Sejarah Perkembangan KB

Ini adalah sedikit catatan yang saya buat dan saya rangkum dari beberapa sumber bacaan. Dengan dilatarbelakangi keingintahuan bagaimanakah sejarah adanya KB, maka saya membuat ini.

Dari sekitar 13 Lembar halaman yang saya buat, saya coba ambil mengenai sejarah KB saja. selamat membaca.

~hs~

Adalah Margareth Sanger, seorang juru rawat di Amerika yang pertama kali menggagas program pengendalian penduduk. Margareth yang hidup antara rentang waktu 1883 – 1966 mencanangkan program Birth Control.

Pada tahun 1912, Margareth bertemu dengan sebuah kasus menghadapi seorang ibu muda yang berusia 20 tahun bernama Saddie Sachs. Saddie adalah seorang yang sengaja menggugurkan kandungannya karena dia tidak menginginkan anak lagi. Ketidak tahuan Saddie tentang cara menjarangkan kelahiran membuat Saddie harus meregang nyawa, persis dipangkuan Margareth. Dari situ, Margareth mulai berpikir  tentang program penjarangan kelahiran.

Dari pengalamannya sebagai juru rawat, Margaret sanger cukup mengetahui kebutuhan  ibu-ibu untuk tidak memiliki anak banyak karena alasan ekonomi, kesehatan dan social. Terkadang, ibu-ibu yang dia hadapi tersebut putus asa dan kemudian menemui ajalnya sebagai akibat aborsi yang dilakukan mereka. Dari pengalamannya tersebut, kemudian ia terjun dalam gerakan Birth Control di Amerika.

Program Birth Control yang digagasnya banyak mengalami tentangan dari beberapa pihak. Namun Margareth tetap gigih dan tidak putus asa. Ia mengajak para dokter dan juga bidan untuk bergabung dalam pergerakan tersebut. Ia pun kemudian belajar ke eropa mengenai alat kontrasepsi, dan menerbitkan sebuah buku berjudul “Family Limitation”. Penerbitan buku tersebut mendapat tentangan dari berbagai kalangan. Margareth kemudian ditangkap (meskipun akhirnya dibebaskan kembali) setelah menerbitkan buku tersebut.

Margareth Sanger terus memperjuangkan program Birth control di Amerika. Dia membuka klinik birth control pertama disana. Hal ini mendapat tentangan dari tokoh-tokoh setempat. Namun Margareth tidak putus asa. Meskipun dia ditangkap beberapa kali, Margareth terus berjuang. Hingga akhirnya perjuangan Margareth mulai menampakkan hasil.

Pada tahun 1921, kongres nasional pengaturan kelahiran pertama akhirnya diselenggarakan di Amerika. Hasilnya dibentuklah American Birth Control League. Dan Margareth Sanger diangkat sebagai ketuanya. Selanjutnya pada tahun 1923 mulai dibuka biro klinik pengaturan kelahiran. Hal ini membuka jalan terhadap pembukaan ratusan klinik sejenis di Amerika.

~hs~

Sejalan dengan perjuangan Margareth Sanger di Amerika, di Inggris pun terdapat seorang penggagas program KB. Dia adalah Marie Stoppes. Sebenarnya Stoppes menjalankan program ini lima tahun lebih dulu dibanding Sanger.

Stoppes yang hidup pada kurun 1880 – 1950 merasa prihatin dengan kehidupan kaum buruh di Inggris saat itu. kehidupan kaum buruh di Inggris kala itu sungguh jauh dari standar layak. Undang-undang perburuhan belum sempurna mengatur kesejahteraan para buruh sehingga kehidupan para buruh sangat miskin sekali dan serba kekurangan. Jam kerja yang cukup ketat membuat waktu istirahat buruh tersebut sedikit. Tidak ada hiburan yang bisa mereka lakukan ketika istirahat, kecuali bertemu dengan keluarga dan bergaul dengan istrinya.

Sungguh menyedihkan, selain kemiskinan, mereka pun memiliki banyak anak. Itu yang dilihat oleh Marie Stoppes yang juga seorang bidan. Keprihatinan Stoppes membuahkan pemikiran bahwa salah satu jalan yang bisa memperbaiki keadaan dan kehidupan para buruh tersebut adalah dengan melakukan pengaturan kelahiran. Saat itu di Inggris sudah dikenal pemakaian kondom. Selain itu, Stoppes juga memberikan pengetahuan kepada para buruh tersebut tentang cara pantang berkala.

~hs~

Demikianlah pertama kali program KB digagas. Kini, semakin hari program ini semakin menjadi kebutuhan. Semoga kesadaran untuk ber-KB makin tertanam dalam kehidupan anda semua.

About these ads
Explore posts in the same categories: tentang KB

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,153 other followers

%d bloggers like this: