Pertanyaan Seputar IUD (2)

ini dia yang namanya IUD (foto: doc.hadisome)

Selamat pagi (saya upload tulisan ini pagi-pagi, hehehe..) ibu-ibu, dan juga bapak yang sedang mengunjungi blog tentangkb ini. sudah bulan november aja neh. Nggak kerasa, ya? Dan sekarang sudah masuk hari ke sebelas di bulan sebelas tahun duaribu sebelas ini. Saya yakin, seyakin-yakinnya, hari ini kayaknya banyak yang melangsungkan ijab Kabul pernikahan, deh. Seperti salah satu ustad itu. hehehe….

Di tanggal 11-11-11 ini, saya sengaja kembali mengupload salah satu tulisan yang saya siapkan untuk para akseptor pembaca sekalian. Namun sebelumnya, saya mohon maaf, kalo blog ini baru saya update sekarang mengingat kesibukan saya tersita dengan kegiatan-kegiatan kantor. Tanggal 8 lalu, kantor kami baru saja melaksanakan pelayanan KB gratis khusus untuk pemasangan IUD dan implant. Sekaligus kedatangan istri gubernur Jawa Barat, Ny. Netty Heryawan.

Oya, ngomong-ngomong soal IUD, saya pernah memuat  beberapa tulisan seputar IUD seperti:  Apa itu IUD?, tentang IUD (1), tentang IUD (2), bahkan sampai keuntungan dan kekurangan dari alat kontrasepsi IUD itu sendiri.

Mengingat animo para pembaca sekalian terhadap informasi IUD, banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai IUD. Maka dari itu, saya memuat dan merangkumkan tulisan mengenai pertanyaan seputar IUD. Nah, karena baru sebagian yang saya rangkumkan, sekarang saya rangkumkan lagi pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai IUD

1. Kenapa setelah pemasangan IUD, saya kok ada flek-flek selama beberapa hari?

Menurut beberapa literatur yang saya baca, hal tersebut adalah sesuatu  yang wajar. Jadi anda tidak perlu panik dengan keluarnya flek ataupun keluar darah diluar masa haid. Hal tersebut adalah salah satu bentuk adaptasi rahim dengan keberadaan IUD di dalam rahim.

2. Sampai berapa lama biasanya flek-flek akan berlangsung?

Berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang hanya berlangsung satu hari, tiga hari, bahkan ada yang berlangsung selama lebih dari sebulan dengan frekuensi yang agak sering.

Jika flek tersebut berlangsung terus menerus, disarankan agar mengunjungi dokter kandungan yang memasangi anda IUD agar mendapat pemeriksaan ulang.

3. Ketika berhubungan dengan suami, seperti ada yang mengganjal. Berbahayakah itu?

Itu berasal dari benang yang terlalu menjuntai. Tidak berbahaya, hanya saja mengganggu kenyamanan pada saat berhubungan. Bagaimanakah Solusinya? Datangi kembali bidan atau dokter yang memasanginya, minta agar benang  IUD yang menjuntai tersebut dipotong atau dilipat. Salah satu fasilitator saya bilang, diblow.

4. Apakah IUD akan berubah karena gerakan-gerakan tertentu?

Tidak. Kecuali ada kesalahan prosedur pada saat pemasangan. Selama saya melakukan penyuluhan terhadap ibu-ibu yang pernah dipasangi IUD, saya belum menemukan kasus IUD berubah posisi. Bahkan salah satu peserta penyuluhan pernah berbagi cerita. Profesi dia sebagai instruktur aerobic tidak membuat IUD yang terpasang menjadi berubah. Begitu testimoninya.

5. Saya sudah dipasangi IUD, tapi kok bisa hamil? Bagaimana ya?

Pertama-tama, disyukuri terlebih dahulu bahwa anda kembali dipercaya untuk mengandung individu baru. Karena banyak diluaran sana yang kesulitan untuk hamil hingga harus mengeluarkan biaya ratusan juta.

Pakai IUD kok bisa hamil? Ya bisa saja dong Bu. Karena yang mengatur hamil tidaknya itu sebenarnya bukan IUD, tapi Allah SWT. IUD ini Cuma alat yang dipasang sebagai salah satu ikhtiar atau usaha kita untuk mencegah kehamilan. jika Tuhan sudah berkehendak anda hamil, meskipun pakai IUD, ya bisa saja hamil.

Patut dicatat bahwa IUD ini adalah buatan manusia, dan memiliki resiko kegagalan meskipun Cuma 1%.

6. Apakah kehamilan dengan IUD yang ada di rahim, berpengaruh terhadap pertumbuhan janin?

Menurut salah satu paramedik yang pernah saya ajak ngobrol, katanya keberadaan IUD di dalam rahim yang sedang mengandung, tidak akan berbahaya terhadap perkembangan janin. Hanya saja, ketika anda akan melahirkan, sebaiknya ditangani oleh petugas medis yang sudah terlatih.

 -hs-

Segitu dulu ya ibu-ibu, serta bapak, akseptor sekalian. Saya sudah ditunggu untuk rapat mingguan. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat.

Salam sebelas

11.11.11

HS

About these ads
Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi, Penyuluhan

Tags: , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

53 Comments on “Pertanyaan Seputar IUD (2)”

  1. hendra Says:

    Sore..

    Saya mau tanya nih…istri saya pakai IUD copper T, ini sdh 2bln tidak haid apa terjadi kehamilan ? Klo d test pack sih negatif hasilnya….
    Info tmbhan : waktu anak pertama kami, kehamilan baru ketahuan melalui test pack setelah tiga bulan tidak haid…
    Ditunggu pencerahannya….

    Salam,

    Hendra

    • hadisome Says:

      malam,
      kalo di testpack hasilnya negatif, kemungkinan sih tidak hamil pak. adapun istri anda tidak mengalami haid, pada sebagian perempuan, jika telah melahirkan, maka akan terjadi perubahan siklus haid yang dipengaruhi oleh perubahan hormon. kemungkinan lain adalah saat ini masih dalam tahap adaptasi dimana istri anda akan mengeluarkan flek berupa bercak-bercak darah, bisa banyak bisa sedikit, hal ini pun mempengaruhi pada siklus haid.
      saran saya, lakukan kontrol ulang ke bidan/dokter untuk memastikan kondisi istri.

  2. lia nurmalia Says:

    Saya d pasang tgl 14,terus keluar plek bahkan darah segar seperti haid sampai sekarang.(Berarti sudah 1 bulan),saya tidak bisa membedakakan kapan saya haid.saya pergi ke bidan lalu d beri obat penghenti darah dari mulai 1 kali sekari,sampai d naikan 3 kali sehari tapi sampai sekarang masih keluar plek.bagaimana ya dok.apa di lepas saja IUD nya,mohon penjelasanya.

    • hadisome Says:

      jangan dulu Bu, mengingat saat ini bidan sedang mengupayakan agar darah haid anda kembali normal. memang pada beberapa kasus sering terjadi kondisi seperti ibu. teman saya pernah mengalami hal serupa, dan baru pada bulan ketiga haidnya berangsur normal.
      kemungkinan itu adalah masa adaptasi rahim terhadap alat asing bernama IUD tersebut

  3. Ambu Kaka Says:

    Pasang IUD bisa sekalian saat SC gak?

  4. Afni juita Says:

    Pagi…
    Saya pemakai implant dibwh kulit, sy haid lama kdg smpi 3 minggu,2 hr pertama kyk flek trus berhenti,setelah hub intim haid ny dtg lg lebih byk,begitu smpi 3 minggu,mohon saran ?tq

    • hadisome Says:

      implant itu alat kontrasepsi hormonal. hormon yg terkandung didalamnya akan mempengaruhi hormon alami tubuh yg mengatur regulasi haid.
      saran saya coba kunjungi dokter kandungan untuk memastikan keadaan rahim anda. jika anda cukup kerepotan dengan implant yg mengganggu masa haid, saya sarankan untuk beralih cara ke kb lainnya.

  5. Lina Dwiyanti Says:

    Malam…
    saya pasang IUD sudah 2bln lebih langsung saat melahirkan, dan benang IUD jg sudah dipotong saat kontrol, tapi sampai saat ini kadang masih suka keluar cairan/ lendir, dan jika cairan/ lendir itu keluar benang IUD juga menjuntai keluar dan sanggat mengganggu kenyamanan dan itu sering selisih 2 atau 3 hari pasti seperti itu.. kira bagaimana dan akan berangsur sampai kapan ya? tq

    • hadisome Says:

      cairan/lendirnya seperti apa? keputihan kah?
      wah pasti sangat ngga nyaman ya selang 2 hari benang selalu menjuntai.
      coba kontrol ulang ke dokter yang memasangi,minta dipotong lagi (atau dilipat/’diblow’) siapa tau benangnya masih panjang meski sudah dipotong…
      kalo tentang lendir, jika itu flek, bisa saja beberapa hari sampai beberapa bulan. tp jika keputihan, tergantung kondisi tubuh anda, capek tidaknya badan, asupan gizi yg masuk, dsb.

      saran saya coba periksakan ke dokter kandungan barangkali saja di rahim anda memang sedang bermasalah. biasanya nanti akan diberi obat yg diminum selama beberapa hari.
      trims

  6. timex Says:

    malam dok..
    istri saya pasang IUD,bisa ngga sambil minum obat KB yg ga haid? soalnya tahun ini rencana beragkat haji apa sebaiknya minum obat utk memberhentikan haid atau dicabut IUD nya? kalo dicabut khawatir malah haidnya ga mau berhenti/flek terus.

    • hadisome Says:

      Halo pak. Maaf baru dibalas. Baru sempet OL. Sy bukan dokter pa, hanya penyuluh saja.
      Kalo udah dipasang IUD, tidak perlu minum pil KB lagi pak. Tp kalo tujuannnya biar ga haid selama di tanah suci, bapak bisa konsultasikan terlebih dahulu dg dokter atau bidan. Biasanya diperbolehkan, pd saat dekat2 keberangkatan ibadah haji.

  7. hesty Says:

    Saya juga mengalami hal yg seperti diutarakan diatas,pasang iud tgl 21 jan 2012,2hari yg lalu sudah tidak ada bercak darah,hanya tinggal bercak aga kuning bening,tp tadi subuh saya mau solat,keluar lagi bercak darah.Apakah ini normal?..

  8. hesty Says:

    Saya juga mengalami hal yg seperti diutarakan diatas,pasang iud tgl 21 jan 2012,2hari yg lalu sudah tidak ada bercak darah,hanya tinggal bercak aga kuning bening,tp tadi subuh saya mau solat,keluar lagi bercak darah.Apakah ini normal?..sebagai tambhan iud yg saya pakai nova t

    • hadisome Says:

      keluar bercak darah setelah dipasangi IUD adalah hal yang normal mbak Hesti. seperti yang sudah2 saya jawab kalo itu adalah proses adaptasi rahim. nanti2 juga akan hilang dengan sendirinya. biasanya memakan waktu mulai dari hitungan hari sampai beberapa bulan. tergantung kondisi masing2.

  9. dian utami Says:

    malam…
    kenapa ya waktu saya mau pakai IUD setelah di test ternyata IUD nya tidak bisadi pasang karna rahim saya pendek… apa ada IUD yang ukurannya lebih kecil dibandingkan T choper 380?

  10. sari Says:

    mlm Pak Hadi,saya pernah membaca salah satu merk dagang alkon punya produk IUD dengan perak/silverline.itu apa bedanya dengan yang Cu ya?saya tertarik untuk pake IUD tp msh bingung mau pilih yang CU,Silver atau yang hormonal.mohon penjelasan&bimbingannya agar saya mantap menentukan pilihan.trimakasih.wasalam.

    • hadisome Says:

      pagi mbak sari
      wah saya baru denger tuh IUD dengan silverline.
      pada prinsipnya mungkin hampir sama dengan lilitan tembaga (Cu) yaitu sebagai ‘jalan’ bagi sperma sebelum menuju saluran telur. sehingga ketika sperma melewati lilitan tembaga tersebut, dia akan tiba lebih lambat di saluran telur, sehingga sel telur yang memiliki waktu ‘tunggu’ 24 jam, keburu hancur dan akhirnya tidak terjadi pembuahan, sehingga tidak terjadi kehamilan. mungkin silverline jg prinsipnya seperti itu.
      untuk IUD yang hormonal (lihat pada bahasan MIRENA), prinsip kerjanya hampir sama dengan implant, hormon yang terkandung di dalamnya akan dikeluarkan sedikit2 sehingga mempengaruhi lendir rahim menjadi lebih kental. akibatnya sperma akan terhambat perjalanannya menuju sel telur.

      saya sih menyarankan pakai KB yang non hormonal aja, yang CU. sudah banyak kok yang dipasangi itu… dan tidak ada masalah.


  11. Assalamualaikum pak Hadi………….

    Kemarin sy bertanya tentang gangguan penggunaan IUD, nah hari ini sy lepas IUD dgn jenis Copper T, karena sakit di bawah perut yg berkepanjangan dan pendarahan terus.
    Kemudian sy mau pasang Copper T jg yg bermerk Nova, tp yg sy heran IUD itu tdk bs di pasang dikarenakan ketika diukur mulut rahim sy hanya smpai 4 cm.
    yg ingin sy tanyakan adalah:
    1. 3 minggu yg lalu sy kontrol dan kedalaman mulut rahim sy 7 cm, knp skrg hanya 4 cm?
    2. Kenapa sy menstruasi tdk selesai2, hr ini tepatnya sudah 21 hari dan masih mengeluarkan darah segar?
    3. Untuk sementara ini sbelum sy pasang IUD kmbali sy ingin mencoba kontrasepsi suntik yg 1 bulan apakah aman bagi sy? Mengingat saya penderita hypertensi.

    Mohon penjelasannya supaya sy tdk salah menggunakan kontrasepsi…….

    • hadisome Says:

      ‎​​​وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
      Halo mbak shetee,
      Menjawab 3 pertanyaan mbak siti, saya coba jawab berurutan ya:
      1. Mengenai ukuran rahim, kemungkinan hasil pemeriksaan ada yg salah, entah yg pertama atau yg kedua. Dugaan saya sih yg pertama yg keliru, mengingat riwayat ketika mbak dipasangi iud yg pertama bermasalah dengan rasa sakit yg luar biasa di bagian perut kan?
      Kemungkinannya memang rahim mbak ukurannya pendek. Pd perempuan yg rahimnya pendek, memang tidak bisa menggunakan IUD yg umum terdapat di pasaran, tp harus menggunakan IUD khusus. Biasanya ada beberapa dokter obgyn yg memproduksi IUD khusus tersebut. Saya kurang tau, di kota mbak dokter obgynnya apakah bisa menerima pesanan iud khusus atau tidak.
      2. Mengingat sudah lebih dr 15 hari, maka darah yg keluar sudah bukan lagi haid mbak. Mungkin itu adalah “luka” bekas pemasangan IUD yg dipaksakan pd rahim pendek. Akibatnya pendarahan terjadi terus menerus. Saya sarankan mbak periksakan ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi di dalam rahim.
      3. Untuk penderita hypertensi, tidak dianjurkan menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Yg termasuk metode hormonal ini adalah Implant, suntik, dan pil.
      Jadi pilihan mbak hanya IUD atau kondom. Namun mengingat rahim mbak yg ukurannya pendek (saya pakai asumsi hasil pemeriksaan yg kedua ya), jadi mbak saat ini saya sarankan menggunakan kondom saja dulu. Bisa suami, atau mbak sendiri yg pakai kondom khusus perempuan. Penjelasan mengenai kondom ini ada di blog ini juga kok…

      Salam


      • Trim’s bnyk atas infonya pak….

        Jstru itu sy jd bngung pak, karena dulu wktu pasca melahirkan anak pertama sy mnggunakan IUD merk Nova T aman2 saja smpai sy lepas karena program anak kedua.
        Nah setelah anak kedua ini sy menggunakan Copper T, tp sy g tau merk apa krn dr dinas dan mulai timbul masalah, yg skt di perut, pendarahan trs, suami mrasa tdk nyaman dll.
        Sy sudah konsul ke dokt obsgyn dan meminta untuk USG karena khawatir ada sesuatu di rahim sy, tp doktr malah mnganjurkan sy untuk menunggu smpai mens dtg dan di coba untuk dipasang IUD kmbali.
        Lalu apa sy tdk bs jika sy suntik hanya 1 bln smpai mens dtg pak? dan resiko apa jika sy memaksa untuk tetap suntik????

        Mhn maaf bnyk bertanya pak…….

      • hadisome Says:

        Wah, aneh juga ya? Jangan2 memang bukan rahim pendek bu, tp ada kesalahan prosedur pada saat pemasangan IUD yg kedua.
        Coba ikut anjuran dokter aja kalo begitu. Atau coba pakai nova T lagi?

        Untuk penderita darah tinggi tidak dianjurkan pakai suntik bu, khawatir kontra indikasi dan mempengaruhi tekanan darah ibu. Coba konsultasikan dulu sama dokter.

        Saran saya tetap sama, pakai kondom dulu untuk satu bulan ini sampe haid datang :)

  12. Boru Suty Says:

    assalamu’alaikum pak Hadi,,,
    sy mahasiswi D3 keperawatan,,
    sekarang kami dah mulai Membuat KTI..
    kebetulan sy mau ngambil judul KTI tentang
    FAKTOR2 YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT WUS DALAM MEMILIH ALAT KONTRASEPSI IUD..
    jd sy mau masukan dari bpk nie,,,,
    kira2 apa2 za ya yg jdi faktor2 nya,,??
    soal_a selama kami dinas di klinik bersalin rata2 WUS nya memakai Suntik 1 bln..!!
    law da buku sumbernya mohon dikasih tau y pak,,!!
    bisa juga bpk kirim ke email sy za..
    email : siboru_soetymay@yahoo.com
    makasih sebelumnya pak,,,
    mohon bantuannya,,, ^_*

    • hadisome Says:

      FAKTOR2 YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT WUS DALAM MEMILIH ALAT KONTRASEPSI IUD..
      biasanya karena keterbatasan informasi yang mereka terima, serta ketidak tahuan akseptor mengenai apa itu IUD dan bagaimana pemasangan IUD.
      banyak rumor negatif yang beredar tentang IUD pun menjadi salah satu penyebab rendahnya minat perempuan untuk ber-KB IUD.

  13. yuar Says:

    sy kemarin pasang iud copper t tp selama satu minggu sebelum kontrol ko rasany kayk ad yg mengganjal trus buat berhubungan suami merasa sakit.setelah cek ke bidan ternyata ukuran rahim dengan iud’ny sama jd.terpaksa dilepas lg. bidan menyarankan untuk memakai nova t.apa benar ukuran nova t lebih pendek di bandingkan copper t…trimz

    • hadisome Says:

      coba dicek yang benar, saya kok menduga yang mengganjal itu dari benangnya yang terlalu menjuntai ya. bukan dari IUD nya.
      Nova T itu adalah merek dagang iud jenis copperT. ukurannya sama aja. coba perika lagi ke bidan/dokter lain, untuk mencari 2nd opinion.
      trims

  14. annis khoirunnisa Says:

    hi mba shetee…..
    Usia saya sekarang 22thn,sdh memiliki putra usia 4th,pada bulan mei 2011 operasi karena kehamilan diluar rahim…rencana saya mo pasang KB iud NOVA t….apakah sudah bisa….KB sebelumbya KB suntik 3bln…sudah 3 bln tdk haid…dan bln Apri ini haid keluar sudah hmpir 2 minggu blm selesai…mohon nasehat…
    trima kasih….

    • hadisome Says:

      mau dijawab mba shetee atau dijawab saya? hehehe
      boleh-boleh aja mbak annis, KB IUD dipasangkan tidak dengan cara operasi kok. dia dipasangkan melalui organ genitalia. adapun anda yang masih pake kb suntik, bisa kok langsung di KB IUD tanpa harus menunggu KB suntiknya habis

  15. annis khoirunnisa Says:

    hehehe,,,,dijawab sm spa aja dech,,oia tmn aq ada yg menggunakan kb spiral tp trnyata dy hamil,pas bayinya dilahirkan trnyata alat spiral mnempel di kepala,sbnrmya itu bahaya ga sih??
    trz aq mo tnya apa penyebabnya kok bisa sdh di spiral msh bsa kebablasan hamil??
    tlg dijawab lg yaa,,,coz aq msh ragu
    mksh yaa hadi…

    • hadisome Says:

      pernah ada yg bilang, ga bahaya. cuma ketika persalinan harus dalam pengawasan dan penanganan dokter ahli.
      penyebabnya? bisa saja pada saat pemasangan, prosedurnya kurang tepat sehingga posisi IUDnya tidak benar. yah namanya juga alat buatan manusia, mana sanggup nandingi kehendak Tuhan mbak… kalo Tuhan udah berkehendak hamil, ya hamil, walaupun katanya IUD ini efektivitasnya 99% hehehehehe

      sekarang sih ga usah ragu, mantapkan hati… biar posisi IUD di rahimnya nanti jadi mantap juga :D

  16. Yuni Says:

    Salam kenal,
    Gak sengaja ktemu dg blog ini, saya sedang bingung karena sedang Hamil 6 minggu tapi msi tepasang iud, menurut dokter kandungan (Yg pasang iud saya ) tidak bisa dicopot karena takut janin gugur, apa benar? apa janin bisa bertahan dg adanya iud?

    • hadisome Says:

      katanya janin bisa bertahan meskipun ada IUD terpasang di rahim, cuma ketika prosesi lahiran, harus dalam pengawasan dokter ahli

  17. lisa Says:

    pak hadi,saya br melahirkan ank k 2 tgl 10 jan kmrn. pas masa nifas hr k 31 saya pasang iud. tgl 11 april haid saya dtg,tp smpi skrg saya blm haid lg. tgl 1 kmrn saya periksa,pas di usg ternyata positif… kok bs?? apa salah pasang atau gmn?? jujur,saya blm siap lahir batin,krn ank k 2 saya br berumur 5 bulan dan kakaknya 23 bulan.. dua2nya lahir scr caesar.. mhon sarannya??? tq..

    • hadisome Says:

      mbak Lisa,
      bagaimanapun IUD hanyalah alat buatan manusia yang tidak bisa melawan kehendak Tuhan. memang secara teori, keberhasilan IUD menghindari kehamilan ini ada di angka 99%, namun jika Tuhan sudah berkehendak, semua bisa terjadi.
      saran saya coba periksa sekali lagi, ke dokter yang berbeda untuk mencari second opinion, apakah benar anda positif lagi. kalopun memang anda positif, saya menyarankan untuk kelahiran yang ketiga anda bisa langsung ber-KB pascapersalinan. jika misalnya anda nanti di caesar lagi, ada dua pilihan yang bisa anda ambil pada saat caesar, 1. anda langsung bertubektomi pas caesar, 2. anda langsung dipasangi IUD lagi pada saat caesar.

      • lisa Says:

        Saya mmg caesar lg klo mlahirkan,krn panggul sempit… ok deh,saya jg mo priksa ma dktr lain,biar lebih yakin.. makasih ya pak ats sarannya…

      • hadisome Says:

        sama-sama…
        mudah2an ada progres yang lebih baik ya

  18. itis Says:

    pagi pak hadi,
    mau ikutan nanya nih.saya pasang iud setelah habis masa nifas.saya tdk tahu jenis apa yg saya pakai,karna bidan tdk menjelaskannya.kalo ndak salah,iud jenis copper T(itu loh yg ada lilitan kawat tembaga di lengan dan badan iud-nya).pada saat dipasang iudnya,trnyta saat itu saya datang bulan.tdk ada keluhan apapun sampai pada kontrol minggu pertama.stlh haid hbs(10 hari),saya hubungan dg suami.pada saat dipakai ‘genjot’ terlalu dalam,itu baru terasa sakit perut saya dan suami kena benang iud nya.saya mau melakukan blow sendiri,tp saya takut nanti benangnya terlepas kalo saya utak atik.sementara saya malas kalo harus dibuka2 lagi sama bidannya.trus apakah benang iud itu bs terlepas dg mudahnya?seandainya terlepas,apakah bisa hamil jika dipakai berhubungan?makasi sebelumnya,maaf ngetiknya agak panjang :-D

    • hadisome Says:

      minta diblow aja sama bidannya, atau dipotong benangnya. atau coba blow sendiri, gpp kok, tinggal dilipat, trus masukin ke dalam.
      kalo lepas ya ada kemungkinan hamil hehehe….

  19. Mona Says:

    selamat siang pak hadi,
    sy mau ikutan nanya nih.. sy sudah 2 thn lebih pasang iud.. selama ini sih haid sy lancar dan tanpa keluhan, tp dalam berapa bulan ini haid sy ga lancar dan terkadang hanya flek (keluar flek berminggu minggu) yang ingin sy tanyakan adalah ::

    1. mengapa hanya keluar flek dan terjadi berminggu minggu?
    2. hal tersebut normal sajakah?

    terima kasih..

    • hadisome Says:

      hai Mona,
      kayaknya harus diperiksa dulu deh, untuk melihat faktor penyebabnya.
      haid tidak lancar bisa diakibatkan banyak faktor, diantaranya tingkat stres dan aktivitas sehari-hari…
      saya tidak bisa meyakinkan anda bahwa itu normal atau tidak, karena memerlukan pemeriksaan terlebih dahulu.
      salam

  20. Mona Says:

    Terima kasih atas jawabannya pak, sy sudah cek ke dokter ahli kandungan dan sy diberi obat utk dikonsumsi selama 25 hari agar haid sy kembali lancar.

  21. dwi Says:

    Selamat pagi pak. Saya 29 tahun sudah memakai IUD selama 4 tahun. Selama memakai IUD, saya hanya kontrol pada seminggu, tiga bulan pertama, dan tiga bulan kedua setelah pemasangan IUD. setelah itu, saya tidak pernah kontrol lagi. Baru – baru ini saya mendengar bahwa IUD bisa berpindah posisi atau tertutup dengan daging. Yang saya tanyakan :
    1. Apakah tidak masalah jika saya tidak pernah kontrol IUD karena kata bidan kalau semakin sering di “buka” akan menimbulkan infeksi?
    2. Apakah penyebab IUD berpindah posis atau tertutup daging itu?

    Terima Kasih

    • hadisome Says:

      hai, saya langsung jawab aja ya
      1. tidak masalah, self control bisa dilakukan kok. dengan mengecek keberadaan benang itu sudah termasuk kontrol keberadaan IUD nya. jadi kontrol di sini tidak melulu harus sering2 ‘membuka’.
      2. penyebab IUD berpindah posisi? saya coba tanyakan dulu ke dr.Handy Intan,SpOG ya. mohon sabar menunggu.
      salam

    • hadisome Says:

      Berikut jawaban dari dr.Handy Intan, SpOG:
      Iud dislokasi bila wkt pasang pertamanya tdk tepat di ujung sekali shg tdk terpegang oleh badan rahim. Atau dipasang wkt baru saja melahirkan jd longgar sekali. Atau pada pasien yg sdh berulang kali melahirkan shg rahim cenderung longgar shg posisi tdk mapan. Kl tertutup daging mungkin maksudnya “embeded” : tertanam, biasa pada yg kelamaan pake iud lbh dari 8-10 th ke atas. Tetap bisa ditarik dg pengait iud.

  22. HANIE Says:

    MLM DOK,SYA MAU TNYA SAYA MENGGUNAKAN IUD UDH 2 THN LBH 5BLN,UDH 1BLN INI SYA TIDAK HAID CUMA FLEK SLMA 10 HARIAN,SYA DH COBA TES 3X HSLNYA NEGATIF,TP STLAH FLEK SELESAI KADANG SPT DARAH HAID,KADANG JUGA FLEK,KIRA2 APA YG HRUS SYA LAKUKAN?

    • hadisome Says:

      mending diperiksakan ke dokter kandungan, untuk memperoleh kejelasan, itu flek berasal dari mana, mengingat masa pemakaian IUD anda bukan lagi pengguna baru. sekalian juga di-usg untuk melihat posisi IUD nya.
      salam

  23. wina Says:

    slmt mlm pak, saya wina dari lampung mw ikutan nanya juga, saya sdh menggunakan iud copper T yang andalan hampir 2th, selama itu juga saya selalu mengalami datang bulang yang berlebihan, maksudnya dalam 1bln sya bisa haid smpai 2 or 3 kali, dengan waktu 1 minggu sekali haidnya, ketika saya periksakan ke bidan yang memasangnya dulu, saya disarankan untuk mengganti IUD dengan merk yang memiliki kualitas yang lebih baik, yang ingin saya tanyakan
    1. apakah normal dengan siklus haid yang saya alami? (sepertinya sih tidak)

    2. sebenarnya ada berapa macam copper T itu dan coppert T apa yang memiliki kualitas yang baik?

    3. Apa yang harus saya lakukan apakah mengikuti saran bidan, atau mengganti kb yang lain, tpi jika saya menggantinya dgn kb yg lain (yg mengandung hormon) tidak ada yg cocok juga, klo suntik yg 1 bln berat bdan sya sllu naik, klo yg 3 bln sya tidak halangan,

    mohon solusinya, dan sebelumnya sya ucapkan terima kasih, dan sukses selalu untuk anda :)

    • hadisome Says:

      langsung jawab ya Mbak Wina di Lampung
      1. masa haid menjadi lebih lama karena volume darah yang dihasilkan juga lebih banyak. jadi selama tidak melebihi 15 hari, ya masih dalam batas normal, jika setiap datang haid, lebih dari 15 hari, coba periksakan ke dokter kandungan untuk memastikan ada apa.
      2. copper T itu nama dari jenis IUD yang berbentuk seperti hurup T. bisa mbak lihat pada gambar. masalah kualitas sih keliatannya sama aja, cuma merk nya aja yang berbeda.
      3. tidak perlu, coba cek dulu ke dokter kandungan untuk memastikan IUD anda, lakukan kontrol USG juga.

      salam

  24. fika Says:

    Ass…,sy baru pasang IUD yng merk NOVA T di dokter obgyn. wkt sblm pemasangan, dokternya menyarankan d potong semua benangx agar tidak mengganggu suami.sy mau tanya dok, apa tdk bahaya jika benangnya dipotong, krn nanti kontrolnya lewat USG 1 mngg lg dan gk pke dibuka2 lg.mohon penjelasannya dok?

    • hadisome Says:

      dokter anda lebih tau yang terbaik buat pasiennya, jadi ikuti saja sarannya.
      kalaupun dipotong, tidak semuanya dipotong kok, biasanya disisakan sedikit.
      saran saya, lakukan pemeriksaan berkala setiap 6 bulan, dengan di USG.

  25. Vivit Says:

    Lgsg ja mo tanya sama mas Hadi ni,,,
    sy baru pasang IUD tgl 13 oktober kmrn trs ko sampai skrg sudah 1 bln lebih masih keluar bercak darah segar atau flek2, setiap hari ga brenti2, saya sudah kontrol, malah suruh kontrol 6 mei nanti, sdh minum obat, bahkan skrg sudah habis,,,yang saya tanyakan sebenarnya kapan flek2nya bisa hilang,,,,trus klo berhubungan boleh atau tidak ya,,,terima kasih,,,

    • hadisome Says:

      itu hal yang wajar bu, nanti juga akan berhenti sendiri. ada yang cuma hitungan hari, tapi ada juga yang beberapa bulan.
      boleh berhubungan asal darahnya bersih dulu, tidak sedang keluar.
      salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,150 other followers

%d bloggers like this: