Apa saja keuntungan dan keterbatasan metode kontrasepsi implant?

logo KB ala saya - dok. hs

Setiap anda dihadapkan pada suatu pilihan, tentu saja anda akan menimang-nimang segala sesuatu dengan matang. Anda akan melihat apa keuntungan yang akan anda dapat dari pilihan anda dan bagaimana kerugiannya. Anda juga akan menimang-nimang kelebihan apa saja dari sebuah produk yang anda pilih, dan kekurangan apa saja yang bisa menjadi kendala anda ketika memilih produk tersebut.

Begitu pula dalam hal memilih alat kontrasepsi. Anda akan dihadapkan pada kelebihan dan kekurangan alat pilihan anda tersebut. Tidak terkecuali pada implant. Alat kontrasepsi yang disusukkan ke dalam lengan anda ini memiliki keuntungan dan juga keterbatasan. Apa saja keuntungan dan keterbatasan implant? Berikut ini saya catatkan untuk anda.
a. Keuntungan

Keuntungan dari pemakaian implant ini dibedakan menjadi dua, yaitu keuntungan kontrasepsi dan keuntungan non kontrasepsi.
Apa saja keuntungan kontrasepsi dari implant ini? berikut ini saya catatkan untuk anda dari buku panduan praktis pelayanan kontrasepsi terbitan BKKBN Jawa Barat.

- Daya guna tinggi
– Perlindungan jangka panjang karena bisa mencapai lima tahun
– Pengembalian kesuburan tergolong cepat setelah pencabutan
– Tidak mengganggu kegiatan hubungan suami istri
– Tidak mempengaruhi ASI
– Bebas dari pengaruh estrogen
– Dapat dicabut setiap saat sesuai kebutuhan
– Dan anda hanya perlu kembali ke klinik/dokter jika ada keluhan.

Sedangkan keuntungan non kontraseptif dari metode kontrasepsi implant ini adalah:

- Mengurangi nyeri pada saat haid
– Mengurangi jumlah darah haid
– Mengurangi anemia
– Melindungi terjadinya kanker endometrium
– Menurunkan angka kejadian kelainan jinak payudara (tumor jinak)
– Melindungi diri dari beberapa penyebab penyakit radang panggul, serta
– Dapat menurunkan angka kejadian endometriosis.

b. Keterbatasan

Setelah mengetahui ada beberapa keuntungan dari alat kontrasepsi susuk alias implant, maka anda pun harus mengetahui keterbatasan implant ini. Ini perlu supaya anda dapat mempertimbangkan secara matang sebelum memilih metode ini.
Apa saja keterbatasan dari metode ini?

Berikut saya catatkan untuk anda:

- Dapat menyebabkan perubahan pola haid
– Dapat menimbulkan bercak darah diantara haid, atau disebut juga spotting
– Bisa saja terjadi peningkatan jumlah darah haid, atau malah tidak haid sama sekali (amenorea)
– Akan timbul keluhan-keluhan seperti sakit kepala, nyeri payudara, perasaan mual.
– Efektifitas akan menurun jika anda menggunakan obat tuberkulosis atau obat epilepsi
– Memerlukan tindakan pembedahan minor (bedah lokal) untuk pemasangan dan pencabutannya
– Anda tidak bisa mencabut implant sembarangan, tapi harus atas bantuan dokter atau bidan atau petugas yang terlatih
– Terjadinya kehamilan ektopik sedikit lebih tinggi (1,3 per 100.000 perempuan per tahun).

Nah, kini anda sudah mengetahui apa saja keuntungan dan keterbatasan dari alat kontrasepsi implant tersebut. Sekarang anda bisa lebih matang untuk mempertimbangkan pemakaian alat kontrasepsi ini. Saya menyarankan silakan anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan setempat jika anda ingin menggunakan alat kontrasepsi implant ini. dengan dasar pengetahuan yang anda baca dari buku ini, saya berharap anda lebih memahami ketika sesi konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan tempat anda berkonsultasi. (HS)

About these ads
Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi

Tags: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

26 Comments on “Apa saja keuntungan dan keterbatasan metode kontrasepsi implant?”


  1. [...] alat kontrasepsinya macam-macam. Ada IUD, Implant, Pil KB, Suntik KB, atau mungkin juga KB untuk Pria. Silakan anda klik salah satu tautan alat [...]

