Tujuh Aspek Perkembangan Balita (Bag.1)

Balita dan anak-anak... masa keemasan perkembangan otak manusia (HS-2010)

Dalam  proses perjalanan membentuk sebuah keluarga,  akan dimulai dengan memasuki gerbang pernikahan. Ketika menikah, pasti ada tujuan-tujuan yang ingin anda capai dalam ketika anda memasuki gerbang pernikahan. Bersama pasangan, anda dapat menyusun rencana jangka panjang berikut visi ke depan keluarga anda. Selain membentuk sebuah keluarga yang utuh, bisa dipastikan bahwa tujuan sebuah pernikahan adalah untuk bereproduksi atau memiliki keturunan. Berapa jumlah keturunan anda, dan bagaimana mendidik dan membesarkan mereka, juga harus anda rencanakan di awal-awal anda membangun rumah tangga.

Sebagai referensi, blog ini memberikan sedikit pengetahuan mengenai bagaimana anda mewujudkan sebuah keluarga yang berkualitas. Salah satu cara untuk mewujudkan keluarga berkualitas tersebut bisa dilihat dalam poin-poin  mengenai fungsi keluarga.  Menurut BKKBN, ada  delapan fungsi keluarga. Apa saja itu? anda bisa di baca di sini dan di sini.

Selama bulan maret ini, saya akan menyajikan beberapa tulisan bersambung mengenai hal-hal yang harus diketahui oleh anda, para orang tua muda yang sedang memiliki balita, tentang aspek perkembangan balita anda. Tulisan ini saya kembangkan dari slide materi pelatihan BKB dari Balai Diklat BKKBN Bogor.

–HS–

Bahagia sekali rasanya ketika anda dikaruniai anak. Setelah menanti beberapa waktu, setelah anda menikah, anda akan berstatus sebagai ayah dan ibu. Tentu saja, sebagai orang tua baru, anda harus memiliki pengetahuan bagaimana mendidik dan membesarkan anak. Anda bisa membaca pengetahuan tersebut melalui buku-buku yang sudah banyak beredar di toko-toko buku. Dari situ anda bisa mengetahui cara membesarkan anak anda, terutama ketika anak anda masih berada dalam tahap BALITA (bawah usia lima tahun).

Setelah anda dikaruniai momongan, maka selanjutnya anda harus mulai menerapkan rencana-rencana anda dalam kehidupan berkeluarga. Misalnya  merencanakan kehamilan kembali setelah anda memiliki anak pertama. Memberikan pendidikan untuk anak-anak anda. Memikirkan kemampuan financial yang dapat menunjang pendidikan generasi keluarga anda.  Dalam hal ini, pendidikan adalah salah satu hal yang dikedepankan karena pendidikan yang baik akan membangun generasi yang berkualitas.

Mengenai perencanaan kehamilan berikutnya, anda bisa memilih alat kontrasepsi tertentu yang cocok dengan kondisi anda. Ada IUD, Implant, Suntik, Pil, Kondom, Bahkan Tubektomi atau Vasektomi jika sudah tidak ingin punya anak lagi. Sementara anda memilih dan menjalani metode kontrasepsi tertentu yang bisa mencegah terjadinya kehamilan dalam waktu dekat, maka anda memiliki waktu penuh untuk mencurahkan perhatian dan memberikan pendidikan awal  terhadap si kecil. Balita anda.

Ada beberapa aspek yang harus diketahui oleh anda, para ibu muda, yang sedang berada dalam masa pengasuhan bayi dan balita. BKKBN mengelompokkan menjadi TUJUH aspek yang harus diperhatikan oleh para orang tua ketika mengasuh bayi balita. 7 aspek ini diharapkan bisa meng-cover tumbuh kembang anak balita anda secara optimal.

Tujuh aspek perkembangan balita yang harus anda pantau meliputi:

  1. GERAKAN KASAR ( GK)
  2. GERAKAN HALUS ( GH )
  3. KOMUNIKASI PASIF ( KP )
  4. KOMUNIKASI AKTIF ( KA )
  5. KECERDASAN  ( KC )
  6. MENOLONG DIRI SENDIRI ( MD )
  7. TINGKAH LAKU SOSIAL ( TS )

Nanti pada bagian kedua, saya akan mengunggah apa saja penjelasan dari ketujuh aspek tersebut.

Sekarang, saya kira cukup segini dulu. Sudah menjelang siang nih hehehe. Selamat berakhir pekan.

Bersambung … (HS)

About these ads
Explore posts in the same categories: Bina Keluarga

Tags: , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

One Comment on “Tujuh Aspek Perkembangan Balita (Bag.1)”


  1. […] mengetahui tujuh aspek tumbuh kembang balita, yang saya tuliskan di bagian pertama dan kedua, maka anda pun harus mengetahui ciri-ciri apa saja dari ketujuh aspek tersebut pada […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,155 other followers

%d bloggers like this: