokter dan diberi obat untuk menghentikan pendarahan dan menormalkan hormon tetapi pendarahan masih saja ada
    kenapa yaaaaaa

    • hadisome Says:

      waduh… bisa banyak faktor sih. mungkin letak IUDnya yg masih penyesuaian kembali ‘menyentuh’ bagian dinding rahim yang baru selesai haid, akibatnya kembali terjadi “perlukaan” di dinding rahim tersebut dan akhirnya mengeluarkan darah. saran saya, jgn terlalu banyak beraktifitas yg berat. :D

  17. nurrul laksmi Says:

    saya baru melahirkan anak pertama secara caesar tgl 30 juli 2010 ( saya pernah keguguran 1x ), sebelum 40 hari saya langsung menggunakan KB pasang dengan model baru 2010 tipe sleek ( bukan copper T ) yg bertahan untuk 5 tahun. karena lebih kecil & mengandung sedikit tembaga, sbg informasi saya lebih memilih ini karena selain lebih kecil tembaganya juga sedikit. karena menurut info yg saya dapat banyak tembaga bisa menyebabkan keputihan sedangkan saya termasuk orang yg sering keputihan, tapi bulan desember ini saya belum mens juga padahal mens terakhir tgl 10 november 2010. apakah saya hamil lagi atau memang menggunakan KB bisa membuat mens saya telat? mohon info nya, karena saya berharap tidak hamil dulu karena anak say baru jalan 5 bln. terima kasih

    • hadisome Says:

      sebetulnya jika dipasang IUD, haid tetep lancar2 aja mbak.
      tapi biasanya setelah melahirkan itu ada semacam perubahan hormonal di tubuh seorang perempuan. pada beberapa kasus yang saya temui ada yang baru haid kembali setelah hampir satu tahun pascamelahirkan.
      saya kira, anda pun demikian.
      tapi untuk memastikan, coba diperiksakan ke dokter kandungan. karena kalo memang misalnya anda diamanahi janin, IUD harus segera dilepas karena bisa membahayakan calon bayi anda

  18. arizka adhiny Says:

    hampir 1tahun sy pk iud nOVAT.u pemasangan dn chekup dng Dr berbeda beresiko g?bln ini sy terlambat haid biasanya selalu tepat.kemungkinan hamil besar tdk?

    JAWAB:

    bu Arizka maaf baru saya balas, beberapa hari ini blog wp saya bermasalah.
    tidak jadi masalah jika anda melakukan cek ulang oleh dokter yang berbeda, namun jika oleh dokter yang sama dia akan lebih tau rekam medis anda.

    tentang terlambat haid, saya tidak bisa memastikan itu hamil atau bukan, namun setau saya, jika dipasangi IUD maka kemungkinan untuk hamil sangat kecil sekali karena efesiensi IUD mencegah kehamilan ini hampir 99% efektif.
    keterlambatan haid bisa diakibatkan banyak faktor, salah satunya adalah aktivitas keseharian serta stabilitas emosi.
    terima kasih sudah berkunjung

  19. dewi Says:

    saya bru pasang iud krg lebih 2bln,cma setiap hbs berhubungan kok suka ada bercak darah ya,bahaya ga?trims

    • hadisome Says:

      mungkin itu dari posisi IUD nya mbak. saat ini masih beradaptasi. gak begitu bahaya sih. tapi saran saya coba periksakan ke dokter, untuk memastikan posisi IUDnya aman

  20. upik Says:

    Mohon informasi, apakah pemakaian IUD bisa menyebabkan keputihan..??? saya juga dapat informasi dari teman katanya kalo pakai IUD bisa menyebabkan penyakit kangker rahim…?????,,, terimakasih.

    • hadisome Says:

      dari referensi yang saya baca, hampir tidak ditemukan kasus IUD yang menyebabkan keputihan. dari beberapa akseptor yang saya temui, mereka pun baik2 saja setelah menggunakan IUD, jadi saya bisa memberikan jawaban, kemungkinan besar IUD tidak menyebabkan keputihan.
      keputihan bisa diakibatkan pola hidup, beban pikiran, jarang olah raga, dsb. IUD dipastikan tidak ada dalam kasus keputihan abnormal.
      sepanjang pengetahuan saya pula IUD tidak menyebabkan kanker rahim, karena IUD ini aman dan steril pada saat dipasangkan…

  21. veny Says:

    Halo..mas hadi thx info ttg iud ny,ngomong2 mas kerja dimana?

  22. Femi Says:

    Saya 3 hari yg lalu memakai IUD copper T.
    Skarang jadi khawatir setelah dengar cerita teman2. Katanya ada yg pendarahan berat sejak pakai IUD, ada yg harus angkat rahim gara2 pakai IUD, selain itu juga bisa menyebabkan radang pd rahim dan menyebabkan kehilangan kesuburan(mandul)…
    Jadi sebaiknya bagaimana ya? Apa saya ganti aja dg kontrasepsi yg lain? KapN iud bisa dicopot lg mengingat saya baru 3 hari memakainy.
    Trim’s

    • hadisome Says:

      dear mbak Femi.
      saya pikir tak usah khawatir pakai IUD karena IUD itu alat yang aman. sudah ribuan orang se Indonesia pakai IUD dan yang bermasalah itu sangat sedikit. jika dibandingkan, hanya seperseribu saja. anda tak usah dengarkan mitos2 tak benar. setahu saya IUD itu aman digunakan sampe jangka waktu yang lama, 10 tahun. tapi bisa dibuka manakala anda menghendaki punya anak kembali. oya, untuk awal2 pemakaian mungkin akan terjadi pendarahan kecil, spotting, bercak2 darah, dan keputihan. itu wajar karena pada masa awal pemakaian adalah masa penyesuaian antara rahim dengan benda asing bernama IUD.
      IUD tidak menyebabkan kemandulan, tapi justru memudahkan kesuburan kembali jika IUDnya dilepas, karena IUD ini tanpa hormon. kalaupun ada orang yang bilang menyebabkan kemandulan, berarti dia belum mengerti bahwa IUD ini memang berfungsi untuk mencegah kehamilan. mencegah pertemuan sperma dan sel telur sehingga tidak akan punya anak.
      saran saya, sebaiknya pakai saja terus. fokuskan diri anda pada aktivitas harian anda, jangan pada IUD. dengan begitu anda akan merasa nyaman menggunakan IUD
      salam
      Hadi

  23. Nika Says:

    saya pasang IUD copper T sekitar 6 bulan yang lalu. Siklus haid saya biasanya teratur setiap bulan. Saya kontrol keberadaan IUD saya hanya 1 kali setelah pemasangan, dan waktu itu posisinya sangat bagus. krn tdk pernh ada keluhan mk sy tidak pernah kontrol lg.tapi bulan ini (maret) saya sudah telat 8 hari. terus terang sy bnr2 takut kl hamil, masalahnya anak sy masih 7 bln, dan kemarin pun dg caesar, ditambah lagi pekerjaan sy tidk memperkenankan hamil trlebih dahulu. apakah hal ini sering terjadi? kl tanda2 keluarnya IUD tanpa kita ketahui apakah itu mungkin??trimakasih atas jwbnya

    • hadisome Says:

      @Nika pada perempuan yang pernah melahirkan, kadang2 siklus haid itu menjadi tidak sama seperti ketika masih gadis, ini karena perubahan hormonal. tentang telat 8 hari, saya tidak bisa memastikan apakah itu hamil atau bukan. keberadaan IUD pun akan tetap stabil selama anda tidak ada masalah ketika haid, atau tidak melakukan aktifitas lincah seperti senam atau olahraga berat. saya sarankan coba anda datangi dokter kandungan untuk memastikan keberadaan IUD anda. mudah2an tidak terlepas (tanpa diketahui)… semoga itu bukan hamil ya… kasian kalo baru caesar terus hamil lagi… :D

  24. ika Says:

    maaf, saya mau tanya, kapan harus mencabut IUD sebelum masa akhir pemakaian…?
    apa bisa mencabut pada saat tanggal terakhir pemakaian?
    terimakasih

  25. ika Says:

    setelah mencabut IUD, apakah bisa langsung dipasang yang baru, atau harus istirahat terlebih dahulu dengan menggunakan kontrasepsi yang lain?

    • hadisome Says:

      boleh langsung dipasang lagi mbak ika. ada istilah yg namanya bongkar pasang iud. begitu dilepas yg lama, pasang lg yang baru.

  26. titin Says:

    Maaf sy mau nanya,klo olah raga yg ada loncatanny misal badminton bisa mempengaruhi posisi iud ga ya? Berbahaya ga utk iud? Tks

  27. Lestrina Says:

    mohon infonya : saya memakai IUD tepat tanggal 31 Januari 2011. bln berikutnya selalu haid banyak dan bukan waktunya haid tapi ada bercak-bercak darah sampai bln april. saya tau itu wajar. tapi setelah masuk bulan mei saya belum haid??? mungkinkah saya hamil???saya sebenarnya belum siap karena anakku baru 7 bln??????kehamilan bisa terjadikah padahal ada IUD??????Thanks

    • hadisome Says:

      Dear ibu Lestrina

      Kemungkinan haid, rasanya kecil sekali… Harus anda pastikan terlebih dahulu, apakah IUD nya masih ada atau terlepas? Jika masih ada maka kemungkinan hamil lebih kecil. Tapi jika terlepas, ada kemungkinan hamil.
      Untuk mengecek keberadaan IUD, coba anda cek apakah benangnya teraba atau tidak? Jika teraba, berarti ada. Tapi jika anda ingin lebih akurat, coba lakukan kontrol ke bidan terdekat :)
      Semoga bukan hamil :p

    • hadisome Says:

      Dear ibu Lestrina

      Kemungkinan hamil, rasanya kecil sekali… Harus anda pastikan terlebih dahulu, apakah IUD nya masih ada atau terlepas? Jika masih ada maka kemungkinan hamil lebih kecil. Tapi jika terlepas, ada kemungkinan hamil.
      Untuk mengecek keberadaan IUD, coba anda cek apakah benangnya teraba atau tidak? Jika teraba, berarti ada. Tapi jika anda ingin lebih akurat, coba lakukan kontrol ke bidan terdekat :)
      Semoga bukan hamil :p

  28. tiku Says:

    saya tertarik pake IUd, selama ini pake suntik 3 bulan.. Tapi saya ragu, soalnya, karena tuntutan pekerjaan saya diharuskan naik motor dg kondisi jalan yg rusak parah.. Bagaimana menurut anda? Apakah aman klo pake IUD? Trims..arena tuntutan pekerjaan saya diharuskan naik motor dg kondisi jalan yg rusak parah.. Bagaimana menurut anda? Apakah aman klo pake IUD? Trims..

    • hadisome Says:

      menurut saya sih aman2 saja, cuma kadang selama beberapa hari setelah pemasangan IUD, anda akan mengalami perdarahan (spotting), tidak usah kaget atau panik karena itu hal yang biasa.

  29. Dayu Says:

    berapa lama kesuburan akan kembali setelah IUD dilepas, teman saya ada yang IUd nya hilang dr rahim… kenapa..? apakah menembus rahim, …?

    • hadisome Says:

      hai mbak Dayu
      berapa lama kesuburan kembali? menurut teori sih segera setelah IUD dilepas kesuburan akan segera kembali. menurut pengalaman teman smp saya, satu bulan setelah dilepas dia sudah terdeteksi positif hamil
      IUD hilang dari rahim? bukan karena menembus rahim kok, tapi karena IUD tersebut terlepas keluar. biasanya pada saat haid. keluar tidak terasa. ini bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah kesalahan prosedur pada saat pemasangan :D

  30. suryanti aditya Says:

    saya pgn pasang iud..ada gak sih info tentang merk iud yg bagus??? lalu apakah perbedaan harga pemasangan iud dtmpat satu dan yg laen brbeda mmpengaruhi kualitas iud yg dipasang???

    • hadisome Says:

      hai suryanti, maaf untuk keterlambatan jawabannya, komen anda kok masuk spam ya?
      merk IUD? wah saya gak berhak menuliskan merk mana yang bagus, karena saya tidak ada kerja sama dengan perusahaan manapun hehehe….
      perbedaan harga itu tergantung dari dokternya, alatnya sih sama juga, gitu2 aja….

  31. hadisome Says:

    Wah kalo merk saya ga berani bilang, krn mereka yg punya merk ga bayar saya hehehehe…
    Tp pada prinsipnya semua alatnya sama aja, seperti itu. Silakan liat posting terbaru saya, ada gambar IUD disitu.

    Kalo perbedaan harga sih tergantung tarif dokter atau bidan pemasangnya kali ya… Tarif jasa dokter kan beda2, dan kemungkinan ga akan berpengaruh thd kualitas iud…

    Tapi biasanya kita akan lebih percaya tenaga medis yang sudah terlatih bukan?

  32. laya Says:

    Iud ada ukurannya gak ya? 4 bulan yg lalu saya coba pasang tp ternyata iud tdk bisa nyangkut.. Satu merk ada berbagai ukuran atau beda merk, beda ukuran? Makasih..

    • hadisome Says:

      pada umumnya IUD itu ukurannya hampir sama, yg biasanya berbeda itu ukuran rahimnya. buat ibu2 yg rahimnya kecil, biasanya IUD nya dibuat tersendiri dengan cara memesannya di dokter obgyn.
      kalo tentang merk, kayaknya sama aja…

  33. Ummu Halim Says:

    saya baru pasang IU langsung setelah operasi caesar. Saya sering mengalami keluhan kalo sudah jongkok, BAB atau BAK suka teraba benang IUD nya. Skarang sudah 40 hari dari melahirkan keluar darah haid, dan benang yang terabanya terasa makin panjang,. apakah itu tanda kalo IUD nya lepas??

    • hadisome Says:

      kalo dibilang lepas, kayaknya belum ya Ummu, soalnya kan benangnya masih teraba. itu artinya IUD masih ada di dalam. kemungkinannya benang tersebut memang terlalu panjang sehingga menjuntai.
      saya kira sudah saatnya anda kontrol ulang ke dokter yang menangani pemasangan IUD anda.

  34. noorma Says:

    saya sudah 2,5 tahun pake Copper T, sekarang hamil 7 minggu dengan status IUD masih di dalam rahim. Dokter maupun bidan tidak berani mengeluarkan disarankan untuk membiarkan sampai kelahiran. Yang saya risaukan sejak 5 hari lalu muncul flek yang lumayan utk ukuran sedang hamil.
    Apakah mgkin IUD bisa mengganggu janin?
    Mohon infonya.
    Terima kasih

    • hadisome Says:

      menurut informasi yg saya peroleh, IUD tidak mengganggu janin.
      mengenai flek, bisa saja terjadi karena sebab lain. kalo boleh tau, ini kehamilan yg ke berapa?
      saran saya, coba periksakan kondisi kehamilannya…

      • retno Says:

        Malam mas Hadi..Saya salah seorang pengguna iud juga. Yang ingin saya tanyakan adalah : apabila terjadi ‘kebobolan’ saat iud masih didalam rahim apakah bisa membahayakan janin? Haruskah segera dilepas?Ini merujuk ke pernyataan dalam reply mas hadi sebelummya tertanggal 20 des 2010. Terima kasih

      • hadisome Says:

        katanya sih tidak perlu dilepas, yg penting selama hamil dan ketika bersalin, harus ditangani oleh tenaga medis ahli…

  35. Ema Says:

    saya ibu 1 anak berumur 1,5 thn,,saya deskripsikan ceritanya

    -Tgl 4 okt 2011 saya pasang IUD sebelumnya KB suntik 3 bulan
    -tgl 6 0kt 2011 saya mengalami flek
    -tgl 8 okt 2011 saya dapat haid s.d tgl 9 Nov 2011
    -tgl 11 Nov sya hubungan dng suami, tapi kt suami saya sperti ada “ganjalan”, sya raba ternyata benang IUD masih ada,, beberapa menit lalu kami melanjutkan dan kelamaan kata suami saya tidak terasa lagi “ganjal” tetapi masih terasa “mentok”,,lalu saya cek lagi ternyata benangnya tidak teraba,
    -tgl 13 Nov kami melakukan hubungan lagi,,sya tanya suami lagi, katanya tidak ada gesekan lagi, cuma ada “mentok” tapi pada posisi tertentu,,, dan saya cek ternyata tetap benangnya tdk teraba.

    yang saya tanyakan,
    1.kira – kira benang IUD masih ada atw gx, ya..?
    2.alat IUD nya masih ada ataw gx ?
    2.setelah terakhir hubungan keluar lendir seperti keputihan tapi diujungnya ada bercak darah, itu apa ya? karena saya ragu untuk meleksanakan sholat.

    trimzzz…

    • hadisome Says:

      ibu ema, saya sekalian menjawab beberapa pertanyaan anda di sini aja ya.
      itu anda haid dari 8 okt sampe 9 november? benarkah sampai selama itu?
      benang IUD memang indikator keberadaan alat IUD itu sendiri. jika tidak teraba, kemungkinannya memang benang tersebut sudah berada di dalam rahim dan tidak lagi menjuntai ke lubang vagina. kemungkinannya memang benang tersebut terdorong pada saat berhubungan dengan suami.
      apakah IUD nya masih ada atau ngga? saran saya coba anda lakukan kontrol ke bidan atau dokter. atau kalo perlu coba minta USG ke dokter spesialis kandungan.
      tentang lendir keputihan, jika hanya lendir bening saja, itu masih boleh shalat. namun jika ada bercak darah maka anda tidak usah shalat. kecuali flek tersebut sudah berlangsung lebih dari 15 hari. maka anda terkena kewajiban salat.
      terima kasih sudah berkunjung… semoga jawabannya memberikan gambaran untuk anda.

    • hadisome Says:

      ibu ema, saya sekalian menjawab beberapa pertanyaan anda di sini aja ya.
      itu anda haid dari 8 okt sampe 9 november? benarkah sampai selama itu?
      benang IUD memang indikator keberadaan alat IUD itu sendiri. jika tidak teraba, kemungkinannya memang benang tersebut sudah berada di dalam rahim dan tidak lagi menjuntai ke lubang vagina. kemungkinannya memang benang tersebut terdorong pada saat berhubungan dengan suami.
      apakah IUD nya masih ada atau ngga? saran saya coba anda lakukan kontrol ke bidan atau dokter. atau kalo perlu coba minta USG ke dokter spesialis kandungan.
      tentang lendir keputihan, jika hanya lendir bening saja, itu masih boleh shalat. namun jika ada bercak darah maka anda tidak usah shalat. kecuali flek tersebut sudah berlangsung lebih dari 15 hari. maka anda terkena kewajiban salat.
      terima kasih sudah berkunjung… semoga jawabannya memberikan gambaran untuk anda.

  36. yn Says:

    numpang tanya yaa…..saya baru 2 minggu pasang IUD, sampe sekarang lendir seperti keputihan banyak sekali keluar, sambil buang urin pun lendirnya keluar. dan warnanya kecoklatan seperti hari2 terakhir haid (coklat kulit/sawo matang).
    apa itu normal? apa ada hubungannya dengan setelah 7 hari pemakaian IUD saya berhubungan dengan suami?
    atw karena saya hanya memakan 2 obat yg diberikan dokter.
    terimakasih infonya ^^

    • hadisome Says:

      keputihan yg sangat banyak sebenarnya sudah diluar normal. yg normal itu jika keluar flek berupa bercak darah segar diluar hari2 haid anda.
      tidak ada hubungan kok sama hubungan dengan suami.
      entah kalo pengaruh obat.
      sebelumnya anda pernah alergi ngga? kalo iya, kemungkinan keputihan itu memang efek dari IUD.
      coba lakukan kunjungan ulang ke dokter yg memasangi IUD anda, supaya diperiksa apakah ada kesalahan pemasangan ataukah benangnya terlalu menjuntai.

  37. Afnita Ija Susanti Says:

    saya memakai IUD udah lima tahun,
    saya mau tanya apakah iud berpengaruh sama haid, karena kalau saya haid pasti saya demam dulu n merasa sakit n kram selama haid

    • hadisome Says:

      mbak Afnita pernah periksa ngga?
      setau saya IUD gak pengaruh ke demam saat haid. mungkin demam itu diakibatkan karena ada perubahan situasi hormonal di dalam tubuh.
      coba di USG mbak, untuk memastikan apakah posisi IUD nya benar atau tidak. karena kram itu sebenarnya kontraksi otot. bisa saja ini pengaruh IUD, tp bisa juga krn kondisi rahim.


  38. Saya sudah menggunakan alat KB (IUD c0pper T) ini sudah 3 tahun. Pada tahun-tahun pertama haid saya banyak dan menurut dokter itu biasa karena masa penyusuaian. Pada tahun kedua, haid saya mulai lancar tapi pada tahun ketiga ini haid saya tidak lancar sama sekali. Pada awalnya saya tidak mens sekitar 2 bulan dan disangka hamil tapi ternyata tidak. haids saya pun selama beberapa bulan ini darahnya hanya warna coklat dan merah kehitaman itu pun sedikit sekali. menggunakan panty linar saja sudah cukup tapi lama bisa sekitar 10-15 hari. jika saya berhubungan badan dan mens sudah lewat 3-4 hari maka saya akan keluar darah dan bisa 4-7 hari. sudah 2 bulan ini saya haid 2 minggu sekali. 1 minggu bersih dan 7-10 hari mens. kadang-kadang hubungan badan terganggu karena sakit. sudah 3 bulan ini setiap keluar darah yang saya anggap mens selalu terasa nyeri di sekitar rahim. Apakah ini dari alat KB tersebut atau kah rahim saya yang bermasalah ? umur saya 34 tahun, punya anak satu dengan melahirkan lewat ceasar.

    • hadisome Says:

      halo mbak Indra Agustiani…
      saya tidak bisa memastikan apakah itu dari IUD yang dipasang atau dari rahimnya mengingat hal ini memerlukan pemeriksaan secara langsung.
      namun berdasarkan apa yg pernah saya jumpai pada beberapa perempuan pengguna IUD, mereka tidak mengalami apa yang mbak keluhkan tersebut. malah mereka baik-baik saja.
      terakhir adalah ketika awal nopember ini kantor kami melaksanakan pelayanan KB gratis, salah satu akseptor yang sudah dipasangi IUD selama 6 tahun, mengaku baik-baik saja tidak ada masalah. malah dia mengajukan diri untuk bongkar pasang IUD baru.

      saya hanya bisa menyarankan agar mbak secepatnya periksakan diri ke dokter spesialis kandungan, agar mendapat pemeriksaan medis.
      semoga bukan karena rahim anda yg bermasalah ya…

  39. indah utaminingtyas Says:

    saya baru hari ini memakai iud.yg ingin sya tanyakan,emang mules ya klo udah di pasang? soalnya saya ngerasa mules n sakit perutnya. trus setelah di psang saya BAB tpi qo pas udahnya sakit buat jalan kya yg mau keluar gitu alatnya,normal ga sih? makasih ya..

    • hadisome Says:

      masalah mules, itu berbeda beda setiap orang. ada yang memang mules, tapi ada juga yang nggak. mbak minum saja obat yang diberikan dokter, karena disitu ada obat yang mengandung bahan anti nyeri. diminum rutin sesuai anjuran dokter.
      tentang sakit buat jalan, apa mungkin itu sugesti? biasanya sih yang dipasangi IUD pada saat pelayanan di kantor saya, mereka baik2 saja.
      kalo memang dirasa mau keluar coba mbak periksa sendiri dengan cara memasukan jari ke vagina, terus raba benang IUD nya, apakah teraba atau tidak. jika teraba, kemungkinan itu nyeri berasal dari benang iud yang menjuntai. kembali ke dokter yang memasang iud untuk kontrol supaya benangnya digunting atau dilipat.

  40. yuni p Says:

    saya selama ini belum pernah KB.setelah melahirkan anak kedua(umur anak saya 1,5thn),saya sangat tertarik untuk memakai IUD,krn dari info yng saya peroleh resikonya yang paling kecil.yang mau saya tanyakan,dari sekian bentuk IUD mana ya yang paling aman dan nyaman:)?o ya,katany kalau memakai IUD saat senggama,bisa mengenai (maaf) penis suami sehingga berakibat tdk nyaman.benarkah demikian,dan kenapa bisa seperti itu?kok rasanya ngeri gitu ya ada benang yang menjuntai,apa prosedurnya mmg harus ada benang begitu?terima kasih banyak atas jawabannya.

    • hadisome Says:

      malam mbak Yuni, maaf baru saya jawab.
      tentang bentuk yang paling aman dan nyaman.. saat ini, yang umum digunakan adalah bentuk hurup T. itu yang paling banyak dipakai dan diproduksi. sedangkan bentuk lainnya agak kurang familiar di indonesia.
      ketika memakai IUD dan berhubungan dengan suami, apakah akan kena? sebenarnya tidak akan mbak, karena letak IUD itu jauh berada di atas lubang vagina, yaitu di dalam rahim, sedangkan berhubungan itu hanya sampai lubang vagina saja. yang sebenarnya terasa itu adalah benangnya yang menjuntai. dan itu bisa diakali dengan cala mem ‘blow’ benang tersebut ke dalam rahim. atau bisa juga sebelum dipasangkan, digunting supaya lebih pendek terlebih dahulu.
      kenapa bisa menjuntai? banyak hal yang bisa membuat benang iud menjuntai ke lubang persenggamaan. salah satunya adalah aktivitas anda. sebenarnya bisa dilipat sendiri oleh pengguna IUD tersebut.
      kenapa harus ada benang? karena benang tersebut fungsinya adalah sebagai alat kontrol keberadaan IUD di dalam rahim. anda bisa melakukan kontrol sendiri dengan cara memasukan jari anda ke dalam vagina dan merabanya apakah benang tersebut teraba atau tidak.
      demikian mbak…
      semoga makin bulet ya keyakinannya untuk dipasang IUD….
      salam

  41. rasty Says:

    saya memakai iud sudah 5 thn.saya mau bongkar pasang iud, dan saya mendapatkan informasi waktu yang bagus untuk bongkar pasang itu pas lagi mensturasi setelah 4 hari. apakah benar info tersebut…….

    • hadisome Says:

      Untuk bongkar pasang memang sebaiknya dilakukan pada saat menstruasi, dg alasan:
      1. Kondisi rahim sedang berdilatasi (mengembang) sehingga proses bongkar pasang lebih mudah.
      2. Tidak perlu ada pemeriksaan test pack, krn dipastikan sedang tidak hamil…
      Jd info tersebut boleh jadi memang benar

  42. yuli Says:

    saya mau tanya ,saya sdh memakai iud bntuk T sdh hmpr 1,5 bln akan tetapi masih trs mengeluarkan darah.berhenti 1 hari bsokny berdarah lagi .trs setelah berhubungan jg ad flek darah keesokan harinya.saya bingung apa harus di lepas atau bgaimana?saya sdh konsultasi k bidan katanya nggk apa2.tapi saya dan suami saya merasa risih.

    • hadisome Says:

      Saya coba jawab ya

      Katanya sih itu biasa Mbak, pada perempuan yg dipasangi IUD akan keluar flek darah. Lamanya flek ini bervariasi mulai dari hitungan hari sampai hitungan bulan.
      Memang agak risih ya dan cukup mengganggu aktivitas, namun nanti akan berhenti seiring dengan waktu. Ketika masa adaptasi rahim dg IUD ini selesai, darah flek tidak akan keluar lagi.
      Apalagi bidan sendiri memberikan informasi tidak apa2.
      Biasanya ada obat yg diberikan yg harus dikonsumsi untuk menghentikan flek yg keluar.

      Jd saya kira tak perlu dilepas..

      • lutfi Says:

        met mlm saya mau tanya,saya sudah haid 1minggu yang lalu kemudian berhenti 3hari setelah itu saya haid lagi selama 1minggu,haidnya tidak banyak seperti flek saja dan kata bidan saya ada kemingkinan tidak cocok padahal saya sudah memakai iud selama 2,5 tahun ini apa ada kemungkinan saya tidak cocok trims

      • hadisome Says:

        bisa saja, tapi melihat riwayatnya yg sudah 2,5 tahun, dan sebelumnya tidak seperti itu, saran saya coba periksakan dulu ke dokter spesialis untuk di USG, untuk melihat posisi IUD nya. barangkali ada dislokasi…

  43. ria Says:

    saya mau tanya, apakah penggunaan tampon dapat mempengaruhi kerja IUD, karena saya pernah baca seorang pengguna IUD tidak boleh menggunakan menstrual cup. bagaimana dengan tampon? trims

    • hadisome Says:

      saya baru tau kalo pada perempuan yang mens bisa juga digunakan tampon yang berfungsi menyerap darah haid lho hehehe… maklum ya, laki2 gak pernah mens hehe

      mengenai penggunaan tampon, jujur saja saya belum bisa menjawabnya. sekarang saya sedang menanyakannya ke dokter ahli karena ini adalah pertanyaan yang sulit buat saya. jangankan bisa jawab, tau tampon aja saya tidak hehehe…

      tapi insya allah, setelah saya mendapat jawaban dari dokter ahli, saya akan copy kan jawabannya ke sini.
      semoga mbak ria tidak kecewa dan mau menunggu…
      trims :D

    • hadisome Says:

      saya sudah dapat jawabannya
      intinya gak ada masalah dan gak mempengaruhi apa2.
      berikut saya kutipkan jawaban dari salah satu dokter (temannya teman saya) namanya dokter dewi-jakarta.

      Tidak ada masalah. Cuma memang diakui bahwa iud akan menambah volume darah haid. Tp tidak mempengaruhi siklus maupun lama hari haid. Kalo volume berlebih paling biar pake tanpon ya tembus juga. Tapi tidak pengaruh ke iud


  44. Saya sudah menggunakan alat KB (IUD c0pper T) ini sudah 4 tahun. setahun belakangan ini selalu menstruasi, menstruasinya smpe 1 bulan baru berhnti, lalu 15 hari kemdian mens lgi,
    apa perlu dlepas, sedngkn kata doktr 2013 bru dlepas,

    • hadisome Says:

      boleh tau usia anda berapa?
      sudah dikonsultasikan belum sama dokternya?
      kejadian seperti ini bisa saja diakibatkan oleh beberapa hal, bisa saja dari IUD, tapi bisa juga ada masalah di rahim.
      saya belum bisa menyarankan dilepas atau tetap dipertahankan karena belum mengetahui detil kasus anda… maafkan :D


      • umur saya 46 th, sudh konsultsi sama dokter, tapi gk boleh dilepas krena saya punya darah tinggi, bisanya cuman KB SPIRAL, udah dikasih obat tpi tetp aja bulan sekarng tgl 1 januari sampe hari ini masih banyak mens-nya, kata dokter bisa aja dari darah tinggi,
        terus sekrng saya hrus gmna?
        saya mersa terganggu banget, tpi keluhannya gk mersa sakit apa2, hnya mens saja.

      • hadisome Says:

        ini setiap kali datang haid, jumlahnya selalu banyak begini ngga bu?
        atau malah kadang pernah tidak mens sama sekali?
        saya sih malah menduga bukan dari darah tinggi bu. tapi karena usia ibu sudah mendekati masa menopouse.
        dulu ibu saya juga begitu, mens nya jadi banyak banget pada suatu waktu, tapi menjadi jarang mens pada saat yang lain.
        saran saya ibu tidak perlu membuka IUD nya. coba periksakan ke dokter yang lain untuk mencari 2nd opinion. minta juga agar diperiksa kondisi di dalam rahim ibu.

        salam

  45. uwie Says:

    saya mau tanya memangnya kalau rahimnya pendek tidak bisa menggunakan iud masalahnya saya sudah mau pasang iud tetapi bidan bilang rahim saya terlalu pendek jd harus konsul dulu k dokter ahli

    • hadisome Says:

      Biasanya kalo rahim pendek, dipasangi IUD khusus. Biasanya IUD khusus ini didapat dengan cara memesan terlebih dahulu. Ada beberapa dokter yang membuat sendiri IUD khusus ini.

      silakan anda konsultasikan ke dokter ahli biar lebih jelas informasinya

  46. nurul Says:

    saya mau tanya,,saya pasang nova T sudah hampir 2 tahun,,rencana nya saya mau lepas,,tetapi begitu saya mau lepas saya coba di bidan setelah di lihat ternyata bidan tersebut tidak menemukan benang sama sekali,,dan dia memberi saran agar saya segera usg dan kembali ke dokter yang memasangnya,,,yang saya mau tanyakan apa mungkin iud tersebut terlepas atau keluar dengan sendirinya,,

    • hadisome Says:

      mungkin saja IUD bisa terlepas dengan sendirinya. namun memang ini kasus yang langka. satu perseribu pemasangan.
      IUD bisa terlepas karena banyak faktor, salah satunya dipengaruhi kondisi nervous ketika pemasangan. bisa juga karena volume darah haid yang luar biasa banyak.

      benar apa kata bidan anda, sebaiknya di USG terlebih dahulu untuk mengetahui keberadaan IUD nya.

      salam

  47. anggi Says:

    mau tanya ne.
    saya ibu (20th) mempunyai anak yang pertama 2tahun,yang kedua 7bulan..
    karena sebelum nya saya tidak menggunakan kontrasepsi apapun jadi kebobolan..
    setelah kelahiran anak ke dua,saya dianjurkan menggunakan iud coper T,5bulan pertama haid lancar2 saja bulan ke 6 pemakaian haid nya makin mundur 2 hari.dan bulan ketujuh ini saya telat 5hari dari haid semula..
    kira2 kenapa ya?

    • hadisome Says:

      wah, masih muda ya mbak Anggi.. anaknya udah 2 aja :D
      sebelum ini, lancar2 sajanya apakah bergeser juga atau ngga?
      coba mbak hitung siklus haidnya, setiap berapa hari. lakukan selama 3 kali masa haid (3 bulan) dengan cara menghitung dari hari pertama haid sampe satu hari menjelang haid bulan berikutnya.
      biasanya, siklus haid perempuan itu berbeda2, bisa mulai kisaran 21 hari sampai 40 hari. rata2 orang indonesia 28-30 hari.
      nah, untuk kasus anda, saya menduga mungkin siklus haid anda 27-28 hari, makanya menjadi mundur setiap bulannya.

      salam, selamat menghitung :D

  48. anggi Says:

    sudah hampir 40hari tapi kog gak haid, sudah saya test kehamilan make testpek 2x tapi negatif hasilnya.
    perut saya terasa penuh banget susah bab gak seperti biasanya dan muncul jerawat..aduhhh..