  2. Afni juita Says:

    Maaf.saya perlu imfo ny,saya pemakai implant,haid saya lama kdg sampai 3 minggu,hr 2 terakhir lebih byk,apa kh saya tidak cocok memakai implant sy pki udh 1 thn.tq

    • hadisome Says:

      hai mbak Afni, sampai dua kali nih kirim komennya.
      implant itu basicnya adalah kontrasepsi hormonal. hormon yg terkandung di dalam implant ini bisa saja mempengaruhi kondisi hormon yg ada di dalam tubuh yang turut mempengaruhi lamanya masa haid anda.
      cocok tidaknya bisa dilihat dari gejala yg terasa. apakah anda selama memasang implant selalu merasa pusing, mual, atau ada perubahan fisik? jika ya berarti memang tidak cocok.

  3. Afni juita Says:

    Iya nich takut ndk k kirim..he..he.mual,pusing sakit kepala ndk dok..cuma itu doang mslh haid lama,ada ngk vit atau sejenis ny yg bs menormal kn siklus haid sy.tq.

    • hadisome Says:

      oh,
      keliatannya bukan masalah cocok ngga cocok mbak Afni. tapi dari penyesuaian kondisi hormon anda saja. udah coba ke dokter? biasanya dikasih obat supaya darah haidnya gak terlalu banyak…

  4. meri Says:

    saya memakai implant baru 5 bln………k’ dalam 1 bln ne saya mengalami menstruasi belum berhenti juga ya dok????????????

    • hadisome Says:

      wah, kalo lebih dari 15 hari itu sudah bukan termasuk menstruasi mbak meri.
      coba periksa ke dokter kandungan.
      kalo misalnya didiagnosa dari implant, lepas saja.

  5. Afni juita Says:

    Sy brumur 28 thn kontrasepsi implant sdh 1 thn lebih,haid sedikit setelah berhub intim dtg lagi sering begitu kdg selama 2 minggu,bagaimana solusi ny agar stlh brhub ngak dtg lagi haid sy??,apakah tdk brbahaya pagi ny sy msh haid sedikit mlm ny sy brhub intim?terima kasih.

    • hadisome Says:

      Ibu Afni,
      Berikut ini adalah jawaban dari dr.Handy Intan, SpOG (beliau adalah dokter spesialis obgyn di RS omni alam sutera)
      Kontrasepsi implant kandungan obatnya sama persis dg inj depo KB yg 3 bulanan. Sebagian besar pasien tdk mendapat haid krn memang kandungannya menekan pertumbuhan endometrium/haid. Pada sebagian kecil pasien kadang terjadi spotting/bercak perdarahan. Tdk bahaya tp mungkin mengganggu. Tdk ada hubungannya dg sanggama. Kl hampir tiap sanggama terjadi perdarahan justru hrs dipikirkan sebab lain spt adanya polip mulut rahim, servisitis/sariawan/lecet mulut rahim yg dpt dipastikan dg dilihat dg alat spekulum dan sngt dianjurkan sekalian papsmear utk menyingkirkan kemungkinan gejala kanker mulut rahim yg paling awal. Jd perdarahan stlh sanggama justru hrs dicari tahu penyebabnya bukan cuma dihentikan saja.
      (Sumber: dr.Handi Intan,SpOG)

  6. Afni juita Says:

    Pagi…pak sy perlu info ny lg…sy haid ny sedikit2kdg pagi ada siang smpe sore ny ngak ada trus sy brsuci mlm ny brhub intim pagi ny tau2 dtg lg haid sy.sering seperti itu.berbahaya ngak pak?apakah menyebab kn kanker?trm ksh.

    • hadisome Says:

      Ini jawaban dari dr.Handi Intan, SpOG
      Tubuh kita bukan mesin yg diprogram hrs teratur tp pny dinamika sendiri , pny metabolisme sendiri, jd kl ada perubahan pada aktifitas fisik atau beban pikiran sngt mungkin akan mengubah siklus haid bbrp saat. Tp utk keluhan ada perdarahan berulang setiap bersanggama harus diperiksakan Papsmear utk memastikan apa penyebabnya.

  7. Afni juita Says:

    Maaf dokter..saya ngirim ny sering 2 kali,sy ngirim ny sama hp kadang gagal tau2 ny udah msk komen sy maaf ya..trima ksh.

  8. diah Says:

    sy ibu rmh tngga dan sdh memakai implant yg 2 jarum sejak th 2004 dan hingga th 2012 ini blm sy cabut kembali,apakah implant yg ada di lengan sy ini berbahaya bg kesehatan sy,bila tdk sy cabut? trimakasih

    • hadisome Says:

      waduh sudah over 5 taun ya. harusnya taun 2007 itu dicabut dan diganti baru, 2007-2010, 2010 cabut lagi, ganti baru sampe 2013. nah ini 2004-2012. padahal implant cuma berlaku buat 3 taun saja.
      bahaya ngga? secara teori sih nggak ya. cuma udah ga berfungsi aja, karena hormonnya sudah habis. sebaiknya segera dibuka dan pasang yg baru
      trims

  9. Lintang Says:

    saya baru melahirkan anak pertama, 2,5 bulan, umur saya 22th, KB apa yang efektf, antara implan dengan IUD, mana yang lebih tidak menimbulkan efek samping? Bagaimana kalau ternyata tidak cocok dan harus dibedah kembali..? apa tidak bisa di tes terlebih dahulu?

