Langsung Ber-KB setelah Melahirkan? Kenapa tidak….

Betapa berbahagianya anda yang saat ini sedang menanti kelahiran buah hati. Akan ada anggota baru di rumah anda. Akan ada keharuan tangis yang membahana dari si kecil manakala dia pertama kali melihat dunia. Akan ada kegembiraan tawa si kecil di rumah anda. Ya si kecil, bayi yang lahir dari rahim para seorang perempuan yang luar biasa seperti anda sekalian, para kompasianer yang sekaligus para ibu. Bayi kecil yang merupakan amanah Tuhan kepada anda sekalian untuk dididik dan dibesarkan hingga kelak dia menjadi manusia yang berguna untuk dirinya sendiri, keluarga, lingkungan, bahkan agama serta bangsa dan negaranya.

Seorang anak, sejatinya adalah anak. Dia akan menjadi apa di kemudian hari adalah tergantung pada kualitas perhatian dan didikan anda saat ini. Maka dari itu, untuk memperhatikan kualitas pertumbuhan si kecil anda harus memiliki sedikitnya waktu luang di tengah kesibukan anda bekerja, bukan? Sayangnya tingkat kesadaran ini hanya dimiliki oleh mereka kaum urban kota yang rata-rata memang sudah mengenyam sekolah lumayan tinggi, sedangkan ibu-ibu muda yang tinggal di pedesaan jarang memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana pertumbuhan dan perkembangan bayi yang berkualitas tersebut.

Adalah tugas kita, kaum melek ilmu untuk menyadarkan mereka (para ibu yang belum memiliki pengetahuan tentang pentingnya ber-KB) bahwa seorang anak haruslah tercukupi segala kebutuhannya, mulai dari gizi, sandang, pangan, sekolah, kebutuhan bermain, dan sebagainya. Kebutuhan-kebutuhan anak tersebut akan tercukupi jika sang orang tua mampu memperhatikan anaknya dengan benar. Dan kondisi untuk memperhatikan tersebut akan ideal jika anak yang dimiliki tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu dekat jaraknya (antara satu anak dengan anak lainnya). Maka dari itu, diperlukanlah sebuah kampanye penyadaran kepada mereka yang diberikan dalam bentuk pengetahuan tentang perencanaan keluarga.

Perencanaan keluarga bisa dilakukan dengan cara ber-KB. Maksudnya adalah merencanakan kualitas keluarga dengan memberikan jarak antar kelahiran pada kaum perempuan pasangan usia subur. Untuk mengatur jarak kelahiran tersebut, maka anda para perempuan diharapkan untuk ber-KB menggunakan alat kontrasepsi yang pernah saya tuliskan disini.

Khusus untuk kali ini, saya hanya ingin sekedar mengingatkan khususnya kepada ibu-ibu muda yang sedang hamil tua dan menantikan kelahiran putra-putrinya. Supaya anda, para ibu muda yang akan melahirkan, tidak kerepotan setelah sang anak lahir, maka anda perlu memperkaya pengetahuan anda tentang persiapan setelah melahirkan. Bahwa anda akan cukup ‘repot ‘ dengan kegiatan anda setelah adanya si kecil. Untuk itu, sebelum anda melahirkan, anda harus menambah pengetahuan terlebih dahulu tentang alat kontrasepsi yang bisa digunakan setelah melahirkan putra-putri anda, juga bahwa alat kontrasepsi bisa digunakan langsung pascapersalinan.

Pilihan kontrasepsi pascapersalinan (atau pascakeguguran) antara lain

1. MOW (Tubektomi); pilihan ini digunakan untuk anda yang tidak ingin mempunyai anak lagi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan operasi kecil pada daerah rahim dengan tujuan untuk mengikat saluran tuba falopii sehingga sel telur yang diproduksi tidak akan terbuahi. Tubektomi ini dilakukan jika seorang perempuan sudah mempunyai anak lebih dari tiga, tidak ingin punya anak lagi, dan berusia diatas 35 tahun. Sebelum dilakukan metode ini, akan ada lembar persetujuan yang harus ditandangi oleh pasangan suami istri.

2. IUD pascapersalinan; untuk anda para perempuan yang bekerja, saya lebih menyarankan untuk menggunakan IUD pascapersalinan saja. Sebab pada masa ini rahim anda berukuran ‘mengembang’ sehingga pemasangan pun lebih mudah dan segera setelah anda pulih, anda tidak perlu lagi pusing memikirkan alat kontrasepsi yang harus dipakai berulang-ulang seperti halnya suntik atau pil, karena masa pakai IUD ini bisa sampai 8 hingga 10 tahun. Anda bisa membukanya sebelum 8 tahun, jika anda memang merencakan memiliki anak kembali. Kenapa pascapersalinan harus segera dilakukan penggunaan alat kontrasepsi? Karena kesuburan pascapersalinan akan kembali setelah hari ke-21 setelah melahirkan.

3. Implant; bisa menjadi pilihan untuk anda yang baru saja melahirkan. Implant atau susuk kb ini berisi hormon progestin dan tidak berpengaruh pada produksi ASI. Masa pakai implant bisa hingga 3 tahun.

4. Suntik; anda yang baru saja melahirkan bisa memilih alat kontrasepsi suntik ini dengan catatan menggunakan suntik yang 3 bulan saja. kenapa? Karena hormon yang terkandung pada suntik 3 bulanan hanya progestin saja, dan ini tidak akan berpengaruh pada produksi ASI.

5. Pil; jika anda memilih ini, belilah pil yang hanya mengandung hormon progestin. Biasanya disebut minipil karena ukurannya imut-imut, dan biasanya semuanya berwarna putih. Minipil digunakan oleh ibu yang baru saja melahirkan karena tidak mempengaruhi produksi ASI.

6. Kondom; digunakan oleh suami (para pria) yang memiliki kepedulian jika istrinya tidak ingin ‘menderita’ kembali hehehe. Maksudnya, tidak ingin mempunyai anak dalam waktu dekat. Memberikan jarak kelahiran. Kondom bisa dibeli bebas di toko-toko maupun apotik.

IUD copper T (HS.doc)

kapan sebenarnya bisa ber-kb setelah melahirkan?

Waktu untuk ber-KB bisa sesaat setelah melahirkan (contohnya pada pemasangan IUD atau Steril/tubektomi), atau dua hari setelah melahirkan, atau menunggu hingga 40 hari pasca persalinan. Ingat, jangan pernah menunda untuk ber-KB atau menunggu hingga anda mengalami menstruasi kembali. Karena, seperti yang sudah dijelaskan diatas, kesuburan seorang wanita yang sudah melahirkan akan kembali minimal 21 hari setelah melahirkan.

Jadi, untuk anda yang saat ini sedang menanti kelahiran sang buah hati, anda bisa menggunakan metode kontrasepsi di atas jika anda tidak ingin dipusingkan dengan perasaan was-was anda, apakah akan ‘kebobolan’ lagi atau tidak sesaat setelah anda melahirkan buah hati anda.

Untuk anda yang sudah membaca ini, anda juga memiliki kewajiban untuk menularkan ilmu yang baru saja anda dapat kepada mereka yang kurang beruntung tidak bisa membaca catatan ini karena keterbatasan akses internet.

Semoga catatan ini bermanfaat!

Sumber: Pamflet hasil workshop peningkatan Pelayanan KB RS, narasumber: Prof. DR.dr. Biran Affandi, Sp.OG (K). BKKBN


77 respons untuk ‘Langsung Ber-KB setelah Melahirkan? Kenapa tidak….

  1. Mas , saya kan hbz melahirkan . Tp saya ingin kb stlh melahirkan ini . Tp saya masih mngeluarkan darah setelah melahirkan td. . Kira” kapan saya bisa suntik atw minum pil kb?

    1. tunggu saja sampai masa nifas selesai. begitu sudah selesai nifas, langsung minum pil. dengan catatan anda tidak campur dulu dengan suami.
      untuk KB suntik sebenarnya bisa saja dari sekarang.

      1. saya mau tanya,sya nifas dah lebih dari 40 hari tpi sya sdh suntik kb 3bulan ,apa gak apa apa suntik kb tpi masih dalam keadaan nifas?

  2. saya perempuan yg baru saja keguguran.
    saya masih trauma&belum ada keinginan hamil tuk saat ini.
    kapan harus pakai kb?

  3. Mas saya habis melahirkan .trs kb saat Ke35hari dan saya pilih kb suntik3bln.apa ini pengaruhi asi ssya…

  4. Tgl 21 kmrin merpkan akhir dr masa nifas. Tp sy dn suami sdh melakukn hbngan bdan lg sblm masa nifas berakhir. Soalnya sy ingin skli mnggunakan KB IUD. Apkh sy msih bs mnggunakannya?

  5. saya seoraNg ibu muda mw bertanya sesudah nifas belum suntik kb tapi sudah dapat haid itu gimana dok

  6. saya baru ajh melahirkan 2minggu yg lalu
    kira* kpan saya bisa br.KB
    tpii saiia sdang menyusuii juga

  7. Mas sy melahir kn tgl 14 febuary . Dan setelah nifah . Silang 1minggu . Sy campur dengan suami say .berhunungan suami istri . Tapi keluar sperma di luar .. say masih menyusui . Dan kasih formula jarang ke baby say. Say takut hamil lgi krna say melahir kn secara SC . Skrng suka keluar darah dikit . Apa itu darah dateng bulan atau gimna . Dan kapan say harus kb . Mohon jawaban nya . Terimakasih.

    1. kalo mau KB IUD, bisa tiga bulan setelah melahirkan. kalo KB suntik, bisa saat ini juga.
      darah yang keluar bukan menstruasi, tapi mungkin flek saja.

      terima kasih,
      maap baru dijawab, komen yang masuk banyak banget.

    2. Sy mo tnyk nih, setelah hbs masa nifas sy kb suntik 1 bln, krn sy menyusui kok terasa berkurg ASInya, stelah sy cr tau di internet, suntik kb 3 bln ternyata lbih baik untuk menyusui. Apkah ad pengaruhnya dr kb suntik 1 bln trus pindah kb suntik yg 3 bln? Mohon penjelasannya. Trims

  8. saya pernah membaca buku andai kita ingin menggunakan kb yang mengandung progestin, harus menunggu 6 minggu terlebih dahulu, baru boleh menggunakan kb tersebut apa benar?

    1. maksudnya menunggu bagaimana bu? sepengetahuan saya boleh kok langsung pake KB suntik progestin (suntik yang tiga bulanan), karena tidak berpengaruh terhadap ASI. yang tidak boleh itu pake suntik KB yang satu bulanan karena hormonnya campuran, dan akan mempengaruhi ASI.

  9. Mas sya kemaren baru lahiran tepat 17 agstusan,2 hari persalinan sya langsung pasang kb spiral sebelum pulang dr rs,,tp sebagian teman2 sy blg berbhaya jika qt langsung pasang spiral sbelum habis msa nifas,krn ktanya rahim tertutup rapat jd darah2 n lendir sisah persalinan tdk akan keluar smua atw tdk bersih yg akan mngakibatkan cancer suatu saat nnti bnarkah dmikian,oh ya sya jg lgsung suntik vaksin anti kanker serviks,aman tau bhayakah? Trims

    1. Sepengetahuan saya, pasang iud itu segera setelah melahirkan. Artinya begitu keluar bayi dan bali, langsung dipasangi iud. Itu menurut dokter yg pernah bekerja sama sewaktu kami terlibat penyuluhan di salah satu rs di cianjur. Kalo tidak segera setelah melahirkan, sebaiknya ditunggu hingga 3 bulan setelah melahirkan.
      Terkait akan menyebabkan cancer atau tidak, sy belum bisa jawab bu nina. Nanti saya coba tanyakan dl ke dokter ya. Atau bu nina bisa cari jawaban lain dari dokter yg masang iud waktu itu.
      Mohon sabar ya selagi sy konsultasikan ke dokter.
      Terima kasih

    2. Ibu Nina, ini jawabàn langsung dari dr.Handy Intan, SpOG terkait pertanyaan ibu… Semoga membantu ya

      IUD atau Spiral umumnya dipasang saat genap 40 hari setelah melahirkan atau langsung setelah lahir bayi dan plasenta. Tdk umum dipasang 2 – 3 hari setelah melahirkan. Sebenarnya tdk masalah asal diyakini bersih higiene-nya. Pemasangan spiral spt itu tdk ada hubungannya dg menghalangi darah nifa tdk keluar, krn tdk menyumbat mulut rahim, IUD dipasang diujung rongga rahim jauh dari mulut rahim. Jg sama sekali tdk ada hubungan dg kanker serviks, krn kanker serviks jelas disebabkan 70-90% oleh virus (HPV tipe 16 dan 18). Vaksinasi HPV setelah melahirkan, saat menyusui tdk masalah, tdk ada gangguan ke darah nifas dan produksi ASI. Cuma knp spt terburu2 2-3 hari setelah melahirkan langsung vaksinasi? Tenang2 saja, nanti setelah genap selesai nifas baik juga utk vaksinasi. Yg tdk dianjurkan vaksinasi hanya pada saat pasien demam tinggi dan sdg hamil.

  10. Mas kalau sesudah melahirkan trus saya tidak memakai kb tapi saya juga tidak melakukan hal sex tapi ko saya bisa hamil lagi ? Knpa bisa begitu mas ?

  11. Maaf mas sy mw tny. Sy hbs melahirkan normal 13sept lalu. 2mggu stlh mlahirkn darah nifas sdh bersih. Skg tgl lendir itupun sgt sdikit. 3minggu stlh itu sy pasang KB suntik 3bln di bidan krn sy mnyusui ASI eksklusif.Kata bidan mandirix tdk apa2 sy pasang KB sblm selapan..tp waktu sy periksa k bidan posyandu beliau mnyarankan sehabis selapan sj shrsx pasang KB suntik 3bln it. Sy jd takut itu mmpengaruhi keadaan rahim sy. Apa tdk apa2 pasang KB suntik 3bln stlh 3mggu melahirkan? Mohon penjelasanx. Terima kasih

  12. Sy mau Tanya stlah melahirkan 40 hr sy kb 3bln Dan mlm nya lngsung berhubungan juga keluar sperma di dlm,apa kemungkinan bisa Hamil ?

    1. Saya coba jawab.
      Secara teori sih tidàk ya. Karena kan sudah disuntik kb. Dan belum tentu juga anda sedang berada dalam masa subur. Apalagi jika anda masih memberikan ASI eksklusif.
      Terima kasih

  13. selamat malam mas sya mau tanya,saya baru saja melahirkan bulan september dan sekarang sudah 40 hari saya langsung kb pil sedangkan saya masih kluar flek2 coklat paska melahirkan apakah boleh langsung kb sedangkan saya masih keluar flek2 coklat sisa darah sehabis lahiran,,,mohon jawabanya.mkasih

  14. Ass sy mau tanya ,sy baru saja melahirkan 36 hari tpi sy langsung melakukan hub intim dan langsung minum pil kb .kira2 bisa hamil lg gk? Soalnya sy takut terjadi kehamilan lg

    1. wasslm.
      minum pilnya sudah rutin sebelum hubungan atau malah sesudah hubungan?
      kalo sesudah, kemungkinan hamil ada. tapi mudah2an aja anda sedang tidak masa subur ya.
      nah mulai sekarang, mending rutin saja minum pil, mau hubungan atau tidak, tetap diminum. atau kalau tidak mau ribet, mending suntik saja, tiga bulan sekali. atau kalo gak mau ribet lagi, implant, sekali pasang bisa tiga tahun. masih gak mau ribet? pakai IUD, bisa sampai 8 tahun ehehehe.
      thanks..

  15. Ass saya mau nanya tanggal 23 November saya melahirkan Dan setelah itu tanggal 19 desember saya melakukan intim dgn suami saya tapi masih keluar darah2 coklat , tapi baru kemaren lagi darah saya keluar apa itu darah haid atau masih darah nifas ? Kira2 juga Hamil atau tidak karna saya belum kb Dan saya takut Hamil lagi karna saya melahirkan secara SC . Balas

  16. Ass saya mau nanya saya baru melahirkan tanggal 23 November Dan saya melakukan tanggal 19 desember tapi saya udah tidak haid lagi Dan spermanya disimpan diluar , Dan baru sekarang darahnya keluar luar lagi apa itu darah haid atau darah nifas , saya juga takut nanti Hamil lagi karna saya melahirkan secara SC . Balas

  17. MAs saya mau ty.sesudah melahirkan saya langsung mengunakan kb susuk.saya mengunakan kb susuk baru 2 tahun aja blm ada.bru kmrin saya melakukan hubungan suami istri.keesokan hariny kok saya langsung keluar darah.lama kelamaan jadi haid.la klu ky gt gmn y mas berbahaya apa tdk? dan bagaimana solusiny

    1. tidak bu. memang efek samping dari implant ini salah satunya adalah terjadi spotting (bercak darah). nanti lama2 juga gpp kok. kalo keluhan masih berlanjut bisa datangi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut

  18. Ass.saya sudah memiliki anak satu umur 7thun.wktu habis melahirkan dulu saya memakai kb 16hari sesudah melahirkan apakah itu bisa dan tidak membuat kandungan kering?amankah pemakaian suntik kb satu bulan dlakukan stelah 2minggu melahirkan?saya sudah 6tahun tidak pake kb tapi belom hamil.solusinya gimana

    1. tidak apa-apa bu, hanya saja jika setelah melahirkan, pakai KB suntiknya yang 3 bulanan, Karena hormon yang terkandung pada suntik 3 bulanan hanya progestin saja, dan ini tidak akan berpengaruh pada produksi ASI.
      wah kalau masalah solusi kehamilan, sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan bu. mungkin nanti ada treatmen dari dokternya.
      terima kasih

  19. Mas kalau kb nya setelah 4 atau 5 bulan setelah melahirkan boleh gak?
    Karna selama slesai melahirkan sampai 4 bulan gk berhubungan dan baru mau kb stelah 4 bulan ..
    Thks.

  20. Saya sudah 4 bulan stelah melahirkan baru mau kb ..
    Apakah itu boleh?
    Karna selama ini saya gk berhubungan,karna suami kerja jauh..

  21. Ass.sya mlhirkan tgl 12februari,d hri k 15 stlh mlhirkan drah nipas ny udh sdkit sdkit,trus pas 35 hri ny sya sdah suntik kb,tp skrang udah mau 2 blan darah ny jd bnyak lgi,pa itu pengaruh dri suntk kb,dan apa berbhaya udah mau 2 blan blom brhent pndrahan..?

    1. coba diperiksakan dulu bu untuk memastikan sebab terjadinya pendarahan tersebut. kalau memang berasal dari suntik, sebaiknya dihentikan dan diganti IUD
      trims

  22. Ass mas mau tanya abis galau banget deh.. Aku kan baru selesai 40hari nifas tuh kmarin tgl 5 april nah tgl 8 nya aku suntik kb 3bulan .. Trus kalo misalkan mau berhubungan gitu nunggu brp hari dulu mas biar ga kebobolan lagi??
    Makasi sebelumnya

      1. mas saya mau nanya.
        saya kan bru 40 hri nifas.
        stlh 40 hri kb susuk.
        tros berhubungan 3hr sesudah susuk.
        kok prdrahan knpa ya?
        saya takut.

      2. mungkin masih ada sisa darah nifas?
        tapi bisa jadi karena ada efek perubahan hormon sebagai pengaruh terpasangnya implant bu

  23. mas saya mau nanya.
    saya kan bru 40 hri nifas.
    stlh 40 hri kb susuk.
    tros berhubungan 3hr sesudah susuk.
    kok prdrahan knpa ya?
    saya takut.

  24. mas, mau nanya saya pasang kb susuk sesudah 40 hri nifas.
    tros 3 hri sesudah susuk melakukan hubungan knpa prdrahan ya mas?
    apakah berbahaya.?

  25. mas saya mau tanya,saya abis melahirkan tgl 16 april lalu pada tanggal 7 mei saya di kb 3 bulan. dan ke esokkan hari ya saya berhubungan intim sama suami saya. setelah berhubngan keluar lagi darah sampai sekarang apa itu efek dari kb apa haid. soal nya saya takut kalo saya hamil lagi..

    saya mhon jawaban nya

  26. mas mau tanya saya stlah melahirkan tgl 16 april lalu tgl 7 mei saya di kb sntik lalu setelah satu hari setelah di kab keesokan hari ya saya berhbngan badan sama suami saya lalu pagi hari ya keluar lagi darah nya

    saya tkut

  27. Maaf mau nanya, saya melahirkan 2,5 bulan yg lalu, stlah 40 hari lahiran saya pasang KB 3 bln, tp smpe skrg koq msh flek coklat ya tiaphari, kadang banyak kadang sedikit, kira2 knp?apa pengaruh dr KB?? Trima kasih

  28. Selamat mlm,,,saya mau tanya,baru seminggu yg lalu saya memakai kb suntik 1 bulan, dan bayi saya br umur 5 bulan,tp saya msh memberikan asi esklusif,setelah saya suntik kb 1 bulan asi saya mlh berkurang,apakah setelah saya hentikan suntik 1 bulan,dan mengganti kb 3bulan asi saya bisa subur lg??mohon jawabanya terimakasih

    1. bisa mbak.. sebaiknya dihentikan saja suntik yang 1 bulannya.
      (maaf komennya baru ketemu, masuk folder spam kayaknya, jadi baru kebaca)

  29. mas saya mau tanya istri saya baru melahirkan anak pertama. pas udah 40 hari istri saya langsung suntik kp sore nya
    pas malem nya saya langsung berhubungan suani istri. sedangkan saya ngeluarin nya di dalem
    apakah kemungkinan hamil

  30. Assalamualaikum.. Sblumnya trmksh sya busa dpt blog ini yg bisa interaktif kpd smua penanya.. Saya mau nanya. Tp sy bercrita dlu hehe.. Tgl 21 juni 16 sya lahiran, pas 35 hri baru pasang spiral. 2 mnggu dr nifas udh jarang pke pembalut. Giliran abis pke spiral pas spekulumnya d keluarin langsung brasa darahnya makin bnyak kluar. Nah yg mau sya tanyakan benarkah nifas itu sudah pasti 40 hri? Bukannya tiap org berbeda2. Trus sampai saat ini 22 agust 16 sya msh mngluarkan lendir2 lumayan. Jd terhitung pas 2 bln nifas. Apakah ini normal pasca pasang spiral? Trus maaf * sya muslim yg sdh sangat rindu dgn sholat. . apakh ini masih termasuk normal ato msih nifas ? Trmksh mf panjang x lebar hihii soalnya asli galau.. Mohon jwbannya.. Wassalam 😊
    *mf mngkin sya jrang buka internet klo bisa n berkenan bls di email saya green_syidah@yahoo.co.id

    1. waalaikum salam bu Rasyidah,
      terkait pertanyaan ibu tentang masa nifas, biasanya berlangsung sekitar 40 hari. berdasarkan informasi dari meetdoctor.com jika lebih dari 40 hari maka ada beberapa kemungkinan:
      1. haid : cirinya, darah haid tidak dapat membeku
      2. Sisa jaringan kehamilan, misalnya ari-ari sehingga rahim tidak mengalami kontraksi dengan sempurna
      3. gangguan pembekuan darah, robekan jalan lahir dll.

      menurut situs meetdoctor.com, jika lebih dari 40 hari masih mengalami masa nifas, maka harus diperiksakan ke dokter kandungan lagi untuk memastikan penyebabnya.
      terkait masa solat, saya tidak bisa menjawabnya karena kan belum ketauan penyebabnya. terima kasih bu Rasyidah

  31. mav ni bunda”ada yg ngalamin sprti sya ga.. sya kan hbis melahirkan mei tgal 30 hbis itu nifas blom ada 40 hr udah kelar.. la pas tgal 20 juli sya dah dteng bulan slma 4hari….. nah ni yg jadi mslaha bulan agustus.a ini sya blom dtg bulan lagi.. udah telat 6hari… tp sya test pek smpe 3x msh negatf trus… pdhl sya jga nglakuin.a ga d keluarin d dlm… gmn solusi.a ya bunda”… apa sya hrs usg buat mastiin.a… cs ankq bru umur 3bulan blom pgen hamil lagi…. bulan ni pgen .a kb malah ga dtg bulan”

  32. maz saya baru melahirkan udah hampir 4bln,saya belum ikut KB..dan saya akan mengikuti KB baru sekarang.alangkah baik nya saya ikut KB yang berapa bulan ya?mohon jwaban nya.maksih

    1. halo Mbak Eky
      sekarang ini ada banyak alat obat kontrasepsi yang bisa menjadi pilihan anda. bisa pil, suntik, implant, maupun IUD.
      jika anda belum menginginkan anak lagi untuk jangka waktu yang agak lama, sebaiknya memilih IUD.
      anda bisa baca di artikel berikut ini untuk mengetahui plus minus IUD
      https://tentangkb.com/2010/07/04/tentang-iud-4-keuntungan-kerugiannya/
      atau artikel berikut untuk mengetahui apa itu IUD
      https://tentangkb.com/2009/12/03/alat-kontrasepsi-iud/

      untuk mengetahui alat kontrasepsi lainnya, silakan anda search di kolom cari file. ketikkan saja kata kunci yang ingin anda cari, misalnya IMPLANT, atau PIL, atau SUNTIK.

      demikian

      terima kasih

  33. Saya mau tanya saya lahiran 1 sep 2016 saya mau pasang kb inplant saya operasi caesar.kpn kah kira kira waktu yg tepat tuk kb inplant

      1. Ass. Mas saya mau tanya, 13bln yg lalu saya melahirkan SC 40 hari stlh nifas trs sampe skrg saya pakai suntik kb yg 3bln, saya berhubungan dengan suami mengeluarkan sperma selalu d luar. Apakah ada kemungkinan hamil lg? Soalnya saya masih blm siap buat punya baby lg. Skrg saya kadang klo pagi2 gosok gigi suka mual.

      2. Ass. Mas saya mau tanya, 13bln yg lalu saya melahirkan SC 40 hari stlh nifas trs sampe skrg saya pakai suntik kb yg 3bln, saya berhubungan dengan suami mengeluarkan sperma selalu d luar. Apakah ada kemungkinan hamil lg? Soalnya saya masih blm siap buat punya baby . Skrg saya suka ngerasa mual, apalg klo gosok gigi pagi

      3. Wasslm.
        Secara teori, tentu saja kb suntik bisa menghambat terjadinya kehamilan. Namun perlu diketahui juga bahwa alat kb suntik memiliki peluang kegagalan artinya bisa saja hamil. Untuk memastikan apakah hamil atau tidak sebaiknya dilakukan test pack.

Tinggalkan komentar