    • hadisome Says:

      Biasanya IUD itu ga seperti itu kok.
      Sudah kontrol ulang belum ke dokter yg masangi iUDnya?
      Saya sarankan coba diperiksakan, sekalian di usg dulu posisi IUDnya.
      Mengenai belum haid, apakah anda tidak sedang stress atau capek ngga?
      Biasanya tingkat stres itu mempengaruhi pola haid lho

  49. anggi Says:

    saya sudah tanya sama bidan yang masangin iud itu katanya gapapa ditunggu 2hr lg klo msh blum haid mau dikonsul sama bidan yang ngontrol saya kebetulan msh pergi bidan nya..benang nya blum lepas msh ada pd tempat nya.. mslh capek atau stres c otomatis ya karena saya sndrian mengurus ke dua putri saya yang masih bayi..
    tapi sblum nya saya capek pun gapapa ttep normal2 saja..
    mggu2 yg lalu c saya smpet kumat skt nya c gr2 cpek krg darah gt..

    • hadisome Says:

      wah, kalo begitu coba ditunggu saja untuk konsul ke bidan yang memasangi.
      oya, sejak melahirkan, apakah pernah dapat haid? di bulan ke brp dan brp lama?
      trus apakah pemberian ASInya eksklusif selama enam bulan ngga?

  50. anggi Says:

    saya masih asi sampai sekarang..
    habis 40hr nifas bulan berikut nya langsung haid dan berlangsung sekitar 7-8hari..dan itu rutin sama spt biasanya..
    gak ada masalah apa2..
    tiba2 kogg bulan ini malah belum haid sampai tanggal segini..
    maka nya saya binggung..

    • hadisome Says:

      Saya jg ikutan bingung neh :)
      Tp seiring frekuensi ASI yg makin berkurang, kemungkinan anda akan segera haid kembali kok..
      Coba cari deh tulisan saya tentang metode amenorhea laktasi, semoga itu bisa menjawab kebingungan mbak anggi…

  51. anggi Says:

    bukannya metode MAL itu harus hbs mlahirkn dan usia bayi kurang dari 6bln kan..smntara bayi saya sdh 7bln..
    gak bs tho yaaa..
    saya bysanya jg dr bayi lahir smpe 6bln full hanya asi kogg tanpa tmbhn apapun..
    kasus2 yang lain ada gak yang spt saya?
    saya bgg bgd,wkt pmsgn iud pun saya biasa2 aja gak terlalu nerves gak mual atau mules biasa aja sih..

    • hadisome Says:

      Iya sih, MAL itu efektif sampe enam bulan. Nah, jujur aja ya, saya baru nemu kasus seperti mbak, makanya saya jadi ikutan bingung.

      Cari 2nd opinion ke dokter lain udah belum mbak?
      Sekalian diperiksa kondisi rahimnya..

  52. fifin Says:

    Subhanallah…
    Pak Hadi telaten sekali ya menjawab pertanyaan.
    Salut buat Pak Hadi…

    Pak, saya mau tanya..
    5 tahun lalu saya pasang IUD pada bidan A, selama ini ga ada keluhan berarti.
    Tadi, tiba-tiba saya merasa sedikit nyeri di Miss.V. Karena bidan A sedang keluar kota saya konsul ke bidan B.
    Kata beliau posisi IUD saya sudah melorot setengah.

    Saya harus mengganti yang baru atau cukup “diperbaiki” saja posisinya Pak.

    Terima Kasih infonya…

  53. fifin Says:

    Oia Pak… kata bidan B tadi IUD mlorot karena saya sering angkat-angkat berat (ngeden). Bener ga sih pak?

    Trus posisi hubungan suami istri juga berpengaruh pada mlorotnya IUD.

    Jadi sedikit khawatir saya Pak….

    • hadisome Says:

      saya jawab disini aja ya bu Fifin
      IUD melorot? bisa jadi ada kemungkinan seperti itu. namun, itu bukan disebabkan IUDnya yang berubah menyusut menjadi kecil melainkan otot rahimnya yang sedikit kendur.
      pada kasus yang serupa seperti bu Fifin, dokter hanya menyarankan ibu untuk senam kegel supaya otot rahimnya tetap kencang.
      ngeden2 itu kemungkinan yang menyebabkan otot menjadi kendur.
      apakah perlu diganti? selama tidak mempengaruhi aktifitas dan aktifitas suami istri, tidak perlu diganti. kecuali sudah mempengaruhi keseharian dan hubungan suami istri, silakan saja untuk diganti.

      posisi katanya menentukan prestasi loh bu hehehe… kecuali untuk posisi hubungan suami istri, tidak berpengaruh kok. hanya saja, mungkin benang IUD yang menjuntai akan memberikan efek seperti ditusuk2 pada kepunyaan suami hehehehe…
      salam

      • fifin Says:

        tanya lagi ya pak…. (hehehehehe)
        kemarin akhirnya IUD saya dilepas oleh bidan A pak (bidan saya).
        karena kata bidan saya, ada kemungkinan pas kemarin saya periksa di bidan B, IUD saya sengaja ditarik supaya agak mlorot. (tega sekali ya….)
        tapi ko saya jadi belum haid ya pak…
        saya hitung2 saya sudah telat seminggu. padahal biasanya saya rutin.
        kenapa ya pak, apa karena pengaruh IUD yg di obok2″ tersebut ya…

      • hadisome Says:

        Waduh, kok tega ya…
        Mungkin ada motif supaya mbak pasang IUD lg di tempat bidan B kali ya?

        Terlambat haid? Mungkin stres karena kemarin mikirin IUD nya ya?
        Sudah di cek pake testpack belom? Coba cek dulu..
        Saya sih menduga itu terlambat krn faktor stres aja, soalnya gimanapun, ketika proses pemasangan IUD pasti sedikitnya berpengaruh pada pikiran anda.

      • fifin Says:

        sepertinya mmg begitu pak motif dari bidan B. tapi gpp lah saya ikhlas ko, semoga tidak terjadi pada pasien laen. yg pnting saya g kesitu lagi, kapok wis….

        mksih buat semua ilmunya ya pak… saya tes, masih negatif ko, mngkin mmg sedikit stress.

        sukses buat bapak…

      • fifin Says:

        malem pak… konsul lagi ya….

        tadi mlm habis maghrib saya pasang iud lagi pak, trus malamnya (maaf) saya berhubungan dengan suami.

        tapi dari tadi siang smp mlm ni ko rada cengkring2 ya… apakah itu normal pak?

        makasih sebelumnya…

      • hadisome Says:

        Cengkring2 apaan sih?

  54. fifin Says:

    kayak kena duri itu lho pak

    • fifin Says:

      mungkin nyeri kali kata lainnya. tapi beda rasanya dengan nyeri haid.

      • fifin Says:

        kata bidan saya barusan, mngkin krn belum adaptasi pak, kalo seminggu masih terasa ga nyaman, benangnya akan dipotong.. menurt bapak, ada masalahkah dengan iud saya? saya takut, kalo pemasangan kurang bnr, ato posi2 berubah krn saya “buru2″ berhubungan dgn suami.

      • hadisome Says:

        Bisa jadi kata bidan anda benar, tunggu saja satu minggu unt dikontrol ulang.
        Berhubungan suami istti tidak akan mengubah posisi iud kok…

    • hadisome Says:

      Oooh,
      Itu bisa saja krn benangnya terlalu panjang
      Anda kembali saja ke bidan/dokter yg kemarin memasangkan IUD tersebut, dan minta agar benangnya dilipat atau digunting, krn akan mengganggu anda ketika berhubungan

  55. fifin Says:

    fungsi benang itu sebenarnya untuk apa pak?

  56. maya Says:

    Dok ♏ªµ tanya nihh, sy pake kb suntik skitar 6th, Ůδąђ periksa k dokter katanya kandungan gak da mslh, άþά ϐïśα hamil ya dok saya? Tlng jwban nya dok, kelamaan pake kb apa efek nya buat rahim dok?

    • hadisome Says:

      bisa hamil? tentu saja BISA selama usia anda belum masuk masa menopouse. kelamaan pake suntik maksudnya ya? salah satunya menyebabkan lendir serviks menjadi lebih kental, sehingga butuh waktu antara satu sampai dua tahun untuk mengembalikan kesuburan.
      jadi jika anda ingin segera hamil, dihentikan saja pemakaian KB suntik nya.
      trims


  57. kok gak ada data tenteng inisiasi menyusu dini di cianjur???

    • hadisome Says:

      nggak ada lah,
      blog ini membahas KB kok

      • fifin Says:

        benang IUD kan kaku pak, seperti senar. bener ga kalo benang tersebut, lama kelamaan akan menjadi lentur seperti benag jahit karena cairan miss V ?

      • hadisome Says:

        ngga benar
        dia tetep seperti senar kok. kalo misalnya lama2 lentur, berarti cairan miss V berbahaya dong? bisa2, sesuatu yg sering masuk, bisa lembek kayak tape hehehehehehe :lol:

      • fifin Says:

        Pak Hadi ini bisa aja, seneng bercanda juga ya ternyata :lol:
        txs buat infonya pak…

  58. yatie Says:

    apakah ada IUD seumur hidup ??

    • hadisome Says:

      dulu ada, spiral itu bisa dipakai seumur hidup. sekarang tidak lagi diproduksi, batas waktu pemakaiannya paling lama 10 taun, yang bentuk T itu

  59. woel Says:

    pagi pak..saya mau tanya ni.. udah satu bulan psang IUD cooper T, kmrn pagi saat BAK keluar benang ky senar pnjgnya 5cm..itu benang spiralkah?bahaya ga kalo benangnya keluar gt..putus atau apa ya..trs sekarang perut saya kemeng2 gitu pak..emang bisa ya benang spiral putus gt?

    • hadisome Says:

      siang Bu Woel,
      iya, itu benang IUD nya. ngga bahaya sih, cuman akan mengganggu terhadap aktivitas anda, apalagi untuk aktivitas seksual dengan suami.
      itu bukan putus, tapi hanya menjuntai saja. anda datangi bidan, sekaligus kontrol, minta supaya benangnya dilipat atau digunting.

      oya, kemeng-kemeng apaan sih?

  60. fifin Says:

    kemeng-kemeng mngkn = cengkring-cengkring Pak

  61. ira Says:

    apakah alat ini tidak mengganggu aktifitas suami istri? dan juga apakah alat ini tidak menyebabkan gangguan pada hasrat seksualitas penggunanya spt pd KB suntik?

    • hadisome Says:

      Tidak, kecuali jika benang iud nya menjuntai, dia akan sedikit mengganggu pd saat berhubungan. Tp normalnya dia tidak mengganggu karena berada jauh di dalam rahim, bukan berada pd vagina.
      Gangguan seksual juga kaayaknya tidak, mengingat alat ini bebas hormon.

  62. tya Says:

    saya baru sekitar 3mingguan d psg IUD d hri k 2 pemasngan saya mengeluarkn darah sprti mens,dan 1stlh pmsngn sudah tidak lg mengeluarkn darah,tp setiap sya brhubungan sya mengeluarkn darah lg sprti mens,stlh 5hri darah itu berhnt sndri,dan brulng lg stiap sya brhubungan,apa kah itu wajar?trims

    • hadisome Says:

      coba lakukan kontrol ulang ke dokter/bidan…
      normalnya sih ketika dipasangi iud dan berhubungan, tidak mengeluarkan darah hingga berhari-hari. paling cuma flek2 darah saja.

      • irma Says:

        Dok, numpang2 tanya.
        Sy 29th. Satu anak usia 5th. Slama 5 th sy pakai IUD dan alhamdulillah nyaman. Tidak ada masalah.
        Tgl 28 mei sy cabut ke bidan krn mau kasih adik bt si Kaka.
        Tp 3 mggu setelahnya muncul flek2 coklat. Muncul hilang sdh 2 hari ini. Sy yakin bukan haid. Minggu depan baru jadwal haid sy.
        Mohon infonya apakah ini penyesuaian ke tubuh Normal setelah 5 th pakai.
        Oya, waktu awal pasang flek2, telat haid, tidak ada.
        Mohon jawabannya krn sy was2 sekali..
        Semoga dapat diemail juga jawabannya ke dewifb10@yahoo.com
        Terimakasih banyak.
        Dewi

      • hadisome Says:

        sebentar ya saya tanya dokter Handy dulu :))

      • hadisome Says:

        sudah ada jawaban dari dr.Handy Intan, SpOG
        “Tidak masalah, itu disebut spotting pra-haid. ada tidak ada IUD akan alami hal yang sama. flek itu hanya reaksi hormon menjelang haid. kadang dipicu oleh aktifitas fisik yang melelahkan atau beban mental seperti ada masalah atau karyawan yang ada tugas berat. tidak perlu diobati.

  63. irma Says:

    Dear mas Hadi n dr. Handy,
    Terima kasih jawabannya.
    Ada satu question lagi, jd berapa lama waktu masa subur stelah copot IUD ad yg bilang langsung ada yg blg 3 bln.

    Tks yaaa… Smoga kebaikan dr smua dibalas dgn sgala kemudahan n sukses yaa
    Irma

    • hadisome Says:

      menurut teori sih segera setelah dilakukan pencabutan IUD.
      pengalaman temen saya, begitu copot, sebulan kemudian dia udah langsung hamil 1 bulan

  64. Eha Says:

    Saya sdh 5bln memakai iud cover T,kok keluar keputihan encer seperti luka getah bening terus.obat apa ya yg hrs sy minum?krn merasa tdk nyaman tks

    • hadisome Says:

      untuk memastikan penyebab keputihannya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, sehingga bisa diberikan obat yang sesuai dengan diagnosanya.
      alangkah lebih baik jika anda mendatangi dokter kandungan dan memeriksakan kondisi anda, supaya tidak salah penanganan.
      trims

  65. rifda Says:

    pak hadisome, saya mau tanya, saya pakai IUD copper T oktober 2011 lalu. 2 hari setelah itu saya flek sehari. nopember 2011 saya haid selama 8 hari, trus berhenti dan baru haid lagi di tgl 14 april 2012 selama 2 minggu, berhenti seminggu haid lagi selama 3 minggu, begitu seterusnya sampai terahir haid 17 july 2012. dengan darah kadang merah segar kadang agak hitam…. apakah itu normal? apa yang harus saya lakukan?

    • hadisome Says:

      masih menyusui ngga mbak?
      kalo pengguna iud emang volume darah haidnya jd lebih banyak, coba mbak kontrol ke dokter kandungan agar diberikan penanganan. biasanya diberikan obat oleh dokter.

  66. ummu qonufa Says:

    Maaf sy mau tanya, 3 bln yg lalu sy pasang copper T, 2 bln pertama haid sy lancar tp masuk bln ketiga ini, sy blm haid dan ketika sy baca commen di sini, anda menyarankan meraba benang, sy langsung melakukannya dan hasilnya yg keraba bukan benang tp seperti alatnya, apakah alatnya lepas? Kalo lepas begini kemungkinan sy hamil sangat besar ya? Padahal sy blm siap anak ke 3 saya baru berumur 4 bln…

    • hadisome Says:

      mungkin bukan lepas, tapi hanya turun saja. kalo lepas itu, dia keluar dari rahim. coba ibu lakukan USG untuk melihat posisi IUDnya. lakukan juga test kehamilan untuk memastikan apakah terlambat haid tersebut krn memang positif atau faktor lain.

      salam

  67. Jemmie Says:

    Mas Hadi …to the point aja ya ….. ini kasus saya banyak yang sama dengan kasus yang lain, tapi bidan yang masang spiralnya mau nya lain….. ….

    istri saya menggunakan spiral T setelah melahirkan. Kata bidan boleh melakukan hubungan intim setelah tiga bulan kemudian, dengan sabar saya menunggu.
    Tiga bulan berlalu saya pun berhubungan dengan istri, tapi memang sungguh tidak mengenakan bagi saya ternyata ada benangnya yang tajam…sehingga kalau bersenggama punya saya sakit, kata bidan pun demikian, tiga bulan lagi benangnya g akan terasa lagi.
    Dengan sabar saya menunggu lagi, eh tenyata masih juga sakit punya saya.

    Saya sering menganjurkan istri saya untuk di lepas saja tapi istri g mau katanya takut kebobolan lagi.

    Datang lagi ke bidan untuk konsultasi, katanya tunggu haid baru bisa di lihat dan di betulkan. jaaaaaaahhhh……aaammmmmpppuuuuuunnnnnn nunggu lagi …..

    Sekarang sudah setahun istri belum datang bulan karena asi eksklusif, talinya pun masih terasa walaupun sudah berkurang, tapi ada keluhan lain lagi setiap kali posisi Mr. P saya penetrasinya terlalu dalam dan posisi saya di atas, istri saya merasakan sakit di daerah rahim katanya spiralnya bikin ngilu jika penetrasi terlalu dalam, jika posisi women on top,saya nya yang kena benangnya jadi sakit tuh Mr.P, yang aman doogy style ….masa itu terus?? kan bosan heheh …yang jelas harus berapa lama lagi saya harus nunggu ni mas?(pertanyaan barusan g usah di jawab) kira2 langkah lain selain menunggu apa neh?
    sampai2 istri saya nyanyiin lagunya peterpan “tak bisa kah kw menungguku ???” :( mohon masukan n sarannya salam n terima kasih ….

    • hadisome Says:

      hallo Mas Jemmie,
      pertama2, saya turut prihatin ya *ala esbeye :lol:
      sebenarnya tidak perlu menunggu hingga 3 bulan. kira2 cukup seminggu saja. jeda ini hanya untuk memberikan masa ‘penyesuaian’ bagi istri anda dengan keberadaan alat IUD di dalam rahimnya. mengenai benang yang mengganjal, itu tidak perlu menunggu hingga tiga bulan. biasanya dianjurkan, satu minggu pascapemasangan, akseptor harus kembali lagi ke bidan/dokter yaang memasangi untuk memastikan apakah ada “gangguan” atau tidak ketika berhubungan intim. jika ada keluhan seperti yang anda tuliskan, maka bidan/dokter akan memberikan solusi bagi keluhan tersebut, yaitu dengan cara melipat atau memotong benangnya. kebanyakan sih cuma dilipat saja. seperti rambut, diblow, jadi terlipat ke dalam kan? nah benang ini pun sama. diblow saja.

      saran saya, cari dokter atau bidan lain, dan minta agar benangnya dilipat atau dipotong supaya tidak terlalu menjuntai. rasa sakit yang terasa ketika berhubungan itu diakibatkan dari terlalu menjuntainya benang kontrol IUD ke rongga vagina sehingga akan terasa mengganggu pada saat berhubungan.

      harus berapa lama lagi nunggu? tergantung, berapa lama anda ke bidan yang lain (selain bidan yang memasangi dan menganjurkan tiga bulan itu ya :lol:
      skali lagi, saya cuma bisa prihatin saja ya mas… :lol: coba dari taun lalu mampir ke blog ini, ga akan puasa lama-lama :lol:

    • fifin Says:

      turut prihatin dengan kasusnya Pak Jimmi.

      berdasarkan pengalaman, memang ada pak, bidan yang agak “menjengkelkan” dalam hal pemasangan IUD ini.
      benar kata Pak Hadi, mendingan Bapak sama Ibu cari bidan lain saja.
      karena pengalaman saya, sore pasang IUD, malamnya sudah bisa dipake pak, dan kami enjoy aja tu, ga ada masalah.

      kalo tentang benang itu, saya juga pernah mengalami masalah yang sama seperti istri bapak, penyelesaiannya ya saya segera ke bidan lagi dan oleh bidan benang tersebut dipotong, setelah itu, saya alhamdulilah nyaman terus memakai IUD selama 7 tahun ini dan sudah 2 X pasang.

      semoga cepat “berbuka puasa” ya Pak Jimmie :-)

  68. ibna mardiah Says:

    Numpang tanya nih,saya ibu dengan 2 anak,anak ke 2 saya baru berumur 4 bulan,waktu mau Kb di bidan,katanya kalo ASI ekslusif kemungkinan besarnya ga akan hamil,akhirnya saya nunda KB,setelah nifas mens saya teratur,tp kemarin harusnya tgl 25 saya haid,tp haid tk kunjung datang,saya tes pke tespek hasilnya positif,tp perut saya mulas spt mau haid,akhrnya saya USG,kta dokter saya ga hamil,akhirnya dokter saranin untuk kb IUD,dan saya pun td langsung KB iud,yg saya mau tanyakan knp hsl tespek dan USG berbeda?lalu klo sya benar hamil,apakah iud yg sudah di pasang berpengaruh terhadap janin saya?

    • hadisome Says:

      di testpacknya berapa kali? hasil tespek bisa aja berbeda dengan USG karena itu mengukur kadar hormon, sedangkan USG lebih ke visual. kalo misalnya hamil, dengan keberadaan iud, maka ibu harus rajin2 kontrol. dan pada saat persalinan harus diawasi oleh dokter ahli.

  69. hny Says:

    numpang tanya dwonk..selama 3tahun aku kb pake pil,haid selalu lancar..awal bulan kemarin minggu pertama haid 3 hari,,setelah haid aku pasang iud terus ngeluarin bercak selama 3 hari,, 2 hari kemudian aku berdarah lagi kaya haid banyak tp cuma 2 hari,,harusnya awal minggu kemarin aku haid,,tapi udah 1 minggu ini blm keluar juaga udah di tes negatif trus,tanya kedoktr katanya gk apa” n alat iud aku juga gk berubah..malah aku dikasih obat kalau udh telat 2 minggu (buat mancing),yg mau aku tanyain kenapa ya aku jd ngeluarin air susu,padahalkan gk nyusuin..tolong bantuannya makasih

  70. vony Says:

    Selamat paaaggii…

    Mas saya br pasang IUD tgl 30 september 2012 (hr ke 47 masa nifas/pasca melahirkan), stlh itu 4 hr kemudian keluar darah segar selama 6 hr (tdk hanya spoting / bercak, tp keluar darah) hr ke 7 hingga skrng (hr ke 11) msh keluar darah haid (skrng volume drh haid yg keluar smkn berkurang.

    1) Yg mau saya tanyakan apakah keluar drh segar selama 6 hr itu normal? mengingat yg saya baca2 di blog ini katanya spoting brkisar hanya 2 harian, sdngkan saya tdk hanya spoting namun keluar dr segar.

    2) Sayaa disuruh balik ke dokter kandungan saya 2 minggu stlh pemasangan (tgl 14 oktober) namun krn sy tlt datang jd dokternya udh keburu plng. Apakah tdk apa2 saya telat memeriksakannya? Rencananya br akan kembali minggu dpn (brti setlh 3 minggu pemasangan). Selama kluar darah segar + haid skrng ini tdk ada keluhan mules seh

    3) Bagaimana cara meraba benang IUDnnya krn saat dipasang Dr SpOg saya bilang kalau benangnya dipotong 2cm an.. Apakah jk sdh dipotong benang IUD msh bs teraba ? (Brti saya hrs memasukan jari saya agak dalam ke miss V saya dong)

    Maaf banyak pertanyaan dan penjelasannya panjang… Mohon sharing infonya… [τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅]

    • hadisome Says:

      1. mungkin itu langsung haid ya bu… dan biasanya ketika dipasang IUD, volume darah haid lebih banyak, makanya waktu haidnya lebih lama. mengenai spotting, emang, pada umumnya hanya dua-tiga hari saja. tapi, pada beberapa kasus ada yang lama, bahkan sampai hitungan bulan, dengan waktu yang berbeda2.
      2.tidak apa2, itu untuk kontrol ulang. nah, pada saat kontrol tersebut, mbak ceritakan keluhan2 yang dialami.. seperti yang ditanyakan ke saya, tanyakan juga ke dokternya.
      3. iya, masukan sedikit jari ke dalam lubang vagina untuk merabanya… hanya itu satu2nya cara untuk meraba benang.

      trims
      maaf baru bisa balas, saya baru online nih :)

  71. sabriah Says:

    Saya uda memakai IUD selama 7 bulan lebih, awalnya haid lancar , kemudian menginjak bulan ke 7 ini, haid saya telat datang, setelah datang 2 hari aja, kemudian berhenti dan hanya bercak kecil aja, saya jadi kuatir kalau hamil lagi.
    mohon penjelasannya.

    • hadisome Says:

      sudah di cek belum dengan alat uji kehamilan? kalau belum di cek aja dulu. kalau tidak yakin, datangi dokter kandungan.
      mengenai haid yang sebentar itu bisa dipengaruhi banyak faktor, bisa dibaca pada tulisan tentang sistem reproduksi wanita.
      mengenai hamil atau tidak, kemungkinan itu selalu ada, karena IUD hanyalah alat buatan manusia yang tidak bisa menandingi kehendak Tuhan YME
      salam

  72. laili Says:

    met sore ms… mau tnya nieh? sy bru pasang iud kr2 3 bln, pd awal pemasangan sy tdk mrsakan keluhan sama sx tp knp akhir2 nie sy sering mengeluarkan lendir yg brcmpur drh,, mang gk bnyk sieh cm sering & itu membuat sy gk nyaman… kr2 knp ya sy??

    • hadisome Says:

      lakukan kontrol ulang ke dokternya. untuk memastikan lendir apa yang dimaksud. apakah dari keputihan yang bercampur spotting atau bukan…

  73. susie Says:

    selamat malam…saya menggunakan iud miren* 2 bulan yg lalu sekarang sedang haid,kok terasa benang nya keluar,saya coba dorong ke dalam tapi di buat jalan keluar lagi,apakah itu berbahaya,bln kemaren saya cek ke dokter usg kata nya udah bagus,

  74. Diah Says:

    Pagi …… numpang nanya ya…. aq kan udah pasang IUD tanggal 15 Oktober 2012 lalu abis itu kan keluar spotting aq takut kan sebenarnya kata bidannya suruh balik seminggu lagi tapi aq nggak enak soalnya klo 1 minggu berarti miss V q dalam keadaan kotor. kemudian aq nggak kontrol sampai 2 minggu tapi di punggung belakang bagian bawah terasa nyeri banget buat duduk di kursi aja mesti di taruhin bantal di bagian punggung biar sakitnya berkurang, berkurang lo ya bukan hilang karena walaupun masih di taruh bantal tapi gak bisa ngilangin rasa nyeri tersebut. karena udah nggak tahan dari waktu pemasangan sampai kontrol pertama aq lewat 2 minggu lebih kata bidan bagus kok benangnya juga terlihat dan masih pada tempatnya kemudian aq dikasih obat gitu tapi sampai sekarang spotting itu masih aja keluar gimana nich apa itu tandanya aq nggak cocok pakai KB IUD? trus gimana cara ngatasinnya? dan lagi tiap kali hubungan dengan suami emang nggak sakit sih tapi keluar darahnya dan itu menurutku mengganggu banget soalnya selain bau darahnya yang khas aq takut suami jadi jijik liat aq walaupun suami nggak pernah protes sich???? dan satu lagi waktu hubungan itu pinggul aq rasanya nyeri banget klo terlalu dalam nekannya, tapi waktu aq tanya ke suami katanya dia nggak ngerasain apa-apa gimana doooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooonggggggggggggg??????
    aq tanya ke bidan katanya tetep bagus kok, ada nggak obat biar nggak keluar spotting lagi mengganggu banget soalnya! makasih ya…. balas ke e-mailq juga ya : rochmandiah@yahoo.co.id
    makasih buat infonya dan buat yang namanya fifin aq boleh minta e-mailnya nggak biar aq bisa sharing soal IUD e-mailin aq ya… ke alamat diatas!!!! berharap banget deh berteman ma kamu biar aq bisa nanya2 juga soal pengalamanku pakai IUD ke kamu siapa tahu kamu bisa bantu kan kamu udah normal kan sekarang. balas ya…..
    Makasih…

    • hadisome Says:

      nah loh, kenapa ga kontrol sesuai saran bu bidan???
      tentang nyeri punggung bawah, banyak penyebabnya, bisa saja dari sistem persarafan yang terganggu. saran saya coba periksa ke dokter SpOG, biasanya dikasih obat untuk menghentikan pendarahan. tapi tidak sembarangan harus melalui pemeriksaan medis dulu.
      saya laki2, jadi ga pake IUD mbak Diah :p

  75. yenny Says:

    Selamat malam pak.. Saya mau tanya. Saya pake uidT sudah hampir 5th. biasanya 1tahun sekali saya papsmear+ cek uid dulu tinggal dijakarta. Tp sudah 2th krn pindah ke aceh singkil. Jadi tidak pernah cek. Sebulan yg lalu saya mengalami sakit dibawah perut dan pinggang,karena angkat barang agak berat. Setelah beberapa minggu, tidak sakit lagi. Dan saya merasa iud sudah hilang. Saya ingin tes sendiri, tp takut tanggan yg tidak bersih. Jadi saya ke bidan, semua bidan tidak berani cek spiral saya, padahal ada bidan yg terima rawat inap saat melahirkan. Alasannya peralatan yg tidak lengkap. Dan cuma ada 1dokter kandungan tp sudah antri Dokter tidak dtg juga. seharusnya hari ini saya sudah haid tp belum dapat juga. Mohon solusinya. Trimakasih

    • hadisome Says:

      waduh, susah juga ya.
      coba diraba aja benangnya, ada atau tidak. caranya diraba dengan memasukan satu jari anda, kalau benangnya teraba, artinya IUD tersebut masih ada.

  76. irene Says:

    Saya mau tanya pak, kalau copper T sudah daluarsa 2 tahun lalu apakah ada efek negatuve nya?

  77. irene Says:

    kalau mau mencabut alat KB harus dalam keadaan mens?

  78. Lili Fitriani Says:

    Saya punya anak 4jarak 2 thun,saya memutuskn kb,baru 3 bln yg lalu saya pasang IUD,hari pertama d pasang men saya kluar slama 3 hari,setelah itu sampai sekarang saya blum men lagi,apakah itu karna IUD,apa yg harus saya lakukan

    • hadisome Says:

      sudah kontrol belum bu?
      coba periksa ke dokter untuk dilihat penyebabnya. setau saya, IUD tidak menyebabkan haid terhenti. justru akan menjadi lebih banyak….

  79. wiwie Says:

    saya sdh pake iud selama 9 bln.. tp baru lancar haid selama 3 bln terakhir. Yg mau sy tanyakan, knp setiap menjelang haid, sy sll mengalami nyeri perut baah bagian kanan, dan stlh selesai haid, tdk nyeri lg. Apakah ini pengaruh iud atau penyakit lain? mohon informasinya. Terima Kasih

    • hadisome Says:

      untuk menjawab pertanyaan ibu, harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. saya sarankan dilakukan USG agar keliatan dari mana asal nyeri itu.
      salam

  80. euis windawati Says:

    Saya sdh 4,5 th memakai IUD, sekarang” ko suka ada keluhan, keputihan dan klo melakukan aktifitas agak berat perut bag bawah suka sakit, knp Чªª?

  81. rizka Says:

    Selamat malam Mas Hadi..
    Saya pakai IUD dari anak saya umur 3 bulan sampai sekarang sudah 4tahun..Alhamdulillah ga ada keluhan,paling agak nyeri di hari2 terakhir haid aja..Nah,sekarang saya insyaALLAH rencana punya anak kedua,jadi mau mencopot IUDnya..Pertanyaan saya,kapan waktu yg tepat untuk mencopot..?pada waktu haid seperti saat memasang,atau bisa kapan saja..? Terimakasih..

  82. Mia Says:

    assalamualaikum pak hadi..
    Sya ibu stu org anak brumur 3bln 2mggu dan sya pndrita hypertyroid.sya ad mslah nih ma iud yg sya pke sjak melahirkan ceasar.sya nifas 65hri,kmudian brhnti stlah sya kntrol ke dktr spOG dibri obt anti pndarahan dan obat hormon LUTENYL dgn alsan pndrahan yg lma dan byk pnybabnya adlh hormon krn tyroid.posisi iud ktka diusg pun smp saat ini posisi bgus.skrng kluhan sya haid 22hri brhenti haid hnya 3hri kmudian sya haid lg.duuh..cpe bgt kluar drah mulu.mulai dri pndrahan drah seger&super byk smp drah flek2 sja/spoting.sya hrus gmn ya?ap hrus mmbeli obat Lutenyl yg mhal itu krn pnybab’y hormon?atau sya ga cocok dan hrs gnti iud dgn kndom ya!tlong bls ke email sya jg ya!mkasih pak hadi sblum’y:-D

    • hadisome Says:

      ibu Mia, terlepas dari hypertiroid anda, memang biasanya ketika dipasangi IUD, maka volume darah akan lebih banyak dari biasanya. saya tidak menyarankan anda membeli obat tanpa konsultasi ke dokter. saran saya sih, anda kembali ke dokter SpOG nya untuk memastikan apa yang terjadi. jika memang itu adalah pengaruh IUD dan anda tidak nyaman dengan kondisi ini, dilepas saja bu. beralih cara ke kb lain, salah satunya yaaa kondom itu :)

  83. sherly Says:

    Saya baru 2hari yang lalu memasang spiral. setelah memasang spiral yang saya rasakan pertama kali adalah sedikit rasa kram diperut. Dan juga setelah pemasangan spiral, langsung mengeluarkan (maaf) flek darah..
    Yang mau saya tanyakan, bolehkah sesudah memasang spiral melakukan pekerjaan yang berat,semisal angkat air 1 ember.. Atau berolahraga seperti sit up at bermain holahop. Terus adakah makanan yang harus dihindari setelah memasang spiral? Agar tidak terjadi infeksi?terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,154 other followers

%d bloggers like this: