Pertanyaan-pertanyaan Seputar IUD (1)

Alhamdulillah yah… *syahrini mode on* Blog ini masih banyak yang mengunjungi meskipun libur lebaran. Sekedar informasi buat anda para akseptor yang berkunjung ke mari, selama libur idul fitri kemarin,  internet saya turut liburan alias lemot naudubillah. Namun rupanya, meskipun libur, itu tidak menyurutkan semangat anda semua untuk mengunjungi mang google demi mencari informasi tentang alat KB hingga akhirnya nyasar ke blog sederhana ini. saya lihat, ada 18 orang yang hadir di blog ini pada hari raya 31 Agustus lalu.

Terima kasih untuk para pembaca yang telah menyempatkan diri meninggalkan pertanyaan yang kadang menjadi PR saya untuk menjawabnya karena saya sebenarnya bukanlah tenaga medis spesialisasi obstetric dan ginecology. Namun berkat pertanyaan anda tersebut, mau tidak mau saya pun memperdalam pengetahuan terlebih dahulu sebagai bekal.

Dari beberapa tulisan saya, ternyata yang traficnya ramai adalah seputar IUD. Banyak pertanyaan yang berhubungan dengan alat kontrasepsi jangka panjang tersebut. Dengan banyaknya pertanyaan seputar IUD tersebut, saya berasumsi, setidaknya di kalangan akseptor menengah ke atas, kesadaran ber-IUD sudah lumayan tinggi.

Dari beberapa pertanyaan yang masuk di tulisan tentang IUD (4), saya sedikit menyaring pertanyaan yang umum ditanyakan oleh para akseptor sekalian. Berikut saya rangkumkan.

  1. Seperti apa sih IUD itu?
  2. Benarkah jika saya dipasangi IUD, saya tidak boleh beraktivitas yang berat-berat?
  3. Kenapa setelah dipasangi IUD, selalu keluar flek atau malah darah segar, tapi itu di luar waktu haid?
  4. Benarkah IUD bisa lepas dengan sendirinya?
  5. Bolehkah melepas IUD sebelum waktu yang ditentukan?
  6. Apakah setelah dipasangi IUD, siklus haid tetap normal

Lima saja dulu yang saya rangkumkan dari pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul. Saya coba jawab satu persatu ya

1. Seperti apa  IUD itu?

begini nih penampakan IUD itu,

IUD Spiral dan Copper T (doc.HS)

ini nih penampakan IUD yang sekarang sering dipakai.bentuknya seperti huruf T, jadi namanya copper T. oya, silahkan anda lihat benangnya, itulah yang disebut sebagai benang IUD (HS.doc)

ukuran IUD itu sangat kecil, jadi anda tak perlu khawatir. (bandingkan dengan pensil di sebelahnya) - (HS.doc)

2. Benarkah jika saya dipasangi IUD, saya tidak boleh beraktivitas yang berat-berat?

Siapa bilang? Hehehe.

Adalah anggapan yang salah jika seorang perempuan yang sudah di IUD tidak melakukan aktivitas yang berat-berat. Artinya, meskipun anda sudah dipasangi IUD, anda boleh saja melakukan aktivitas anda seperti biasanya.

Sebagai informasi, saya pernah bertemu dengan seorang ibu ketika melaksanakan penyuluhan PKBRS di RSUD yang bekerja sama dengan kantor saya. dalam sesi penyuluhan tersebut, si ibu mengungkapkan bahwa dia adalah seorang akseptor KB IUD. Dan dia berprofesi sebagai instruktur senam aerobic. Menurut pengakuan ibu yang sudah melahirkan anak ketiga tersebut, selama dia memakai IUD, dia tetap melakukan pekerjaannya sebagai instruktur senam. Dan tidak terjadi keluhan apapun selama dia menjalani pekerjaannya tersebut.

3. Kenapa setelah dipasangi IUD, selalu keluar flek atau malah darah segar, tapi itu di luar waktu haid?

Itu adalah hal yang normal ibu-ibu. Adalah hal yang wajar bagi rahim melakukan proses adaptasi karena ada ‘benda baru’ di dalamnya. Masa proses adaptasinya berbeda-beda pada setiap akseptor. Biasanya adaptasi ini ditandai dengan keluarnya bercak darah atau kadang juga flek. Dan itu terjadi di luar waktu haid yang biasa terjadi.

So, anda tidak perlu khawatir dengan kejadian tersebut. kecuali jika flek atau bercak darahnya sudah sangat banyak, saya sarankan coba konsultasikan saja ke dokter Obgyn untuk dilakukan pemeriksaan kondisi rahim.

4. Benarkah IUD bisa lepas dengan sendirinya?

Benar. Tapi kejadian itu sangat langka sekali. Kejadiannya dalam hitungan per mil. Atau 1/1000. Artinya, dari 1000 akseptor yang dipasangi IUD, hanya satu saja yang gagal dan keluar seperti itu.

Kok bisa terjadi? Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan IUD keluar dengan sendirinya. Kemungkinan terbesar adalah prosedur pemasangan yang kurang tepat dan kondisi takut ketika dipasangi IUD.

Makanya biasanya bidan atau dokter akan membiarkan anda rileks terlebih dahulu sebelum dipasangi IUD. Karena jika anda sudah ketakutan duluan, maka tubuh anda akan menegang, termasuk rahim, ikut berkontraksi. Jadi ketika IUD dipasang, seolah-olah pas dengan rahim anda, padahal itu adalah kondisi yang sedang tidak normal. Sedang tegang. Makanya ketika sudah kembali normal, ada kemungkinan posisi IUD yang tadinya tercengkeram menjadi tergeser dan akhirnya bisa lepas dengan sendirinya.

5. Bolehkah melepas IUD sebelum waktu yang ditentukan?

Tentu saja boleh. Jangka waktu pemasangan IUD itu maksimalnya adalah 8 tahun. Itu waktu maksimal jika anda memang tidak menginginkan anak lagi. Tapi jika sebelum 8 tahun anda memang merencanakan memiliki anak kembali, silahkan saja dibuka.

Jadi anda tidak perlu kaku, membuka IUD harus selalu sama dengan waktu maksimal IUD tersebut terpasang di rahim anda.

6. Apakah setelah dipasangi IUD, siklus haid tetap normal?

Seharusnya sih, normal. Karena IUD itu bukan kontrasepsi hormonal, jadi tidak ada pengaruh apapun ternadap kondisi dan siklus haid anda.

Masalahnya adalah, kadang pada beberapa akseptor, ada yang waktu haidnya menjadi lebih lama dibandingkan biasanya. Kemungkinannya adalah ketika jaid selesai, keluar flek berupa darah segar. Jadi disebutlah masa haid lebih lama.

Segitu dulu ya. Nanti kapan-kapan saya coba tuliskan lagi seputar pertanyaan tentang IUD.

Oya, mumpung masih suasana idulfitri, saya ucapkan taqobalallahu mina waminkum, siyamana wa siyamakum. Minal aidin wal faiziin… (HS)

About these ads
Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi, Penyuluhan

Tags: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

173 Comments on “Pertanyaan-pertanyaan Seputar IUD (1)”

  1. nathalia Says:

    mohon maaf lahir & bathin :D

  2. wiwin Says:

    saya mau tanya setalah memasang iud… pada waktu saya sama suami berhubungan suami saya mengeluh kena ganjalan kaya tertusuk benang (tali tangsi)… akhirnya saya konsultasi lgi dengan bidan yg memasang dan akhirnya bidan memotong benang pengontrolnya sedikit lgi tpi suami masih mengeluh pada saaat berhubungan terkena benang kontrol sehingga kami kurang menikmati… yg mau saya tanyakan apa yg harus saya lakukan… apakah saya harus melepas iud dan beralih ke kb lain atau bagaimana sedangkan saya menginginkan kb yg tidak berefek samping. trimakasih

    • hadisome Says:

      halo mbak wiwin
      sudah dicoba belum dengan cara melipat benangnya ke dalam rahim? biasanya sih oleh dokter atau bidan. tapi bisa juga oleh diri sendiri dengan menggunakan jari. masukan saja ke dalam rahim.
      kalo misalnya masih seperti itu, saya sarankan ke bidan lagi aja. minta tolong untuk dilipat (diblow) supaya benangnya tidak terlalu menjuntai.

      beralih ke cara lain? silakan saja mbak. anda bisa menggunakan implant, namun metode ini adalah metode hormonal. jadi anda harus dipastikan tidak mempunyai masalah kesehatan.

      • mata pelangi Says:

        saya mau tanya buk sekitar bulan kemarin sehabis melahirkan saya pasang aud”yang saya tanyakan kenapa benang aud itu selalu keluar”pdahal pernah sya bawa kebidan sama ibu bidan benang itu lalu potong”tp sktar 2 hari benang tu keluar lagi dari rahim”ndan benang itu selalu menusuk bibir rahi rasa skit”ma”f saya solusinya”

      • hadisome Says:

        mungkin pemasangannya kurang tepat?
        solusinya, coba minta sama bidannya untuk MELIPAT benangnya ke dalam rahim. semacam di blow gitu kalo pada rambut

  3. Ema Says:

    saya mau nanya juga nih, tgl 4 oktober lalu saya pasan IUD, posisinya 2 hari setelah haid karena saya sibuk kerja. lalu tgl 8 ada bercak sampai 2 hari berturut, besoknya saya langsung dapat haid sampai tgl 9 november, stelah bersih haid saya berhubungan dengan suami saya,, awalnya suami saya merasakan gesekan kasar di kemaluannya,,maka kami beristirahat sebentar, saya lalu buuang air kecil dan meraba tali IUD dan masih ada,,setelah berhubungan lagi saya periksa lagi tetapi saya tidak menemukan benangnya lagi,, kira – kira kemana ya..?
    trimz atas jawabannya

    • hadisome Says:

      suami masih mengeluh ngga?
      coba anda raba sekali lagi, ketika membersihkan ms.V . masukan saja jari telunjuk melalui ms. V anda. jika teraba benangnya. berarti iudnya masih ada. mungkin saja ketika berhubungan, benang iud tersebut terdorong masuk hehehe…
      jika masih belum yakin, saran saya, lakukan kontrol ke dokter (bidan) yg memasangi IUD tsb.

  4. ariani Says:

    saya mau menanyakan, bagaimana mengetahui, bahwa IUD yang saya pasang pada bidan, masih ada di posisinya?karena suami saya merasa ada perbedaan dari pemasngan baru, dengan beberapa bulan belakangan ini? saya memasang IUD pada bulan Maret 2011i,apa yang harus saya lakukan? apakah saya harus mengganti IUD,yang ada dengan yang baru? bagaimana saya mengetahui bahwa IUD, masih ada di posisinya?,karna waktu baru memasang IUD, saya sering merasa sakit di perut bagian bawah, dan pinggang terasa sakit, dan menstruasinya juga lancar, namun untuk bebrapa bulan ini saya tidak merasakan sakit di perut lagi? namun pinggang dan saat menstruasi masih lancar? saya pernah mencoba untuk meraba2 dinding vagina saya, namun saya tidak merasakan ada benang2 atau benda lain didalamnya, apa letaknya masih jauh? sehingga saya mesti meminta tolong kepada bidan yang memasangkan saya IUD wktu itu? trimaksih atas penjelasannya.

    • hadisome Says:

      cara untuk mengetahui adalah dengan meraba benang IUD. jika benang teraba, dipastikan IUD tersebut masih ada dan aman di dalam rahim. bagaimana cara merabanya? ketika anda bersih2, coba masukan saja salah satu jari ke lubang vagina. jika ada yang teraba kasar, itu adalah benang IUD di dalam rahim. bukan dinding vagina yang diraba mbak, melainkan masuk ke dalam saluran vagina (di area mulut rahim). ga usah diganti mbak kalo misalnya IUDnya ada di dalam. masa pakainya lama kok.

      tentang sakit perut setelah pemasangan, itu adalah hal yang wajar. kenapa sekarang menghilang? itu artinya rahim anda sudah mulai rileks dan beradaptasi dengan keberadaan IUD. kenapa dulu bisa sakit di perut dan pinggang? karena kondisi rahim anda tidak rilek, jadi terasa kaku. menstruasi akan lancar, tentu saja, karena IUD ini tidak mengandung hormon yg mempengaruhi siklus haid anda.

      jika anda sudah mencoba meraba namun tidak teraba ada baiknya datangi bidan untuk kontrol ulang

      trims

      • hasna Says:

        ass.. Salam kenal mas hadi.. Sy pasang iud udh mau 3 bln, 2 bln kblakang lancar, tp skrg bru ada flek2 aja udah 3hr.. Sy mash menyusui, apa itu normal? Trma ksh atas jwbnnya.. Jazakallah..

      • hadisome Says:

        Sebelumnya ada flek gitu ga?
        Harus diperiksakan dulu untuk memastikan drmn asal flek itu,
        Namun melihat riwayat pemakaian IUD yg baru 3 bulan, saya kira itu normal2 saja. Sbg contoh, kasus teman saya, dia mengalami flek sampai lebih dr enam bulan..

        Salam

  5. fufa Says:

    ibu saya kan sudah pasang iud 8thn lalu, pas kontrol ke bidan, rahimnya ada luka yg harus tiap hari dikontrol ke bidan. kira-kira kenapa? bahaya nggak? ibu saya sampai takut.
    terimakasih

    • hadisome Says:

      luka pada rahim bisa karena banyak hal. kemungkinannya bisa saja ada kelainan pada rahim, bisa juga dari IUD tapi kemungkinan itu sangat kecil.
      saran saya periksa ke dokter kandungan, dokter spesialis Obgyn. karena hal hal seperti itu tidak bisa diperkirakan melalui kirakira saja.

      salam

  6. bunda fakhri Says:

    Mau tanya jg nih,saya sudah pakai IUD slma 3 bln,tp smpai skrg msh kluar flek,terkadng darh segar disertai rasa sakit dibawah perut,rasanya seperti mau haid,saya sudah konsultasikan kedokter yang memasang IUD,tp kata dktr tidk apa2,kmudian saya dikash obt untk penghilang flek,diminum jika flek timbul minimal 3 hr,dan smpai sekrg saya blm haid,apakah darah segar yg keluar itu drh haid,dktr jg mengtkn ada kemungkinan tidk haid krna saya menyusui.
    terima kasih

    • hadisome Says:

      biasanya, setelah dipasangi IUD, memang akan mengalami apa yg disebut dengan flek. keluar darah tapi bukan haid dengan volume yang sedikit2. flek ini bisa berlangsung hitungan hari sampai hitungan bulan. dan itu adalah hal yang normal mengingat ada masa2 adaptasi bagi rahim untuk menyesuaikan diri dengan keberadaan IUD yang terpasang di dalam rahim.
      mengenai belum haid juga, kemungkinan memang benar, ketika anda menyusui tidak akan mengalami haid lebih dulu. ini karena ada perubahan hormon yang dipengaruhi oleh proses laktasi (menyusui).
      jadi anda tidak perlu khawatir, apalagi dokter sudah memberikan jawaban yang sesuai dengan keilmuan mediknya :D

  7. Umme Says:

    saya mau tanya, saya pasang KB IUD pada bulasn september, setelah di pasang sya flek kurang lebih selama 1minggu… setelah itu bulan berikutnya saya mendapatkan menstruasi jg hanya flek” saja..dengan siklus 1minggu flek, 1minggu bersih..arau kadang juga 2minggu flek 2minggu bersih…mulai bulan januari kemarin sikitar tgl 10an sya dapat mentruasi (masih flek) dan sampai sekarang masih flek terus…apakah ini wajar ( dampak dari KB IUD) atau kenapa ya…
    terimakasih atas penjelasannya…

    • hadisome Says:

      iya, itu masih wajar. keluar flek atau bercak darah bisa disebabkan karena keberadaan IUD di dalam rahim sehingga rahim memerlukan waktu untuk menyesuaikan dirinya. bagi beberapa perempuan, memang flek hanya akan keluar dalam hitungan hari, tapi bagi sebagian lainnya, bisa sampai hitungan bulan.
      saran saya coba lakukan kontrol ke dokter, biasanya dokter akan memberikan obat yang dapat mengurangi volume flek tersebut. pada akhirnya nanti akan berhenti dengan sendirinya kok, jadi anda tak perlu khawatir :)

      salam

  8. Putri Says:

    Assalamualaikum,saya mau nanya.saya sudah 3 bulan di IUD dan sampai sekarang masih keluar darah,awalnya cuman bercak tapi lama ke lamaan jadi banyak.terus terkadang timbul rasa rakit di bagian perut sebelah kanan.1 bulan bisa 3 samai 4 kali keluar darah.saya jadi khawatir dan takut

    • hadisome Says:

      ‎​​​وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
      Ini baru dipasang pertama ya?
      Biasanya memang seperti itu jika baru dipasangi IUD. Akan kluar bercak2 darah tapi bukan mens. Hanya berupa flek saja. Bisa dari hitungan hari sampe bbrp bulan.

      Mengenai rasa sakit di perut mungkin juga memang efek dr IUD. Biasanya akan hilang dengan meminum obat antinyeri.

      Saran saya coba dikontrol ulang ke dokter biar diperiksa rahimnya… Mudah2an tidak ada masalah di rahimnya yaaa

      Salam

  9. Putri Says:

    Saya mau nanya ,saya sudah 3 bulan di iud tapi sering keluar darah,awalnya bescak tapi lama kelamaan jadi semakin banyak,bahkan dalam satu bulan bisa 4 sampay 5 kali,terus sering merasa sakit di perut sebelah kanan

  10. yanti Says:

    mbak saya melakukan pemasangan IUD pd bln agustusi,,saya memakai IUD sejak melahirkan begitu anak saya lahir selang berapa menit langsung dipasang IUD,,pertnyaan saya kenapa ya sudah 6 bln ni saya belum mendapat haid sejak pertama memakai IUD??hnya keluar keputihan yg bnyak,,tpi alhmdillah suami saya tdk merasakn keluhan apapun pd saat berhubungan…mhon jwabannya ya,,,,
    sebelumnya terimakasih

    • hadisome Says:

      Halo mbak, sampai saat ini saya masih laki2 lho :p

      Biasanya pada perempuan yg menyusui memang terjadi perubahan siklus haid, ini terjadi karena ada perubahan hormonal akibat pengaruh anda memberikan ASI. Jd anda tak perlu khawatir, krn seiring waktu anda akan kembali mendapatkan haid.
      Mengenai keputihan, coba diperiksakan dulu ke dokter, apakah ada sesuatu di dalam rahim atau tidak…

      Salam

      • yanti Says:

        hehehehe,,,maaf ya mas,,saya kira ni blog punya cwe….
        ap klw saya menghentikan pemberian ASI bsa dpet haid??
        trus knpa ya suami saya tdk mrasakn adanya benang pd saat pertma berhubungan???
        seprti prtnyaan kaum hawa lainnya….
        ap IUD saya benar benar 100% terpasang sempurna???
        mudahmudahan saja ya….

      • hadisome Says:

        (•͡.̮ •͡ )
        Hehehe, udah jelasjelas saya pasang foto lg nelpon mbak °• (^_^) ✗¡✗¡✗¡.. •°
        Ga usah dihentikan mbak, apalagi kalo ASI eksklusif, biarkan sampe 6 bulan dulu. Nanti seiring usia bayi, frekuensi menyusu kepada ibunya akan berkurang sehingga hormon prolaktin Akan stabil, hormon prolaktin ini akan keluar ketika anda memberikan asi karena hormon ini terpicu oleh isapan bayi pd puting ibu. Hormon prolaktin akan menekan keluarnya hormon yg mempengaruhi terjadinya ovulasi, akibatnya ketika tidak terjadi ovulasi (pengeluaran sel telur), kemungkinan anda haid pun menjadi kecil. Tp jangan khawatir ketika hormon prolaktin berkurang, maka anda akan kembali mendapatkan haid.

        Tentang suami yg tidak merasakan apa2, ya anda syukuri saja, berarti benangnya tidak menjuntai ke dalam vagina, itu artinya kemungkinan IUD anda berada dalam posisi yg tepat.

  11. Aas Bunda Hafiz Says:

    Selamat Sore Mas Hadi. Sy ibu dengan 1 putra umur 10bulan lebih. Sy melahirkan pd tgl 8 April 2011 kemudian pd bulan mei tgl 25 sy pasang IUD yg copper T. Nifas sy yg saat itu sempat berhenti jd keluar lg sampe hari k 60. Tp saat sy konsul k bidan yg masang. Katax msh normal. Selepas dari itu sy blm pernah haid. Nah sktr tgl 6 feb 2012 sy flek sampe tgl 13 keluar darah segar yg sy pkr haid krn rasax prt n pinggang sakit. Namun hari berikutx hanya keluar sedikit2 cm terus tdk seperti waktu fle. Hal itu berlangsung sampai 1mgg. Nah msk mgg berikutx sampai skrg klo aktivitas sy terlalu banyak or capek maka darah yg keluar akan lebih byk tp tdk terlalu banyak seperti waktu haid sblm menikah. Sampe skrg sy msh haid. Kira2 ada yg sy alami ini apa perlu penanganan khusus ato ♏ªşìђ ‎​​dlm bts normal. Thank u.

    • hadisome Says:

      Hai bu aas
      Sudah kontrol ke bidan belum? Kalo belum coba kontrol lagi.
      Kalo dr penjelasan ibu, saya pikir sih masih dalam batas normal, krn biasanya ketika seseorang menggunakan IUD maka akan keluar flek berupa darah segar. Flek tersebut bisa dalam hitungan hari sampai beberapa bulan.
      Cuma untuk penanganan medis kan tidak bisa dikira2 ya bu, apalagi cuma melalui konsultasi tulisan seperti ini.
      Saya lebih menyarankan agar ibu melakukan kontrol ulang ke bidannya, untuk mendapatkan pemeriksaan.
      Berdasarkan pengalaman, biasanya jika fleknya keluar terus, akan dikasih obat..

      Salam

  12. yanti Says:

    mas keputihan saya ada terus nih,,,sya kira haid,,,tpi sya sering merasa mules kaya lgi haid Lho mas…saya mrasa terganggu mas….udah d coba konsult k bidan tpi tdk ad tnggapan ap”,,tdk pula d kasih obat…
    bgaimna ya??
    mnta resep obat utk mnghilangkn kputihan yg bgus dong mas??
    ya??

    • hadisome Says:

      waduh mbak, saya bukan dokter sih, jd gak punya kewenangan memberi resep obat :)
      mbak coba kontrol ke dokter atau bidan lain deh, siapa tau bisa dikasih solusi. keputihan yang banyak bisa saja terjadi karena banyak faktor. mulai dari faktor kebersihan sampai tingkat stress anda.
      saya sarankan periksakan ke dokter spesialis aja, biar mendapat pemeriksaan mengenai kondisi di dalam rahimnya. siapa tau bisa ketemu penyebabnya kenapa.

      trims sudah berkunjung lagi ke blog ini
      salam.

  13. Aas Bunda Hafiz Says:

    ​​​(*)†h♌ηĶ ¥:*µ(*) ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺ Mas Hadi. Jawaban Йчɑ̈ cukup menenangkan. Emang seh dah bbrp bulan sy Ɓ£>:/ooº˚˚°º♏ kontrol ke bidan Ɩǎgȋ̊. Selain bidanx sibuk sy ĵⓤĝª sibuk githu pulang kerja dah capek Jªϑî paling banter konsul via phone ke bidanx mas. Τ̣̣̥αρɪ̣̝̇ sy ♏∂àâªάú lah cek ke bidan ato S.POG supaya segera tahu kalo ada apa2. Secara sy planning setelah si kecil umur 2 tahun mo lepas IUD n program anak ke dua. ˚˚°º♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º°˚ ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺ Mas Hadi…*-*

  14. may Says:

    siang mas saya ibu dengan anak umur 1 tahun 5 hari, saya baru saja pasang kb iud. tadinya saya kb sutik yg tiga bulan sekali (saya sudah menjalaninya 2 x 3 bulan) karna mensaya tudak teratur bahkan sudah 4 bulan kebelakang saya tidak mendapatkan haid sama sekali. maka saya berencana mengganti dengan iud.

    Setelah konsul dr katanya agar haidnya teratur maka saya dianjurkan untuk meminum pil kb selama -/+ 2 bulan tapi jika mau pasang iud sekalianpun juga boleh, jadi saya sekarang pakai 2 alat kontrasepsi sekaligus yaitu pil kb dan iud, pertanyaan saya apakah itu tidak menjadi masalah? dan ada efek samping tidak jika pakai 2 2 nya tersebut. Terimakasih

    • hadisome Says:

      Siang Bu May
      InsyaAllah tidak akan ada efek samping, karena IUD bukan metode hormonal, sedangkan pil adalah KB hormonal.

      Catatan untuk ibu agar meminum pil secara teratur agar hormonnya kembali teratur.

      • may Says:

        ok terimakasih infonya, tapi setelah pasang iud ini ada plek mas, trus perut mules kaya mau head, sakit pinggang (badan pegel pegel) n yg paling mengganggu badan kayaknya lemes banget tidak bersemangat alias ngantukan

      • hadisome Says:

        Itu biasa bu, flek, sama sakit pinggang. Minum saja obat yg dikasih oleh dokternya. Kalo lemes/ngantukan, kayaknya itu efek dr mules2 deh

  15. Karin Says:

    assalamu’alaiku wr wm….
    mas hadi sy mau tanya, setelah saya melahirkan bulan agustus 2011, sebulan kemudian sya pasang kb iud, alhamdulillah tidak ada keluhat sakit, hanya sj keluar bercak” saj, yg mulanya 1mgg flek 1 mgg bersih, 2 mgg flek 2mgg bersih sampi 2bln trakir ini saya flek terus, dan sesekali keluar darah segar dlm jumlah banyak + darah yg sudah beku, kadang sampai 5 hr, tp kadang 1hr saj setelah itu flek2 terus (tp tidak ad keluhan skt perut) itu penyebab nya ap ya mas, msh normalkah???? trus bagaimn membedakan darah/ flek biasa dg drh/flek mens, sy bingung dg siklus haid saya karena hampir 3bln trakir ini keluar trs (flek/sesekali darah segar) setiap hr… terimksh sebelumnya atas penjelasannya…

    • hadisome Says:

      waalaikum salam wr wb
      malam mbak

      pertanyaan saya: sudah kontrol ulang belum mbak ke dokter yg masangin IUD nya?
      coba dikontrol ulang, sekalian periksakan keluhan2nya.

      mengenai yg terjadi saat ini, kemungkinan itu memang pengaruh dari IUD. masih dalam tahap penyesuaian, biasanya kalo diperiksakan ke dokter, akan diberikan obat/multivitamin yang bisa mengatasi flek.
      untuk membedakan flek dan haid, biasanya dari lamanya waktu keluar. biasanya haid itu kurang lebih antara 5-7 hari, sedangkan flek bisa lebih dari itu. atau bisa juga keluar dikit2 dalam satu hari.

      saran saya: coba besok/ pas ada waktu luang, lakukan kontrol ke dokter yg memasangi IUD nya.

      salam

  16. Desan Says:

    Malam Mas, Saya baru melahirkan pada bulan April 2011 setelah melahirkan saya pakai KB suntik 3 bulan saya langsung dapat haid dan terdapat bercak dan terus keluar darah sampe 1 bulan dan setelah itu saya tidak dapat haid sampai sekarang dan berat badan terus bertambah kemudian saya pasang IUD pada tanggal 5 Maret lalu, sampai sekarang masih keluuar flek tp bkn darah segar, pertanyaannya apakah berat badan saya akan kembali normal dan apakah saya akan mendapatkan haid lagi tidak?

    • hadisome Says:

      Malam juga mbak
      Memang salah satu efek dr suntik tersebut adalah bertambahnya berat badan dan berubahnya lama haid. Ini terjadi krn suntik merupakan metode KB hormonal yg mempengaruhi regulasi hormon alami tubuh.
      Mengenai belum haid, selain krn pengaruh suntikan KB, bisa jg krn pengaruh faktor menyusui ASI eksklusif. Selama anda belum menopouse, pasti akan tetap datang haid. Cuma siklusnya itu yg belum tau kapan.

      Tentang berat badan, kemungkinan sih akan turun lagi, asal anda tidak terlalu banyak ngemil saja.

      • desan Says:

        Malam dok saya masih pakai IUD nie dr pemasangan mlai pemasangan baru blan skrg saya dapet haid tp ko setelah itu sering keluar flek n maaf ko rasanya kadang terasa gatal d miss V nya itu knapa ya dok?

      • hadisome Says:

        untuk flek, biasanya memang seperti itu. tapi untuk rasa gatalnya coba lakukan kontrol ulang ke dokter, untuk memastikan apakah anda ada riwayat alergi atau ngga. atau mungkin juga dari keputihan..

  17. rita Says:

    aslmkm,,,
    saya peungguna iud,,setelah pemasangan 1bulan saya merasa sakit tapi setelah konsultasi ternyata tidak apa-apa dan seminggu kemudian saya haid,tapi 6 bulan kemudian terasa sakit lagi,,apa penyebabnya???trus saya sudah tidak haid selama 4 bulan,,apakah normal??trims sebelumnya,,

    • hadisome Says:

      Waalaikum salam wr wb
      menurut dr. Handi Intan, SpOG pada pengguna IUD kadang ada rasa linu di awal/bulan-bulan pertama pemasangan karena penyesuaian posisi IUD di dalam rahim. Tapi kalo seperti ini, 6 bulan kemudian terasa nyeri lagi, ada beberapa sebab: bisa saja posisi IUD yang bergeser, atau mungkin juga ada infeksi kencing atau infeksi vagina. sebaiknya lakukan kontrol USG atau kontrol dengan spekulum untuk melihatnya.
      bila memakai IUD, seharusnya haid datang tiap bulan (sesuai siklusnya). jika lebih dari dua bulan tidak haid, maka harus diperiksa menggunakan test pack, karena bisa saja ada kemungkinan hamil walaupun kemungkinan ini sangat keciiiil sekali. jika ternyata tidak hamil, bisa diberikan obat pemancing haid. rasa nyeri ini bisa juga disebabkan karena pada saat pemasangan pertama, IUD tidak sampai ujung (fundus) uteri/rahim, jadi sekarang dia turun tidak di dalam rongga rahim.

      saran saya coba periksakan ke dokter SpOG untuk dilihat, jika ternyata tidak hamil, anda bisa meminta obat untuk memancing haid.
      trims

  18. thitinatasya Says:

    dok.. kk sya mo pasang iud tp setelah melahirkan ank pertma dlu d vaginanya ada yg menonjol keluar sprti daging wrn nya putih, kluarnya pd saat posisi berdiri n jongkok.. klu lg du2k or berbaring g kluar.. pd saat ML biasa aj dok, g skt, yg ingin sya tnyakan benjolan itu apa ya dok trs blh tdk kk sya memasang iud? tlg di jwb ya dok pleeaasss…

    • hadisome Says:

      wah itu kayaknya harus diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan. soalnya kalo lewat konsultasi seperti ini kan gak akan ketauan…

  19. angela Says:

    Dok, saya pengguna IUD dan baru saja memutuskan untuk melepasnya karena dijangka hamil (walaupun di usg belum terlihat kantung rahim dan hasil test pack masih samar2). Setelah dilepas dokter memberi obat flagystatin vaginal ovule (obat luar) sebanyak 5 biji. Yang saya ingin tanyakan, apakah fungsi obat tersebut? adakah efek sampingnya? terima kasih sebelumnya.

    • hadisome Says:

      mbak angela, sabar ya. saya sedang tanyakan ke dokter Handi Intan, SpOG.
      soalnya saya juga ga ngerti itu obat apaan,hehehe, maklum, saya kan bukan dokter :))

    • hadisome Says:

      Mbak angela, ini jawaban dari dr.Handi Intan, SpOG:
      Flagystatin itu utk keputihan/keluar lendir dari V krn diduga infeksi jamur dan bakteri. Tp biasanya bila jelas hamil tdk dianjurkan cukup dg vaginal toilet/gurah vagina dan antibiotik yg aman pada kehamilan spt Klindamisin dll.

  20. Bunda Vano Says:

    Assalamualaikum mas, saya melahirkan anak pertama pada 11/11/11 dgn persalinan alami,tgl 21/03/12 saya pasang IUD jenis copper T di bidan tempat saya melahirkan,awal pasang sm skali tdk ada keluhan kecuali jumiah darah haid yg bnyk dan flek.kata bidan itu wajar,sampai dgn jadwal kontrol pertama (2 minggu stlh pemasangan n sdh dcb untk berhubungan) smuanya ok2 aj,tgl 10 april berhubungan trus besok paginya keluar darah lumayan bnyk,itu kr2 normal ga ya?kbtulan lg diluar kota ni jd blm smpt ke bidan.tlg djwb ya.♣:)ƭћǟπƙ γ☺u…!({})♣ Wassalamualaikum.wr.wb

    • hadisome Says:

      siklus haid bukan bu? kalo siklus haid, emang normal. tapi kalo bukan, untuk mengetahui normal nggak nya harus melalui pemeriksaan bu, harus dicari tau penyebabnya.
      tapi, pada beberapa kasus IUD, memang akan keluar spotting atau bercak darah di awal2 pascapemasangan IUD. nah volume spotting ini tidak sama pada setiap orang. pada bunda vano, kebetulan volumenya agak banyak.

      • Bunda Vano Says:

        Tnyt emg haid mas,krn bsok hrinya saya disminore luar biasa smp ga masuk kantor,stlh minum asam mefenamat baru reda,tp muncul mslh br,benang IUD nya menjuntai keluar,knp ya mas? Pdhl kmren2 ga gt,ap krn lg mens,smp sakit kalo jalan,berasa dtusuk2..mksh bnyk ya mas,sy salut dg mas hadi,yg telaten jwb satu persatu ptnyaan mslh wanita..

      • hadisome Says:

        Nah kan.. Sebab kalo flek, ga mungkin sebanyak itu…
        Benang menjuntai emang masalah yg sering terjadi pada akseptor yg baru dipasangi IUD. Itu bs saja ‘terbawa’ oleh darah pd saat keluar. Segera ke dokter atau bidan, minta agar benangnya dilipat/digunting…

        Hehe makasih pujiannya, saya tidak sendirian kok, kadang sayaa nanya ke orang lain, salah satunya ke dr.Handy Intan,SpOG

        Salam

  21. Chika Says:

    Hallo Mas Hadi,

    Salam kenal yah,,,senang rasanya bisa nambah pengetahuan tentang alat kontrasepsi dan penjelasan dari Mas Hadi di FAQ nya.. :). Makasih ya Mas…

    Oh ya Mas..mau tanya…, kalo untuk membuka IUD cooper T apakah harus dalam keadaan menstruasi ? mohon info ya mas…

    Salam,
    Chika

    • hadisome Says:

      Halo mbak chika
      Salam kenal kembali.. Wah senang rasanya kalo blog saya bisa memberi manfaat buat mbak chika…
      Oya, kalo mau lepas IUD, nggak saat haid pun ga masalah kok.. Katanya lepas IUD lebih cepet prosesnya drpd masang. Paling cuma semenit :)

      Salam

  22. Chika Says:

    Siip…. mksih banyak info nya ya Mas..:).. rencana nya saya mo buka cooper T, anak pertama saya skrg sdh 8thn ;-).. berapa lama biasanya terjadi kehamilan kembali setelah membuka kontrasepsi?, mengingat jangka waktu pemakaian yang cukup lama dan usia yang mau memasuki 36 thn… Mohon info nya ya Mas..

    Salam,
    Chika

    • hadisome Says:

      menurut teori sih kesuburan akan segera kembali begitu IUDnya dilepas. menurut pengalaman teman saya, satu bulan saja setelah dia melepaskan IUDnya, dia udah isi lagi. Oya, anda tinggal mengatur frekuensi berhubungan saja, usahakan pada saat sedang subur. untuk itu anda harus mengetahui kapan masa subur anda.
      untuk lebih jelasnya ada di bagian sistem reproduksi wanita. silakan di baca ya mbak CHika

      salam :)

  23. titin Says:

    saya lg pake kb suntik 3bln kalau ingin ganti spiral boleh g ?

    • hadisome Says:

      Sangat Boleh, dan tidak harus menunggu suntiknya habispun bisa…

    • hadisome Says:

      boleh mbak Titin, meskipun suntikannya belum habis, boleh kok langsung pake IUD karena kedua alat ini berbeda. IUD non hormonal, suntik hormonal.
      (maaf komennya baru saya jawab, baru ketemu setelah saya cari2)

    • titin Says:

      g pa2 pak,oy sy mau tny kata orang2 kalau hbis pasang IUD,mensnya ko pada bnyak2 n lama bnget itu karna apa ?

      • hadisome Says:

        itu karena ada benda asing di dalam rahim, pada saat haid, terjadi peluruhan endometrium (dinding rahim). atau sederhananya dinding rahim sedang terluka, ada kemungkinan IUD ‘menyentuh’ luka tersebut, akibatnya haid jd lebih banyak

  24. titin Says:

    saya lg pake kb suntik3bln,kalau ganti spiral boleh g ?truz ada resikonya g ?

  25. yanti Says:

    mas hadi kalo wnita yg pke IUD ga apa” melakukan senam kegel???apa IUD nya tdk akn lepas mas,,,terkadang saya suka takut dan risih,,kan ada yg bilang bnyak mnfaat senam kegel untuk kaum istri,,hheehhhee :)

    • hadisome Says:

      salah satu teman saya yang pakai IUD, justru disarankan senam kegel oleh dokternya. katanya biar otot2 rahimnya ikut mengencang juga, jadi IUDnya makin mantap ‘tersimpan’

  26. nadhia Says:

    ass,slm knl…
    anak sy umur 9bln dan Sy berniat pasang Iud
    nah ddesa sy kn lg ada program kb grts,jd Sy ikut psg.stlh dpsg ternyata rahim sy jauh +6cm jd iud dlepas lg dan sy gagal pasang iud.yg sy mau tnya apakah dg ukrn rahim sy sgtu slmaY Sy g bz pasang Iud,thank dtggu jwbnY.

    • hadisome Says:

      waslm
      salam kenal kembali mbak Nadia,
      mungkin ukuran rahimnya pendek kali ya?
      sebenarnya yang ukuran rahimnya pendek juga bisa pakai IUD, cuma memang IUDnya khusus. biasanya beberapa dokter obgyn ada yang menyediakan IUD untuk yang rahim pendek tersebut. saya nggak tau di kota anda, apakah ada atau tidak…

  27. Ratu Says:

    apakah IUD bisa terlepas, saat kita (maaf) mengejan keras saat buang air besar?
    Krn sy pny masalah di pencernaan, yg mengakibatkan feses menjadi keras. Terima kasih

    • hadisome Says:

      ada kemungkinan, tapi persentasenya kecil. dilatih aja otot2 rahimnya dengan senam kegel. katanya senam tersebut membantu otot rahim menjadi lebih kencang, sehingga IUD dapat ‘tercengkram’ dengan baik

  28. ika Says:

    Salam kenal mas..
    Saya memasang IUD utk pertamakalinya pada bln juni thn 2009 hingga sekarang (belumpernah diganti krn kata dokter yg masang umur IUD ini 4-5 thn) dan pada saat pemasangan memang terjadi flek selama 2 hari dan itu kt dokternya wajar.
    Dan yg saya mau tanyakan.. kenapa terkadang pada fase antara sebelum dan setelah haid saya keluar bercak darah segar.. tapi itu tidak byk dan berlangsung hanya sehari sampai 2 atau 3 hari saja.. dan saya sering merasakan sakit di perut bagian bawah kanan dan kadang kiri.. itu penyebabnya apa ya?
    Perlu saya informasikan pada bln september 2011 saya melakukan papsmier dan hasilnya normal tidak ada masalah.. dan pada saat itu jg saya periksakan alat Iud saya.. dan kata bidannya sich pasangannya masih bagus.
    Terimakasih sebelumnya..

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali, mbak
      nyeri di perutnya sudah berlangsung berapa lama mbak? terus itu yang kluar darah segar tersebut sudah berlangsung berapa lama?
      kadang, pada beberapa kasus IUD, masa haid menjadi lebih lama dan banyak, itu karena adanya IUD di dalam rahim. tapi itu normal kok.
      nah untuk kasus sakit di perutnya mbak, saya sarankan agar dilakukan pemeriksaan USG supaya terlihat posisi IUDnya.

      • ika Says:

        Makasi mas atas jawabannya..

        Nyeri di perut ini saya rasakan sejak saya melahirkan anak kedua saya (anak saya yg no 2 lahir dengan cara di operasi krn posisi plasenta berada di bawah sedangkan anak yg pertama lahir dengan cara normal) dan saya sudah periksakan ke dokter.. tp kata dokternya ga ada masalah apa”.. tp kenapa saya sering merasa nyeri.. terutama pada saat saya merasa kecapekan atau saya mengangkat yg berat”.. maklum saya masih punya anak kecil jd mrk terkadang minta di gendong…
        Apa bisa itu disebabkan karena jahitan stlh operasi melahirkan itu ya? Apa ada kemungkinan atau pernahkah ada kasus pemasangan benang atau jahitan yg tidak benar sehingga menyebab nyeri pada pasien pasca operasi melahirkan?

        thanks sebelumnya…

      • hadisome Says:

        wah saya tidak bisa memastikan, tapi bisa jadi dari bekas operasian..
        saya kira mbak harus segera konsultasikan ke dokter spesialis, supaya ketauan diagnosanya. kalo cuma sebatas konsultasi dunia maya, bisa saja salah…

  29. vyvy Says:

    saya memasang iud sudah 6 bulan.suami mengeluh ada ganjalan (seperti tertusuk jarum) saat berhubungan.saya konsultasikan dg bidan yg memasangnya,kata bidan,rahim saya pendek (turun).akhirnya benangnya dipotong agar keluhan tsb hilang.tetapi suami malah merasakan sakit luar biasa yg membuat trauma saat berhubungan intim.suami merasakan benangnya terlalu pendek.apabila benangnya terlalu pendek,bagaimana solusinya agar saat berhubungan tidak terasa sakit lg?

    • hadisome Says:

      IUD yang turun atau rahimnya yang pendek mbak?
      kalo pada perempuan yg memiliki rahim pendek, biasanya IUD ukuran normal itu tidak bisa dipasangkan. kalopun dipasang, dia akan mengganjal dan akan memberikan efek tidak nyaman, entah pada perempuannya atau juga pada sang suami.
      mengenai benang yang dipotong namun menyisakan sakit, bisa jadi bidan tersebut tidak melipat benangnya, sehingga benangnya bergesekan dengan penis. akibatnya terasa sakit
      solusinya coba anda USG dulu biar keliatan posisi IUDnya. kalau misalnya memang dari benang, minta saja untuk dilipat benangnya.
      mudah2an membantu

  30. Riri Says:

    Dok, saya 30 tahun, menikah 2 tahun lalu, tapi belum pernah hamil sampai sekarang. Saya memakai IUD sejak 1 tahun lalu. Sejak 2 minggu ini sering keluar keputihan bau, berbusa, waranya keabuan, gatal, rasanya miss V panas. Tapi ngga ada nyeri baik saat ML atau buang air kecil.
    Kira-kira ada hubungannya dengan pemakaian IUD yang saya lakuakan atau tidak ya dok?
    Mohon bantuannya..

    • hadisome Says:

      waduh, sebaiknya anda periksakan ke dokter kandungan. kalo bisa sekalian di papsmear ya…
      ada hubungannya atau tidak baru bisa dipastikan setelah diperiksa…

  31. yn Says:

    lg galau nih..
    Tgl 21 april 2012,pasang iud. 5 mei kontrol,msh ada. Tp pas tgl 2 juni kontrol,kok IuD nya ga ada ya??malah dibilang positif.
    Udah USG 2x,ke dokter yg beda,iud tetep ga ada. Lari kemana ya??
    Padahal anakku msh 11 bulann.. :(

    • hadisome Says:

      lari kemana? ya keluar dong hehe..
      bisa saja dia keluar tanpa terasa ketika anda mengejan/buang air…

      • yn Says:

        bisa gitu ya??padahal kan baru sebulan dipasang.
        Antara senang dan sedih..
        Programnya jd diluar rencana..
        Kasian,blum lepas asi,udah mu punya dede lg.

      • hadisome Says:

        bisa seperti itu, apalagi misalnya ketika anda dipasang, kondisi anda sedang gugup/grogi atau takut… maka rahim menjadi tidak rileks, sehingga IUD seolah2 tercengkram, namun ketika anda sudah relaks, IUD tersebut tidak pas dalam rahim jadi bisa keluar begitu saja

  32. inggitrahayu Says:

    mau nanya nihh perbedaan iud hormonal dan non hormonal apa yaa ??

    • hadisome Says:

      mostly, di Indonesia itu lebih dikenal IUD yang non hormonal. biasanya disebut dengan IUD saja. IUD non hormonal tidak mengandung hormon sintetis. sedangkan IUD hormonal, mengandung hormon sintetis yang akan dikeluarkan secara berkala. merk dagang untuk iud hormonal ini dikenal dengan nama MIRENA. ada di bahasan berjudul MIRENA. trims

  33. Misni Says:

    Mau nanya nih, saya baru seminggu pasang IUD. Setelah pemasangan keluar flek & kadang bercak darah, tapi itu gak sampai ke maaf celana dalam. Jadi taunya kalau kita pas lap/pakai tisu. Pertanyaan saya apa boleh masa2 itu kita menjalankan sholat, puasa & ibadah yg lainya ?

  34. yanti Says:

    mas,,udah 2 mnggu sya haid,kan emang ya mas klo pke IUD drah ktika haid itu ska lbioh bnyak msa haid nya pun suka lebih lama….trus bgitu udah bres haid stelah 2 hri nya sya berhubungan suami istri,,eh tiba” pda saat itu juga bnyak kluar drah lagi mas,suami saya kaget bnget takutnya sya knpa napa………pdhal 2 hari itu saya sudah solat sperti bysanya dan sebelumnya emang sudah bner” bersih mas………knpa ya mas???apa bgtu saya beres haid jngn dlu lngsung berhbungan mas??tolong ya mas,,saya nanya terus dri dulu,,hehehehe :)
    abis sma siapa lagi klo bkn sama mas Hadi,,hhehhhehe

    • hadisome Says:

      -_-
      kan bisa nanya ke dokter hehehe

      sudah periksa belum? saran saya sih periksakan dulu dengan menggunakan USG untuk melihat keberadaan IUD.
      saya kira, kemungkinan apa yang anda alami adalah haid anda belum benar2 selesai, makanya keluar lagi.
      tapi untuk memastikan dari mana asalnya itu pendarahan, saya menyarankan anda untuk segera datangi dokter, periksakan kondisi rahimnya

  35. fera Says:

    selamat pagi mas, mo tanya soal IUD, saya melahirkan tgl 4 januari 2012, kemudian pasang IUD di 2 feb 2012, sempet benang keluar kemudian saya bawa ke bidan dan dipotong. pernah keluar lagi tetapi hilang sendiri. yang saya tanyakan sdh 3 minggu terakhir ini sehabis berhubungan dengan suami, esoknya selalu keluar flek atau darah, tadinya saya fikir saya mulai mendapat haid ( saya asi exclusive sampai sekarang ) tetapi itu berulang untuk ke tiga kalinya di minggu kemarin, keluar darah/flek hanya dalam 2 hari, mohon info dan sarannya apakah ini normal?saya juga belum melakukan pemeriksaan ke dokter. terimakasih sebelumnya.

    Note; mohon di replay juga ke fera_ndah@yahoo.co.id
    terimakasih.

    Salam,
    Fera

    • hadisome Says:

      pagi juga
      kelihatannya sih normal saja, mengingat anda masih asi eklusif dan pemasangan IUD pun baru enam bulanan. pada beberapa kasus, keluar flek pasca pemsangan IUD ini bisa dalam hitungan bbrp bulan. kemungkinan sih krn masih dalam tahap penyesuaian saja.
      untuk memastikan coba periksa ke dokter kandungan dan minta usg untuk melihat posisi iud nya

  36. aida fitri Says:

    Ass,mau nanya nih saya pasang iud tgl 15 mei 2012 koq sampai sekarang belum haid ya? kemarin tgl 21 Juni 2012 saya kontrol kedokt kandungan katanya negatif,tp smpi sekarang sya tdk nyaman blm jg haid,sy blm siap hamil krn anak sy msh menyusui msh berumur 8 bln,apakah kb spiral tidak haid juga sbg efek sampingnya?mohon dok penjelasanya?

    • hadisome Says:

      kemungkinan itu karena anda masih dalam proses menyusui. biasanya pada beberapa ibu menyusui memang belum mendapat haid. coba baca di bagian metode amenorhea laktasi di blog ini, ada penjelasannya di sana.
      efek samping iud itu justru volume haid lebih banyak.

      • Anies Erma Says:

        mlam… aku anies 24th, anakku umur 9bln skrg… 1 bulan pertama aku kb pil, sampai dpt haid, selesai haid 1 minggu aku mulai kb suntik 3bln pd tgl 7feb’12, lalu seling 2 hri pd tgl 9feb’12 aku pasang kb iud, 1-3 bulan pemasangan iud saya tdk mgalami haid, dgn perkiraan masih menyusui/msih ad pengaruh obat dri kb suntik, tapi setelah 3 bln itu berlalu… sampe skrg saya tdk mgalami yg namany haid… nahhh yg saya mau tanyakan, apakh benar sya tdk mgalami haid krna msih ad pengaruh dri kb suntik/ atw memang ad gangguan dgn iud/msalah reproduksi saya… trima ksih serbelumny… tlong di reply juga jawabanny ke aniesermawati_2801@yahoo.co.id

      • hadisome Says:

        ada banyak faktor yang menyebabkan anda tidak mengalami haid.
        1. bisa saja itu karena pengaruh hormon dari KB suntik 1 bulan dan suntik 3 bulan yang pernah anda lakukan. pengaruh hormon tersebut mempengaruhi siklus menstruasi anda.
        2. faktor menyusui. dengan memberikan ASI eksklusif, ada hormon prolaktin yang terproduksi. dan hormon itu mempengaruhi sekresi/pengeluaran hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi siklus menstruasi anda.
        3. faktor stres. apakah dengan dipasanginya iud ini anda merasa tertekan? karena takut atau tidak mau misalnya, tapi anda tetap memaksakan dipasangi iud. itu jg bisa.
        4. Ini jawaban dari dokter Handy Intan, SpOG: Ketika disuntik KB 3 bulanan, maka obat yang terkandung dalam suntik tersebut (yaitu hormon progestin) akan menghalangi pertumbuhan darah haid sehingga tidak keluar. tidak berbahaya karena bukan mampet tidak bisa keluar, tapi darah haidnya tidak dibentuk.
        5. faktor psikis dan kecapaian juga mempengaruhi siklus menstruasi
        mudah2an jawaban ini memberikan sedikit gambaran untuk anda. maaf saya tidak bisa mengirimkannya ke email. silakan anda berkunjung kembali ke blog ini.
        trims.

  37. Rossy Says:

    Assallammualaikum, saya mau tanya saya memakai IUD…kontrol ke dokter tanggal 29 Desember 2011..saya berencana lepas IUD karna ingin menambak anak…kemudian saya kontrol lagi tanggal 7 Juli 2012..setelah di USG ternyata IUD saya tidak kelihatan dan diperiksa dalam pun tidak kelihatan IUD nya…Saya disarankan oleh dokter untuk melakukan rontgen tuk mengetahui posisi IUD….Ternyata hasil rontgen menunjukkan bahwa di perut saya tidah ada gambaran IUD…Saya kontrol lagi ke dokter sambil membawa hasilnya ke dokter…Menurut dokter..mungkin IUD saya sudah terlepas dengan sendirinya ketika saya haid…yang mau saya tanyakan: Mengapa bisa terjadi seperti itu ya?IUD terlepas saya tidak terasa?Trima kasih atas penjelasannya

    • hadisome Says:

      waalaikum salam
      kemungkinan tersebut memang ada, apalagi jika volume haid anda banyak, dan prosedur pemasangan IUD nya kurang tepat. untuk itu selalu disarankan untuk memeriksa keberadaan IUD dengan cara kontrol ulang ke dokter/bidan atau meraba benangnya dengan jari sendiri.
      trims

  38. novianty Says:

    assalamu’alaikum,,, maaf mas mau tanya,,, saya dah pake KB IUD kurleb 4 th 8bulan,,, setelah melahirkan anak kedua, biasanya saya haid tiap tgl 26 ,,, tapi bulan juni ini sy tdk haid,,, kemarin saya periksa ternyata sudah positif,,, kurleb usia kandungan 5 minggu,,, kata dokter IUD nya ga mungkin untuk diambil krn posisinya sangat berdekatan dengan kantung hamil,,, tapi yg saya khawatirkan krn banyak nya flek yg keluar… sy tanyakan ke dokter itu ga papa,,, hanya dr gesekan IUD di mulut rahim,,, yang ingin saya tanyakan,,, apakah tidak akan ada efek buruk bagi janin saya,,, saya ingin mempertahankan kehamilan saya,,, makasih mas,,

    • hadisome Says:

      waalaikum salam
      maaf saya baru sempet online
      menurut dokter sih katanya ngga apa-apa, IUD tidak akan mengganggu pertumbuhan janin, cuma harus tetap dalam pengawasan tim dokter, apalagi pada saat proses persalinan, harus dibawah tenaga medis ahli.

  39. Bunda Heinz Says:

    Salam kenal mas Hadi.
    Saya memakai IUD NOVA T sudah 5 tahun. Selama itu tidak ada keluhan selain haid saya yang sedikit memanjang. Satu bulan yang lalu setelah melakukan “hubungan” dengan suami, perut bagian bawah saya kram nyeri sekali. Saat ini saya berencana melepasnya. Saat diperiksa dalam ternyata benang tidak terlihat (mungkin dilipat ke dalam rahim saat pemasangan). Kemudian bidan mencoba mencari IUD dengan pengait, tetapi gagal. Sudah dilakukan USG, IUD terdeteksi. Kemudian dicoba lagi pencarian menggunakan pengait IUD, tetapi gagal.
    Yg ingin saya tanyakan:
    1. Apakah kemungkinan yg terjadi pada IUD saya? Mungkin ga IUD nya lengket atau menancap pada rahim?
    2. metode atau cara apa lagi yang bisa ditempuh untuk mengeluarkan IUD saya?

    Terima kasih atas jawabannya.
    Salam.

    • hadisome Says:

      mbak gemuk ngga?
      kemungkinan lengket atau menancap, kemungkinannya kecil sekali.
      coba datang ke dokter obgyn yang peralatannya lebih lengkap deh mbak, biar bisa dipastikan pake cara seperti apa pencabutan IUDnya.
      trims

      • Bunda Heinz Says:

        Terima kasih mas. Saya BB 48 kg, TB 150 cm.
        Memang kalu gemuk apa risikonya mas?

  40. Dida Says:

    Assalamualaikum wr,wb…salam kenal mas HADI…aku mau tanya ni…Baru satu minggu aku pasang IUD tipe T….awalnya aku mengalami demam n mual mas….lalu perut bagian bawah n pinggang terasa nyeri..apakah saya cocok menggunakan jenis KB ini?Lalu setelah itu darah yang keluar itu banyak apakah itu darah haid pa bukan?n Berapa lama saya dapat berhubungan dengan suami saya?
    thank buat jawabannya…

    • hadisome Says:

      waalaikum salam
      sudah kontrol ulang belum mbak? coba kontrol dulu.
      mengenai perut nyeri dan mual, kemungkinan memang itu efek adanya IUD di dalam rahim.
      darah yang keluar bisa saja haid, tapi bisa juga bukan, tergantung berapa lama dia keluar.
      untuk berhubungan, kapanpun juga boleh, tapi biasanya, akseptor2 yang sudah dipasang, katanya memberi jeda satu mingguan
      trims

  41. Sari Says:

    Dokter, perkenalkan saya ibu dari 2 orang anak, umur 35 tahun. Saya,sudah memakai IUD selama 2,5 tahun. Saya baru lepas iud copper T, karena 3 hari sebelum dicopot saya mengalami nyeri yang hebat disekeliling pinggang dan perut. Setelah diperiksa dokter kandungan kata nya saya infeksi dikarenakan spiral. Yang saya ingin tanyakan bagaimana kondisi rahim saya saat ini dokter?, apakah ada kemungkinan akan terkena penyakit lain?,kalau iya penyakit apa ya dok?. Sebelum dan sesudahnya terimakasih banyak dokter.

    • hadisome Says:

      waduh bu,
      pertanyaan ibu bikin bingung neh, hehehehe.
      kondisi rahim ibu harus dikontrol ulang oleh dokter yang kemaren memeriksa ibu, karena beliau yang tau riwayat medik ibu. kalo saya kan cuma sebatas konsul gini, gak bisa melihat kondisi realnya.
      mudah2an ga ada penyakit ya bu…

  42. vyvy Says:

    siang dok…saya mau bertanya lg nih dok.saya memakai IUD sudah 8 bln.saya pernah komplain ke bidan yg memasangnya,kalau saat berhubungan suami saya merasa kesakitan terkena benangnya.pada saat itu jg bidan memotong benangnya.setelah “dicoba” ternyata gk ada perubahan alias tetep sakit.akhirnya saat berhubungan,suami pake kondom sampe skr.jd KB nya dobel,IUD dan kondom.ada pengaruh buruk gak ya dok,memakai KB dobel?
    makasih…

    • hadisome Says:

      KB dobel ya ga masalah bu.. malah jadi efektif hehehe…
      saran saya coba ke dokter/bidan lagi, minta untuk dilipat benangnya.
      trims

  43. rina Says:

    mau tanya nich,saya di pasang iud sudah 9bln,pertanyaan saya knapa y d bagian perut bawah sebelah kiri sering terasa nyeri seperti rasa mulas seperti mau melahirkan

  44. dyah Says:

    hallo dokter..
    saya dyah. ibu 1 orng anak..
    saya sudah memekai kb IUD selama 2 thn..
    selama ini tidak ada keluhan baik saya maupun suami.
    tp,skarng saya lg hamil 1 bulan..
    padahal IUD nya belum saya lepas..
    dan masih mnempel di mulut rahim saya..
    yg ingin saya tanyakan dok.. apa IUD nya harus saya lepas skrng dlm keadaan hamil..?
    klo tidak di lepas,, apakah IUD itu tidak berbahaya terhadap janin saya..?
    termakasih dokter…

    • hadisome Says:

      Hallo ibu Dyah,
      menurut salah seorang petugas medik, ketika hamil tapi IUD masih di dalam, tidak perlu dilepas. rajin2 saja cek perkembangan janinnya. dan harus ditangani oleh tim medis ahli ketika anda akan melahirkan.
      salam

  45. Ramdan Says:

    salam mas saya mau ikutan tanya,,,,
    1).setelah iud di hentikan /di lepas apakah akan ada efek samping untuk seorang ibu yang akan memulai untuk mengandung /menambah anak lagi ….?berapa persentase untuk kelancaran kehamilannya.
    2).apakah ada efek samping untuk anak yang dikandung setelah sekian lama menggunakan IUD,,,,,

    TERIMA KASIH atas jawaban yang di berikan mas semoga sehat selalu.

    TQ

    • hadisome Says:

      saya langsung jawab ya:
      1. tidak ada. 99% kesuburan akan segera kembali. mengenai kelancaran hamil, tergantung maintenance si ibu terhadap janinnya.
      2. tidak ada.

      salam

  46. andi arezza Says:

    Mas Hadi.. Aku mau tanya nich,, kan istriku sedang mnjlni K.B iud.. Dah 9bLn. SteLah di bLn brikut nya istriku hamiL mas..? Tpi IUD masih ada di dLm nya. Istriku menggunakn IUD yg kya kret seLang impus itu..yg aku ingin tnyakan.
    1=apakh akan berpengaruh dengak janin.
    2= Lbih baex di Lpas ato tidak.?

    • hadisome Says:

      Menurut teori sih tidak akan berpengaruh terhadap janin dan tidak perlu dilepas, namun selama hamil harus tetap berada dalam pengawasan dokter.
      trims

  47. yolan Says:

    hai mas hadi..sy ibu dr 2 org putera 7th dan 17bln. sy mo tanya apakah jika kita suka angkat berat mis:gendong ank, angkat ember, kecapean,dll itu dpt mempengaruhi letak IUD yg bisa berakibat rasa nyeri hebat ? karna sy pnah mngalami stelah angkat berat pinggang rasanya nyeri skali,demam tinggi,susah jalan,stelah itu IUD di cpot dan lama dpt ank yg kedua skitar 3th kmudian..skrg mo pke IUD lg tp msh trauma..sbelumnya sy psg IUD th2005 lepas IUD 2007..thx before

    • hadisome Says:

      halo bu yolan
      biasanya sih tidak pengaruh ya. sebelumnya diperiksa ngga, itu nyeri asalnya dari mana?
      saya sarankan, sebelum dipasang, coba periksa dulu kondisi rahimnya, lakukan USG untuk memeriksa kondisi di dalam rahim. jika memang tidak ada apa-apa, silakan dipasang lagi saja.
      trims

  48. yolan Says:

    wktu itu terburu buru yg anter ttangga karna suami lg tugas luar kota 10 hr (sedihhh benerrr) pas daftar dsog hrus tgu 3 jam lg baru praktek, karna uda ga tahan sakitnya k bidan RS laen..ga tau feeling wanita kali yah kok yg diincer hrs sgera lepas IUD stelah lepas dipriksa sm dok bag bedah ktanya kemungkinan infeksi kandungan trus di ksh obt demam dn antibiotik tp wktu itu blom sempet di USG sampe akhirnya 2th kmudian program mau punya ank kan di cek tuh rahimnya kata DSOG nya bersih, bagus ga ada apa2 sih. staon kmudian baru hamil lg, nah..klo misalkan ada ‘apa-apa’ juga pasti dsog nya lgs tau gak mas slma di usg ato pas persalinan scr sectio..?? aku uda crita dgn 2 dsog tp reaksinya biasa aja ga tlalu dijelasin bgt..hehehe.. thx before

    • hadisome Says:

      kalo hasil usg nya baik-baik, apalagi opini dari dua dokter seragam, berarti kemungkinannya memang baik2 saja rahimnya.
      mungkin rasa nyerinya berasal dari sumber lain.
      jadi kalo mau dipasangi lagi ya gak masalah..
      atau, minat coba KB lain bu?


  49. halo mas hadi..saya langsung dipasang IUD begitu post SC 2 juni 2012 lalu ( sdh 2,5 bulan ) Dan sampai saat ini sy blm menstruasi,, tetapi sejak 2 hari yg lalu benang sering keluar, lalu oleh bidan dekat rumah hanya dimasukin. setelah itu sy merasa tiba2 setiap BAK sy merasakan nyeri skali, sampai sy takut bak, sy tau itu tdk baik tp sy tdk tahan dg sakitnya..sejak itu jg suami mengeluh spt ditusuk2 shg tdk nyaman saat berhubungan.

    kira2 itu karna posisi IUD bukan ya mas?
    td pagi suami meminta sy agar lepas IUD dan ganti dg KB lain saja karna rasa tdk nyaman td. ttp oleh dokter tdk disarankan dan saya hanya disuruh cek urin rutin..

    lekosit 8-12
    ertrosit 4-6
    sel epitel 6-10, lain2 dlam batas normal.

    advisnya: cipro tab 2×1, mefinal 3×1, dan urotractin 3×1.
    obat2an diatas pengaruh ke ASI ngga ya mas?
    trimakasih banyak atas perhatiannya ^_^

    • hadisome Says:

      Mengenai rasa nyeri, itu memang berasal dr benang. Coba cari dokter SpOG atau bidan yg lain, dan minta untuk dilakukan pemotongan benang atau melipatnya. Krn kemungkinan benang masih menjuntai ke vagina shg terasa nyeri menusuk2 baik itu ketika buang air ataupun pd saat berhubungan dg suami.

      Mengenai obat2an, itus sudah di luar wilayah saya.

      Trims ssudah berkunjung :)

  50. athena Says:

    selamat sore, klo mau buka spiral itu harus pd saat mens ato bisa klo ga mens? sakit ga sih? trs ada info bidan ato rs yg bisa buka spiral dgn harga murah? trims

    • hadisome Says:

      pagi..
      tidak bergantung saat mens atau tidak, bisa kapan saja.
      kata bidan sih lebih gampang membuka IUD ketimbang memasang, ga sampe dua menit udah kelar dan katanya ga sakit.
      banyak kok bidan di posyandu2 yang bisa membuka IUD dengan harga murah.

  51. DANIATI Says:

    selamat pagi..maaf mau menanyakan IUD saya baru 2 tahun dan kemaren setelah saya perikasa ternyata saya dinytakan + hamil 5 minggu..tp setelah dicek IUD nya masih ada di dlm..tidak bisa di ambil IUD nya krn benang IUD nya tidak terlihat..apakah tidak akan terjadi apa2 dengan calon baby nya,,krn kemarin2 sempet keluar darah sedikit..bagaimana antisipasi nya..mksh

    • hadisome Says:

      katanya sih kehamilan dengan IUD di dalamnya tidak apa2, asal rajin cek/kontrol ke dokter. terus ketika persalinan harus ditangani oleh tenaga ahli (dokter spesialis).
      mengenai keluar darah dikit2, mending periksa saja bu, untuk memastikan dari mana itu berasal.

      trims

  52. beby putry Says:

    Selamat malam Mas /….
    mau tanya dong , aku kan dah pasang IUD NOVaT selama 5thn…. selama beberapa tahun kemarin sih kita berdua engga pernah ada masalh , enjoy enjoy aja .
    Tp kenapa dah hampir 5 bulan belakangan ini kalo habis hubungan besoknya suka keluar flek atau lendir yg ada selaput darahnya ya ???terkadang suka bercak darah … tp cuma 1 hari aja Bahaya engga
    Kata dokter sih tahun ini harus copot , dah istirahat dulu rahimnya untuk 2bulan kedepan , Mencegah Menoupose katanya…. bener engga ??

    makasih ya mas atas jawabnya

    • hadisome Says:

      sudah periksa belum? untuk memastikan dari mana penyebab flek tersebut, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis.
      jika memang masa berlaku IUD tersebut adalah lima tahun, sebaiknya memang harus segera dicabut dan diganti dengan yang baru.

  53. meti Says:

    dok saya mau tanya apa yidak haid saat sudah di pasang iud itu normasl??

  54. ina Says:

    pak..saya baru berencana memasang iud,tapi masih ragu,karna dulu saya mempunyai kista….apa saya boleh memasang id /

  55. dewie Says:

    pak… saya sudah pasang iud selama 3 bulan ini, saat berhubungan suami sering mengeluh karena rasa nyeri dan sakit, dan seminggu belakangan ini saya merasa kesakitan saat berhubungan, dan juga mengalami keputihan, setelah diperiksa ke bidan, benang iud todak terlihat, kenapa bisa seperti ini ya pak ?? padahal sebelumnya saya tidak pernah kesakitan saat berhubungan…..

    • hadisome Says:

      bu, biasanya rasa nyeri itu disebabkan karena benang terlalu menjuntai ke vagina sehingga pada saat berhubungan terasa nyeri. Dugaan saya, mungkin bidannya kurang teliti, makanya dia bilang tidak terlihat. saya kira lebih baik ibu mendatangi dokter spesialis untuk memperoleh kejelasan.
      trims

  56. mamita Says:

    tanya dong..
    kenapa sih alat kontrasepsi kalau udah di pasang masih mentruasi ? ??

  57. Aida Fitri Says:

    ass mas,mau nanya nih 4 bln yang lalu saya pasang iud cooper T,bln pertama tdk haid kontrol kedokter ktnya negatif dikasih obt perangsang haid,seminggu kemudian haid sekarang bln ke 4 blm juga dtg haid ditespack 2X seminggu hasil nya negatif,apakah itu efeksamping dari iud cooper T mas,sampai saat ini saya jd gak nyaman,takutnya hamil sya blm siap u punya anak lg krn anak sy baru berusia 10bln trims

    • hadisome Says:

      secara alamiah siklus haid akan berubah karena adanya hormon yang aktif pada saat menyusui dan mempengaruhi kadar estrogen progesteron yang mempengaruhi Haid. jadi kemungkinannya adalah haid menjadi kurang teratur.
      mengenai efek samping IUD, saya menduga bukan, karena biasanya IUD itu justru akan memperbanyak volume haid dan menimbulkan flek2 darah saja.
      jadi kemungkinannya adalah seperti penjelasan yang pertama. untuk lebih jelasnya silahkan mbak cari di bagian lain blog ini mengenai metode amenorea laktasi.
      trims

  58. Lia Says:

    Salam Kenal ya, aku lia dari Mataram

    Aku melahirkan anak ke 4 pada th 2010, pada bulan juni 2011 aku pasang kb IUD, slama pemasangan haidku lancar tiap bulan sesuai siklusx, yg ingin aku tanyakan beberapa hari sebelum haid perut bagian bawah yg sebelah kanan kok terasa sakit skali, tp datang2an, brpmenit hilang dtg lg, ketika dapat haid hari 1-2 darah yg keluar dikit, hari ke 3 darahx bnyak yg disertai dg sakit perut bag bawah sebelah kanan. masa haid biasanya normal sj smpai 6-7 hari. mohon penjelasannya

    terima kasih

    • hadisome Says:

      halo Lia,
      coba periksakan ke dokter kandungan ya, saya tidak bisa mengira2 itu berasal dari mana, sebab biasanya pada pengguna iud jarang yang mengeluh sakit perut bawah bagian kanan. saya khawatir, ada gangguan di dalam. minta untuk di USG jg ya.
      salam

      • shamira Says:

        Mas apakah ketika masih keluar flek setelah pasang iud, boleh berhubungan intim?

      • hadisome Says:

        wah itu saya kurang tau, cuma setau saya, ketika keluar darah haid, menurut ajaran agama saya, harus bersih dulu. kalo flek cuma sehari, ya pas udah nggak nya aja

  59. yura Says:

    ass mas,sy mau tanya mas,apakah benang iud msh bisa keluar dengan sendirinya (hanya benang saja tidak dengan copper T) pada saat buang air kecil? krn saya pernah raba tidak ada bagian kasar atau yg sering disebut benang IUD. kemudian apakah jika sudah pasang IUD tidak boleh dipijat bagian perut? terimakasih sebelumnya mas

    • hadisome Says:

      bisa saja, dia akan menjuntai. tinggal dilipat saja ke dalam, bisa pake jari telunjuk juga. dorong ke dalam.
      pijat pada perut? saya kurang tau ya, tapi sebaiknya dihindari saja…

  60. once Says:

    mas saya belum menikah dan disarankan minum pil diane oleh dokter karena haid tidak teratur, namun dokter tidak menjelaskan setelah habis 21 pil ada masa istirahat 7 hari, jadi setelah habis saya lgsung minum box yang kedua, sekarang dokter menyarankan saya untuk istirahat 7 hari dan memberi kesempatan untuk haid, bagaimana menurut pengalaman dan sepengetahuan mas meminum 2 box diane tp masa istirahat 7 hr itu? berbahaya gak ya ? sekarang saya sedang fase stop hari pertama dan haid belum datang. terimakasih mas :)

    • hadisome Says:

      haid tidak teratur bisa karena adanya ketidak seimbangan hormon kewanitaan di dalam tubuh anda. mungkin dokter sudah memeriksanya makanya disarankan untuk minum pil. nah, sebenarnya dari 28 isi pil, yg 7 itu adalah vitamin, biasanya sih tetap diminum.
      menurut saya sih ikuti aja saran dari dokternya.

      coba baca mengenai siklus haid di blog ini, silakan search kata kuncinya: siklus reproduksi wanita….

  61. Sofia Says:

    Mas… apakah benar cara kerja dari IUD adalah membuat kultur di rahim tidak kondusif untuk pertumbuhan janin, sehingga janin gagal menjadi calon bayi? Jika begitu pembuahan sempat terjadi namun IUD membuat janin tidak kuat untuk hidup karena pengaruh tembaganya, katanya….
    dan karena kultur rahim tidak cocok untuk pertumbuhan bayi, katanya… kadang kadang ada janin yang seolah mencari tempat untuk tumbuh, maka terjadilah hamil diluar kandungan
    Benarkah pendapat seperti ini, mohon penjelasannya….terimakasih

    • hadisome Says:

      tidak benar… IUD itu hanya ‘menghalangi’ sperma dan ovum bertemu. ovum dan sperma tidak bertemu sehingga tidak terjadi pembuahan.
      salam

  62. SUMAR Says:

    mlem dok..sy mo tnya knp ya benang iud sy keluar dijalan lahir tp kdang masuk lagi..knp ya dok ?sy takut kl iud nya melorot&jatuh..mksie tlong djwab

  63. stella Says:

    Maaf klo pertanyaan saya seputar implan mas..saya merasa seperti tertusuk keluar jarum implan nya apakah saya perlu ke dokter atau itu hal biasa mas…makasi mas

  64. mida Says:

    Asalam’ualakum…
    Malam mas…
    101010 saya melahirkan 2 sudah melahirkan saya pasang UID,8 bulan saya ga haid pas anak saya 11 bulan saya dapat haid pertama,tiap bulan haid saya normal…
    Tapi 5 bulan kebelakang setelah haid beres hari ke 2,4,6 selang sehari suka kluar darah segar berbarengan dengat sakit perut seperti skit saat mau haid apa itu normal mas….?
    Di tunggu penjelasannya mas..

    • hadisome Says:

      sudah diperiksa belum?
      saya sih sarankan periksakan ke dokter obgyn untuk mengetahui dari mana asal sakitnya. kalo darah segarnya kemungkinan itu memang spoting karena keberadaan iUD,
      salam

  65. uli Says:

    saya ru psang iud 2 hr.tp dah pngen berhubungan.boleh g y?

  66. ade Says:

    ass..mas hadi.. sya ibu ade sya ingin menanyakan sya kan bru pasang iud 7 hri yg lalu, ketika sy berhubungan dgn suami,suami sya mersakan tdk nyaman,suami menyarankan sya utk melepaskan iud nya, jika iud dilepas boleh atau tdk ya mas hadi, krn suami tdk tw tntang KB spiral,dan suami tdk snang, tolong penjelasannya mas hadi,dan apa boleh jg dibidan lain utk dilepasnya krn sya tkut sma bidan yg memasangnya marah.. jd gmn solusinya.. mkasih ya mas..

    • hadisome Says:

      solusinya, biar ga dilepas, ibu kontrol dulu ke bidan, minta supaya benangnya dilipat. insya Allah kalau sudah dilipat tidak akan kena lagi ketika berhubungan. bisa di bidan mana saja kok :P
      salam

  67. EKA Says:

    PAGI,saya mau nanya pakai kb dah krg lbh 2thn,knp akhir2 ni sering flek apa fikiran pengaruh ya? dah sy kontrolkan ke bidan ktnya dak apa2 dan dikasih pil kb apa tu dak apa2 ya?

  68. yeni Says:

    salam kenal,
    saya mau tanya nich..saya menggunakan IUD yang 5 tahun, sebelum masa penggunaan expire saya lepas bulan agustus lalu..(4 tahun penggunaan). tapi setelah dilepas sampai sekarang belum haid, awalnya saya kira hamil tapi setelah di test pack (sempat berkali2) tapi hasilnya negatif..padahal pada saat menggunakan IUD siklus haid normal dan tidak ada kendala apapun. kira – kira itu kenapa ya?? mohon pencerahannya. terimakasih

    • hadisome Says:

      apa benar negatif? coba di test lagi, kalo perlu lakukan pemeriksaan di dokter.

      harusnya sih, tidak kenapa2, siklus haidpun tidak terganggu. nanti saya coba tanyakan dulu sama dokter Handy Intan Ya… trims

  69. EKA Says:

    di bidan malah dikasih pil kb dak apa apa ya?harus sya minum sampai habis atau berhenti minum

  70. Budi yayuk Says:

    gimana dan metodenya cara mengontrol kb spiral sendiri tanpa harus ke bidan. setelah 2bln

    • hadisome Says:

      ga dibaca semua ya? ada di beberapa tulisan saya kok.
      caranya cukup dengan meraba benang IUD nya saja, jika teraba artinya ada. tapi untuk cek keseluruhan, lebih baik ke bidan

  71. Nissa Gita Says:

    Salam kenal,
    saya mau tanya …saya menggunakan IUD kurang lebih sudah 2 tahun, selama di pasang siklus haid tidak normal dan suka sering keluar fleg-fleg, dan sekarang sering mengeluh sakit saat kencing….. kira – kira itu kenapa ya?? mohon pencerahannya. terimakasih…

    • hadisome Says:

      sudah periksa ke dokter?
      flek2 itu wajar saja saya kira.
      tentang sakit saat kencing, coba diperiksakan ke dokter atau cek lab dulu untuk mengetahui darimana sumber sakit tersebut. bisa saja terjadi karena infeksi saluran kencing.
      trims

  72. Kaoem Koesam Says:

    Ass.Wr.Wb. Dan Salam Hormat…
    dok saya mau nanya,, saya mau nikah 2 bulan lagi,, saya kan belum tau gi mana cara keja nya suntik kb,, kalau mau suntik kb tuh, bersetubuh dulu apa suntik kb dulu.
    dan apa berbahaya bagi yang baru menikah untuk melakukan suntik kb.
    apa gak mengganggu untuk kesuburan istri saya..
    dok mohon jawaban nya.
    HORMAT KAMI

    • hadisome Says:

      maaf mas baru saya balas.
      waalaikum salam ww
      cara kerja suntik KB silakan anda baca2 di blog ini pada judul artikel INJECTION.
      kenapa istri anda mau disuntik dulu? apakah mau menunda kehamilan?

      saya sih menyarankan untuk menggunakan kondom saja dulu. kalaupun memang tetap ingin disuntik, agar berkonsultasi dulu ke dokter untuk memastikan kondisi istri anda. saya khawatir akan jika terlalu lama disuntik, nanti akan susah hamil.

      apakah harus suntik dulu atau bersetubuh dulu?
      biasanya sih disuntik dulu, karena pada saat disuntik, sudah diketahui tidak sedang hamil karena belum berhubungan.
      trims.

  73. Nilawaty Says:

    Saya memakai IUD udah setahun lbih, tpi slama itu juga saya belum prnah haid, apa itu normal atau membahayakn??

    • hadisome Says:

      coba periksa ke dokter dulu… ibu nilawaty stress ngga selama setahun ini? sebenarnya saya pernah membahas kenapa bisa tidak haid, ada di kolom komentar. coba ibu cari-cari, pasti ketemu penjelasannya..

  74. yanti Says:

    Hallo mas hadi trakhir saya konsult 1thun yg 2thn yg lalu skrg saya Ί♏ªªυ̲̣̥ konsuLt lgi neeh…
    Gni mas Uϑªh 2thun pke IUD,badan saya ko makin keciiL ya Mas,,wktu reuni saya disangka ga d kasih mkan sma suami saya,,hmmhh ada” sja pdahal mkan saya bnyak,ngemiL banyak juga..tpi brat bdan saya mkin mnurun..ada yg
    bilang ktanya kalo yg gak cocok pke IUD memang bdan mkin kurus kering…iyya gtu Mas,,pdhaL saya ingin keLiatan Lbih berisi…apa saya memang tdk ook mmakai IUD??

    • hadisome Says:

      wah harusnya sih nggak jadi kurus karena iud itu kan non hormonal. mungkin ada pengaruh lain, coba kontrol ke dokter, kalo memang karena IUD, dicopot saja mbak :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,152 other followers

%d bloggers like this: