Sekelumit tentang Implant

Seorang teman SMA saya yang telah menjadi ibu mengeluhkan tentang betapa ribetnya dia mengikuti sistem KB. Sebagai ibu yang agak sedikit sibuk dan agak-agak pelupa, dia seringkali melewatkan keteraturannya minum pil KB yang ia konsumsi sebagai obat kontrasepsi pencegah kehamilan. Tentu saja hal ini mengganggu kesehariannya, karena jika dia lupa meminum, maka dia akan merasa was-was “takut kebobolan lagi”, padahal untuk mengurus satu anaknya yang masih kecil disela-sela karirnya, bukan hal yang mudah.

Saya  menyarankan untuk mengganti cara ber-KB yang dia pilih untuk menggunakan IUD. Tentu saja setelah ngobrol-ngobrol seputar macam-macam alat kontrasepsi. Namun, sebagai seorang perempuan rupanya dia agak ketakutan jika harus dipasangi alat iud meskipun ukurannya kecil.

Nggak berani” begitu alasannya.

Setelah saya jelaskan mengenai beberapa alat kontrasepsi yang bisa menjadi pilihannya, akhirnya pilihan jatuh pada alat susuk KB atau implant.

-hs-

Apa itu implant?

koleksi aaufajah.wordpress.com

Baiklah, sebelum anda memilih alat kontrasepsi jenis ini ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa sih implant itu. Kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu supaya anda menyayangi diri dan keluarga anda dengan menciptakan keluarga berkualitas, maka anda harus mengenali alat kontrasepsi yang akan anda pilih ini.

Sebenarnya apa sih implant itu?

Implant adalah metode kontrasepsi yang dipakai di lengan atas bagian sebelah dalam. Berbentuk silastik (lentur). Berukuran hampir sebesar korek api. Implant dipakaikan biasanya pada lengan kiri. Ditanamkan diantara kulit dan daging. Tepatnya dibawah kulit namun diatas lapisan daging (otot), sehingga jika dilihat dari luar akan terlihat menonjol dan dapat diraba.

Maka dari itu, implant ini lebih dikenal dengan sebutan susuk kb, karena pemasangannya mirip pemasangan susuk.

Waktu pemakaiannya Implant ini bervariasi tergantung dari jenisnya. Ada yang efektif untuk jangka waktu lima tahun, tiga tahun, bahkan ada yang hanya satu tahun. Nah, maka dari itu anda harus meneruskan bacaan anda supaya mengenal ada jenis apa saja implant itu.

Implant, atau susuk KB, merupakan metode kontrasepsi hormonal. Maksudnya, di dalam alat kontrasepsi ini terkandung hormon progesterone. Hormon progesterone inilah yang mempengaruhi rahim anda sehingga ada hubungannya dengan pengaturan kehamilan anda.

Hormon yang terkandung dalam implant ini akan dilepaskan sedikit demi sedikit. Hormon ini akan bekerja pada rahim dengan membuat lendir di daerah rahim menjadi kental sehingga mengurangi transportasi sperma untuk menuju tuba fallopii (tempat terjadinya pembuahan). Keberadaan hormon ini juga dapat memberikan pengaruh pada proses pembentukan endometrium sehingga akan menyulitkan proses implantasi (proses tertanamnya sel telur yang terbuahi ke dalam dinding rahim). Selain itu hormon ini juga dapat menekan terjadinya ovulasi atau pembentukan sel telur.

Proses-proses tersebut dapat menghambat terjadinya kehamilan. Menurut buku panduan praktis pelayanan kontrasepsi terbitan BKKBN Jawa Barat, efektivitas metode implant ini adalah 0,2 – 1 kehamilan per 100 perempuan. Artinya hampir 99 % implant ini efektif menghambat proses kehamilan. (HS)

About these ads
Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi, tentang KB

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

14 Comments on “Sekelumit tentang Implant”

  1. Ida Says:

    Setelah pemasangan implan dlm jangka berapa hari dapat berfungsi,apa sehari sudah berfungsi

    • hadisome Says:

      @ida: tunggu beberapa hari… paling cepet dua sampe tiga hari… saya sarankan, pada awal pemasangan implant, gunakan kondom pada saat berhubungan :D

  2. hanif Says:

    sakit ga ya waktu dipasangin susuk ?

  3. Wida Says:

    Saya sekarang menggunakan pil kb ada bbrpa keluhan,salah satunya trdpt bintik hitam diwajah. apakah dgn menggunakan implant akan lebih baik ataukah lbh baik IUD

    • hadisome Says:

      saya kira lebih baik pakai IUD saja, mengingat efek dari suntik sudah terlihat bintik2 hitam di wajah. itu terjadi karena pengaruh hormon dari suntikan. jika anda menggunakan implant, khawatir bintik hitamnya malah tidak hilang karena implant mengandung zat yang sama dengan suntik tiga bulanan

  4. ona Says:

    brhubungan 2 hari stlh pasang implant bisa hamil gk..?
    kondisinya bgini..
    (pasangnya 1 minggu setelah selesai haid.
    blm prnah pasang kb n blm pernah berhubungan.
    melahirkan 2 bulan yg lalu n lg menyusui..disela jg dgn susu bantu.)
    apa benar 48 jam sudah berfungsi,,atau dg kondisi sprti saya itu berfungsi setelah 7 hari…?
    tq

  5. Deni Says:

    Klo implant jg ngandung hormon sm jg dong ama kb suntik.klo ga cocok pake implant efeknya apa ya?

  6. Lintang Says:

    halo,, saya mau KB, pilihannya antara IUD dan implan, kira2 mana yang lebih baik? apa efek samping dari masing2 ya?

    • hadisome Says:

      ber-KB itu adalah pilihan. mana yang lebih cocok, tergantung kesiapan.
      namun jika dilihat berdasarkan metodenya, IUD ini bukanlah metode KB hormonal, dia tidak mengandung hormon, jadi kemungkinan memberi efek samping hormonal menjadi lebih kecil.
      efek samping bisa dibaca di bagian lain di blog ini. saya sudah menuliskannya.

      trims
      salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,155 other followers

%d bloggers like this: