Pertanyaan-Pertanyaan Seputar IUD (3)

Melihat animo para pengunjung blog ini yang selalu meningkat, saya merasa surprise. Maka dari itu saya pun berusaha untuk meng-update blog ini secara berkala. Sebenarnya blog ini tidak hanya membahas mengenai alat kontrasepsi semata. Blog ini juga membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keluarga. Termasuk diantaranya tumbuh kembang balita serta upaya untuk memperbaiki kualitas keluarga melalui pemberdayaan ekonomi keluarga.

Namun, mengingat antusias pengunjung blog ini rata-rata adalah mencari informasi seputar alat kontrasepsi, maka saya selaku pengelola dan penulis di blog ini kembali tergerak untuk menyajikan informasi seputar kasus-kasus yang terjadi pada akseptor yang pernah dipasangi IUD.

Dari beberapa topik yang saya ketengahkan, ternyata topik mengenai IUD paling banyak yang mengunjungi. Ini terlihat dari rekam jejak para penanya yang secara tidak langsung berkonsultasi melalui kolom komentar.

Adakalanya saya kebingungan dengan pertanyaan saudara-saudara sekalian, maka sayapun meminta bantuan salah seorang dokter spesialis, yaitu dr. Handi Intan, SpOG. Alhamdulillah, dokter Handi selalu mau menjawab pertanyaan yang saya ajukan, yang merupakan pertanyaan ibu-ibu sekalian. Bahkan itu menjadi pelajaran penting juga bagi saya.

Nah, mengingat ada beragam pertanyaan mengenai IUD, maka saya akan meng-copy paste beberapa pertanyaan yang pernah ditanyakan. Alasan saya meng-copy paste pertanyaan tersebut bukan apa-apa, hanya ingin berbagi ilmu saja, barangkali ada diantara anda sekalian yang memiliki kasus yang sama dengan sang penanya. Kenapa saya angkat pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung blog ini kedalam satu artikel khusus? Karena saya pikir ini akan bermanfaat untuk anda sekalian yang mungkin terkena kasus serupa. Jadi ini bukan upaya ‘menguliti’ para penanya ya. Mari kita berpikir positif bahwa saya mengangkat kasus-kasus khusus ke dalam satu artikel khusus dan membagikannya kepada para pembaca sekalian semata-mata adalah untuk memberikan pencerahan bahwa selalu ada hal-hal yang tak terduga dalam pemasangan kontrasepsi, dan Solusinya seperti apa.

IUD spiral dan copper T (foto: doc.hadisome)

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang pernah hadir di kolom komentar pertanyaan seputar IUD bagian 1 dan keuntungan-kerugian IUD.

#1. Pertanyaan pertama sengaja saya angkat dari kasusnya Bunda Galau yang memiliki kasus sedikit “unik”.

Salam kenal Mas…..

Pada waktu melahirkan melalui operasi caesar, tahun 2003, saya dipasangi IUD. Pada tahun 2007 IUD di lepas karena berniat menambah momongan. Namun hingga kini (2012) belum dikaruniai juga, Selama 2007-kemarin, saya belum pernah memeriksakan diri ke dokter kandungan, mengingat tidak pernah ada keluhan. hingga kemarin, saat mengantar kakak ke dokter kandungan, saya iseng melakukan USG untuk mengetahui kondisi rahim saya mengapa tidak hamil-hamil. Ternyata masih ada sisa patahan IUD nya. Dokter menyarankan untuk segera operasi.

memang waktu proses pelepasan IUD di Bidan, Bidan ybs sempat mengeluhkan kesulitan, dan sempat memanggil rekan bidan lainnya, ketika proses pelepasan itu juga IUD tidak diperlihatkan, hanya bilang bahwa IUD sudah di lepas, padahal dulu (sebelumnya beberapa kali saya bongkar pasang IUD, selalu di perlihatkan).

Yang ingin saya tanyakan, apakah operasi pengambilan sisa IUD itu harus segera dilakukan? jika tidak diambil, dapatkah berdampak pada kondisi rahim saya? benarkah tidak bisa hamil karena alat sisa IUD itu? mengingat sisa IUD itu menempel di bagian kanan, sedangkan kita masih punya indung telur sebelah kiri.

Jadi artinya kalaupun seumur hidup patahan itu tidak diambil, tidak akan berdampak apa-apa kan?

Terima kasih ya Mas,
(bunda galau  )

Untuk menjawab pertanyaan Bunda Galau, sejujurnya saya kebingungan karena itu sudah masuk wilayah medis. Beruntung salah satu teman saya yang berprofesi sebagai dokter ahli syaraf di RSHS Bandung menyarankan untuk bertanya kepada salah seorang dokter spesialis Obgyn, yaitu dr. Handi Intan, SpOG. Dan berikut ini adalah jawaban dari dr. Handi Intan, SpOG:

Yang biasanya patah tertinggal pada saat pencabutan IUD adalah bagian sayap. Itu kecil dan tidak memadai sebagai kontrasepsi. (jika seukuran sayap itu bisa punya efek kontrasepsi, tentu semua IUD akan diubah cukup seukuran sayapnya itu saja).

Yang terjadi pada ibu adalah yang disebut sebagai infertilitas sekunder. Kalau mau hamil (lagi) ya diperiksa sama seperti pemeriksaan kemandulan yaitu analisis sperma, siklus haid, USG (kalau2 ada massa yg menekan kavum uteri atau tuba), HSG dan kadar progesteron. Patahan IUD-nya tidak perlu diangkat, karena terbuat dari bahan plastik yang tidak menimbulkan reaksi apa-apa di dalam badan.

(Jadi artinya kalaupun seumur hidup patahan itu tidak diambil, tidak akan berdampak apa-apa kan?)

Iya gak apa itu bahan inert artinya tdk aktif. Kalaupun yg ada tembaganya tdk masalah cuma tdk ada efek kontrasepsi aja. Isi tembaganya sdh habis, makanya kalau KB normal kan ada jangka waktu hrs diganti kl gak bisa hamil, itu sebabnya, bukan krn bahaya.

Sumber: dr. Handi Intan SpOG, RS Omni Alam Sutra.

#2. Pertanyaan berikutnya datang dari salah seorang ibu di Pasuruan Jawa Timur

Assalamu’alaikum.
Selamat siang.
 Begini,  saya sedang ada masalah tentag siklus haid yang tidak teratur. 3 bulan yang lalu saya memakai IUD.Tapi bulan pertama sampai bulan ke 3 haidnya lancar, nah memasuki bulan ke 4 ini saya  belum datang haid juga. Saya takut banget kalo hamil lagi, bukankah klo pakai kb IUD tu haidnya teratur? Sedangkan bayi saya masih berusia 6 bulan, dan waktu melaihrkan secara cecar. Trima kash sbelumnya
wassalam. Pasuruan

Untuk kasus ibu di Pasuruan ini saya menduga bukan hamil, melainkan hanya terlambat haid saja. ini adalah masalah yang biasa terjadi pada ibu menyusui. Apalagi yang memberikan ASI eksklusif selama enam bulan.

Selama masa menyusui, terjadi perubahan hormone yang dipengaruhi oleh hormon prolaktin. Hormone prolaktin inilah yang memengaruhi sekresi hormon estrogen dan progesteron. kedua hormon tersebut akan berpengaruh terhadap haid. nah, hormon prolaktin ini menekan keluarnya hormon tersebut, akibatnya ibu belum haid juga.

hormon prolaktin ini muncul pada saat ibu sedang menyusui. terutama asi eksklusif. sampai enam bulan pertama, biasanya hormon prolaktin ini memberikan pengaruh signifikan terhadap masa haid.

saran saya: coba lakukan test dengan testpack terlebih dahulu untuk memastikan apakah hamil atau tidak. semoga saja tidak ya..

salam

 

#3. Pertanyaan dari seorang Ibu C

malem pa..berbahayakah jika menggunakan iud tapi tidak pernah chek ke dokter selama 6 tahun…dan apakah jika di buka iud akan terasa sakit
terimakasih

jika ditanya berbahaya atau tidak, jawabnya adalah tidak berbahaya selama anda tidak mengalami keluhan apa-apa.
ketika dibuka tidak akan terasa sakit. malah katanya, membuka IUD lebih gampang ketimbang pemasangannya…
trims.

sebenarnya masih banyak yang ingin saya angkat, namun demi kenyamanan mata anda, maka saya hadirkan sedikit saja dulu. (HS)

Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi, Penyuluhan

Tags: , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

155 Comments on “Pertanyaan-Pertanyaan Seputar IUD (3)”

  1. bunda wie Says:

    Saya 4 hari yg lalu baru saja pasang IUD copper T di dokter spesialis obg, sampai sekarang masih keluar flek, dan perut terasa nyeri ada yang ngeganjel, apakah ini normal? Sampai kapan saya bisa berhubungan dengan suami? Apakah harus menunggu flek hilang? Karena ini kan bukan darah haid berbahaya tidak apabila saya & suami melakukan hubungan?

    • hadisome Says:

      halo bunda wie
      maaf saya baru sempat online…
      flek atau bercak2 darah yg keluar pascapemasangan IUD adalah hal yang wajar, jadi anda tidak perlu khawatir.
      mengenai yg terasa ngeganjel dan nyeri ke perut, bisa saja itu memang pengaruh dari IUD yang baru saja terpasang, rahim anda masih beradaptasi dengan ‘benda asing’ yg tiba2 datang. minum saja obat pereda nyeri yg diberikan oleh dokternya.
      mengenai hubungan, silakan saja, karena memang ini bukanlah haid.
      kalo misalnya nanti ada keluhan dari suami tentang yg mengganjal ketika berhubungan, silakan anda kontrol ulang ke dokter untuk melipat/menggunting benangnya.
      trims

      salam

  2. Iyas Says:

    Saya sudah hampir setahun pasang IUD copper T di Bidan, sampai sekarang haid saya selalu 15 hari setelah itu beberapa hari bersih, kemudian muncul flek lagi bahkan terkadang darah yang keluar tapi sedikit. Apakah ini normal? Sampai kapan hal ini akan berhenti? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

    • hadisome Says:

      mengenai haid yang banyak, sampe 15 hari, itu masih dalam batas normal.
      mengenai flek, anda kayaknya harus kontrol ulang, ke dokter spesialis saja. biar dilihat pake USG kondisi di dalam rahimnya seperti apa…
      trims

  3. itha Says:

    salam kenal …. saya mau nanya awal saya pakek kb suntik trus 5 hari lalu saya ganti k iud, ketika saya pake’ kb suntik saya g mens sama sekali, setelah pake’ iud yang kluar cuman flek biasa saja …. apakah kalau ganti k iud g bisa langsung mens y?

    • hadisome Says:

      belum tentu langsung haid, mengingat sebelumnya anda memakai suntik. seperti yang ditulis di artikel bahwa suntik KB itu adalah alat kontrasepsi hormonal yang mempengaruhi siklus hormonal yang berpengaruh terhadap haid.
      ditunggu saja beberapa minggu ya

  4. Bunda dewi Says:

    Selamat ciang. Saya dulu pernah mau pasang iud sudah sampai 3x mau dpasang tapi tidak jadi,waktu ank saya umur 4bln. Kata dokternya dbibir rahim saya masih belum sembuh. Sekarang anak saya umur 9bln. Apakah saya sudah bisa pasang iud?


  5. kalau menurut logika saya, sehebat apapun sebuah barang yang di ciptakan, akan berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia, terlebih harus berada di dalam tubuh manusia itu sendiri selama bertahun2,.,. baiknya saya, periksalah secara berkala alat kb anda secara rutin sebelum ada keluhan ^_^ terimakasih

  6. rina Says:

    klo perbedaan KB spiral tembaga (copper) sama KB spiral yang melepaskan hormon progestin apa ya?? apakah KB spiral yang melepaskan hormon progestin akan menyebabkan kegemukan dan muka berjerawat??? klo bisa harap bls juga ke email saya,,,,,thanks

    • hadisome Says:

      perbedaannya terletak pada kandungan hormon. copper T tidak mengandung hormon.
      yang menyebabkan jerawat biasanya kontrasepsi yang mengandung Esterogen seperti pil KB atau suntik KB 1 bulan.
      (jawaban dr.Handy Intan, Sp.OG)

      • rina Says:

        tp dok saya pakai yang suntik 3 bulan juga menyebabkan jerawat,,,,,,,,,,,,,skrg apa yang harus saya lakukan dok agar saya bisa cepat mens???? klo saya sudah mens kan saya tidak jerawatan lagi dok trus klo udh mens saya bisa pasang spiral, tp yang paling bagus kb spiral tembaga atau yang melepaskan hormon progestin ya agar saya tidak menjadi gemuk dan jerawatan??? makasih dok

      • hadisome Says:

        selain krn KB suntik, bisa jadi jerawat tersebut muncul karena anda terlampau stres.
        yg harus dilakukan, menghentikan pemakaian KB suntik tersebut dan menggantinya dengan KB non hormonal (bisa kondom atau langsung pake IUD).
        IUD yang dipilih adalah yang nonhormonal itu/yang tembaga (Copper T)

        trims

      • rina Says:

        maaf dok tanya lg,,,,,klo saya belum mens krn penggunaaan suntik KB 3 bulan lalu saya langsung pasang IUD apa boleh dok walau saya belum mens??? krn katanya pemasangan IUD hrs setelah mens dok, apakah dengan pemsangan IUD tersebut hormon saya akan kembali seimbang sehingga saya tidak jerawatan lg??? thanks

      • hadisome Says:

        boleh
        harus setelah mens itu karena dipastikan anda tidak hamil,
        sekarang boleh aja, tp testpack dulu ya, kalo negatif, boleh langsung pasang

      • rina Says:

        apakah pemasangan IUD pada saat sedang tidak mens tidak akan menyebabkan sakit??? krn katanya klo pemasangan saat sedang tidak mens akan terasa sakit,,,,,masalahnya sampe skr sudah sekitar 7 bulan saya tidak mens semenjak pemasangan kb suntik 3 bulan lalu krn tidak mens juga bidan menyarankan saya suntik kb 1 bulan dan skrg saya sedang menungguu sampe akhir bulain agustus ini akan mens atau tidak, saya sudah test dengan testpack tp negatif, lalu apa yg harus saya lakukan agar bisa cepat mens??? krn saya takut ada apa2 dalam tubuh saya mengingat saya sudah tidak mens selama 7 bulan

      • hadisome Says:

        katanya sih ngga, yang penting anda tidak terduga hamil. kalo terduga hamil, tidak boleh.
        coba hentikan dulu suntik kb nya, baik yg 1 atau 3 bulan, karena bisa jadi hormon sintetis yang terkandung dalam suntik tersebut tidak cocok dengan hormon natural dalam tubuh anda.
        biasanya untuk beberapa kasus tertentu, dokter memberikan obat untuk memicu haid. tapi itu harus dikonsultasikan dulu dengan dokter ahli.

        salam

  7. Dian Says:

    Dok sya baru saja pasang IUD,semula haid sya teratur n ini haid yg k 3 t buanyak bgt,,,tgl 8-14 itu haid cuma sedikit trus tgl 15-18 buanyak sampai habis pembalut banyak q,,,gmn t dok,,berbhya tidak??

  8. dewi Says:

    siang dok gini saya pasang iud udah 3tahun ,waktu pertama pasang iud saya pasang dengan jangka waktu 5thn,waktu tepat untuk lepas iud kapan ?? apa kalo ga dilepas akan karatan ,? bulan ini saya haid tgl 10juni bersih tgl15 juni terus tgl 20 juni haid lg ,bahayakah yang saya alami ini??

    • hadisome Says:

      ya kalo udah 5 tahun dilepas saja. kapan pun boleh.
      kalo ga dilepas, ga karatan, cuma fungsinya aja yang sudah tidak lagi berfungsi.
      nggak bahaya, selama di dalam rahimnya tidak apa-apa.

  9. dewi Says:

    malam dok,….saya bingung dok bulan juli ini sama dgn bln juni kemaren .haid saya ,sampe dua kali dlm sebulan tgl 5juli sy haid tgl 10 juli bersih tpi tgl 17 juli sy haid lg sampai sekarang ,bahaya ga yah dok ,apa di rahim saya ada penyakit nya ,tanda2 nya apa sih bila dirahim ada penyakit nya …trim dok mohon solusi nya

    • hadisome Says:

      mbak Dewi, sudah kontrol ke dokter?
      saran saya lakukan dulu kontrol ke dokter biar ketahuan, sekalian di USG aja untuk memastikan.

      mbak Dewi pake KB apaan ya?


  10. Apa ada efek sampingnya ?
    Bahaya ga efeknya

  11. atik Says:

    mlm pak….saya kan mau lepas kb iud dan ternyata setelah di bidan dan di periksa benang iudnya tidak ditemukan dan iudnya juga gak ada gimana ini ya pak…apa bisa iudnya itu masuk ke perut /rahim dan apakah bisa iud nya lepas tapi tidak terasa,saya pasang iud sdh 5 th,dan apabila d dlm rahim apakah di operasi?…

    • hadisome Says:

      USG dulu bu, untuk memastikan keberadaan IUD nya.
      ada dua kemungkinan, yang pertama memang terlepas tidak terasa,
      yang kedua, kemungkinannya mengalami perlengketan sehingga terdorong ke dalam.

      trims

  12. atik Says:

    terima kasih pak telah menjawab pertanyaan saya..saya sudah USG pak…dan ternyata ditemukan kista dan oleh bidan disuruh operasi,gimana ya pak klo misalnya tidak operasi apa iud nya bisa dilepas?trus apakah bisa kista hilang tanpa operasi…apakah berbahaya jika
    iud tersebut belum di lepas pdhal sudah 5 th..terima kasih pak…

    • hadisome Says:

      IUD boleh saja dilepas sebelum lima tahun, tidak masalah kok. nah mengenai kista, sebaiknya anda lakukan pemeriksaan dulu secara komprehensif dan berkonsultasi dengan dokter ahli secara langsung. kalau melalui blog seperti ini kan tidak terlihat, takutnya salah solusi.
      trims

  13. atik Says:

    mlm dok…saya udah usg ternyata ditemukan kista dan disuruh operasi…gimana dok misalnya tidak operasi apa bisa di ambil iud nya…apa bisa kista sembuh tanpa operasi sedangkan iud saya sudah 5th berbahayakah iud tersebut,tolong dok saya minta solusinya kalo operasi kan biayanya mahal..tolong ya dok…saya takut klo di operasi…terimakasih…

    • hadisome Says:

      pengalaman ibu saya, dulu didiagnosa kista, tapi ibu saya tidak dioperasi. dulu ibu saya minum jamu rebusan benalu.
      tapi tidak tahu, apakah berlaku juga untuk anda atau tidak. saran saya coba lakukan pengobatan dulu secara optimal

  14. ummu qonufa Says:

    Assalamualaikum, pak hadi. Trimakasih info2 nya sangat membantu. Saya jg pemakai IUD, 3 bulan yg lalu pasang dan 2 bulan pertama haid lancar tapi bulan ketiga ini blm haid jg kira2 sudah satu bulan lebih. Saya sudah test sendiri sebanyak 2 kali tapi negative… Saya td baca artikel bpk, sy dapat jawabannya mungkin keterlambatan haid sy karena sy menyusui, tp yg ingin saya tanyakan apakah bisa kehamilan tdk terbaca di testpack karena dalam rahim kita ada IUD? Mungkin pertanyaannya agak lucu tp itu yg ada di benak saya saat ini…trimakasih..

    • hadisome Says:

      test pack itu prinsipnya mengetes kadar hormon dari urin, jadi tidak ada sangkut pautnya dengan keberadaan IUD dalam rahim saat ini.
      salam

  15. Bunda yg cemas Says:

    Ass. Saya mau nanya sy pny anak yg genap 1thn sy melahirkan scr cesar. Sy pake iud br 1,5bln sblmnya pake suntik haidnya ga brhenti2 darah keluar terus sdkt2. Tp semenjak pake pake iud smp skrg blm haid jg.

    • hadisome Says:

      Mungkin itu efek dr hormon KB suntik yg dipakai sebelumnya.
      Tunggu saja beberapa minggu, kalo msh belum haid juga, coba lakukan kontrol ke dokter spesialis..
      $alam :)

  16. dyah sulistyanto Says:

    sejak sy KB Spiral, sy selalu gatal2 (biduren). apakah KB spiral bs membuat gatal2 (seperti alergi). trimk

  17. hani Says:

    sejak say di kb IUD, TGL 24 agustus dari pertama pasang keluar bercak darah, sampe 10 hari setelah 10 hari langsung haid sampai sekarang , apa kb saya tidak cocok+apa harus berhenti

    • hadisome Says:

      Belum bisa dikatakan cocok atau tidak cocok, mengingat pada beberapa akseptor baru IUD, kejadiannya hampir sama. akan timbul flek atau bercak selama beberapa hari (sampai dengan hitungan bulan). selain itu, volume darah haid akan menjadi lebih banyak dari biasanya dan hal tersebut adalah sesuatu yang wajar.
      saran saya, tunggu dulu selama beberapa bulan dan lihat dulu perkembangannya sambil sesekali melakukan kontrol ulang ke dokter untuk memeriksakan kondisi rahim dan IUD anda.
      salam
      :)

  18. mamita Says:

    assalamualaikum.saya mau nanya ya..kenapa sih ketika alat kontrasepsi udah di pasang masih bisa menstruasi

    • hadisome Says:

      waalaikum salam
      kenapa ya? kenapa hayooo… hehehe
      karena alat kontrasepsi itu bukan untuk mencegah menstruasi, tapi untuk mengatur jarak kehamilan. jadi yang dipengaruhinya bukan menstruasinya secara keseluruhan, melainkan proses pengeluaran sel telurnya saja. supaya lebih mengerti, coba deh kamu baca tentang siklus menstruasi terlebih dahulu di blog ini, lalu baca tentang alat kontrasepsi (bisa IUD, implant, suntik, pil). dari situ kamu sambungkan teori2 nya.
      mudah2an bisa paham ya.
      salam

  19. Ruth suryani Says:

    Sore pak, saya memakai kb iud pada bulan pertama dan kedua haid hanya keluar sedikit sedikit namun bulan ketiga sampai bulan kelima tidak haid. apakah kemungkinan sy hamil pak? Sebulan yg lalu sy test pakai tespack hasilnya negatif apakan ini masih efek sebelumnya sy memakai suntik kb 3 bulan selama satu tahun setengah? Terima kasih pak

  20. Dian Says:

    Assalamualaikum,
    Saya udah memakai iud selama 4th, dari pemakaian awal sampai 3th selalu kontrol ke dokter dan tidak ada masalah, tp skrg saya terlambat haid lebih dari 10hari setelah melakukan test pack hasilnya +…berbahayakah kehamilan yg saya alami?

  21. dea Says:

    ass,,,saya sdh memakai iud slm 14 bln, stlh klahiran anak k 2 saya yg skrg br brumur 15 bln mlalui prsalinan caesar, trakhir haid saya bln 30 juni, bln agustus dan september tdk haid, dan minggu kmrn saya mlakukan testpack trnyata positif. berbahayakah kandungan saya krn iudnya msh d dlm, apa harus d buka? mngingat klahiran anak sy yg sblmnya secara caesar, apakah klahiran yg skrg jg hrs caesar lg krn blm genap 2 thn? sblmnya terima kasih banyak atas jawabannya.

    • hadisome Says:

      waass
      menurut tim medis, tidak berbahaya selama anda selalu melakukan kontrol dan dibawah penangan tim dokter ahli.
      mengenai proses persalinan, saya sarankan anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter yang menangani persalinan anda sebelumnya, karena dia yang tau riwayat anda.
      trims

  22. ummu fauzan Says:

    assalamu’alaikum
    dear dokter hadisome,
    beberapa hari yang lalu saya lepas iud (novaT) setelah 8 bulan pemasangan iud tsb karena saya merasa kurang nyaman, ternyata ada luka melebar pada mulut rahim saya (kata obgyn saya) dan dokter meyarankan untuk papsmear minggu depan, karena setelah iud dilepas saya mengalami pendarahan sampai saat ini. yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah luka pada mulut rahim saya karena pemasangan iud?
    2. apakah saya tidak cocok dengan kb iud?
    3. apakah saya masih bisa hamil lagi?
    jujur,saya sangat cemas dengan kondisi saya, saya takut terkena penyakit yang berbahaya seperti kanker serviks (edisi curhat)
    terimakasih atas waktunya untuk membaca dan menjawab keluhan saya.
    wassalamu’alaikum

    • hadisome Says:

      waalaikum salam ummu,
      pertama2, saya bukan dokter ya… hehehe..
      saya coba tanyakan dulu ke dokter Handy Intan, SpOG ya.. karena ini udah masuk wilayah medis. harap ibu sabar karena saat ini saya sedang menanyakannya. begitu dapat jawaban, saya segera upload ke sini..
      salam

      • hadisome Says:

        ini adalah jawaban dari dr. Handy Intan, SpOG..
        IUD tidak bikin luka di mulut rahim. mungkin itu infeksi yang terjadi berbeda. filamen/benang IUD paling bikin iritasi ringan pada vagina, jadi keluar lendir seperti keputihan. sebenarnya papsmear tidak ada hubungannya dengan IUD tapi papsmear dapat membantu menemukan penyebab peradangan yang ada apakah karena bakteri, virus atau jamur. papsmear penting juga untuk deteksi dini apakah ada gejala kanker mulut rahim yang paling awal.

        untuk bisa hamil tidak ada hubungannya dengan IUD. IUD itu bersifat kontraseptif artinya menghalangi pembuahan oleh sperma kepada sel telur. kalau semua2 normal setelah IUD diangkat, ya bisa hamil lagi.

        demikian ummu.
        salam

      • wirda Says:

        Terimakasih atas jawabannya bapak/mas hadi,benar2 sangat membantu…
        Terimakasih juga buat dokter handy intan SpOG…,mohon disampaikan salam saya kepada beliau

      • hadisome Says:

        sama2…
        kata dokter Handy Intan, SpOG salamnya diterima bu

      • ummu fauzan Says:

        terimakasih banyak atas jawaban bapak/mas hadisome…terimakasih juga kepada dokter Handy Intan, SpOG, mohon sampaikan salam saya kepada beliau

      • hadisome Says:

        sama2…
        kata dokter Handy Intan, SpOG salamnya diterima bu

  23. Yanti Says:

    Siang,saya sudah 6bulan pake kb suntik&saya pengen pake kb luD,tp selama pake kb suntik saya tdk pernah haid,pakah bisa saya pakai lud????

    • hadisome Says:

      boleh saja, selama anda tidak terdeteksi hamil.
      mengenai tidak haid, bisa saja itu pengaruh dari hormon yang terkandung dalam suntikan KB


  24. ass…..saya mau tanya,saya pasang kb baru 3 bln,tp blm juga menstruasi,knp ya??sy lagi menyusui….coba d tespect negatif…..

  25. Ola Says:

    Siang..Sy mau tny,sy sdh hmpr 6 thn mmakai KB spiral.Dan ada rncn mau dlepas krn mau tmbh momongan.Yg sy tnykan,kpn wkt yg tepat utk melepas spiralnya.Waktu menstruasi / stlh menstruasi ?? Dan apakah sakit..??
    Trima kasih prhatiannya..

  26. RIe Says:

    maaf inii mau tanya

    saya udah memakai iud hampir 1 th lebih. anak saya baru satu umur 1 th 8 bulan. haid saya lancar.
    yg saya mau tanyakan :
    1. kalo saya lepas iud walopun g brhubungan suami istri nantinya apa masih bisa hamil apa gak ?
    2. apakah lepas iud natinya bisa hamil apa gak
    trimakasih ……
    mohon balasnya…

    • hadisome Says:

      selamat siang, maaf saya baru sempat online nih
      1. kalo ga berhubungan suami istri ya ngga akan hamil bu.
      2. kalo IUD dilepas, ada kemungkinan hamil, tergantung apakah saat berhubungan pas masa subur atau ngga.
      salam.

  27. imun maimun Says:

    sore..sy mo tny, udh 5 th sy mnggnkan IUD, sy mau tetap ber KB menggunkan IUD tsb. apakah perlu sy ganti atw tdk perlu lg dilepas..trims

    • hadisome Says:

      harus dilepas bu, diganti yang baru. itu IUD nya yg berapa taun? yg lima taun atau 8 taun? kalo yg lima taun berarti taun ini harus segera diganti, kalo yg delapan, ya masih tunggu 3 taun lagi.
      trims kembali

  28. dewi murni Says:

    saya pasang iud 5 thn baru setahun berjalan setelah saya raba benang iud saya ngak ada kemungkinan nya gimana ya pak.mohon penjelasan nya.dan apa bahaya nya pak

    • hadisome Says:

      kemungkinannya bisa saja benang tersebut terlipat ke dalam sehingga tidak teraba, kemungkinan lainnya bisa saja iud lepas dengan sendirinya tanpa terasa.
      saran saya, mending dilihat pakai USG untuk memastikan apakah iudnya masih ada atau tidak.
      salam

  29. silvia Says:

    siang pak…
    10 juni lalu syamelahirkan dengan operasi caesar langsung pasang IUD skrg udh 4 bln masih suka pendarahan setiap bulannya saya periksakan ke dr. yang operasi+psang IUD sya,,,ktnya tdk apa2..tp setelah mnum obat masih pendarahan…bagimna ya pak??terimaksih

    • hadisome Says:

      saya sih percaya sama dokternya, tidak apa2. pendarahan pascanifas itu biasanya 40 hr-an.
      saran saya sih, coba konsulkan ke dokternya, mengenai pasca minum obat masih pendarahan, siapa tau ada sebab lain.
      salam

  30. helys wulansari Says:

    mlm pak..saya pake iud baru 4 bulan setelah melahirkan anak pertama saya…yang ingin saya tanyakan setelah masa nifas saya selesai selama selang seminggu flek seperti haid selalu ada,trus perut kadang-kadang terasa mulas apakah itu tidak berbahaya??mhn jawabannya..mksh

    • hadisome Says:

      biasanya setelah pemasangan IUD emang akan terdapat flek, lamanya bervariasi, antara hitungan hari sampai berselang seling selama beberapa bulan. jadi kemungkinannya masih aman. mengenai perut mulas, biasanya dokter memberi obat antinyeri, diminum saja obatnya. kalo masih merasa nyeri, saya sarankan mending ke dokternya lagi, sekalian kontrol ulang.
      trims

  31. momyhappy Says:

    siang Pak…saya pasang iud tgl 3/10 stelah itu 2 hari saya bercak2 lgs haid dan smp skrg blm bersih, masih keluar sedikit2.Apakah ini normal dan berbahaya tidak apabila dipakai berhubungan.Mohon jawabannya.Tq..:)

    • hadisome Says:

      halo, maaf baru dibalas. sebulan ini saya terkapar kena tipes.
      pasca pemasangan IUD memang akan timbul bercak2 darah, itu normal2 saja. boleh aja berhubungan selama darah tersebut sedang tidak keluar

  32. hikmah Says:

    malam dok,20hari yg lalu sy melahirkan ank k 2 dan sy lngsung pasang kb spiral pas ank sy udh lahir tp saat ini yg sy rasakan d rahim sy terasa skt,benang spiralnya kluar dan berasa nusuk2 apalg pd saat duduk dan bwt bergerak trasa gak nyaman daerah miss v sy merah2 iritasi kna tusukn2 bnangnya dl pd saat proses mlahirkn ank 1 sy cesar tp ank yg k 2 sy lahiran normal apakah sy tdk cocok memakai kb spiral???klo pun sy mau mlepaskan kb spiral sy itu pd saat lg mens atw pd saat tdk mens??supaya menghndari rs sktnya??sy mpe skg mrasa tdk nyaman n ksakitn mohon solusinya ya dok,klo bs d krm lwt email jwbnny,trimaksh dok

    • hadisome Says:

      coba kontrol ulang ke dokter, saya duga itu yang menusuk2 kemungkinan dari benangnya yang terlalu menjuntai. minta sama dokternya agar dilipat, tapi sebelumnya minta di USG dulu untuk memastikan posisi IUD nya.
      kalau masalah buka IUD, kapan saja bisa kok…
      salam

  33. hikmah Says:

    pagi dok,20hari yg lalusy melahirkan anak k 2 dan sy lngsung pasang kb spiral hari itu jg pas anak sy udh lahir saat ini yg sy rasakan d rahim sy terasa sakit,benang spiralnya kluar dan berasa nusuk2 apalagi pada saat duduk dan bwt bergerak terasa gak nyaman daerah miss v sy merah2 iritasi kna tusukan2n benangnya,dl pada saat proses mlahirkan ank 1 sy cesar tp anak yg k 2 sy lahiran normal apakah sy tdk cocok memakai kb spiral ????klo pun sy mau mlepaskan kb spiral sy itu pd saat lg mens atw pd saat tdk mens???supaya mnghindari rs skit??sy mpe skg mrasa tdk nyaman dan ksakitan mohon solusinya ya dok,trimakash

    • hadisome Says:

      coba periksakan lagi bu, sekalian kontrol. dugaan saya, mungkin rasa sakit itu karena memang benangnya memang terlalu menjuntai. minta tolong sama dokter untuk dipotong atau dilipat aja. sekalian coba di USG untuk mengetahui posisi IUD tersebut. mengenai dibuka, pada saat tidak mens juga boleh


  34. Slamat pagi pak, sya salah seorang pengguna IUD lebih dri setahun setelah kelahiran putri pertama saya, sdikit saya mau tanya apakah tidak apa2 klo saya sering menyuruh tukang pijat untuk memijat bagian perut saya berhubung disana ada KB karna saya sering merasa klo bagian atas vagina sya terasa turun sehingga minta bantuan untuk di dorong ke atas sedikit. Apakh itu tdk jdi masalah nantix.. Mohon informasix y. ?

    • hadisome Says:

      saya kurang paham apakah pijat di perut akan memberikan efek atau tidak terhadap posisi IUD, nanti saya coba tanyakan dulu sama dokter Handy Intan, SpOG ya…
      salam (Hadi)

      • hadisome Says:

        saya sudah tanya sama dokter Handy, katanya tidak apa-apa dipijat, karena itu bukan pijat rahim, melainkan pijat otot saja. rahim tidak akan teraba jika sedang tidak hamil.
        demikian, salam

  35. nita Says:

    ass selamat malam .. pak saya mau nanyak saya habis lepas sepiral bln agustu setelah i.tu saya mens tapi mens saya cuma 2hari aja trs bln berikutnya saya mens cuma 1hari aja lalu bln ini cuma 3 hari .pdhl wktu saya pake sepiral mens saya lancar .saya g ada keinginan pasang lagi karna mengingat umur saya uda 45thn .tapi saya takut hamil

    • hadisome Says:

      mengingat usia yang sudah 45, kemungkinan ibu memasuki masa pra menopouse, jadi haidnya mulai tidak teratur dan berkurang. saran saya sih mending pakai lagi bu, sampe usia 49. karena masa subur seorang perempuan itu menurut teori sampe usia 49 tahun.
      salam

  36. Bunda rfky Says:

    Mlm.sy pke iud sdh 1 thn 8 bln.tp sy pkai yg 5thn.sy tdk pernah kontrol.krn waktu sy tnya sm bidan ny tidak perlu kontrol kcuali ada keluhan.apakah tidak apa apa sy tdk pernh kntrol walaupn tdk ada keluhan

    • hadisome Says:

      tidak apa-apa, selama tidak ada keluhan. anda bisa melakukan kontrol sendiri dengan cara meraba benang IUDnya. benang tersebut sebagai indikasi keberadaan IUD di dalam rahim.
      salam

  37. yesita pondaag Says:

    Mlm.. sy bru psang kb spral hari ini, tp sblmx pke suntik 3blan udh 2thun,, ap bisa cpat dpat haid atau gmna? trma ksih..

  38. karin Says:

    Siang pak…..sy udah pake IUD novaT 4 tahun tanpa keluhan apapun, tapi sekarang dibawah perut terasa nyeri, apa itu pengarug IUD nya? Apa mungkin IUD nya mengalami pergeseran? Mengingat 2 hari lalu sy melakukan perjalanan jauh menggunakan motor. Terimakasih

  39. rina Says:

    terima kasih sblmnya, sy mau tanya saya pakai iud yg 8 taun sudah 5 bln ini tp tiba2 ada keluhan perut rasanya kaya njarem(rasa sakit akibat bengkak)sudah 4 hari, mula2 sy kira iritasi divagina hbs mens vagina gatal2 tapi seelah hlg iritasinya perut saya jd sakit njarem td trus kadang2 keluar lendir warnanya putih kekuningan ky warna nanah dan bau ky nanah jg saya tkt kl mau periksa kemanakah sy hrs periksa ke bdn tempat psg iud atau ke dokter,kira2 sy sakit apa ya ?

  40. Nona Rolobessy Says:

    Selamat siang Pak, Pak saya baru melahirkan 2 bulan lalu dan menggunakan Kontrasepsi IUD, sampai sekarang saya belum haid dan terkadang keluar flek , apakah itu wajar?

  41. andien oasis Says:

    Mlam..sy ♏ªǚ tanya,,sya mnggunakan kb iud T,stlh masa40hari,skrg sdh mndekati bln ke 5 pasca melahirkan anak prtama sy dgn caesar,.awal saya pasang mmg trjadi pendarahan slama 1mggu lebih,2 mgg kdepanya sdh hlg namun bulan depanya sya mngalami 2 x pendarahan/mens dibulan Ɣ媪nĞ sama, Ɣ媪nĞ ♏ªǚ sy tanyakan,sdh 4 bln ini saya blm JμЪ’, mens,namun trkadang hanya ad bercak darah sj sedikit,,,sy test hasilnya (-)apakah ini normal/tdk?dn smp saat ini su msh mnyusui apakah ini ad hub nya dgn hl tsb?trms

  42. neng mumun Says:

    Salam kenal mas Hadi dan dr. Handy yg sigap memberi jawaban. Blog nya sangat informatif, keren. *jempol* :)
    Saya baru melahirkan anak pertama secara normal/spontan 10 September yang lalu. Masa nifas saya tidak sampai 40hari, kemudian selang beberapa hari saya mens. Sempat kaget kok bisa secepat itu mens nya karena saya memberikan Asi Eksklusif untuk anak saya. Kemarin, 7 November mens saya keluar lagi.
    Melihat cepatnya mens datang setelah melahirkan, saya berniat untuk KB (insyaAllah sudah bulat) yaitu IUD.

    Pertanyaannya :
    1. Sejak usai melahirkan saya belum kontrol lagi ke dokter “isi rahim” saya, perlukah hal itu dilakukan?

    2. Saya berniat pasang KB di bidan, lebih ke efisiensi waktu saja karena bidan itu dekat dari rumah dan diapun bidan senior. Lebih baik ke dokter / obsgyn, atau tidak apa2 di bidan ini? Kalau ke bidan, bisa tidak dia memeriksa kondisi rahim saya sekarang?

    3. Manakah alat yg paling tidak sakit dipasang? NovaT atau CopperT? Saya berniat menyusui anak sampai 2 tahun dan tidak mau menjadi gendut / jerawatan hehehe.. Kira2 mana yang cocok?

    Sekian pertanyaannya, terima kasih banyak :)

    • hadisome Says:

      1. dikontrol aja dulu, mengingat anda sudah mulai menstruasi.
      2. tidak apa ke bidan, tapi untuk pemeriksaan menyeluruh, mending ke dokter obgyn sih
      3. sama aja, nova T itu merk dagang dari IUD Copper T.
      salam

  43. mommyvero Says:

    Pagi pak, saya mau tanya ±1 bulan saya pasang IUD dan 2 hari lalu saya haid yg sangat banyak bahkan darah nya menggumpal besar dan ternyata IUD nya LEPAS… Yg saya mau tanyakan apakah jika saya tidak meneruskan untuk pasang IUD lg haid saya akan seperti sblm pasang IUD yg tdk terlalu banyak… Karna saya cukup shock dgn keluarnya darah banyak & menggumpal spt itu. Thanks ya Pak.

  44. endang Says:

    Malam pak, sy mau tanya mengenai efek pelepasan iud. Setelah 3 th lebih iud sy lepas krn berniat nambah anak. Nah setelah beberp minggu sy check ada erosi.di mulut rahim sy. Sdh diobati dg albothyl ovula. Tetapi knp sampai skrg stlh hampir 4 minggu lepas iud perut bagian bawah sy sering sakit?
    Terima kasih

    • hadisome Says:

      coba periksa lagi, karena erosi tersebut memang harus disembuhkan terlebih dahulu.
      saran saya, periksa di dokter spesialis kandungan… biar ketauan asal sakitnya dari mana.
      salam

  45. Dinar Says:

    Mau tanya Rumah Sakit mana Daerah Jakarta yg bs Lepas IUD Spiral , soalnya sudah nyaris 6 tahun lebih … serem jg mau lepas tkut sakit


  46. Sore dok,
    saya mau nanya… tanggal 19- 29 agust saya mendapatkan menstruasi tp hanya bercak bercak saja… trs tgl 29 Agustus itu saya lepas KB spiral.. Setelah dlepas ternyata saya langsung mendapatkan menstruasi sampai tgl 6 September.

    Bulan berikutnya saya dapat menstruasi dr tanggal 4 – 10 Oktober. Tapi bulan ini saya kok belum mendapatkan menstruasi ya? saya sudah cek tapi hasilnya selalu negativ.

    Yang mau saya tanyakan :
    1. Apakah setelah lepas IUD kita langsung subur atau ada tenggang waktu pemulihan kesuburan? Mengingat saya pengen segera hamil.

    2. Saya juga mengalami keputihan kadang warnanya (maaf) seperti ingus itu.., kadang bau dan kadang d seputar kemaluan sampai ada kyk daki tapi berwarna putih. padahal dulu saya sudah pernah papsmear. Saya termasuk org yang alergi terhadap logam. Apakah itu juga ada kaitannya dgn pemasangan IUD??

    Terima kasih dan sangat dtunggu jawabannya.

    • hadisome Says:

      langsung jawab ya:
      1. menurut teori sih langsung subur. kawan saya juga begitu lepas, sebulan kemudian langsung hamil.
      2. mengenai masalah itu, harus diperiksa ke dokter bu, untuk mengetahui penyebab keputihan tersebut, karena keputihan ibu sudah tergolong di luar normal
      salam

  47. nurseha Says:

    malam dok, sy ibu 2 anak 12 thn dan 6 thn, sy br pasang kb spiral 1 bln yg lalu, setelah 1 minggu sy kontrol ktnya rahim sy erosi/sariawan, tp sdh ok buat nyampur dgn suami, tp suami merasa ga nyaman karna merasa mentok2 ktnya, minggu ke 4 saya kontrol lg ternyata spiralnya lepas, setelah d pasang yg baru bidan pesan katanya ” bu spiralnya sy pasang baru tp benangnya sy lipat k dalam biar ga ada keluhan dari suami dan ga terjadi erosi akibat benang nanti pada saat kontrol blng sama bidan yg jaga ga usah nyariin benang karna di lipat ke dalam”.
    yang mau saya tanyakan bahaya ga dok jk benangnya di lipat kedalam? bagaimana melepas spiral tersebut kl benangnya ga kelihatan? terus keesokan harinya sy dpt mens banyak bgt dan sakit seperti mau melahirkan apakah itu pengaruh dari spiral ya dok? mohon jawabanya terima kasih

  48. Yani Says:

    Di kampung saya banyak para org tua yg blm melepas spiral itu,apa akn ada dampk negatf jika benda itu tidak diambil,trs ada slh satu ttga sy umrnya skitar 70 an swaktu mw lepas alt itu trnyata sudh tidak ada ditmptnya,jika alat itu tdk ktmu apa akan ada efek sampingnya…trimakasih

    • hadisome Says:

      spiral jaman dulu memang dipasang untuk seumur hidup.
      pada kasus nenek 70 tahun itu, bisa saja spiral tersebut terlepas dengan sendirinya ketika buang air.
      untuk memastikannya, bisa diperiksa dengan alat usg


  49. Sore dok.

    Saya mau nanya, tgl 19-29 Agust saya dapat haid tp cuma bercak aja dan tidak tratur. Tgl 29 Agust itu saya lepas IUD. Trs langsung mendapat haid sampai tgl 6 Sept. Tgl 4 – 10 Oktober saya dapat haid kembali, tetapi sampai tanggal 16 November saya kok blm dpt haid lagi ya? pdhal sudah saya test hasilnya negatif.
    Yang mau saya tanyakan :

    1. Apakah setelah IUD di lepas ada jangka masa kesuburan ya dok? kebetulan saya sudah pengen hamil lagi.

    2. Saya orgnya alergi terhadap logam, dulu waktu pake IUD dan sampai sekarang pun saya sering keputihan, kadang bau dan warnanya (maaf) seperti ingus. Kadang d sekitar kemaluan saya sering terdapat kayak daki tapi berwarna putih. Padahal dulu saya sudah p[ernah papsmear dan katanya tdk bermasalah. Apakah ini ada hub nya dgn pemakaina IUD, dan mohon saran obat untuk menggatasinya apa.

    Terima kasih dok, dan saya sangat menunggu balasannya. Salam

    • hadisome Says:

      udah dijawab ya bu, di komen sebelumnya… :)
      nih saya kopikan
      langsung jawab ya:
      1. menurut teori sih langsung subur. kawan saya juga begitu lepas, sebulan kemudian langsung hamil.
      2. mengenai masalah itu, harus diperiksa ke dokter bu, untuk mengetahui penyebab keputihan tersebut, karena keputihan ibu sudah tergolong di luar normal
      salam

  50. evi Says:

    Ass,
    Saya melahirkan secara normal,sudah 4 bln pasang kb IUD copper T di bidan, yg mau saya tanyakan nih pak : saya blan ke 4 ini belum mens, apa ada pengaruhnya soalnya saya kasih asi ekslusif sama anak saya? Lalu sejak pertama pemasangan kb saya *maaf keputihan terus nih pak? Apa tidak akan apa”?

    Mohon jawabannya ya pak, trims!
    Wass

    • hadisome Says:

      belum mens karena ngasih ASI itu hal yang wajar.
      mengenai keputihannya, coba diperiksa apakah berbau dan keruh? jika ya, segera ke dokter itu diperiksa posisi IUDnya

  51. Yenny musictime Says:

    ass.saya pasang kb IUD sdh 3th tapi kok skrg haidnya sering telat ya ?pdhl dulu lancar2 aja.mohon solusinya dok..

  52. rizky Says:

    sore pak,saya mau tanya nich,
    -stlah melahirkan anak pertama tgl 12 sept kmrn,saya lgsg pasang alat kb iud,kira2 tgl 16-19okt sya kluar drah bnyak bgt,entah itu haid atau msh pndrhan masa nifas,soalnya msh sktr 40 hr pasca mlhrkn,tp bln nov ini sy blm haid,tkutnya hamil gtu,soalnya anak sy usianya blm gnap 3bln,,
    mnrut anda gmn?
    -1 prtnyaan lg ya,pasca melahirkan smpai skrg kalo BAB kok skit bngt ya (maaf,kykny dbgian bwh,soalnya trasa sktnya klo hmpr kluar)smpai hbs BAB pun msh skit skli,untk brdiri skit aplgi du2k minta ampun skitnya,apakah anda tau knpa dan diapain ya byar smbuh,.
    mohon dijawab ya,trims

    • hadisome Says:

      untuk memastikan hamil atau tidak, coba uji testpack. jika negatif, bisa jadi itu efek karena anda menyusui ASI eksklusif.

      pertanyaan kedua, mungkin itu wasir ya?
      coba berobat ke dokter, biasanya diberi obat…

  53. diah Says:

    Selamat siang,5 bl yg lalu saya buka kb,mens sy dr bln ke1 s-d bln ke 5 ini jd tdk teratur,bln ke1,3hr, bln ke 2 s-d bln ke 5 hanya satu hari keluarnya knp ya ? sdh pernah USG katanya tdk ada apa2,..kata dokternya katanya : hanya penyesuaian hormon pasca lepas KB (coper T sy pakenya) usia saya saat ini 39 jalan 40,….takutnya saya ada apa2 dg rahim saya…

    • hadisome Says:

      saya sih yakin kata2 dari dokternya, soalnya kan dokter tersebut yang meriksa ibu. jika masih ragu dan takut ada apa2, coba periksa ke dokter lain untuk mencari 2nd opinion

  54. shanty Says:

    saya sdh menggunakan iud selama 3 thn..dan slalu merasakan sakit luar biasa jika datang menstruasi..apakah itu berbahaya??atau ada dampak dr pemasangan iud nya??terimakasih dok atas jawabannya

    • hadisome Says:

      sudah periksa ke dokter belum?
      bisa saja itu karena ada pergesekan IUD dengan dinding rahim yang sedang luka karena sedang meluruhkan dinding2nya yang menebal…
      saya tidak berani mengatakan itu bahaya atau ngga, mendingan periksa ke dokter dulu, supaya ketauan itu rasa sakit dari mana asalnya

  55. winnie dewi Says:

    Salam…. saya mau menanyakan masalah kb steril. anak saya yg pertama lahir secara caesar…krn kondisi bayi nya lintang dan asma… juga minus mata 4,25. skrg saya sedang hamil anak ke dua. mungkin saya akan caesar lagi.. krn usia saya saat ini 37 thn dan riwayat asma juga minus mata td.

    rencana nya setelah caesar ke 2 ini, saya mau steril.. yang saya mau tanyakan kalo KB steril bisa menyebabkan ke gemukan tidak.. dan apakah bisa langsung di lakukan pd saat caesar??

    memang rencana nya… kami hanya ingin punya anak 2 saja.mengingat usia saya juga..
    terima kasih atas jwb nya

  56. nurul Says:

    Assalamuallaikum, Mau tny ni Pak, saya psg iud sdh hampir 1thn, anak saya berumur 1thn dan msh menyusui. sebelumnya haid lancar, bln november ini blm haid smp skrg, sharusnya tgl 20an haid tp hanya ada flek coklat n pink cm bbrp hr saja, sdh saya testpack negatif, gmn ya pak ??

  57. bunda hanif Says:

    Dear dok,
    Saya psg iud thn 2009. Satu minggu yg lalu saya lepas iud. Tapi pada saat pelepasan iud,spog saya mengalami kesulitan krn benang iudnya posisinya agak ‘naik’. Sehingga pengambilan iud hrs dibantu menggunakan alat shg saya sdkt merasakan kesakitan saat proses pengambilan. Tapi akhirnya iudnya berhasil diambil dok. Yang ingin saya tanyakan,1 minggu stlh pengambilan iud itu badan saya demam smpai 38 derajat,lalu perut bagian bawah sedkit nyeri,tp tdk ada flek darah. Apakah ini ada hubungannya dg proses pengambilan iud yg agak sulit itu dok?atau mmg sperti itu utk proses recovery rahimnya?trimakasi :)

    • hadisome Says:

      biasanya proses pelepasan iud itu tidak seperti itu. recovery rahim juga tidak lama…
      saya sarankan anda kontrol ke dokter untuk mencari tahu dari mana asal nyeri di perut anda tersebut.
      salam

  58. arik Says:

    saya habis melahirkan anak ke 3 sekitar 8 bulan yg lalu,lalu saya pasang kb iud. setelah pasang kb keluar flek lalu mens sekitar 2 minggu,setelah bersih saya pake berhubungan besoknya keluar flek lg lalu mens lg sekitar 1 minggu. setelah bersih saya berhubungan lg besoknya ngeflek lg lalu mens lg . kira” kenapa yaaa….koq gitu terusss.???