    • hadisome Says:

      ber-KB itu adalah pilihan. mana yang lebih cocok, tergantung kesiapan.
      namun jika dilihat berdasarkan metodenya, IUD ini bukanlah metode KB hormonal, dia tidak mengandung hormon, jadi kemungkinan memberi efek samping hormonal menjadi lebih kecil.

      untuk menghindari ‘ketidakcocokan’ biasanya harus dilakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu. pada KB hormonal tidak bisa digunakan oleh penderita hipertensi dan penyakit berat lainnya.

      trims
      salam

  10. sari Says:

    Dr saya memakai imflant tgl 19 juli,sblumx sy menggunakan kb suntik yg sebulan skali v sy gk mens”,dan bb sy naik sampai 10kilo,apakah dgn imflan ini sy bisa menstruasi?trims

    • hadisome Says:

      pada dasarnya implant dan suntik itu mempunyai kesamaan bahan yaitu berbahan hormon sintetis. jadi masih ada kemungkinan yang sama, namun dari beberapa akseptor implant, tidak begitu terlihat perbedaan kenaikan berat badan yang signifikan.
      trims

  11. Lina Says:

    Hay, lam kenal…

    Sy dh 1,5 thn pk implant (pmakaian d bwh lengan utk 3 th). Setahun prtama anggaplah tak ada mslh, tp bbrp bulan blkngan ini, tubuhku makin melar aja, pdhal nfsu mkn biasa aja… Mens memang tak teratur, tp tak mslh lah.
    Apakah kegemukan yg makin b’tambah ini prtanda sy tdk cocok pk implant??
    Mhn pnjlsn’y ya…

    Trm ksh…

    • hadisome Says:

      hay, lam kenal jg.. #eaaa
      ada kemungkinan itu dipengaruhi oleh situasi hormon di dalam tubuh. cocok tidaknya tidak bisa dilihat dari faktor kegemukan saja. jika tidak cocok biasanya akan terasa pusing, mual, dsb pada saat awal2 dipasangi implant.
      salam

  12. elma 23 tahun Says:

    dr. saya memakai KB implan 5 bulan yang lalu stlh melahirkan, sampain sekarang sering ada flek sampai 2 minggu lebih, saya sdh konsultasi ke bidan dan diberi pil. tapi setelah minum pil tersebut saya merasa mual dan pusing tape fleknya berhenti, apakah mual ini efek dari pil tersebut? bagaimana mengatasinya? saya khawatir terjadi kehamilan karena sering mual2. trimakasih

    • hadisome Says:

      pil yg dimaksud itu pil KB kah?
      kalo iya pil KB, berarti anda dobel KB dong? pil dan juga implant?
      memang jika mengkonsumsi pil KB tapi mual2, itu artinya ada reaksi di dalam tubuh. artinya tubuh tidak cocok dengan pil tersebut. untuk mengatasinya, hentikan saja minum pilnya. jika masih ada flek, coba periksakan ke dokter ahli, biasanya ada obat anti pendarahan.

      mengenai mual2 krn takut hamil, diperiksa aja pake uji kehamilan..
      salam

  13. Elsa.dhevi Says:

    Hy,q kb implant (3thn)dh dpt 1thn.prtmaX pasang aj agak mual.tp skrng nggak..enjoy,gak pernah dapt haid sm sekali sejak pemakaian smp skrng mungkn cm serng ada flek kuning dicelana dlmku(tp q pke sabn pembrsh kewanitaan..dh brsih).berat badan normal(g naik,g turn.Tp wajahku trkadang sering berjerawat..dlunya enggak.trus tetanggaku jg puny keluhan sejak KB implant daerah kewanitaan sering gatal2,selakangan jd item.apa itu jg trmasuk pengaruh KB implant y?

  14. idha Says:

    hai,,saya mau tanya,saya KB implant 2bulan pertama tidak haid,,tapi bulan ke 3 haid sampai 1,5 bulan tidak berhenti, kepala sering pusing,,saya sudah periksa ke bidan di kasih obat jika haid tidak berhenti di suruh ke dokter & memang haid saya tidak berhenti,,apa saya ini termasuk tidak cocok KB implant?

    • hadisome Says:

      kemungkinan iya…
      sebelum pemasangan implant, ada pemeriksaan dulu ngga? terutama tensi darah…
      apakah ibu idha punya darah tinggi ngga?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,153 other followers

%d bloggers like this: