Alat Kontrasepsi : Implant

Masih bercerita seputar alat kontrasepsi. Jika sebelumnya saya sudah menceritakan tentang IUD atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR), kini atas request seorang teman, saya akan berusaha sharing tentang implant atau susuk KB, hanya sebatas pengetahuan yang saya punyai saja. Jika ada diantara anda yang lebih mengetahui, silahkan turut di share juga disini :-)

***

Seorang teman SMA saya yang telah menjadi ibu mengeluhkan tentang betapa ribetnya dia mengikuti sistem KB. Sebagai ibu yang agak sedikit sibuk dan agak-agak pelupa, dia seringkali melewatkan keteraturannya minum pil KB yang ia konsumsi sebagai obat kontrasepsi pencegah kehamilan. Tentu saja hal ini mengganggu kesehariannya, karena jika dia lupa meminum, maka dia akan merasa was-was “takut kebobolan lagi”, padahal untuk mengurus satu anaknya yang masih kecil disela-sela karirnya, bukan hal yang mudah.

Saya  menyarankan untuk mengganti cara ber-KB yang dia pilih untuk menggunakan IUD. Tentu saja setelah ngobrol-ngobrol seputar macam-macam alat kontrasepsi. Namun, sebagai seorang perempuan rupanya dia agak ketakutan jika harus dipasangi alat iud meskipun ukurannya kecil. “gak berani” begitu alasannya.

Akhirnya pilihan jatuh pada alat susuk KB atau implant.

***

Apa sih implant atau susuk KB ini?

Susuk KB adalah obat kontrasepsi yang berbentuk seperti tabung kecil, sebesar korek api-lah kira-kira. Didalamnya terkandung hormon progesteron yang akan dikeluarkan sedikit demi sedikit.

implant, lebih kecil ketimbang pensil. (HS.2011)

Alat kontrasepsi ini dimasukkan dibawah kulit pada bagian lengan atas. Tidak terlihat dari luar, tapi masih dapat diraba. Tersedia dua macam, yang 1 batang atau 2 batang. Dulu, lebih ribet karena ada yang sampai 6 batang. Cara kerjanya yaitu hormon progesteron yang dilepaskan implant akan menghambat terjadinya ovulasi, menyebabkan selaput lendir atau endometrium tidak siap menerima pembuahan.

Kemarin, ketika melakukan penyuluhan di RSUD Cianjur, ada satu orang pasien post partum yang menyatakan bahwa satu batang implant itu untuk satu tahun. Jadi, katanya, enam batang implant sama dengan enam tauneun. Tentu saja ini adalah pandangan keliru sebab satu batang implant ini tidak mewakili jumlah hari (taun pemasangan). Yang terbaru dan banyak dipakai adalah implant yang dua batang, masa pakainya cukup sampai tiga tahun.

Kelebihan implant diantaranya tidak mengurangi produksi ASI, praktis dan efektif untuk masa 3 tahun, pemasangan dan pencabutannya mudah dan cepat. Pemasangan dan pencabutan dilakukan oleh petugas medis yang sudah terlatih. Kelebihan lainnya adalah bisa digunakan oleh akseptor yang mengalami ketidakcocokan dengan hormon estrogen, membantu mencegah anemia dan kehamilan di luar kandungan, serta kesuburan akan pulih setelah pencabutan implant. Namun, selain kelebihan-kelebihan tersebut, implant juga ternyata mempunyai kelemahan yaitu bisa mengakibatkan gangguan pada siklus haid karena adanya hormon progesterone yang terkandung di dalamnya, perdarahan ringan diantara masa haid, juga timbul sakit kepala ringan. karena mengandung hormone maka tentu saja akan berpengaruh pada metabolism tubuh. Sama seperti halnya pil atau suntik, tidak jarang pengguna implant yang tidak cocok akan mengalami masa menstruasi yang berbeda-beda.

Jangan menggunakan implant jika anda hamil atau diduga hamil, terdapat benjolan payudara, terkena kanker payudara, diabetes mellitus, dan memiliki riwayat darah tinggi!!!

O iya, implant ini tidak seperti susuk biasa loh, kesaktian susuk kb implant tidak akan hilang hanya karena  anda memakan sate hehehehe…. (HS)

About these ads
Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi, Penyuluhan, tentang KB

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

180 Comments on “Alat Kontrasepsi : Implant”

  1. hayu Says:

    terima kasih infonya, mau tanya jika implant sudah habis masa waktunya , apa efeknya jika tidak ambil dan masih ada tenggang berapa lama obat masih bisa berkerja setelah masanya habis

    thanks

    • hadisome Says:

      terima kasih sudah berkunjung mbak Hayu…
      sebaiknya, jika sudah habis masa pakai, implant segera dicabut. apa sebab? karena implant ini di desain untuk jangka waktu tertentu. nah mengenai efeknya, sebenarnya kalo efek ke kesehatan bisa dikata tidak ada kecuali implant anda akan tertutup oleh lapisan lemak dan nanti akan sulit dibuka.
      obat yg terkandung dalam implant akan habis sesuai masa pakainya. jd tidak ada lg tenggang setelah tiba masa pakainya habis.
      semoga membantu :D

  2. Widyaningtyas Kusuma Putri Says:

    tapi bikin flek di muka ga???

  3. Susan Says:

    Makasih infonya.. Kalo baru nikah, tapi blm pengen punya anak, boleh gak pake implant? Maksudnya, ada pengaruh gak sm kandungan?
    Makasih

    • hadisome Says:

      waduh, kalo baru nikah saya sarankan pake kondom aja deh… soalnya kalo implant, pil, suntik itu mengandung hormon, takutnya kalo kelamaan dipakai malah susah punya anak. soalnya hormon sintetisnya bisa bikin lendir rahim kentel dan untuk mengembalikan ke normalnya butuh waktu minimal enam bulan stelah pemakaian dihentikan.
      kalo nggak, coba pake sistem KB kalender

  4. Susan Says:

    Tapi apakah efeknya itu bersifat permanen? Gak bisa punya anak selamanya, gitu?

    • hadisome Says:

      gak permanen sih, cuma kadang2 bikin sulit aja. soalnya tumpukan hormon yg sudah menahun bisa menjadi barrier terjadinya kehamilan, butuh waktu beberapa tahun untuk menormalkan kembali kondisi rahim.

  5. mag Says:

    Sy sempat baca untuk yg suntik tdk disarankan bagi wanita di atas usia 35 thn dan perokok aktif. Bagaimana dengan implant ini? Sebenarnya apa efek rokok dengan kb?

    • hadisome Says:

      @Mag: maaf baru saya jawab, beberapa hari ini saya tak bisa Online. begini mbak, pada dasarnya alat kontrasepsi hormonal seperti pil dan suntik itu mengandung hormon sintetis. sama halnya dengan implant.
      efek rokok dengan KB tentu saja ada. pada rokok terkandung nikotin yang dapat mempengaruhi rahim. alat kontrasepsi bekerja pada bagian rahim yakni menjadikan lendir rahim menjadi pekat sehingga sperma tak dapat bergerak leluasa. ketika seorang perempuan perokok menggunakan KB, maka kemungkinan nikotin tersebut akan mengganggu sistem kerja dari alat KB ini. kemungkinan lainnya adalah terjadinya komplikasi. tapi maaf, saya belum menemukan literaturnya. ini baru dugaan bersifat logika dari saya saja. semoga membantu menjawab rasa penasaran anda. trims

  6. novi Says:

    mf saya mau tny klo implan nya g pas wkt pemasangan bgmn bahaya g y??????

    • hadisome Says:

      @Novi: ngga pas gmn maksudnya? setau saya implan yg dipasang di lengan itu jarang yang tidak pas. kalo ditanya bahaya atau tidak, saya pikir tidak terlalu. kecuali dipasangnya bukan di lengan…

  7. novi Says:

    mf saya mau tny, lo implant nya geser dari awal pemasangan nya gmn bahaya g y????

  8. angela Says:

    riwayat caesar melahirkan 2x dlm wktu yg relatif dekat anak ke-2 sy umur 2bln, masa nifas uda berakhr sampe skrg blm haid, kontrasepsi apa ya yg baik?
    Planning punya anak lgi 3th s/d 5th kedepan.
    Implant & IUD masing2 efeknya apa y, trmksh

    • hadisome Says:

      kalo belum haid, wajar saja saya kira… karena ada perubahan hormonal, biasanya perempuan yg baru melahirkan akan berbeda2 masa haidnya.
      saran saya pakai IUD saja. keuntungan dan kelemahannya apa, bisa ibu baca di artikel2 saya di blog ini. trims sudah mampir

  9. SAN Says:

    gimana kalau pemasangan implan dgn jarak satu sama lain yg terlalu dekat/menumpuk… apakah berbahaya atau ada efek dsampingny,,, atau mengurangi efektifitas kerja implan it sendiri…

    trims sebelumnya…

    tolong dijawab penting neh??? hehehe ;)

    • hadisome Says:

      setahu saya, implant itu tidak pernah dipasang menumpuk… kalopun mau dipasang pada jarak yang berdekatan, harus dicabut dulu implant yang sebelumnya…
      jadi mengenai bahaya atau tidak jika dipasang berbarengan, kemungkinannya ya bahaya, karena hormon yang bekerja di tubuh anda menjadi dua kali lipat….

  10. Susi Says:

    saya sangat tertarik dgn alat KB yg 1 ini.. Tp saya msh ragu.. Yg ingin saya tanya, pa bner klo pk Implant, ntar kalo qt meninggal (agama islam), implant hrs d buka lg… Pa ya spti itu.. mhon pjelasannya.. Thx before…

  11. susiati Says:

    saya usia 44th. baru pakai inplant 14 April 2011 tapi siklus haid saya jadi 1 minggu haid, bersih 1 minggu trus haid lagi skarang haid hari ke 4. sampai kapan siklus haid akan normal kembali, apa efek lainnya

    • hadisome Says:

      Dear ibu susiati
      Implant itu adalah alat kontrasepsi hormonal. Di dalamnya terkandung hormon buatan yg akan bereaksi dg hormon di dalam tubuh. Salah satu reaksinya adalah perubahan pola haid. Saya tidak bisa memastikan sampai kapan krn reaksi setiap orang berbeda2. Saran saya coba lakukan kontrol ke dokter yg memasangi anda implant.
      Semoga siklus haid anda kembali normal dan teratur

  12. Heri Says:

    salam istri saya menggunakan implant sudah satu tahun, dan satu tahun ini dia tidak haid itu bagaimana? terus tiba2 dia merasa ada darah mirip haid bagaimana tapi diiringi badan yang kurang fit keluarnya?

    • hadisome Says:

      salam pak Heri..
      Implant adalah alat kontrasepsi hormonal, dia bekerja berdasarkan hormon sintetis yang dibawanya. untuk metode kontrasepsi hormonal ini memang tergantung kondisi fisik seseorang. Karena bersifat hormonal itulah maka ketika terjadi ketidak cocokan dengan tubuh dia akan bereaksi yang mengakibatkan perubahan hormon tubuh. keadaan tersebut akan berpengaruh terhadap pola haid. biasanya ada yg lebih lancar, tp ada juga yang tersendat2. kemungkinan kasus istri anda adalah karena ada reaksi yg menyebabkan perubahan kondisi hormonal istri anda dan akhirnya berpengaruh terhadap pola haid. saran saya lebih baik diganti menggunakan IUD saja, tapi sebelumnya coba dikonsultasikan dengan dokter ahli terlebih dahulu.
      untuk darah mirip haid, saya kurang bisa memahami, karena bisa saja itu karena faktor lain. saran saya coba datangi dokter kandungan biar diperiksa lebih lanjut.
      semoga jawaban ini bisa memberi gambaran untuk anda. teriring salam pula buat istri bapak

      • heri Says:

        ya terima kasih banyak untuk jawabanya, melihat perkembangan 2 hari ini darah yang yang keluar ternyata di yakini istri saya adalah haid, karena dari ciri-ciri dan yang dia rasakan itu adalah haid, bagaimana sebaiknya?

      • hadisome Says:

        Coba dilihat dulu perkembangannya seperti apa, terus berapa lama masa haidnya. Jika normal, tidak usah ganti cara, tp jika haidnya sedikit bermasalah, saya sarankan untuk melakukan kontrol ke bidan setempat

  13. heri Says:

    ok sekali lagi terima kasih banyak

  14. Vina Says:

    Saya memasang implan 3 thn yg lalu dan tgl 25 mei ini sudah jadwal pencabutan. Tapi berhubung sy tugasnya agak d pedalaman jd blm s4 mencabutnya, mungkin skitar 3 bln lg baru bisa mencabutnya. Yang ingin saya tanyakan apakah saya sudah kembali subur dan bisa terjadi kehamilan?

    • hadisome Says:

      tentang kembali kesuburan, tentu saja bisa bu Vina. cuma itu tergantung kondisi hormonal ibu sendiri. karena implant adalah metode hormonal, maka akan perlu waktu beberapa bulan untuk kembali subur.

  15. Heri Says:

    salam, istri saya sekarang haidnya memasuki hari ke 13, pada hari ke 9,10 sempat seperti akan berhenti haid, tapi dua hari belakangan ini haidnya banyak sekali dan haid seperti ini baru dialami istri saya. katakanlah perlu usaha yang sangat serius agar tidak tembus terutama saat tidur malam dan kecapean, mohon penjelasannya? sebelumnya terima kasih banyak.
    kalau diingat-ingat dulu waktu nifas istri saya hanya sedikit darah yang keluarnya justru yang sekarang banyak sekali, ini ada hubungannya ga dengan keadaan sekarang atau karena 1 tahun lalu anak kami ASI ekslusif tapi memasuki tahun kedua dibantu dengan susu formula sehingga ASI istri saya jarang diberikan ni ada hubungannya ga dengan keadaan sekarang?

    • hadisome Says:

      waduh pak, saya rada sedikit bingung nih karena saya bukan ahli obgin.tapi ada kemungkinan itu adalah pengaruh hormonal dari Implant yang dipakai oleh istri bapak. karena memang implant adalah metode hormonal, jadi ketika terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh, maka akan terlihat efeknya seperti pada haid atau ukuran badan.
      saran saya, coba datangi dokter ahli agar didiagnosa lebih real. karena saya hanya mengira2 saja, jd tingkat akurasinya agak sedikit kurang.
      coba diamati lagi pada haid mendatang, apakah istri bapak mengalami hal serupa lagi.

  16. asmadinata Says:

    saya sering mengengar kebanyakan alat kontrasepsi inplant sering hilang waktu mau di lepaskan,
    kenapa bisa terjadi???

    • hadisome Says:

      Sebenarnya itu gak hilang, tapi ketutup lapisan lemak. Biasanya kasus ‘hilang’ ini terjadi pada ibu2 yg ukuran tubuhnya membesar

  17. supriyanto Says:

    untuk mendapatkan alat implant bagaimana ya pabrik n distributornya dari mana ya?

  18. supriyanto Says:

    Kalau ada pabrik dan distributornya tolong hubungi saya ke no (021)97548001 karena saya sangat perlu dan banyak permintaan

  19. popy Says:

    saya br mlahirkan anak kedua,rencananya sy mau KB dulu.skrg umur sy 29th.sy sdh pernah mencoba KB suntik,pil dan spiral.sewaktu sy menggunakan spiral keputihan sy semakin banyak.saya menggunakan spiral gratis dari puskesmas.apa ada pengaruhnya?atau untuk saat ini sy mengganti alat KB dengan implant?

    • hadisome Says:

      tentang keputihan sebenarnya banyak yang mengalami keluhan demikian, kata bidan partner kerja saya, itu akibat dari adanya proses adaptasi di rahim. IUD gratis tidak ada pengaruhnya, karena alatnya sama seperti IUD berbayar.
      silakan saja mbak mengganti dengan implant, tapi mbak harus periksakan kondisi kesehatan terlebih dahulu, karena implant ini hormonal dan tidak boleh dipakai oleh perempuan yang memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit2 berat. mudah2an cocok ya…

  20. hariyanto Says:

    istri saya menggunakan KB implan untuk 3 tahun, dan akan habis waktunya sekitar 2 bulan lagi, yang hendak saya tanyakan adalah, apakah wajib setelah habis waktunya, yaitu 3 tahun pemakaian impllan yang terpasang di istri saya harus dicabut ?….
    sedangkan untuk saat ini saya dan istri saya ada di luart negri, saya hawatir jika dicabut yang bukan ahlinya ada resiko…soalnya dinegara yang kami tempati tidak ada KB implan dan tidak ada dokter yang menangani KB implan,….sedangkan saya pulang keindonesia sekitar 2 tahun lagi….
    serta apakah jarum imlan yang tidak dicabut tersebut akan berbahaya bagi kesehatan istri saya ?….
    dan apakah setelah masa KB implannya telah selesai tersebut walauipun jarum imlannya belom dicabut, kesuburan istri saya sudah kembali normal ?…
    dan apakah bisa dilanjutkan dengan menggunakan pil KB ?….

    Nb : Jikalau berkenan kami mohon penjelasan dan pencerahan dari dari bapak dan ibu…tolong dikirim ke email saya silvia.anggrainy@yahoo.com
    terimakasihistri saya menggunakan KB implan untuk 3 tahun, dan akan habis waktunya sekitar 2 bulan lagi, yang hendak saya tanyakan adalah, apakah wajib setelah habis waktunya, yaitu 3 tahun pemakaian impllan yang terpasang di istri saya harus dicabut ?….
    sedangkan untuk saat ini saya dan istri saya ada di luart negri, saya hawatir jika dicabut yang bukan ahlinya ada resiko…soalnya dinegara yang kami tempati tidak ada KB implan dan tidak ada dokter yang menangani KB implan,….sedangkan saya pulang keindonesia sekitar 2 tahun lagi….
    serta apakah jarum imlan yang tidak dicabut tersebut akan berbahaya bagi kesehatan istri saya ?….
    dan apakah setelah masa KB implannya telah selesai tersebut walauipun jarum imlannya belom dicabut, kesuburan istri saya sudah kembali normal ?…
    dan apakah bisa dilanjutkan dengan menggunakan pil KB ?….

    Nb : Jikalau berkenan kami mohon penjelasan dan pencerahan dari dari bapak dan ibu…tolong dikirim ke email saya silvia.anggrainy@yahoo.com
    terimakasih atas segala bantuannya….
    atas segala bantuannya….

  21. hariyanto Says:

    istri saya menggunakan KB implan untuk 3 tahun, dan akan habis waktunya sekitar 2 bulan lagi, yang hendak saya tanyakan adalah, apakah wajib setelah habis waktunya, yaitu 3 tahun pemakaian impllan yang terpasang di istri saya harus dicabut ?….
    sedangkan untuk saat ini saya dan istri saya ada di luart negri, saya hawatir jika dicabut yang bukan ahlinya ada resiko…soalnya dinegara yang kami tempati tidak ada KB implan dan tidak ada dokter yang menangani KB implan,….sedangkan saya pulang keindonesia sekitar 2 tahun lagi….
    serta apakah jarum imlan yang tidak dicabut tersebut akan berbahaya bagi kesehatan istri saya ?….
    dan apakah setelah masa KB implannya telah selesai tersebut walaupun jarum imlannya belom dicabut, kesuburan istri saya sudah kembali normal ?…
    dan apakah bisa dilanjutkan dengan menggunakan pil KB ?….

    Nb : Jikalau berkenan kami mohon penjelasan dan pencerahan dari dari bapak dan ibu…tolong dikirim ke email saya silvia.anggrainy@yahoo.com
    terimakasih atas segala bantuannya….

  22. Aira Kasih Says:

    saya sudah hampir 7bln menggunakan KB implan tp siklus haidnya lama, kadang” sampe 3minggu???apa benar tandanya ga cocok pke KB ini!!!

    • hadisome Says:

      salam mbak aira, maaf baru dibalas.
      implant itu adalah metode kontrasepsi berbasis hormon sintetis, jadi kalo misalnya baru menjadi pengguna implant pasti butuh waktu penyesuaian, karena ada perubahan hormonal di dalam tubuh. tentang siklus haid yang menjadi tidak teratur, belum tentu itu adalah ketidak cocokan memakai implant. saran saya coba periksa ke bidan atau dokter obgyn untuk mengecek kondisi rahim anda. terima kasih sudah mampir. salam

  23. Heri Says:

    hai mas … pa kabar mudah2n dlm keadaan baik&sehat. oya…setelah beberapa bulan dan periksa ke beberapa bidan kesimpulannya kemungkinan istri saya tidak cocok menggunakan implan…kondisi terakhirnya siklus haidnya ga teratur dalam satu bulan bisa dua kali haid disertai stamin yang menurun cukup drastis., seandainya ganti kira2 sebaiknya pake apa ya mas? supaya tidak terjadi gangguan hormonal? trima kasih sebelumnya

    • hadisome Says:

      halo juga pak, ternyata begitu ya hasil pemeriksaannya?
      saya sih menyarankan kalo istri anda berani pake IUD, lebih bagus pake IUD aja, itu non hormonal. silakan bapak baca2 dulu informasinya di blog ini

  24. nunung Says:

    nama saya nunung,saya mau nanya saya kan kb suntik yang 3 bulanan,tp tubuh jadi semakin gemuk,itu karena apa yah? apa saya harus ganti implan?

    • hadisome Says:

      itu karena ada perubahan hormon di dalam tubuh Mbak Nunung. seperti yang saya tuliskan bahwa KB suntik itu adalah KB hormonal, efek sampingnya adalah perubahan reaksi hormonal di dalam tubuh, pada sebagian perempuan akan berpengaruh pada perubahan pola dan nafsu makan.

  25. nunung Says:

    umur saya 29 th,SAYA KB suntik yang 3 bulanan,tp kenapa ko tubuh saya jadi tambah gemuk,padahal saya sudah diet .apa yang harus sy lakukan?saya ingin langsing seperti dulu lagi? apa kb imlan tidak bikin gemuk?

  26. lyan Says:

    sejak saya memakai implant (1 thn) saya memiliki masalah dengan siklus haid yang berlangsung selama 2 bulan ( setiap hari) setiap kali haid. (rentang waktu 2 bulan tidak haid) setelah itu haid panjang. hal itu terjadi selama 1 thn ini. normalkah / cocokkah saya dengan Kb ini ??

    • hadisome Says:

      hai iyan…
      sebelum memakai implant, bagaimanakah siklus haid anda? satu siklus dihitung dari mulai haid hingga mau haid lagi…
      perlu diketahui mbak iyan, bahwa alat kontrasepsi implant itu adalah alat yang mengandung hormon sintetis. jadi pada saat implant dipasangkan akan memberikan pengaruh terhadap tubuh anda, salah satunya adalah perubahan hormonal di dalam tubuh. efek dari perubahan hormonal ini bermacam-macam, ada yang ‘lari’ ke nafsu makan, kulit, juga lamanya haid.
      pertanyaan anda adalah normalkan dengan kb ini? selama anda tidak mengalami keluhan lain seperti pusing mual dsb, itu cocok cocok saja. adapun siklus haid yang berubah, itu kemungkinan terjadi karena perubahan hormonal di dalam tubuh.
      trims

  27. moes hidayat Says:

    aslm ,,,,mlkm?,,,pa sy salah satu pengguna infalan (susuk) dan skrang sy berada di arab saudi bersama kelurga ,,, yng saya tanyakan saat ini KB inplan sy 2bulan lgi sdah hbis waktunya sedangkan sy pulang ke indonesia 2 thn lagi ,,,apakah inplan yang saya gunakan seandainya di cabut dengan kelewat tahun exp,,?,,bisa berbahaya pada kesehatan saya atau ada hal lain yang bisa berbahaya?,,dan seandainya klw sy sekrang mau di lanjutkan dengan minum Pil Kb bisa tidak? pil Kb apa yang cocok nantinya buat sy ,,,,,terlma kasih untuk Bp\ibu yang mau jawab pertanyaan sy,,,( anggacilempong@yahoo.co.id)

    • hadisome Says:

      waalaikum salam…
      seharusnya sih implant-nya dicabut bu. saya tidak tau apakah di arab saudi ada dokter kandungan yang bisa membuka implant atau tidak. jika seandainya tidak, tidak apa-apa, selama memang hormonnya sudah habis. cuma yang dikhawatirkan adalah jika kelamaan di dalam tubuh, takutnya tertutup jaringan lemak yang menumpuk.
      tentang pil KB, silahkan saja meminum pil KB selama obat implantnya memang sudah habis, tp kalo masih ada, tidak dianjurkan untuk meminumnya.

  28. Ambu Kaka Says:

    Hadi, bikin tulisan tentang pil KB yang bisa bikin kulit halus itu dong…., sama yang gak bikin gemuk itu….

  29. Leghika Says:

    selamat pagi..
    saya mau tanya, apa benar klau memakai implant ga boleh angkat barang yang berat”..??? memang apa yang terjadi seandainya begitu..?
    dan apa benar harus jaga berat badan juga..?

    • hadisome Says:

      ah ngga juga bu.
      yg tidak boleh itu, angkat barang yg beratnya melebihi kapasitas yg bisa diangkat.
      apa yg seandainya terjadi? tangan ibu bisa patah kalo beban yg ibu angkat ber lipat2 dr beban yg biasa ibu bawa. kalo cuma sekedar bawa air seember mah gapapa kok.
      jaga berat badan? iya, supaya timbunan lemaknya tidak menebal. biasanya ada kasus yg implannya tidak teraba lagi, itu karena akseptro tersebut kegendutan, lapisan lemaknya terlalu tebal.
      trims

      • Leghika Says:

        klau malah sebaliknya.. bukan gemuk melainkan semakin kurus gimana mas..??? setelah melahirkan badan saya agak gemuk lalu saya pasang implan, semakin hari berat badan saya semakin menurun.. apa nanti berpengaruh terhadap implannya..?? maaf ya mas saya jadi banyak tanya..

        terima kasih sudah merespon pertanyaan saya..

      • hadisome Says:

        ga apa2 kok.
        ga akan berpengaruh terhadap implant. pola makannya dijaga aja bu. biar tidak terlalu kurus.
        memang, salah satu pengaruh obat kontrasepsi hormonal ini adalah berat badan. pada beberapa akseptor yg memang ‘berbakat’ gemuk, maka kemungkinan untuk menjadi gemuk akan lebih besar, dan begitupun sebaliknya, jika berbakat kurus, maka akan tetap kurus.
        gapapa banyak tanya juga, saya senang kok :)
        trims udah berkunjung ke blog saya… semoga bermanfaat

      • leghika Says:

        maaf ya mas saya mau tanya lagi..
        kenapa ya haid ga selesai” sudah 2 minggu..? apa karena pengaruh implan..?
        oia Dikira sudah selesai saya dan suami saya berhubungan, dan ga lama setelah berhubungan haid datang lagi.. berbahaya ga ya mas..? kira saya hanya sebatas bekas haid saja, tapi ko malah terus”an…

      • hadisome Says:

        kemungkinan itu memang karena adanya perubahan hormonal akibat pemasangan implant di tubuh anda. kalo masalah berbahaya atau tidaknya saya tidak bisa memastikan karena itu bukan wilayah saya. sebaiknya datangi tim medis untuk mendapatkan pemeriksaan, terutama mengenai kondisi rahim ibu Leghika.

  30. endang Says:

    hallo,mbak setelah saya pasang implant,waktu haid bln depannya haid saya jadi gk teratur timbul flek flek tiap hari padahal da 3 bln saya pake mala kalau udah tgl mau haid darahnya byk dari biasanya tapi tiap hari kok ada flek selama tiga bulan ini ,

    • hadisome Says:

      saya mas, bukan mbak :)
      halo mbak endang, kemungkinannya adalah karena sedang terjadi penyesuaian akibat adanya hormon dari implant. saya sarankan coba anda periksakan ke dokter/bidan yg memasangi anda implant, kalo memang anda didiagnosa tidak cocok, bisa langsung dibuka lagi dan diganti alat lain

    • Yuni Says:

      Malam dok? Saya ikut kb,implan dan saya tidak haid saya takut terjadi hamil dan setiap saya tes,urine hasil dari tespek berbeda2 ada,yg 2,garis ada,yg 1,garis apa artinya

      • hadisome Says:

        artinya bisa saja hamil, tapi kemungkinan ngga. untuk memastikan, periksakan di dokter saja… biar lebih pasti.
        salam

  31. Ens Chayank Says:

    saya da 3 bln pake,implant tapi haid bln dpnnya kok timbul flek flek tiap hari,n kalau da tglnya dtg bulan kok darahnya lebih byk dari biasanya,gimana apakah normal,dulu ya perna kb suntik 3 bln tapi pendarahan juga selama 3 bln tiap hari apakah saya gk cocok juga pake inplant,makasih atas sarannya

    • hadisome Says:

      berarti kemungkinannya memang dari hormon yg ada di dalam implant tersebut, yang bereaksi dengan hormon di dalam tubuh ibu endang. tentang cocok tidak cocoknya, sebaiknya anda diperiksa dulu ke dokter/bidan… kalo tidak cocok, bisa diganti pake IUD


  32. [...] saya sudah sedikit menuliskan kembali untuk anda mengenai beberapa alat kontrasepsi seperti IUD, Implant, Suntik, dan juga Pil KB, bahkan kondom. Saya berharap semoga informasi yang saya rangkumkan dari [...]

  33. hikmah Says:

    salam, mas… mohon pencerahannya donk saya lg bimbang bgt. setahun yg lalu saya baru aja melahirkan caesar. dan setelah itu sempat kb suntik 3bulan tapi akhirnya ga saya lanjutkan krna saya takut jarum suntik:)
    akhirny slama ini pindah ke kondom tpi agak merepotkan. akhirny ada yg menyarankan tuk implant saja. duuwh.. saya jadi stress duluan nih. krna denger2 katanya pmasangannya sperti operasi kecil y? saya penderita anemia dan selalu merasa pusing hmpir setiap hari. apa ga apa2 y dgn kondisi sperti ini??
    mohon jika ada info2nya tntang implant ini bisa dikirim ke email saya sebanyak2ny…
    pliiis.. terimakasih

    • hadisome Says:

      kenapa gak pakai IUD aja mbak hikmah? bebas jarum suntik, dan anemia pun boleh menggunakannya.
      tentang pemasangan implant, sederhana saja, dengan cara melakukan sayatan kecil di lengan kiri bagian atas. pelaksanaannya pun dilakukan dengan cara yang aman. lenganpun diberi bius lokal terlebih dahulu. khusus untuk pengguna implant, suntik dan pil, harus dilakukan dulu pemeriksaan kesehatan terutama tensi darah, karena alat ini hormonal tidak boleh digunakan oleh penderita hipertensi.
      saya pikir, mbak Hikmah beralih cara saja ke IUD. lebih aman dan sekali pakai bisa sampai beberapa tahun.
      tentang informasi implant, bisa mbak cari di blog saya ini.
      trims

  34. dew Says:

    sy udh 1 thn lebih kb implan tetapi 1 bulan belakangan ini kok menstruasinya agak lama ya sudah hampir 3 minggu, mungkin ga baru terlihat tidak cocok stlh 1 thn lebih.? tq

    • hadisome Says:

      bisa jadi mbak Dew. karena implant ini kan hormonal, bisa saja hormonnya menjadi tidak stabil. faktor fisik dan obat-obatan bisa memberi pengaruh terhadap instabilitas hormon di dalam tubuh.


  35. mbak saya mau tanya, saya baru pasang implant 2 minggu, pas pasang saya sedang haid, dan saat saya memasang implan saya baru selesaikan bulan melahirkan, sejak pemakaian sampai sekarang saya sering ada flek flek darah, kadang banyak kadang sedikit, apakah itu pengaruh dari pemasangan implan

    • hadisome Says:

      saya mas mas.. bukan mbak :D
      bisa jadi itu pengaruh dari implant yg dipasang mbak Yustini. Implant itu adalah alat KB hormonal, artinya mengandung hormon sintesis di dalamnya. hormon ini akan memberikan pengaruh pada tubuh sehingga di awal2 pemasangannya akan terjadi penyesuaian antara hormon tubuh dan hormon sintesis tersebut. salah satu efeknya adalah keluar darah, tp bukan haid (flek). jika berlangsung lama, saya sarankan periksakan kembali ke bidan (dokter) yg memasangi anda implant tersebut.

  36. candra Says:

    Hallo
    Saya ibu dari satu anak, saya memakai implan sudah 2 thn dan berniat mencabutnya krn ingin punya anak lg, tapi sayangnya implan sy tidak bisa semua, masih tertinggal 1 lg, sy sdh berusaha mencabutnya dirumah sakit tapi asmpai sekarang masih belum ketemu dimana letak implannya, yg jd pertanyaan :
    1. apakah saya masih bisa hamil lg ?
    2. apakah bila saya hamil tidak berbahaya bagi janin saya krn mengingat implanmasih tertinggal satu dilengan ?
    Terima kasih ya…

    • hadisome Says:

      ibu, satu saja pertanyaan dari saya. apakah berat badan ibu menjadi bertambah selama terpasangnya implan? coba raba2 sendiri, kemungkinan implannya tertutup lemak. siapa tau?
      apakah masih bisa hamil lagi? insya allah bisa Bu. selama obat implant yg terkandung di dalamnya sudah habis, maka hormon yg mempengaruhi kekentalan lendir rahim pun habis, sehingga kondisi rahim kembali ke seperti semula.
      apakah implan berbahaya bagi janin? keliatannya secara tidak langsung tidak membahayakan bu. efek dari implant ini hanya menjadikan lendir rahim menjadi kental saja.

  37. noni Says:

    hai..nama saya noni ada yg blang pakai implant..akan mengakibatkan payudara kita memar..dan akan menyebabkan kematian/apakah bnr atau tdak

    • hadisome Says:

      hai noni, nama saya Hadi. oke kita sudah berkenalan.
      itu Noni dapet info darimana?
      selama saya melakukan penyuluhan dan menjadi karyawan BKKBN, saya belum pernah mendengar ada kasus perempuan yang menggunakan implant yg mengalami memar payudara hingga mengalami kematian. justru yang saya temui adalah beberapa perempuan pengguna implant yang terus menerus menggunakan KB ini hingga menjelang menopouse.
      jadi, keliatannya info yang didapat noni itu masih dipertanyakan kebenarannya.

  38. sari Says:

    sy mw tnya mas,,
    hmpir 3 thn ini sy pke implan, siklus haid sy dr awal pakai hngga skrg sgt tdk t’atur dan cndrung b’lbihn.. shngga sy khilangn brt bdn hmpir 10 kg.. mhon pnjelasn dan upaya apakah agar siklus haid sy kmbali normal.. thanks

    • hadisome Says:

      implant adalah alat kontrasepsi yang berbasis hormon mbak Sari. kemungkinan apa yg anda alami adalah imbas dari adanya hormon buatan yg ditanamkan dalam implant yang anda pakai. hormon tersebut mempengaruhi perubahan kadar hormon dalam tubuh anda sehingga memberikan efek pada haid. ada yang haidnya lama, ada yang sebentar.
      coba mbak sari hentikan dulu penggunaan KB hormonal, dan beralih cara ke kb non hormonal. KB hormonal adalah implant, pil, dan suntik. sedangkan kb non hormonal yaitu IUD atau kondom.

      sekarang kan sudah tiga tahun, sudah saatnya implant tersebut dicabut.

      salam

  39. tika Says:

    ass,, nm sy tika umur 25 thn, sy pasang implant sejak bln oktober lalu, waktu di pasang implnt sy sedang haid, haid tidak teratur sampai 3 minggu,yg ingin sy tanya kn sampai bln ini sy blm haid jg gmn ya mas..trims

    • hadisome Says:

      Mbak Tika, selama ini apakah haid anda sering terlambat? Jika iya, kemungkinan siklus haid anda diatas 30 hari setiap bulannya. Tp jika tidak, kemungkinan keterlambatan haid yg sekarang terjadi disebabkan adanya perubahan situasi hormon di dalam tubuh karena adanya implant yg memang mengandung hormon sintetis.


  40. Bgni dok.. Istri sy sudah 6 bln ini pake kb imlant dan smpe skrg ini blm jg dpt menstruasi jdi gmn i2 dok.? Dan sudah 2 mggu ini tmpt yg di pasang imlant i2 kalo malam terasa gatal, gatal sekali,, dan di sekitarnya kulitnya bintik2 dan jg trs gatal2, jd i2 knp ya dok.? Thanks

    • hadisome Says:

      wah, mungkin alergi ya pak?
      sudah pernah diperiksa ulang belum? kontrol ulang pasca pemasangan…
      tentang belum menstruasi, itu pengaruh dari hormon sintetis dari implantnya pak.
      coba pak franky ajak istrinya untuk memeriksakan terlebih dahulu. kalo memang masih seperti itu, saran saya sih lebih baik dibuka aja pak, diganti dengan alat KB yang lain
      trims

  41. sintya Says:

    makasih ya atas infonnya,coz q kskrng lgi pakek kb implant kok badan q tambah kurus ya????trus haidnya gak berhenti-henti

    • hadisome Says:

      sudah diperiksa ke dokter belum mbak? mengenai kurus ini bisa banyak faktor.

      untuk masalah haid yang lama, mungkin saja ini ada hubungannya dengan perubahan situasi hormonal di dalam tubuh anda karena adanya hormon sintetis dari implant yang dipasangkan. perubahan situasi hormon ini memberi pengaruh pada siklus haid anda.

  42. Diah Says:

    Hai mas Hadi, senang deh punya informan penulis blog yang ramah dan bertanggungjawab. kebanyakan pemilik blog sering menulis suatu topik tp, tidak mau menjawab pertanyaan2 pengunjung. bravo! saya ibu satu anak, 3 bulan yg lalu pasang implant dan belum pernah haid cuma ada flek-flek di dua bulan pertama, dibulan ini sm sekali ga ada. pertanyaan saya. apakah haid yg tdk datang menandakan ketidakcocokan? mungkin ga terjadi kehamilan?

    • hadisome Says:

      belum tentu tidak cocok mbak..
      mengingat implant ini adalah metode KB hormonal, maka kemungkinannya akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh sehingga akan mempengaruhi proses menstruasi. pada beberapa kasus yang menggunakan metode KB hormonal (pil, suntik, implant), kadang memang siklus menstruasi menjadi tidak teratur karena pengaruh hormon sintetis yang terkandung di dalamnya.
      nah pada kasus mbak Diah, bisa saja siklus menstruasi mbak menjadi terganggu karena hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil sehingga mempengaruhi proses menstruasi.
      nah untuk memastikan hamil atau tidak, silakan di cek ke dokter kandungan, sekalian juga dicek mengenai menstruasi anda. mudah2an tidak hamil dan menstruasi anda kembali lancar ya :)

  43. wina Says:

    mkch.ne mw nanya wktu pzang implan BB qw 45kg,zkrg jd 37kg.kuruz bgt ne,apa tdk c02g iia?menz jg dkit2,tpi brkpnjgn’?mhn jwbnya.mkch

    • hadisome Says:

      wah bisa jadi tuh, karena ada ketidak cocokan hormon dalam implan dengan hormon yang ada di tubuh.
      coba konsul ke dokter yg masang implant, kalo bisa sih ganti cara ke IUD aja

  44. tati hartati Says:

    salam mas,sy 36th,psng inplan unk yng ke-2 kali.waktu yg pertama yng sy rasakan seperti yng lain,sering ngeplek, haid sering tidak tratur,bahkan sering terjadi haid sampai lebih dari 1bln.tapi untuk yg ke-2 ini sy pasang baru 4bln.dari sejak pemasangan tdk mendapat haid.Akibatnya sy sering merasa pusing,pegal2 di daerah pinggang dan badan sy jd naik timbangannya.mohon diberi solusi,knp kok bisa beda,konsidi pd pemasangan pertama sama yg kedua ini.Bidan tempat sy pasang sama koq.trimakasih.

    • hadisome Says:

      sudah dikonsultasikan ke dokter belum?
      bisa saja ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh mengingat anda dipasangi implant lebih dari tiga tahun. sebaiknya diselang dulu dengan menggunakan alat kontrasepsi non hormonal (IUD atau kondom).
      saran saya coba konsultasikan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan rahim terlebih dahulu :)

  45. Larri Setyaresmi Says:

    pake implant bisa bikin gemuk gak? trus bikin wajah ngeflek gak ya? saya dulu pernah pake IUD tp banyak keluhan akhirnya saya lepas……

    • hadisome Says:

      Implant sih nggak. Gemuk sama flek juga jarang terjadi meskipun itu mengandung hormon. Cuma ya karena implant sifatnya hormonal, jd tidak boleh dipakai jika anda punya penyakit darah tinggi, jantung dsb. Tp kalo tidak ada penyakit itu, silakan saja.

      Oya, dulu keluhan pake IUD apa?


  46. salam,mau tanya kenapa untuk pemasangan implan harus di lengan dan kenapa harus subkutan??saya bingung buat ngejawab pertanyaan ini,terima kasih..^^

    • hadisome Says:

      pertanyaan yg sulit, membuat saya cari jawaban ke sana kemari.
      menurut salah satu paramedik yg saya tanyai pertanyaan ini, kenapa implant dipasang di bawah kulit, karena hormon yg terkandung di dlm implant baru efektif bekerja subkutan.
      kenapa di lengan, karena otot lengan lebih tebal dan lengan merupakan organ ekstremitas sehingga hormon yang terkandung dalam implant akan lebih adekuat. kenapa pada lengan, karena lebih aman, lengan lebih kuat dan terlindung dibandingkan organ ekstremitas lain.
      selain itu, pada subkutan terdapat banyak pembuluh darah sehingga hormon akan lebih mudah terserap untuk beredar dan menuju rahim.

      -__- pertanyaan yang susah -__-


      • maaf kak..hehe
        penasaran aja..soalnya setiap org yg sya tnya jwab nya sma aja..klo ttg penyerapan hormonnya gak pernah ada yg jawab..
        trus kalo baca d buku juga gak ada penjelasan yg rinci bgt..
        tp beredarnya hormon itu th mnju rahim gt??bukan mempengaruhi hormon lainnya biar turun trus bru dh gak trjadi ovulasi???

      • hadisome Says:

        Iya, hormonnya mempengaruhi hormon alami di tubuh, kemudian mempengaruhi suasana lendir rahim menjadi lebih kental…


  47. saya pake itu, dan efeknya emang haid tidak teratur…….kadang sama sekali tidak haid, kalo haid itupun cuma sedikit n singkat. 4 bulan terakhir parah, haid bisa sampe 1 bulan :( kasihan anakku kan y masih menyusui cos kalo lg haid emang ternyata pengaruh terhadap ASI. Anakq jadi nggak antusias menyusu n kasihan suamiq jadi puasa 1 bulan penuh. Hal ni membuatq jadi pengen mengeluarkan susuk KB dari lenganq. Apa ada solusi dari semua ini?

    • hadisome Says:

      masih ASI ya? ASI eksklusif ngga?
      kalo memang sedang ASI eksklusif, kemungkinan memang ada pengaruh dari pemberian ASI. coba anda baca metode amenorhea laktasi di blog ini.
      mengenai haid yang tidak teratur, bisa saja karena memang ada pengaruh prolaktin ketika ASI EKslusif, bisa juga karena pengaruh hormonal dari implant tersebut. kalo memang hormon implant yang mempengaruhi siklus haid anda, mungkin anda perlu memikirkan berganti cara ke IUD yang lebih aman.

      sebenarnya hormon di dalam implant itu tidak berpengaruh terhadap ASI, dia adalah hormon progestin yang sama sekali tidak mempengaruhi ASI. jadi ASI akan tetap lancar keluar. anaknya yang tidak antusias, mungkin disebabkan kurang komunikatifnya ibu, atau air ASI yang keluar kurang banyak. coba anda banyak2 makan sayur katuk dan bayam, biar ASInya makin banyak.
      kalo pengen mengeluarkan implant ya silakan saja, tapi menurut hemat saya, anda konsultasikan dulu ke dokter sebelum anda melepasnya.

  48. Husna Says:

    saya ibu berusia 27th,yang ingin saya tanyakan apakah memakai kontrasepsi implan ketika hamil bisa menyebabkan keguguran??terima kasih mohon penjelasannya

  49. rhieyou Says:

    maaf saya mo nanya sya smpet konsultasi katane jika pake implant jika keluar drh selayaknya ttp beraktivitas seperti biasa cz katane darah yg keluar bukan drh mens jd msh hrs wajib sholat n berhubungan dg suami…mohon dijelaskan lagi cz saya masih agak bingung soalnya stlh pake 1thnan lbh g mens trs mens tp siklusnya jd lama n kadang cuma flek2 ja….trimakasih…

    • hadisome Says:

      darah yang keluar adalah menstruasi apabila dia terjadi secara berkala dan bersiklus. jika hanya keluar sedikit saja, bisa jadi itu flek. saya kurang tau untuk kajian fikih, apakah tetep solat atau tidak. kayaknya kalopun tetep solat, harus bersih dulu, mandi wajib gitu deh.

      • rhieyou Says:

        trimakasih jawabannya ya mas…tp mo tanya lagi ni nek darah mens tu yg gimana ya,sya sering banget jd lemes n rasane mudah cape pa tu jg pengaruh dr implan,sering jg pusing/migrain….trimakasih atas jawabannya n maaf jika terlalu banyak tanya…

      • hadisome Says:

        darah haid gimana ya? ada pembaca yg bisa jawab???
        mudah capek,pusing bisa saja pengaruh dari perubahan hormon yang disebabkan adanya hormon dari implan.

  50. bebadra Says:

    maaf saya baru pakai kb implan sekitar 2 bulan setengah. sebulan telah memakai saya langsung mendapat haid setelah 9 bulan tidak haid (selama saya memberi asi ekslusif). tapi, sekarang haidnya lebih lama dan kurun waktu yang pendek. sebulan 2 kali haid, terus darah haidnya sedikit. badan juga menjadi lemes, panas disertai dingin yang menggigil. sering haus dan buang air kecil….apa yang harus saya lakukan. mohon informasinya…trim

    • hadisome Says:

      sudah diperiksa belum mbak Bebadra?
      coba periksakan dulu, barangkali ada penyakit yang belum mbak tau.
      kalo memang ternyata tidak ada penyakit, bisa jadi itu pengaruh perubahan situasi hormonal di dalam tubuh mbak, karena dipasangi implant.
      kalo memang menunjukkan gejala ketidak cocokan, anda ganti saja pakai IUD. tapi saya menyarankan sebelum anda menggantinya, anda konsultasikan dulu dengan dokter ahli.
      trims

      • Sendy sita dewi Says:

        Siang

      • hadisome Says:

        siang juga

      • Sendy Says:

        Salam,,sy ibu 2 anak 3oth,7 th pake implan bru lepas n lpasnya terlmbat sbulan,trus gnti pil marvelon 28,,,tp kq g haid sebulan ini???agak mual,tp test bolak balik g hmil,,pdhal wktu implan haid teratur…mhon ktranganya..

      • hadisome Says:

        salam mbak Sendy
        mungkin karena perubahan situasi hormon ya? pil marvelon itu bukan pil Kb khusus menyusui kan ya?
        nah kalo implant, kandungan hormonnya sama dengan pil KB menyusui. jadi kemungkinan ada perubahan situasi hormonal yang berpengaruh terhadap siklus haid. akibatnya siklus haid mbak menjadi terlambat.
        semoga membantu

  51. sofhi Says:

    Asw. maaf mas, mau tanya, efek samping kalo memakai alkon hormon katanya, bisa timbul flek di wajah itu di akibatkan dari apa ko bisa timbul flek, itu bisa hilang g, trus satu lagi mas, maksimal pemakayan tiap alkon berapa waktu sekali harus di selang non hormonal, seperti suntik, pil dan susuk. banyak terimakasih bila mas segera menjawab ^_^ jazzakallah…

    • hadisome Says:

      iya, itu efek dari hormon sintetis yang ada di dalam alkonnya. bisa hilang jika pemakaian dihentikan. tidak semua orang seperti itu kok, cuma pada beberapa orang saja yang seperti itu.
      selang pemakaian? yang penting tidak bertahun-tahun. idealnya sih dua tahun, diganti cara ke non hormonal.

  52. anisa Says:

    aslmkm maaf mau tanya,sbnrnya lbih aman mana IUD sama Implant ya?.karna skarang saya lg binggung… sbenernya saya pengen mencoba kb implant… tp masih ragu”…dan kalau implant itu ada efek samping nya ga ya? mohon penjelasanya… n tx

    • hadisome Says:

      waalaikum salam,
      lebih aman mana? keduanya sebenarnya aman. cuma beda tempat dan cara pemasangan. untuk implant dia dipasangkan di lengan kiri (agak ke atas). dipasangkan dengan cara ‘menanam’nya di bawah jaringan kulit diatas daging. sedangkan IUD dipasangkan di dalam rahim.

      mengenai efek samping implant ada di tulisan saya yang lain di blog ini, silakan mbak search aja.

      saya sih lebih menyarankan untuk IUD. mbak bisa baca keuntungan dan kerugian IUD di blog ini.

      trims

  53. filensa Says:

    salam….
    saya melahirkan bulan Nopember 2011. dua bulan kemudian saya memasang alat kontrasepsi susuk tetapi sampai dengan sekarang saya belum mendapatkan menstruasi apakah berbahaya bagi kesehatan saya karena belum mendapatkan menstruasi ???

    trims…

  54. rhievay rhyanzha gates Says:

    salam. kmrn istri saya pasang implan.
    tp stelah pemasangan tangan.a pegel2 dan
    sering mengalami rsa gatal..
    kira2 gal sprti itu bhaya ga?

    • hadisome Says:

      sebelumnya istri anda mempunyai riwayat alergi tidak pa?
      bisa jadi itu memang dari implant tersebut, coba periksakan ke dokter/bidan, mungkin akan diberikan obat anti alergi.

  55. mila Says:

    pagi..saya mau nanya untuk implant ini apakah bikin gemuk seperti suntik atau pil?? makasih.

  56. mel Says:

    hallo ..
    Pak saya kan udah make kb implant 1 thn lebih kdang2 haid suka lebih 1 mggu tapi stiap blan nya lancar, untuk dibulan ini saya belum haid pdhl sudah lewat tanggal .. Ini Gimana ya ?

    • hadisome Says:

      sudah diperiksa belum?
      secara teori, implant itu mengandung hormon yang berpengaruh terhadap siklus haid. ada banyak faktor yang membuat haid bisa datang terlambat, salahsatunya adalah tingkat stress yang terjadi pada diri anda.
      untuk memastikan kenapa belum haid juga, coba anda lakukan pemeriksaan menggunakan test pack.
      terima kasih

  57. desy kania Says:

    Assalamu’alaikum pak….salam kenal…Saya Desy (27th)
    Berguna sekali nih blognya pak…saya mau tanya nih. Setelah melahirkan anak ke dua, saya kb suntik 3 bulan, setalah 3 kali suntik 3 bulanan, dokter obgyn menyarankan untuk ganti implan dengan masa pakai 2 tahun, yg saya tanyakan, unt jangka waktu 2 tahun itu, brp banyak implan yg akan di pasang??

    • hadisome Says:

      Waalaikum salam wr wb
      Salam kenal kembali Mbak,
      Biasanya implant itu untuk 3 taun,
      Paling banyak 2 batang saja yang akan disisipkan di lengan.

  58. aris Says:

    saya mau tanya,salah satu ortu ku ada yg punya penyakit hipertensi,apa saya boleh menggunakan kb implan?

    • hadisome Says:

      Selama mbaknya ga menderita hipertensi sih boleh2 aja…
      Sebaiknya di cek dl tekanan darahnya sebelum dipasangi implant, dan dikonsultasikan dg dokter SpOG

  59. aris Says:

    siang….


  60. saya mw brtnya…apakah ada efek yg lain stlh pemasangan implant pertama kali…spt yg saya alami pd saat sya psang implant pertama kali saya sdg haid hari ke 5….lalu stlh pemasangan brjln 1mgg tba2 saya dpt menstruasi lg yg smpai wktu 1mgg jg blm berhnti…!!!!lalu bgaimna cra mengatasinya…????

    • hadisome Says:

      implant itu mengandung hormon, jadi memang kemungkinan akan mempengaruhi siklus haid.
      biasanya dokter ahli akan memberikan obat jika darah yg keluar lebih dr 15 hari

  61. Anggie Says:

    Pak hadi,saya ibu dr 1 anak.umur 25th.udah pake implan 2th.knapa badan saya makin kurus ya pak?dr prtma pake smp skrg turun 10kg .apa saya lepas saja implan nya ya pak?katanya kalo pake implan kalo jadi kurus,mau gemuk lg susah.terimakasih pak atas perhatianya.mohon di balas ya

    • hadisome Says:

      udah berapa lama pakenya bu?
      implant itu memang hormonal contraception, efeknya ke tubuh bisa macem2.
      silakan saja kalo mau dilepas bu. saran saya, sebelum benar2 melepasnya, coba konsultasikan dulu ke dokter ahli kandungan.

  62. Mimit Says:

    selamat siang mas,saya pake implan sudah 2x, yg pertama sudah d buka terus lsg masang lg..apakah nanti jika saya mau punya anak lg butuh waktu berapa lama ya menormal kan rahim saya,yg kedua ini udah sattj tahun
    umur saya 29, sudah melahirkan 3 orang anak..
    terus apakah bisa kita pake implan tiba tiba hamil..
    terimakasi

  63. Wewen Lfa Says:

    sejak 12 th yang lalu saya pake impaln yg jangka waktu 3 tahun. pernah waktu bongkar pasang 2 kali berturut2 dianjurkan untuk pakai kb suntik dl selama setahun. baru nanti bisa pasang implan kembali. apa benar anjuran seperti itu mas? dan kalo mau tahu hormon itu masih ada atau gak setelah implan sdh hbs masa berlakunya?

    • hadisome Says:

      iya, memang ajnjurannya seperti itu, selang seling.
      tapi kalo bisa selang seling nya sama alat kontrasepsi non hormonal seperti IUD.
      kalo implant sudah habis masa berlakunya, hormonnya sudah tidak ada.

  64. asti Says:

    Selamat sore mas..Saya mo tanya nich,suami saya orang asing,sex nya kuat,cepat dan sering(sehari bisa 3-4x),waktu berhubungan mr p suami saya kadang saya rasakan sampai mentok….yang ingin saya tanyakan: alat kontrasepsi apa yang lebih cocok,lebih aman dan resiko hamilnya lebih sedikit antara IUD atau IMPLAN?Tolong jawabannya dikirim ke e-mail saya aja ya mas.
    Terima kasih banyak.

  65. erijk Says:

    salam…mas , istri saya pakai implant baru sebulan tapi kok kulit wajah tu kaya jadi kering gitu loh…kira2 apakah itu efek dr implant?

    • hadisome Says:

      ada kemungkinan pak, soalnya implant itu kan metode kontrasepsi hormonal, jadi kemungkinan akan berpengaruh terhadap hormon alamiah di dalam tubuh.
      tapi saya tidak bisa memastikan, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. jika iya itu dari implant, minta pendapat dokter ahli untuk penanganannya.

      trims ya

  66. roniruni Says:

    mbk sya mau tanya ni,sy pke implant udah 1 thun setngh tpi slma itu pula sya tdak pernah datng haid,,yng sya mau tanyakn apkh bsa menybbkn ssh untuk hamil lagi,,,trims.

    • hadisome Says:

      implant itu KB hormonal, bisa mempengaruhi siklus haid kalo tidak cocok.
      bisa saja hamil lagi, tapi harus ada jeda sekitar 6 bulan sampai satu tahun setelah pencabutan implant

      salam

      • roniruni Says:

        mas sy mau tnya lgi ni kalo minum obat pelancar haid kira2 boleh atu bahaya mas,,,mksih.

      • hadisome Says:

        obat pelancar haid seperti apa bu?
        ada baiknya dikonsultasikan dulu ke dokter kandungan, untuk meminimalisir efek yang ditimbulkan

        salam

  67. ika Says:

    asalamualaikum mas, saya mau tanya,, saya menggunakan Kb implan stlah masa nifas habis, stlah pasang saya dapat menstruasi 1 bulan 2 kali haid yaitu di awal bulan dan diakhir bulan, kemudian setelah itu tidak menstruasi sama sekali sampai 10 bulan…trus pada bln ke 11 ini saya dapat menstruasi… kenapa haid saya gak teratur ya? trus apa ada bahayanya?

    • ika Says:

      Sebelumnya trima kasih.

    • hadisome Says:

      ada banyak faktor yang menyebabkan haid gak teratur, bisa karena menyusui, atau juga karena adanya hormon sintetis dari implant yang mempengaruhi siklus haid. bisa juga karena faktor kecapaian, makanan, dsb.

  68. Rukmini Says:

    Aq dah 3 kali pemasangan implan,yg ke 3 ini baru 2 bulan tapi sering mengeluarkan bercak-bercak merah kecoklatan hampir 14 hari,terkaang sebulan 2 kali.Apakah aq harus ganti KB?

    • hadisome Says:

      sudah diperiksa belum? coba kontrol dulu mbak, sebaiknya di USG untuk mengetahui kondisi rahimnya.
      tapi jika memang itu dari implant, ada baiknya ganti cara pake KB non hormonal

      trims

  69. Susiana Says:

    Mas,q mw tnya.
    Udh 2 kali aku masang implant.tapi kali ini,rasanya kok gatal-gatal ya..?

    • hadisome Says:

      mbak susi ada riwayat alergi ngga? coba diperiksa dulu, barangkali memang ada riwayat alergi. kalo iya, bisa minta obat anti alergi ke dokternya.
      trims

      • Susiana Says:

        Trima ksh ats jwbn ny.
        Periksa alergi udh prnah,tpi kata dokter nya gk ada riwayat alergi..
        Jadi gimana ya mas ?

  70. dita Says:

    ASS. sbelumnya saya pake KB suntik yang tiga bulan dan tidak pernah haid. kemudian berganti ke implan sudah 3 bulan dari pemakaian implan sampai skarang belum haid juga.kira-kira aman tidak kedepannya jika tidak haid terus?

    • hadisome Says:

      wass
      aman nggak-nya saya kurang tahu. tapi jika melihat teori, seharusnya haid itu terjadi secara berkala (bersiklus. 1 siklus haid antara 21-40 hari).
      coba konsultasikan ke dokter spesialis untuk memeriksakan penyebab lambatnya haid anda. dugaan saya kemungkinan karena situasi hormon yang terpengaruh Implant/suntik sehingga siklus haid terpengaruhi.

  71. tika Says:

    Ass, April 2008 saya pasang kb implan, Agt 2010 saya lepas implan karena saya merasa tidak cocok, tubuh saya jd kurus dari berat 45 menjadi 40. Lalu saya putuskan lepas implan, tp saya kaget ketika lepas implan, ternyata implan telah patah. kata bidan mungkin masangnya g pas. proses lepas implan juga agak lama 1 jam. pdhal teman saya lepas implan cuma 15 menit dan 2 bulan kemudian hamil. 2 bulan kemudian saya pegang lengan ada benjol didalam lengan, saya lalu kedokter (sampai rongent) tp kt dokter tidak ada yg ketinggal, mungkin itu jaringan parut. kt dokter krn implan patah mungkin hamil lg agak lama. sampai sekarang saya belum hamil, saya juga sudah minum obat penyubur. Pemeriksaan apa yg harus saya lakukan? Trims

    • hadisome Says:

      waduh, saya turut prihatin ya. saran saya anda periksa ke dokter spesialis OBgyn untuk mendapatkan solusi yang tepat karena melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

  72. SABITH Says:

    dear penulis, thanks infonya byk membantu. sehub dg tulisannya ada beberapa pertanyaan mohon djwb:
    1. apakah efek ketidaklancaran haid dikarenakan implant (bs lambat bs cepat) itu berbahaya? klo tyt byk yg mengalami demikian apakah jika ‘dinikmati’ begitu saja ada efek sampingnya?
    2. apa pengaruh implant bagi pemderita tumor payudara?
    thanks in advance…

    • hadisome Says:

      Dear pembaca, thanks juga ya udah mau baca tulisan2 saya :)
      untuk pertanyaan anda, saya konsultasikan langsung dengan ahlinya karena saya sendiri tidak bisa menjawabnya karena itu sudah berada di area medis.
      ini adalah jawaban dari dr.Handy Intan, SpOG. dokter spesialis kandungan di Jakarta.
      1. Obat dalam implant sama persis dengan obat dalam KB suntik 3 bulanan, sebagian besar pasien tidak mendapat haid, kadang hanya bercak2 haid saja. ini terjadi karena obatnya hanya menghalangi pertumbuhan darah haid sehingga tidak ada yang dibentuk jadi tidak ada yang keluar sama sekali. tidak bahaya karena bukan mampen, tapi tidak bisa keluar karena darah haidnya tidak dibentuk,

      2. Untuk pemakaian jangka waktu lama (hingga 4 tahun berturut2) baik implant ataupun suntik 3 bulanan diakui dapat meningkatkan resiko tumor payudara, tapi untuk pil KB dan suntik 1 bulanan jelas dilarang pada pasien yang sudah ada ataupun riwayat pernah tumor payudara karena obatnya mengandung estrogen yang memicu tumbuhnya tumor payudara.

      demikian

  73. Dion fadhila Says:

    Suntik Kb yg 1bln sekali apa mpengaruhi kondisi fisik payudara yg membesar dan nyeri

    • hadisome Says:

      ada kemungkinan, karena hormon estrogen yang terkandung di dalamnya mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh.
      untuk lebih jelasnya harus diperiksa dulu supaya diketahui asal nyerinya dari mana

  74. aji Says:

    mas… istri saya umur 30 tahun sudah 17 bulan ini memakai KB implant setelah punya anak pertama, tapi mulai dari pasang implant sampek sekarang belum juga haid, gimana mas ??? berbahaya atau tidak buat istri saya, saya takutnya kalo terjadi penumpukan darah kotor di kandungannya.. mohon penjelasannya dan sarannya ??

    • hadisome Says:

      ini adalah jawaban dari dr.Handy Intan, SpOG. dokter spesialis kandungan di Jakarta.
      1. Obat dalam implant sama persis dengan obat dalam KB suntik 3 bulanan, sebagian besar pasien tidak mendapat haid, kadang hanya bercak2 haid saja. ini terjadi karena obatnya hanya menghalangi pertumbuhan darah haid sehingga tidak ada yang dibentuk jadi tidak ada yang keluar sama sekali. tidak bahaya karena bukan mampet, tapi tidak bisa keluar karena darah haidnya tidak dibentuk,

      2. Untuk pemakaian jangka waktu lama (hingga 4 tahun berturut2) baik implant ataupun suntik 3 bulanan diakui dapat meningkatkan resiko tumor payudara, tapi untuk pil KB dan suntik 1 bulanan jelas dilarang pada pasien yang sudah ada ataupun riwayat pernah tumor payudara karena obatnya mengandung estrogen yang memicu tumbuhnya tumor payudara.

      demikian

  75. nur cahyani Says:

    Apakah impan bisa bikin kegemukan soalnya saya termasuk orang yg gampang gemuk trimakasi

  76. indra Says:

    apakbr dokkk,semoga slalu sehat, dok saya mau tanya sedikit heheheheh tentang imlan saya,saya pasang imlan sudah 1,5 thn lalu saya lepas karna ada sedikit masalah kesehatan.saya pasang ada 2 jarom tpi ketika dilepas tinggal 1 yg satunya tidak ada .menurut dokter gimana ya? terusapa akibate dri hilangnya susuk itu.sedangkan jk hilang kemanakah jarumnya ,trimakasih atas penjelasanya

  77. Josephine Lie Says:

    wah kebetulan aku juga pake implant, waktu awal pemakaian aku ga haid ampe 9 bulan, di tambah lagi rambut sering rontok, tapi setelah masuk tahun ke dua badan ku jadi lebih berisi dan bahkan rentan kegemukan.. tapi masih bisa di atasi dengan mengatur pola makan, kalau menurut ku sih implant memang pilihan yang baik buat orang yang pelupa seperti saya :D

  78. Ghofur Says:

    Halo mas,saya mau share tlng dibantu ya?istri saya sdh memakai implan slm 7bln.tp setiap bln haidnya lama smp 3minggu.setiap awal mulai haid istri saya merasa pusing berat disertai mual dan kondisi badan yang menurun drastis.apa tu tanda tidak cocok?saya baca artikelnya bp.Supriadi ,M.Kes ktnya tu tanda tdk cocok dengan implan dan hrs gnti dengan yg lain.trs saya mendatangi rmh skt yg memasang implan ktnya tdk boleh dilepas tu ketentuan jampersal.ini harus gmn y mas lepas apa tdk.trims

    • hadisome Says:

      bisa jadi memang tidak cocok mas…
      daripada membahayakan mending lepas saja di dokter swasta mas…. lagipula jampersal itu tidak sampai berbulan2 kok

  79. Ny. Kindy Says:

    Pemasangan implant ngeri ga ya, apa lengan kt bkalan dblah dl. .

    • hadisome Says:

      sedikit ngeri sih, bukan dibelah bu, cuma dibedong… hehehehehe…
      ngga dibelah kok, cuma sedikit ‘dibuka’ biar implantnya bisa dimasukan ke bawah kulit.

  80. Atun Says:

    Istri sy pake implan skitar 4 bln skrang tetpi istri sy sering drop sprti tubuh panas dn pada nyeri smua d tubuhnya, itu apakah akibat dr efek implan….

  81. Ana Says:

    saya mau tanya, klo mau buka implan, ada bekas sayatannya tdk ya di lengan? saya kulitnya putih, malu kalau nanti ada bekas waktu buka, aku rencana mau pake kb susuk yg 3 thn. tks

  82. izah Says:

    maaf mau nanya ne,,, apa sih nama implant terbaru yang sekali pake………..

    • hadisome Says:

      sekali pake? implant sih memang sekali pake, ada yg 1 taun atau 3 taun.
      saya kurang tau kalo ada merk baru… karena saya dilarang menyebut merk di sini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,153 other followers

%d bloggers like this: