Posted tagged ‘KB’

catatan KB: INJECTION

07/01/2010

Hehe, saya menggunakan judul sok nginggris, padahal mau bilang suntik. Ini sih semata-mata untuk menggiring pembaca mengklik tulisan saya hihi….

***

Dalam suatu penyuluhan di ruang Delima RSUD Cianjur, saya dan tim penyuluh selalu memberikan  materi tentang seputar alat kontrasepsi. Macam-macam alat kontrasepsi, mulai dari IUD, Implant, Kondom, Kondom Perempuan, Pil, dan juga suntik. Kadang ada yang antusias mengikuti, tapi tak jarang yang acuh tak acuh bahkan keluar ruangan sebelum penyuluhan selesai. Tidak mengapa, toh buat kepentingan ibu-ibu yang baru saja melahirkan itu.

Oya, ruang Delima ini adalah ruangan dimana ibu-ibu yang baru saja melahirkan ataupun keguguran dirawat. Ruangan ini menampung pasien yang beragam, mulai dari pasien kelas 1 sampai kelas 3. Nah, kebanyakan yang diikutsertakan dalam penyuluhan adalah pasien kelas 3, dengan asumsi bahwa pasien kelas 1 tingkat kesadaran memakai kontrasepsinya sudah ada.

Setiap habis memberikan materi, teman senior saya selalu mereview para ibu yang hadir kira-kira alat KB apa yang mau dipakai selepas dari masa perawatan di rumah sakit ini. Dan, hampir 50% menjawab:”Abdi mah bade nyobian suntik heula we, nu tilu sasih (Saya mau coba suntik yang tiga bulan).” Dan saya mencatat satu persatu jawaban para ibu tersebut, untuk bahan laporan dan evaluasi hasil penyuluhan.

Iseng-iseng, saya mencoba menghitung pencapaian peserta kb baru suntik di kecamatan Cianjur berdasarkan hasil updating data tahun 2009. Setelah saya hitung, ternyata prosentase kesertaan ber-KB suntik diatas 40% dari keseluruhan peserta KB kecamatan Cianjur yang tercatat sebanyak 21586 peserta.

Sebenarnya bagaimana sistem KB Suntik itu?

dua jenis suntik KB, biru 3 bulanan, hijau 1 bulan. (HS.2011)

Saya mencoba menuliskannya kembali untuk para pembaca, yang saya olah dari berbagai sumber yang saya peroleh.

Suntik, adalah obat kontrasepsi. Disebut obat karena  mengandung hormon yaitu hormon dari golongan estrogen dan juga progesterone. Seperti halnya pil, suntik juga terbagi menjadi dua jenis yang biasanya dibedakan berdasarkan masa pemakaian. Suntik 1 bulan dan suntik 3 bulan. Obat suntik 1 bulan, biasanya mengandung hormon dari golongan progestin dan estrogen, sehingga akan berpengaruh terhadap kelancaran ASI bagi ibu yang menyusui. Sedangkan suntik 3 bulanan, hanya mengandung hormon dari golongan progestin saja. Jika pada pil, lebih mirip minipil. Suntikan jenis ini, tidak berpengaruh terhadap kelancaran ASI.

(more…)

Catatan KB : Female Condoms

10/12/2009

Para Pria, anda tentu sudah mengenal kondom bukan? Hmmm, agaknya aneh deh kalau misalnya ada pria yang belum mengenal alat kontrasepsi ini. Apalagi para pria yang sudah beristri, keliatannya pasti pernah ya pake kondom hehe….

Kondom banyak dijual bebas di apotik. Tinggal bilang saja sama petugasnya apotik, anda pasti akan segera mendapatkannya, karena kondom ini sudah dijual bebas. Apalagi, di Jakarta pernah ada atm kondom (VMC: Vending Machine Condoms) yang sempat mengundang kontroversi. Makanya, aneh deh kalo ngaku belum tau kondom hehehe….

Sebagai alat kontrasepsi, kondom juga bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Terbuat dari bahan lateks, kondom ini berfungsi menghalangi  pertemuan sperma dan juga ovum. Kontrasepsi cara ini memiliki tingkat keberhasilan 80% hingga 95%, atau dengan kata lain, tingkat kegagalan (resiko ‘kebobolan’nya) berkisar 5% hingga 20%.