    • hadisome Says:

      anda stres tidak?
      mengenai flek sih memang biasa terjadi jika baru dipasangi IUD. ada yg cuma hitungan hari, tapi ada jg yg sampai beberapa bulan

  59. ethn Says:

    Dearest Mas. Hadi..
    Salam kenal, sy ethn, usia sy 38 tahun melahirkan secara caesar 2 kali dan sy pengguna IUD Coper T dengan pemasangan pada tanggal 8 Des ’2008. ada kelupaan bahwa sy pasang yg 5 tahun atau 4 tahun ya, karena sy kebingungan pada tanggal 10 Desember kmrin saya berniat membuka di sebuah klinik. ternyata benang tdk ada dan IUD tdk di temukan kemudian di USG masih ada menunjukan gambar spiral tsb di rahim saya. Dokter mencoba mengambil dan tdk berhasil, prosesnya sangat sakit mas, akhirnya Dokter menyarankan sy fhotoscopy utk mengetahui letak persis nya. setelah ada hasil Dokter mengatakan bahwa spiral tersebut tertanam di bagian tulang punggung, pengambilannya harus melalui operasi. skrg sy sedang berpuasa utk persiapan check darah besok pagi, yg sy tanyakan Mas. Hadi yg di maksud Dokter operasi pengambilan spiral itu apakah operasi kecil atau besar, sy belum sempat bertanya kepada Dokter secara detail mengenai kelanjutan nya.. keburu syok mas… :P
    Terimakasih atas bantuannya…. :)

  60. cham Says:

    salm pak…….mau tanya,sy hbis pasang sepiral sebulan yg lalu,krn pendarahan terus mnerus jdi am dokterny dibuka,habis dibuka rasa nyeri,dan flek2 darahny ko’ ada terus,walupun cumn sdikit.yg buka sepiral dah dpt 1 minggu nih gmn ???ap sy hrus kdokter lg??? atau gmn?

    • hadisome Says:

      iya, ke dokter lagi saja. untuk kontrol ulang sekalian diliat apakah posisi benang IUDnya apakah terlalu menjuntai atau tidak

  61. Linda Says:

    pak, sy pakai iud skitar bulan mai saat operasi caesar, saya masi menyusui bayi saya, sy tak dapat menstruasi skitar 6 bulan dan tak ada keluhan apa2, bulan november kmrn tgl 10 sy dpt menstruasi slama 7hari,, skrg bulan desember saya belum dapat menstruasi lagi udh telat sktr 10hari, dan ada gejala mual muntah rasa tak enak dari perut ke mulut seperti tanda2 orang hamil, sy udh 2x operasi caesar 2th bturut2, klo skrg sy hamil lg anak sy baru 7bln sy harus op sc lg utk yg ktiga kalinya??? apakah mungkin pak dalam keadaan berkabe iud masih bisa kebobolan juga?? kira2 iud mngalami perlengketan bisa sebabkan khamilan?? berbahayakah?? trims infonya

    • hadisome Says:

      sudah dipastikan belum bu? apakah anda hamil atau karena gejala lain?
      saya kira periksakan terlebih dahulu.
      kemungkinan kebobolan ya tetap ada bu, namanya juga alat buatan manusia…
      perlengketan IUD? maksudnya gmn ya?

  62. elfran Says:

    malam dok,..
    saya pasang iud nova t nov’2010 dan sudah dilepas mar2012 di hari haid terakhir (mau bersih). sebelum dan setelah pasang iud haid saya tetap teratur dan jumlahnya seperti biasanya (siklus haid rata2 panjang sekitar 30-35 hari dan lamanya haid 4-7hari). namun setelah iud dilepas haid saya kok jumlahnya menjadi sedikit 1-2hari saja dan hanya flek saja, cairan darah yg terdapat di pembalut cm sebesar lingkaran dng diameter 2-3cm dan itu hanya keluar 1x saja selama 2 hari haid, selebihnya hanya bercak/flek saja. padahal biasanya setengah hari saja sudah full penuh 1 pembalut. haid sedikit ini berlangsung dari sejak lepas iud sampai sekarang,sekitar 9bln.
    saya lepas iud karena muncul keputihan mulai di tahun ke 2 setelah pasang iud tsbt. sewaktu dilepas oleh Dr.spog pemeriksaan usg bagus, tidak ada masalah, dan dokter mengatakan kalau sudah dilepas bisa langsung hamil. tapi saat ini saya msih menunda dulu dengan kb mandiri,rencana hamil kembali th depan dok.
    pertanyaan saya:
    apakah ada saluran yg tersumbat sehingga jumlah haid menjadi sedikit setelah iud dilepas? kemana cairan darah yg biasanya keluar banyak tsbt?
    normalkah/ada gangguan hormon? setahu saya iud tidak mempengaruhi hormon.
    giaman caranya supaya haid jumlahnya kembali normal?
    thx before…

    • hadisome Says:

      bukan tersumbat, tapi memang tidak diproduksi. itu biasanya terjadi karena pengaruh perubahan situasi hormonal. gangguan hormon memang tidak disebabkan oleh IUD, tapi bisa juga dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis. artinya ketika anda kelelahan, kadar hormon bisa berubah jg

  63. ummu shofiyyah Says:

    Saya mau tanya,kalau pasang KB IUD apakah berbahaya bila saat berhubungan dengan suami dilakukan dengan banyak gaya?.Terima kasih

  64. siti hawani Says:

    Asalamualaikum, maaf saya mau tanya saya baru pasang kb spiral koper T 2 bulan tapi setelah baca ada juga yang hamil pakai kb spiral saya jadi takut juga soal nya anak saya baru berumur 6 bulan..apa bagus nya saya copot saja ya spiralnya saya ganti kb hormon aja yang lebih aman..

    • hadisome Says:

      waalaikum salam.
      kegagalan IUD itu kmungkinannya lebih kecil ketimbang yang hormonal, jika tidak ada keluhan, tidak usah dicopot… rajin2 saja kontrol….
      trims

  65. dwiseptiani Says:

    met mlm dokter saya mau tny
    smnjk saya lahir secar jl 2bln saya bru psng iud dah sbln saya g cek coz g da kendala apa”.tp slm sbln ni saya g mens tu gpp pa saya hml agy?

  66. siti hawani Says:

    Makasi ya Dok atas jawabannya, saya mau tannya lagi semenjak saya pakai sepiral keputihan saya semangkin banyak dan agak sedikit kental apa tu nggak berbahaya ya dok sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasi.

    • hadisome Says:

      ibu, ketika keputihannya tidak normal, kayaknya harus diperiksakan ke dokter. gimana keputihan yang tidak normal itu? diantaranya adalah berbau tidak enak…
      mengenai keputihan, ibu bisa baca di blogdokter.net

  67. liana Says:

    Malem pa , saya mau menanyakan tentang IUD , satu minggu yang lalu saya memasang IUD , namun setelah di pasang , sudah 4hari ini saya mengeluarkan flek darah gitu kaya menstruasi , kalo begini apa kah masih dlm keadaan normal pa ?? Dan berapa harikah flek darah itu berhenti . Trims

  68. elisa Says:

    Apakah mungkin terjadi kehamilan padahal tidak terjadi pembuahan setelah melepas iud?

  69. muharini Says:

    Bu kenapa waktu memasang iud tidak bisa ? Alasan bidan itu sondenya masuk 1/4 kalau dipaksakan bisa sakit, tanya ke dokter kandungan.., dulu pernah di luminaria waktu kuret ya,katanya ? Memang 3 bulan lalu baru kuret di dr kandungan . Pertanyaan saya kenapa bisa seperti itu? Ada apa sebenarnya ?

    • hadisome Says:

      dugaan saya, rahim anda termasuk yang berukuran rahim pendek sehingga tidak bisa masuk, dan memang jika dipaksakan akan terasa sakit.

  70. Dwie Says:

    Salam knal dok..
    Sya mw nnya tntg kb IUD.. Sya psang IUD sjak mlhrkan ank ptma n ank sya skrg udh staun stengah usiany n smpai ptma dpsang smpai skrg sya lum pnah cntrol k’dkter krna sya pkir alhmdllh g ad kluhan ap2,, yg ingin sya tnyakan jika sya ingin mlpazkn IUD,apa bleh dgn dkter n rmh sakit yg brbda?? Trimz sblmny


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,150 other followers