***

Pada sebuah kesempatan penyuluhan di RSUD Cianjur, tim PKBRS dari BKBPP Cianjur melaksanakan penyuluhan kepada ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Materi yang disampaikan adalah mengenai alat kontrasepsi seperti yang pernah saya catat disini dan disini. Antusias ibu-ibu yang hadir, cukup menggembirakan. Keingintahuan mereka sungguh besar, karena meskipun mereka sudah tercatat sebagai akseptor aktif (sebutan untuk seseorang yang sudah ber-KB), ternyata mereka belum begitu tau banyak tentang alat kontrasepsi ini.

Ketika rekan saya, yang lebih senior tentu saja, menjelaskan mengenai kondom bagi pria, seorang ibu mengajukan pertanyaan: “Kalo perempuan ada kondomnya juga tidak sih bu?”. Waw, keingintahuan ibu-ibu ini begitu besar. Dengan serta merta kamipun akhirnya memperkenalkan alat kontrasepsi berupa kondom untuk perempuan, yang lebih diistilahkan dengan sebutan FEMIDOM alias Female Condom.

female condoms (dok. materi pelatihan femidom)

kondom perempuan - diambil dari dokumen materi pelatihan femidom

Prinsip penggunaan Femidom ini, sama dengan penggunaan kondom biasa. Bedanya, femidom ini ‘dipakai’ pada organ perempuan, bukan pada organ laki-laki. Prinsip kerjanya sih, sama aja. Menghalangi pertemuan sperma dan juga ovum. Femidom, seperti halnya kondom pria, terbuat dari lateks dengan sebuah spons di bagian dalam. Spons ini berfungsi sebagai penahan sel sperma agar tidak mencapai saluran reproduksi bagian atas (uterus dan tuba falopii). Menurut teman saya yang pernah mengikuti pelatihan tentang femidom ini, katanya femidom bisa ‘dipakai’ untuk 3 kali berhubungan selama 1×24 jam tanpa perlu dibuka.

kondom perempuan (kiri) dan kondom laki-laki (kanan)

Pemasangannya, katanya, tidak sulit. Tinggal dimasukan, maka femidom akan segera berfungsi. Sebagai alat kontrasepsi baru, pengguna female condom ini belum banyak. Petugas-petugas pun hanya sekedar memperkenalkan apa itu femidom. Tidak menyarankan femidom, karena memang agak ribet, dan hanya untuk jangka waktu 1×24 jam saja, katanya. Masih katanya lagi, sebenarnya sasaran dari femidom ini adalah para penjaja seks komersial dengan tujuan untuk mengurangi tertularnya penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS, mengingat banyak pria hidung belang yang tidak mau menggunakan kondom saat berhubungan.

Nah, begitu pun disini, saya hanya ingin memperkenalkan saja female condom ini kepada anda sekalian.

Salam penyuluhan melalui media online (HS).

Alat Kontrasepsi : Implant

05/12/2009

Masih bercerita seputar alat kontrasepsi. Jika sebelumnya saya sudah menceritakan tentang IUD atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR), kini atas request seorang teman, saya akan berusaha sharing tentang implant atau susuk KB, hanya sebatas pengetahuan yang saya punyai saja. Jika ada diantara anda yang lebih mengetahui, silahkan turut di share juga disini :-)

***

Seorang teman SMA saya yang telah menjadi ibu mengeluhkan tentang betapa ribetnya dia mengikuti sistem KB. Sebagai ibu yang agak sedikit sibuk dan agak-agak pelupa, dia seringkali melewatkan keteraturannya minum pil KB yang ia konsumsi sebagai obat kontrasepsi pencegah kehamilan. Tentu saja hal ini mengganggu kesehariannya, karena jika dia lupa meminum, maka dia akan merasa was-was “takut kebobolan lagi”, padahal untuk mengurus satu anaknya yang masih kecil disela-sela karirnya, bukan hal yang mudah.

Saya  menyarankan untuk mengganti cara ber-KB yang dia pilih untuk menggunakan IUD. Tentu saja setelah ngobrol-ngobrol seputar macam-macam alat kontrasepsi. Namun, sebagai seorang perempuan rupanya dia agak ketakutan jika harus dipasangi alat iud meskipun ukurannya kecil. “gak berani” begitu alasannya.

Akhirnya pilihan jatuh pada alat susuk KB atau implant.

***

Apa sih implant atau susuk KB ini?

Susuk KB adalah obat kontrasepsi yang berbentuk seperti tabung kecil, sebesar korek api-lah kira-kira. Didalamnya terkandung hormon progesteron yang akan dikeluarkan sedikit demi sedikit.

implant, lebih kecil ketimbang pensil. (HS.2011)

Alat kontrasepsi ini dimasukkan dibawah kulit pada bagian lengan atas. Tidak terlihat dari luar, tapi masih dapat diraba. Tersedia dua macam, yang 1 batang atau 2 batang. Dulu, lebih ribet karena ada yang sampai 6 batang. Cara kerjanya yaitu hormon progesteron yang dilepaskan implant akan menghambat terjadinya ovulasi, menyebabkan selaput lendir atau endometrium tidak siap menerima pembuahan.

Kemarin, ketika melakukan penyuluhan di RSUD Cianjur, ada satu orang pasien post partum yang menyatakan bahwa satu batang implant itu untuk satu tahun. Jadi, katanya, enam batang implant sama dengan enam tauneun. Tentu saja ini adalah pandangan keliru sebab satu batang implant ini tidak mewakili jumlah hari (taun pemasangan). Yang terbaru dan banyak dipakai adalah implant yang dua batang, masa pakainya cukup sampai tiga tahun. (more…)

alat kontrasepsi: IUD

03/12/2009

Sudah hampir satu bulan ini, saya bersama tim dari kantor melakukan penyuluhan dan konseling di ruang delima RSUD Cianjur, dengan sasaran penyuluhan adalah ibu post partum (pasca kelahiran) dan pasca keguguran. Kegiatan ini merupakan implementasi hasil MoU antara BKBPP Cianjur dengan RSUD Cianjur yang menjadi juara tiga nasional Pelayanan KB Rumah Sakit, dalam perhelatan HUT PERSI.

(kegiatan penyuluhan di RSUD Cianjur oleh tim BKBPP-foto: dok pribadi)

Beranggotakan empat orang dalam satu tim, kami saling mengisi satu sama lain. Biasanya, sebagai petugas yang masih mentah alias junior, saya hanya mengekor dan melakukan pencatatan calon akseptor yang menghadiri penyuluhan. Sedangkan petugas yang memberikan penyuluhan adalah tiga orang rekan sejawat saya yang lebih senior dan berpengalaman. Tema yang kami sampaikan dalam setiap kegiatan penyuluhan yang dilakukan di hari senin dan rabu setiap minggunya itu, hampir senada. Tema mengenai aneka jenis pilihan alat kontrasepsi selalu menjadi topik utama. Karena, memang tujuan kami melakukan penyuluhan atau konseling ini adalah untuk berbagi pengetahuan seputar alat kontrasepsi yang bisa dipilih oleh para ibu yang baru saja melahirkan. Tapi, kadang-kadang, sebagai materi pengayaan kami pun memberikan penyuluhan seputar ASI, entah ASI Eksklusif, ataupun Inisiasi menyusu dini.

Bagi kami, dengan hadirnya program ini, merupakan sebuah langkah maju dari pelayanan RSUD cianjur yang memberikan informasi gratis bagi pasiennya. Informasi seputar kb tentunya. Saya mencermati, ternyata masih banyak pasangan muda yang belum mengetahui alat dan obat kontrasepsi untuk ber-KB. Dalam setiap kegiatan konseling, ketika kami tanyakan apa saja alat kontrasepsi yang diketahui, peserta kebanyakan menjawab pil dan suntik saja. Yang melontarkan jawaban alat selain itu, hanya beberapa saja. Tidak lebih dari 40%. Saya berasumsi, ternyata informasi seputar KB memang masih kurang banyak diketahui khalayak meskipun saat ini, ber-KB adalah kebutuhan yang tak terhindarkan terutama untuk ibu-ibu muda kota besar.

***

Dalam satu kesempatan konseling, kami memberikan paparan mengenai alat kontrasepsi jangka panjang IUD. IUD atau Intra Uterine Device, di Bahasakan sebagai AKDR atau alat kontrasepsi dalam rahim. Banyak diantara peserta yang tidak mengetahui bahwa ternyata alat kontrasepsi IUD, yang bernama copper T itu, ukurannya tidak lebih besar dari sebuah batang lidi. Alat kontrasepsi ini tidak mengandung efek samping yang mengganggu metabolisme tubuh seperti halnya obat kontrasepsi.

Oya, perlu dibedakan antara alat kontrasepsi dan obat kontrasepsi. Alat kontrasepsi itu hanyalah alat, tidak mengandung hormon yang kemungkinan bisa mempengaruhi keseimbangan metabolism tubuh. Contohnya, ya IUD itu tadi, dan juga kondom serta tissue KB. Sedangkan obat, bisa anda tebak sendiri, karena mengandung hormone maka sedikitnya akan memberikan pengaruh pada tubuh anda. Yang termasuk obat adalah implant, pil, dan juga suntik kb.

IUD dibandingkan dengan telapak tangan

(IUD – hadi samsul, dok pribadi 2009)

intra uterine device (IUD) -HS.2011

(more…)

Bina Keluarga Balita (2)

18/11/2009

Bina Keluarga Balita (2)

Pada tulisan saya sebelumnya, saya menyampaikan perkenalan dengan BKB.

BKB, atau bina keluarga balita, merupakan sebuah program dari pemerintah dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal. Anda jangan kecele, BKB ini tidak sama dengan PAUD(Pendidikan anak usia dini) ataupun TPA karena sasaran dari BKB ini adalah keluarga/orangtua yang memiliki anak balita 0-5 tahun.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kesadaran, dan sikap orang tua serta anggota keluarga untuk mempersiapkan pendidikan anak usia nol (0) sampai dengan bawah lima tahun, dalam rangka menumbuhkembangkan kecerdasan balita.

Sebagai orang tua baru, atau orangtua muda, banyak diantara saudara kita yang tidak mengenyam pendidikan secara memadai, belum memahami pola asuh dan tumbuh kembang anak yang baik.  Untuk itu, pemerintah menyediakan program ini untuk mereka sehingga akan memberikan manfaat kepada mereka. Apa sih manfaat ikut BKB? Ternyata dengan mengikuti program ini menjadi lebih pandai mengurus dan merawat anak, pandai membagi waktu dan mengasuh anak. Bertambah wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak, serta meningkatnya keterampilan dalam mengasuh dan mendidik anak balita.

Yang menjadi alasan utama, mengapa orang tua yang punya Balita harus mengetahui pola asuh anak, adalah pembentukan karakter sejak dini. Sebagai masa yang merupakan tahap awal dari kehidupan seseorang, masa balita dipandang penting karena di masa inilah diletakkan dasar-dasar kepribadian yang akan memberi warna ketika kelak balita tersebut tumbuh dewasa. Disinilah peran orangtua sangat diperlukan dalam membina dan memantau tumbuh kembang anak.

Sebagai orang yang paling dekat dengan Balita, sosok ibu lah yang lebih banyak mengetahui perkembangan anaknya. Apa jadinya jika seorang ibu tidak memiliki pengetahuan tentang pola asuh dan tumbuh kembang anaknya? Bukan tidak mungkin, sosok-sosok koruptor yang kini menghuni negeri ini, tidak diperhatikan tumbuh kembangnya karena kesibukan orang tua mereka. (more…)

Alat kontrasepsi pilihan anda bagian 2

28/10/2009

Sebelumnya, saya sudah memuat tulisan mengenai alat kontrasepsi pilihan anda yang terklasifikasi dalam metode kontrasepsi jangka panjang. Termasuk didalamnya adalah Vasektomi, tubektomi, IUD dan Implant (susuk).

Pada bagian kedua ini, saya akan mencatatkan untuk anda para pembaca sekalian mengenai metode kontrasepsi jangka pendek. Selamat membaca.

*****

^ Pil KB

Merupakan suatu metode kontrasepsi berbentuk pil/tablet didalam strip yang berisi gabungan hormone estrogen dan progestin, atau hanya progesterone saja. Setiap strip pil KB berisi 21 buah atau 28 buah.

Cara kerja pil KB ini adalah mencegah lepasnya sel telur perempuan dari indung telurnya, mengendalikan ledir mulut rahim sehingga sperma tidak dapat masuk ke dalam rahim, serta menipiskan lapisan endometrium.

Cara meminum pil KB, anda bisa membaca disini karena sudah disajikan dengan lengkap oleh seorang penulis kompasiana, Mbak Julie.

pil kb(salah satu metaode kontrasepsi, pil KB – dok.pribados)

(more…)

KB..kok Bisa

16/10/2009

Tulisan ini adalah sambungan tulisan pertama berjudul “KB..Kepalang Banyak”, kalo sebelumnya saya ngikutin tren Mariska untuk menulis seks (setidaknya dua tulisan saya begitu) tidak saya pungkiri itu adalah untuk memperkenalkan diri saya di kompasiana hehe, agak licik sih tapi begitulah kenyataan di dunia maya jika ingin sedikit dilirik hehe.

Logo KBKok Bisa KB?  hehe.. ya bisa aja, lha wong sekarang KB sudah menjadi kebutuhan apalagi bagi pasangan suami istri yang hidup di kota besar dengan segudang kesibukan dan aktivitas masing-masing. Untuk pasangan manapun, sebuah keluarga ideal agaknya menjadi mimpi yang harus diwujudkan. Menciptakan keluarga berkualitas adalah salahsatu keharusan untuk memperoleh kebahagiaan di masa depan kelak.

(more…)


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,148 other followers