Tentang IUD (4), Keuntungan-kerugiannya!

Seperti halnya alat kontrasepsi yang pernah saya catatkan sebelumnya, bahwa setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini menjadi penting anda ketahui karena sebagai calon akseptor anda berhak memperoleh informasi yang benar tentang alat kontrasepsi yang akan anda pilih dan anda gunakan.

Termasuk IUD, sudah pasti alat kontrasepsi ini memiliki kekurangan dan juga kelebihan.

Apa saja sih kelebihan atau keuntungan dari alat kontrasepsi dalam rahim ini? berikut ini adalah beberapa point mengenai keuntungan IUD:

-       Efektifitasnya tinggi. 0,6 – 0,8 kehamilan per 100 perempuan yang menggunakan IUD (1 kegagalan dalam 125 – 170 kehamilan).

-       Akan segera efektif begitu terpasang di rahim anda

-       Anda tidak perlu mengingat-ngingat ataupun melakukan kunjungan ulang untuk menyuntik tubuh anda

-       Tidak mempengaruhi hubungan seksual dan dapat meningkatkan kenyamanan  berhubungan karena tidak perlu takut hamil

-       Tidak ada efek samping hormonal seperti halnya pada alat kontrasepsi hormonal

-       Tidak akan mempengaruhi kualitas dan volume ASI

-       Dapat dipasang segera setelah melahirkan atau sesudah abortus dengan catatan tidak terjadi infeksi

-       Dapat digunakan hingga masa menopause (1 tahun atau lebih setelah masa haid terakhir)

-       Tidak ada interaksi dengan obat-obatan

-       Dapat dipasang kapan saja, tidak perlu pada saat masa haid saja asal anda tidak sedang hamil atau diperkirakan hamil.

Selain keuntungan diatas, anda juga harus memperhatikan kerugian dan efek samping dari IUD ini, apa saja?

Ada beberapa efek samping dari penggunaan IUD ini, diantaranya:

-       Perubahan siklus haid pada 3 bulan pertama, dan akan berkurang setelah 3 bulan

-       Haid akan lebih lama dan lebih banyak.

-       Kadang-kadang terjadi pendarahan (spotting) diantara masa menstruasi

Ketiga hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pada saat seorang perempuan memilih untuk ber-KB IUD, maka akan ada alat kontrasepsi yang merupakan benda asing bagi rahim.  Karena IUD ini berbahan dasar padat, maka pada saat dinding rahim bersentuhan dengan IUD bisa saja terjadi perlukan. Hal inilah yang dapat mengakibatkan keluarnya bercak darah (spotting) di antara masa haid. Demikian pula ketika masa haid, darah yang keluar menjadi lebih banyak karena ketika haid, terjadi peluruhan dinding rahim. Proses ini menimbulkan perlukaan di daerah rahim, sehingga apabila IUD mengenai daerah tersebut, maka akan menambah volume darah yang keluar pada masa haid anda. Darah yang keluar bisa dibedakan, biasanya jika spotting, yang keluar adalah berwarna merah segar, sedangkan pada saat haid, darah akan berwarna kecoklatan.

Jika pada saat haid anda mengalami kondisi yang lebih sakit dari biasanya, itu juga ada kaitannya dengan IUD ini. Biasanya pada saat masa haid ini rahim akan berkontraksi dan dinding rahim akan sedikit berdenyut dikarenakan ada benda asing di dalam tubuh anda. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang banyak di jual bebas di apotek atau toko obat.

Nah, selain ketiga efek samping di atas, ada pula beberapa komplikasi lainnya yang merupakan kekurangan dari IUD ini, yaitu:

-       Akan terasa sakit dan kejang selama 3 hingga 5 hari setelah pemasangan

-       Mungkin dapat menyebabkan anemia jika pendarahan pada saat haid sangat banyak

-       Jika pemasangan tidak benar, bisa saja terjadi perforasi dinding uterus.

-       Tidak bisa mencegah infeksi penyakit menular seksual

-       Tidak baik digunakan pada perempuan yang rentan terkena penyakit menular seksual karena sering berganti pasangan

-       Jika perempuan yang terkena IMS (infeksi menular seksual) memakai IUD, dikhawatirkan akan memicu penyakit radang panggul.

Keterbatasan IUD harus pula anda ketahui supaya anda dapat mempertimbangkan dan meyakinkan pemilihan alat kontrasepsi ini sebagai pilihan utama anda. Apa saja keterbatasannya? Berikut saya catatkan:

-       Memerlukan prosedur medis, termasuk diantaranya adalah pemeriksaan pelvik sebelum dipasang IUD

-       Sedikit nyeri setelah pemasangan, namun biasanya akan hilang dalam jangka waktu 1-2 hari

-       Tidak dapat dipasang dan dikeluarkan oleh anda sendiri, namun memerlukan bantuan petugas terlatih. Dalam hal ini adalah bidan atau dokter

-       Ada kemungkinan IUD bisa keluar dengan sendirinya dari rahim. Hal ini biasanya terjadi pada pasien yang baru saja melahirkan dan segera dilakukan pemasangan IUD. Selain itu, posisi IUD di dalam rahim juga dapat mempengaruhi apakah IUD dapat terlepas atau tidak. Namun kejadian ini sangat langka. Cuma hitungan per mil. Artinya hanya 1 orang yang gagal dari 1000 orang yang dipasangi IUD, serta

-       Anda harus memeriksa posisi benang dari waktu ke waktu. Untuk melakukan pemeriksaan ini, anda harus memasukkan jari anda ke dalam vagina. Sebagian perempuan tidak mau melaksanakan ini.

Catatan khusus untuk IUD ini adalah terkadang timbul keluhan dari pasangan anda ketika melakukan hubungan. Beberapa kasus mencatat bahwa para suami mengeluh bahwa terdapat gangguan pada saat berhubungan. Ini dapat dijelaskan bahwa benang IUD itu sebenarnya tidak boleh terlalu panjang dan keluar dari rahim. Nah, pada kasus keluhan tersebut, benang IUD rupanya terlalu panjang dan menggantung pada lubang vagina (liang sanggama), akibatnya benang tersebut akan ‘tersentuh’ oleh suami. Inilah yang menyebabkan gangguan pada saat anda dan suami sedang melakukan ritual hubungan. Solusinya bagaimana? Tenang saja, anda tidak perlu panik atau khawatir ketika terjadi kasus seperti ini. Anda cukup mendatangi bidan atau dokter yang memasangi anda IUD. Ceritakan keluhan yang suami anda utarakan. Nanti petugas medis akan melipat benangnya ke dalam rahim anda. Meminjam istilah salah satu trainer di balai latihan dan pengembangan KB Provinsi Jawa Barat, melipat benang ini diistilahkan dengan istilah “di blow”, hehehe. Dengan demikian keluhan suami sudah terselesaikan.

Nah, dari beberapa informasi di atas, anda dapat meyakinkan diri anda bahwa IUD ini merupakan alat kontrasepsi yang tepat bagi anda karena terlepas dari keterbatasannya, IUD ini memiliki banyak keuntungan.

About these ads
Explore posts in the same categories: Alat dan metode kontrasepsi, tentang KB

Tags: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

407 Comments on “Tentang IUD (4), Keuntungan-kerugiannya!”

  1. Vincent Says:

    Dok mau tanya nih. Istri saya menggunaka IUD jenis copper T. Kemudian ketika melakukan senggama, istri sering mengeluhkan sakit pada bagian dalam vaginanya. Hal ini tidak pernah terjadi sebelum iud tersebut dipasang pada rahim istri saya dok. Sebagai informasi istri menggunakan iud semenjak awal bln oktober 2009. Jadi sudah setahun pemakaian. Mengapa hal itu bisa terjadi dok?

    Hal lain juga adalah jumlah darah yang banyak pada saat haid selama dua minggu berturut-turut. Kondisi ini menurut pengamatan saya pribadi semakin memperburuk kondisi fisik istri saya yang sehari hari bekerja (Senin-Jumat)-berangkat pagipk.07.00 dan pulang malam sekitar pk. 19.30 atau pk.20.00.

    Dalam kondisi tersebut, praktis frekuensi senggama saya berkurang karena tersita waktu pekerjaan dan rasa sakit ketika melakukan persenggamaan pada waktu weekend.
    Melihat kondisi tersebut, apa dan bagaimana saran dokter agar kami dapat melakukan persenggamaan yang nyaman dan tanpa rasa sakit.

    Terima kasih Dok. Salam sehat!

    • hadisome Says:

      Terima kasih sudah membaca2 blog saya pak vincent. salam kenal dari saya. maaf baru saya jawab karena kesibukan saya beberapa hari ini.
      pertama, saya bukan dokter. saya cuma karyawan yang mendapat jobdes sebagai melakukan penyuluhan terkait program KB.
      kedua, rasa nyeri pada bagian dalam vagina bisa saja diakibatkan karena benang kontrol IUD terlalu panjang. benang tersebut seharusnya berada di rahim hingga leher rahim, namun pada sebagian kasus, benang tersebut terlalu menjuntai hingga liang sanggama. akibatnya ketika terjadi pergesekan, akan terasa nyeri. saya ingin bertanya: apakah ketika bersenggama, bapak merasa terganggu dengan adanya sesuatu yang “mengganjal”? jika ya, bisa dipastikan bahwa itu memang benang IUD.
      sebagai solusinya, silahkan datangi dokter atau bidan praktek untuk “melipat” benang tersebut ke dalam rahim, sesuai posisi aslinya.
      ketiga: tentang volume darah haid yang banyak. ini bisa saja terjadi pada para pengguna IUD. secara logika, IUD itu adalah benda keras yang dipasangkan di dalam rahim. pada saat haid, kondisi rahim seorang perempuan itu sedang terluka. perlukaan rahim ini terjadi karena ketika haid, dinding rahim meluruh, sehingga mengeluarkan darah. nah, melihat aktivitas istri pak Vincent yang luar biasa (kerja hampir 13 jam), bisa dipastikan bahwa aktivitas istri bapak tergolong sangat aktif. keadaan ini bisa saja memicu alat IUD ikut “bergerak” dan menyentuh dinding2 rahim yang sedang meluruh. akibatnya darah yang keluar menjadi lebih banyak. saran saya, coba minum vitamin penambah darah dan makan makanan yang mengandung zat besi semacam daun singkong dsb untuk menghindari kekurangan darah.

      oya, untuk memastikan kondisi rahim dan vagina istri bapak, saya menyarankan untuk mendatangi dokter kandungan supaya dilakukan pemeriksaan.

      jika memang itu terjadi karena benang IUD, mintalah untuk menaikkannya ke dalam rahim.
      apabila sudah diketahui bahwa itu karena benang IUD, nanti bapak akan menemukan solusi *dengan sendirinya* untuk melakukan persenggamaan sehat.
      semoga berkenan
      salam… :D

    • kiki Says:

      mau nanya nih dok…, dok apa benar menggunakan alat kontrasepsi IUD tidak bikin gemuk? aku memakai IUD 1bln lbh tpi ko blm dtang haid, knp itu dok? apa krna masih menyusui? atau karena kurang’y beraktifitas ya dok…, itu aja dok pertanyaan aku.., trmksh….

      • hadisome Says:

        Hallo mbak Kiki,
        skrang yang jawab mbak Kiki, saya, yang bukan dokter hehehe…
        jadi begini, IUD itu tidak mengandung hormon, jadi tidak akan berpengaruh pada perubahan berat badan. dg kata lain, IUD itu tidak membuat gemuk. bisa jadi, karena sedang menyusui, dan kurang beraktifitas plus banyak makan kali ya, makanya jadi gemuk. itu gak ada hubungannya sama IUD ya? hehehe

        mengenai belum datang haid, bisa jadi karena dipengaruhi oleh masa menyusui anda. jadi ketika anda mengeluarkan ASI, akan ada hormon prolaktin yang menekan sekresi hormon estrogen progesteron, kedua hormon tersebut berpengaruh thd haid.


  2. makasi pak hadi atas infox..mau tanya ney kl saya sey haid normal, melahirkan 3 bulan yg lalu n pmasangan kb iud 30 hari setelah melahirkan. tapi kenapa ya sampe saat ini masih suka keluar flek darah warnax melah tua/cokelat.

    bahkan pernah 2hari setelah bersih haid, melakukan hubungan suami istri beberapa saat kemuadian keluar darah dari vagina. kira2 apa ya penyebabnya?

    sampai saat ini pun masih suka keluar flek, kl diperhatikan menyatu sama keputihan yg berwarna bening. terimakasih

    • hadisome Says:

      tentang flek ini, coba konsultasikan sama dokter, karena dikhawatirkan ada sesuatu dengan rahim. namun, jika merujuk pada pemakaian anda yang belum lama, bisa jadi flek tersebut keluar sebagai bentuk penyesuaian rahim dengan alat asing yang ada di dalamnya.

  3. yani Says:

    dok, saya yani, saya mendapat info klo iud itu alat kontrasepsi yang paling aman dan tidak memngaggu hormon. makanya saya pasang iud.. n karena pasang itu haid saya tidak berhenti-berhenti hingga 1 bulan apakah itu hal yang wajar? juga tolong jelaskan cocok pakai iud itu seperti apa(perubahan pada fisik)? terima kasih dok :)

    • hadisome Says:

      salam mbak yani. saya bukan dokter. cuma penyuluh kb aja :)
      benar, IUD itu aman dan tidak mengganggu hormon karena dia adalah alat yang dipasang di dalam rahim.
      mengenai haid yang tidak berhenti ada baiknya mbak yani periksakan ke dokter. namun sedikit gambaran dari saya, bisa saja itu adalah masa penyesuaian rahim terhadap alat asing yang ada di dalamnya. biasanya masa adaptasi ini memakan waktu antara 3 hari hingga beberapa minggu.

      jika ditanya wajar atau tidak, saya pikir sudah mulai tak wajar jika haid menjadi banyak. saran saya coba datangi kembali dokter yang memasangkan IUD untuk anda. tapi anda tak perlu khawatir dulu karena ada banyak faktor yang mempengaruhi banyaknya darah haid yang keluar. bisa dari aktivitas berlebih dari anda sendiri sehingga letak IUD yang masih menyesuaikan agak sedikit berubah ubah, akibatnya menyentuh lapisan dinding rahim yang meluruh. sehingga darah haid menjadi lebih banyak dari biasanya.

      tapi saran saya tetap datangi dokter yang memasang IUD anda. konsultasikan dengannya karena dia yang tahu kondisi rahim mbak yani.

      ciri2 kalo cocok? tak ada ciri khusus sih karena IUD ini tidak berpengaruh terhadap perubahan fisik.

      thanks

  4. irma wiliai Says:

    dok,,saya sudah 4thn memakai IUD,,sejujurnya sya benar2 kurang tau info mengenai bentuk dan teknis pemasaangan IUD di dalam tubuh itu sprti apa..pada saat buang air kecil,,benang IUD ternyata lepas..apakah ada lagi bagian dr IUD yg tertinggal di tubuh saya??trims

    • hadisome Says:

      pertama, ada yg perlu diluruskan mbak irma. saya bukan dokter hehe…
      teknis pemasangan IUD itu sederhana, dengan menggunakan alat sebesar sedotan plastik bernama inserter, IUD dimasukan melalui liang vagina. kemudian ditempatkan di dalam rahim.
      benang IUD itu pasti menyatu pada IUDnya sendiri karena dia berfungsi sebagai alat kontrol apakah iud masih ada atau ngga. kasus IUD lepas itu sangat jarang. 1/1000 kemungkinan.
      jika pada saat buang air kecil benangnya lepas, ada kemungkinan IUDnya pun lepas. untuk memastikannya coba periksakan ke dokter atau bidan terlatih

  5. Diana Says:

    Salam kenal p. Sy pengguna IUD jenis copper T sejak 4 thn lalu hingga skrg, yg dipasang setelah menjalani operasi caesar anak pertama. Bbrp bln yg lalu, sy mrs sakit pd punggung spt melilit hingga tdk bs jln. Stlh diperiksa oleh dktr kandungan, posisi IUD tsb tdk normal, namun IUD tsb blm dibetulin/dilepas hingga skrg. Saat ini sy mrs sering sakit punggung & perut terasa mules bahkan spt org hamil/perut m’besar, dan sangat mengganggu aktivitas sy. Yg ingin sy tanyakan, apakh mngkn ada pengaruh dr IUD tsb ?? Kmdn apakh ada jg pgrh umur thd penggunaan IUD, skrg umur sy 31 thn dg 1 putri, p ??? Bgm utk kehamilan sljtnya, apa ada pgrhnya ?? Trm ksh atas jwbn Bpk.

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali ibu Diana. waduh, saya turut prihatin atas kondisi yang terjadi pada Ibu. tentang posisi IUD yang tidak normal, seperti apakah ketidak normalannya bu?
      saran saya, jika memang posisi IUDnya tidak normal dan menyebabkan rasa sakit, lebih baik dicabut dulu saja. tapi terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter yang memeriksa ibu karena saya tidak tahu persis bagaimana ketidak normalan itu. tim medis akan membantu ibu.
      faktor umur tidak mempengaruhi. IUD ini didesain sebagai metode kontrasepsi jangka panjang. sekali masa pasang bisa sampai 8-10 tahun. usia ibu masih tergolong muda, jadi rasanya baik-baik saja kok si IUDnya. kecuali ada salah prosedur ketika pemasangan, makanya sekarang posisinya menjadi tidak normal. utnuk kehamilan selanjutnya, IUD ini tidak berpengaruh besar. artinya, jika Ibu ingin hamil lagi, ibu tinggal melepas IUD tersebut. insya Allah kesuburan segera kembali karena IUD ini bukan alat hormonal.
      Ibu, tentang kondisi punggung sakit dan perut mules, saya sarankan untuk ibu tidak menunda pemeriksaan ke dokter kandungan. biar diperiksa secara holistik dan nyata kondisi rahim ibu, karena jawaban saya ini ibaratnya hanya menebak-nebak saja, sedangkan dokter kandungan yang memeriksa ibu akan memberikan jawaban berdasarkan hasil pemeriksaan.
      semoga lekas sembuh dari rasa sakitnya.
      salam dan terima kasih sudah berkunjung.

  6. tika Says:

    lam knal< saya mau nanya neh, saya pengguna IUD tp stlah pemasangan IUD slma 1 bln sya flek trus tp stelah bersih slma 1,5 blan saya belum mens…pa keadaan seperti itu wajar?thanks

  7. tika Says:

    lam knal saya mau nanya neh, saya pengguna IUD tp stlah pemasangan IUD slma 1 bln sya flek trus tp stelah bersih slma 1,5 blan saya belum mens…pa keadaan seperti itu wajar?thanks

    • hadisome Says:

      biasanya, itu adalah hal yg wajar karena ketika dipasangi IUD, rahim akan mengalami penyesuaian, salah satu penyesuaiannya adalah dengan keluarnya Flek.
      tentang Menstruasi, itu dipengaruhi oleh faktor psikis. apakah anda sedang mengalami stress atau banyak pikiran saat ini? jika ya, itu akan mempengaruhi menstruasi, haid jadi tidak teratur. tunggu saja hingga bulan berikutnya, jika tidak mens, saya sarankan untuk diperiksakan ke dokter kandungan.

      salam

  8. Syifa Says:

    lam kenal,
    Gini, saya suka parnoan ttg IUD, krna blum pnya bnyak pengalaman. Saya sering risau takut posisi IUD berubah akibat gerakan2 tertentu. Klo posi2 IUD berubah tp masih ttp d dalam, bisakah terjadi kehamilan? Ada ga gerakan ato penyebab lain ygb memungkinkan posi2 IUD berubah? Kalo wktu hubungan intim gerakannya “kuat”, bisa menyebabkan posi2 IUD berubah?
    Segitu ajja,mkasih atas perhatiannya! Ditunggu jawaban Anda secepatnya!

    • hadisome Says:

      salam mbak syifa, maaf saya baru online lagi setelah bbrp hari cukup tersita dengan kesibukan.
      setau saya, IUD itu tidak akan berubah posisi kecuali ada kesalahan prosedur pada saat pemasangan…
      adapun ketika berhubungan intim gerakannya ‘kuat’ itu juga tidak akan mengubah posisi, karena penis seorang laki2 tidak akan pernah menembus rahim seorang perempuan.
      jadi jangan khawatir, gunakan saja IUD, insya Allah anda bisa menunda kehamilan.

  9. laely Says:

    salam kenal. Sudah hampir 2 bulan saya pake IUD di bidan,tp dr awal pake smp sekarang ngeflek terus. Saya sdh konsultasi ke bidan yg masang trus dkasih obat tp blm ada perubahan, kdg ada rasa nyeri di perut bagian bawah. Apa iya krn proses adaptasi? Apa iya flek itu biasanya keluar smp 3 bln? Soalnya mau dicopot terus terang bingung mo KB apa lg. Pengenya yg bkn hormon

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali
      pada dasarnya setelah pemasangan IUD itu memang ada masa adaptasi. masa adaptasi ini berbeda-beda pada setiap orang ada yang hanya satu hari, tiga hari, seminggu, sebulan, bahkan sampai enam bulan, tergantung kondisi tubuh dan aktivitas yang dilakukakn. masa ini ditandai dengan rasa nyeri dan mengeluarkan flek.
      saya kira saat ini anda coba dulu ikuti saran dari bidan, obatnya diminum saja dulu, kalo misalnya masih mengeluarkan flek setelah enam bulan, silakan anda periksakan kembali

  10. fanda Says:

    slm knal…
    lgsung sja saya ingn brtnya,apakah stlah benang IUD ‘dilipat’ dpt kmbali pajang/trlepas lipatanya?jika iya,lalu bgmana solusinya tnp hrs bolak balik ke dokter/bidan?

  11. RISKA Says:

    ssippp blognya pak,
    salam kb

  12. Winie Says:

    Lam kenal pak.saya adalah pengguna IUD.pada saat pipis saya membersihkan liang vagina saya dengan cara memasukkan jari tengah saya kedalam vagina.dan ternyata ada yang tersentuh oleh jari saya.yang mau saya tanyakan apa kah itu benang IUD??kalo iya berarti dgn jari saja tersentuh apa lg dengan penis.harus di blow jg benangnya???
    satu lagi,kalo rasa gatal di dalam vagina paling dalam apa itu dampang dari pemasangan IUD?terima kasih.

    • hadisome Says:

      @Winie: salam kenal kembali.
      iya, itu benang IUD. tanyakan pada suami anda, apakah ada yang ‘mengganjal’ pada saat berhubungan atau tidak? jika memang ada keluhan dari suami, berarti benang IUD nya terlalu panjang, dan memang harus di blow.
      tentang rasa gatal, bisa banyak faktor yang menyebabkannya. salahsatunya adalah kebersihan dari vagina itu sendiri. saya sarankan jangan terlalu sering menggunakan sabun2 sirih dan sejenisnya. untuk memastikan itu dari IUD atau bukan, silakan datangi bidan atau dokter kandungan sekalian untuk memeriksa (kontrol) iud nya

  13. Yuni TS Says:

    Saya pake IUD Nova T 7 bln yll. sebelumnya saya 2 thn menggunakan KB suntik 3 blnan. tp setelah pake IUD sejak dipasang sampe sekarang saya terus mengalami flek, warnanya kadang2 coklat tua atau malah ada darahnya. dengan keadaan tsb apakah saya tidak cocok menggunakan IUD atau karna letak IUDnya tidak pas? pernah periksa ke bidan katanya itu karna pengaruh hormon KB suntik yang belum hilang. tks

    • hadisome Says:

      mbak Yuni, bisa jadi itu memang pengaruh hormon dari KB suntik yang anda gunakan lebih dari setahun. sama bidannya dikasih obat ngga? kalo iya, coba aja diminum obatnya sesuai anjuran bidan. kalo letak IUD ngga pas, saya kira bidan yang memasangi IUD kepada anda jauh lebih tahu tentang posisi IUD anda. saran saya coba kontrol ke bidan tersebut untuk memastikan posisi IUD anda. sebagai catatan: letak IUD yang tidak pas itu sangat jarang terjadi. saya malah menduga flek dengan spotting (bercak darah) ini merupakan proses adaptasi rahim anda dengan alat IUD yang ada di dalamnya…
      salam

  14. Fanny Says:

    Salam kenal pak, pengen nanya juga neeh ttg IUD. Saya pasang sekitar 1 bulan yg lalu, sekitar awal maret. Memang setelah itu ada flek2 yg kata dsog-nya karena penyesuaian. Tapi sebulan kemudian fleknya datang lagi,dan setelah 3hr dibarengi dengan darah tapi jumlahnya sedikit. Saya langsung mengira itu adalah menstruasi, tp kok bisa secepat itu ya? (saya baru melahirkan bulan januari kemarin) dan tidak ada rasa sakit, jumlah darah yg keluar juga ga banyak, dan berlangsung 7 hari. Tapi seminggu kemudian fleknya keluar lagi tapi cuma sehari sekali dan dijam yg sama. Sekitar jam4-5 sore. Kalau merujuk pada penjelasan sebelumnya, apakah mungkin rahim saya masih beradaptasi? jujur, saya masih agak trauma untuk berhubungan dengan suami, pasca melahirkan dan pasang IUD, jadi ampe sekarang belum berhubungan lagi hehehehe….dan pastinya takut hamil lagi. Terakhir kontrol 28 maret yg lalu kata dokter posisinya sudah bagus dan ukuran rahim sudah mengecil, tapi ketakutan untuk hamil lagi masih menghantui, karena ternyata pake IUD ga kerasa apa2, jd ragu ni IUD sebenernya ada ato ga ya? hehehe…mohon pencerahannya ya pak…khawatir neeh…maklum pertama kali pasang.
    thanks before.

    • hadisome Says:

      dear Ibu Fanny…
      masa adaptasi IUD pada setiap orang itu berbeda-beda. ada yang hanya satu hari, tiga hari, bahkan ada yang lebih dari tiga bulan, itu semua tergantung kondisi fisik tubuh. saya kira anda termasuk yang harus beradaptasi agak lama. tentang trauma, itu wajar pada setiap perempuan, tapi jangan kelamaan. kasian lho suami anda hehe.. apalagi dokter bilang, ukuran rahim sudah mengecil dan posisi IUD sudah bagus… nah pas diperiksa, IUDnya ada atau nggak? kalo masalah kerasa ngga kerasa, kata sebagian orang memang kalo sudah dipasang itu katanya tidak kerasa apa-apa, itu artinya rahim anda tidak bermasalah. kalo kerasa sakit, berarti ada sesuatu dengan rahim.
      kalo misalnya khawatir dan ingin tahu apakah IUDnya masih ada atau nggak, coba anda raba saja benangnya. caranya, anda masukan jari anda ke dalam vagina, kemudian raba benangnya, jika terasa ada yang kasar, itu adalah benangnya, dan artinya IUDnya masih ada. tapi jika anda masih tidak yakin, saya sarankan untuk melakukan kontrol ke bidan atau dokter…
      dont worry, IUD mah aman kok… selamat meraba :D ^_^

  15. feby Says:

    selamat sore, ikut share nih, pada pemakaian iud sama suami yang dulu ngga ada keluhan apa-apa lancar,waktu itu dipasang tahun 2007 ukurannya lumayan panjang seukuran pensil panjangnya dan baik-baik saja ngga ada keluhan yang berarti. sekarang saya sedang berhubungan dengan pria luar,dan dia bilang ukurannya gede sekali, saya jadi ketakutan sendiri, yang mau saya tanyakan adalah, aman atau tidak tetap make iud dengan ukuran pasangan baru saya yang sebesar itu? atau harus di ganti dengan ukuran iud yang lebih kecil? tolong kasih penjelasan sejelas-jelasnya saya ketakutan, tapi saya juga cinta mati, sama pasangan baru saya tolong ya dok terimakasih

    • hadisome Says:

      dear mbak Febby.
      pertama2, selamat ya hehehe…
      tentang ukuran pria bule yang gede dan hubungannya dengan IUD, anda tak perlu khawatir, karena letak IUD itu ada di dalam rahim, bukan di vagina, sedangkan penis pasangan bule anda, hanya akan mentok di lubang vagina, dan tak akan pernah tembus ke dalam rahim. jadi, aman2 saja…
      selamat ber ehm :D

  16. zee Says:

    sedikit sama dgn mb.feby, saat pasangan hidup sy mantan suami yg dulu(org indonesia) setelah berhub intim tidak pernah terjadi pendarahan dok, tp sudah 2 bulan ini setiap berhubungan dengan suami sy (saya bercerai dan kebetulan mendapatkan pria bule) yg ukuran P nya lebih besar dan panjang, dan cara dia saat bersenggama selalu dengan RPM(kecepatan) tinggi dan dilakukan berulang2 dlm semalam, kok keesokan harinya saya langsung berdarah-darah seperti mens y dok.. padahal seminggu sebelumnya saya baru selesai haid… apakah ini pengaruh iud yg msh ada di rahim saya dok? trimakasih,,, sy tunggu penjelasan nya,,

    • hadisome Says:

      Dear mbak Zee.. Menurut teori sistem reproduksi, alat reproduksi perempuan untuk bersenggama adalah liang senggama ( lubang vagina), berbentuk seperti saluran dan terhubung langsung dengan rongga rahim. Nah IUD tersebut berada di rongga rahim, sedangkan “jatah” untuk suami anda hanya liang sanggama (vagina) tersebut. Jd kemungkinan IUD bertemu dengan kepunyaan suami sangat kecil. Menurut teori lagi, sebesar dan sepanjang apapun penis, hanya mentok sampai mulut rahim.
      Jd saya berasumsi bahwa pendarahan yg terjadi bukan dari IUD, melainkan dari gaya anda berdua ketika berhubungan. Apalagi dilakukan dengan tempo yg cepat dan berulang2.
      Kemungkinan lain, bisa juga dari IUD scr tidak langsung. IUD di dalam rahim turut ‘terguncang’ sehingga menimbulkan semacam luka di dinding rahim. Untuk lebih jelasnya saya sarankan mendatangi dokter kandungan untuk memastikan dr mana sumber pendarahan tersebut mengingat riwayat anda ketika bersuami orang indonesia, anda tak pernah mendapati masalah dg IUD tersebut…

      Salam RPM tinggi, hehehe

  17. Dewi Says:

    Salam kenal pak, sy sudah memakai IUD selama 5 bln stlh melahirkn anak kedua, keluhan awal pemasangan tidak ada cm normal kluar darah selama 3 hr. sampai 5 bln ini sy blm haid kt dokter krn menyusui, tp kok sy agak terganggu krn keluarnya lendir keputihan, apakah ini dampak dr IUD?makasih

    • hadisome Says:

      Kemungkinan dokter anda benar, karena ketika menyusui (apalagi ASI eksklusif, maka haid belum akan keluar, ini jg disebut metode KB amenorea laktasi).
      Tentang keputihan, ada banyak faktor penyebab salahsatunya bisa dr kebersihan organ kelamin. Namun untuk kasus anda saya tidak berani memastikan drmana. Bisa jg dr IUD sbg bentuk msh beradaptasinya rahim dg benda ‘asing’ didalamnya. Biasanya jika ada keputihan spt itu, dokter memberikan obat. Apakah anda sudah diberi obat oleh dokter anda? Jika belum coba konsultasikan lagi sebaiknya obat apa yg diminum..

      Terima kasih sudah mampir di blog saya

  18. zee Says:

    hehehehe.. salam nya kok pake rpm tinggi jg..*(jd maluu..),sudah hampir seminggu nih pendarahan nya, n sekarang 3 hr terakhir jadi ada rasa gatal2 d labia V, knp y dok, apa jgn2 sy terkena pms? yg dibawa suami sy yg sekarang? sebelumnya tidak pernah ada keluhan di area V sy… duuh, jd makin risau saya dok..

  19. hadisome Says:

    Pms? Memang suami anda mengidap pms?
    Sayangnya kita tidak bisa mendiagnosa lsg ya apakah itu efek iud atau pms. Saya sarankan coba konsulkan dg dokter spesialis secara nyata biar ada pemeriksaan langsung. Semoga bukan pms

  20. enny roespita Says:

    Salam kenal Pak, sebelumnya saya sudah memasang iud selama 5 tahun.Karena jangka waktunya sudah habis, iud yang lama saya ganti dengan IUD yang baru.Namun setelah pemasangan keluar flek warna coklat, kadang warnanya merah seperti darah segar.Apakah rahim perlu adaptasi dengan IUD yang baru mengingat saya sebelumnya sudah pernah pake IUD dan sampai berapa lama flek/darah merah berhenti. Thanks

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali bu enny…
      kemungkinan memang penyesuaian lagi bu walaupun sebelumnya ibu pernah memakai IUD.
      berapa lama? tergantung dari kondisi ibu sendiri. mudah2an tidak lama. biasanya bidan/dokter akan memberikan obat. jadi saya sarankan ibu untuk kontrol kembali ke dokter yang memasangi IUD agar kondisi fleknya terkontrol dengan pemberian obat yang sesuai.

  21. leny Says:

    lam kenal pak,mo nanya klo mo lepas iud tp ude ndak menstruasi lg gimana ya?
    sakit kah?thank’s :)

  22. dwi astuti Says:

    salam kenal….saya udah lama memakai iud….sejak anak pertama lahir…lalu tiga tahun kemudian saya lepas krn ingin kembali hamil…ternyata lama sekali saya tidak hamil2….sampai tiga tahun kemudian saya bisa hamil….setelah kelahiran anak saya yang kedua saya pakai lagi iud…namun setelah 6 bulan pemakaian kok siklus haid saya jadi tidak teratur…klu dihitung hitung bisa 2 kali dalam satu bulan(2 minggu dari haid pertama)….namun dengan msa haid yg normal…5-7 hari….yg saya tanyakan apakah itu masih tergolong normal pada pemakain iud? ….sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    • hadisome Says:

      wah, terjadi perubahan pola haid ya? sudah diperiksakan ke spesialis kandungan belum?
      setau saya kalopun terjadi dua kali dalam sebulan, ada kemungkinan salah satunya bukan haid, tp pendarahan biasa. kalo memang pendarahan, ada kemungkinan dari IUD yang dipasang tersebut.

  23. novi Says:

    malam dok…. Langsung tanya nih..
    Saya memakai IUD copper T, yg mnrt SpOG bs untuk jangka wktu 7thn. Skrng tahun kelima, tepatnya 5 thn 2bln stlh pemasangan.
    Yg ingin saya tanyakan adalah, selama 2 bln terakhir ini knp haid sy tdk teratur ya dok? 2 bln lalu, haid hanya berupa flek2 saja dan cuma 3 hari (biasanya lama dan banyak). Nah bulan ini lbh gawat lagi, 2 minggu haid berupa flek, minggu ketiga haid spt biasa. Jadi, total 21hari mengeluarkan darah.
    Apakah itu ada hubungannya dng IUD yg sdh 5thn itu? Oya, stlh haid terakhi, dan stlh bersenggama, esoknya saya mendapati spot di cd sy, msh terlihat merah segar.
    Mohon penjelasannya dok. Terima kasih sebelumnya….

    • hadisome Says:

      siang mbak, maaf baru bisa online lagi. kemaren kuota internet saya habis. mo balas dr bb, ga enak ngetiknya hehehe…
      1st, saya bukan dokter, jd saya tidak bisa menjawab detil. saya hanya seseorang yg bekerja di bidang KB.
      pertanyaan saya, apakah selama 5 tahun pemakaian pernah kejadian yg sama?
      pertanyaan selanjutnya, apakah kondisi anda sedang banyak tekanan saat ini?
      setau saya, jika anda tidak cocok dengan IUD, maka reaksi keluar flek2 itu akan terlihat di awal pemasangan. sebenarnya sih bukan tidak cocok, tp lebih ke ‘sedang beradaptasi’. kalo sudah 5 tahun spt ini, saya kira ada kaitannya dengan perubahan hormon di dalam tubuh. perubahan hormon ini dipengaruhi juga oleh tingkat stres.
      jadi jawaban saya sekarang berupa pertanyaan dulu hehehe…
      makasih sudah mampir di blog saya :D

  24. novi Says:

    mksh atas responnya…. Gpp dpanggil dokter, anggap aja do’a, diamiini saja…heee….
    Sy jawab pertanyaannya ya. Baru kali ini kejadiannya. Tingkat stress? Sy rasa sy sdng dlm kondisi stabil, artinya tdk dlm tekanan. Oya, sy lupa menyampaikan, sblm kejadian ini, sy menggunakan semacam obat gurah vagina berbentuk tongkat. Memang permukaannya agak kasar selain keras tentunya. Apa sy teriritasi obat tsb?
    Sebenarnya malu mengatakan ini, tp barangkali ada yg pernah mengalami hal yg sama, jd bisa share jg di sini. Atau yg jg pnya masalah yg sama, tp malu mengatakannya, maka sy sekaligus mewakili mrka ;)
    Hari ini sy melepas IUD di bidan terdekat. Dan menurut Bu Bidan, ada luka d dlmnya. Diberi albothyl. Tp sy tdk diberi obat minum. Mnrt pak Hadisome, bgmna?

    • hadisome Says:

      hahaha, doa yang terlambat mbak.. tp saya amini deh. amin.
      saya menduga ada sebab lain yang menyebabkan timbulnya flek, makanya saya nanya apakah mbak sedang dalam kondisi stres atau tidak. ternyata memang ada sebab lain kan? tongkat gurah itu panjangnya segimana? sepanjang telunjukkah? atau lebih?
      saya kok curiga, itu flek terjadi karena tongkat tersebut. oya, kemungkinan itu luka timbul karena IUD terdorong oleh tongkat sehingga pada saat haid, posisi IUD tersebut ‘menekan’ dinding rahim yang sedang meluruh dan terluka (mengeluarkan darah), akibatnya, menstruasi anda seolah2 tidak berhenti.
      tentang IUDnya yang dilepas, ya gpp, lepas saja dulu. mbak amati keadaan diri dan siklus menstruasinya. apakah masih terjadi flek setelah dibuka. apakah masih berlangsung lama (sampe 21 hari keatas) dsb.
      oya, sejak mbak bilang haidnya 21 hari, saya yakin, itu sudah bukan murni darah haid, karena ajaran agama saya menyatakan haid seorang perempuan itu paling lama 15 hari. lebih dari itu adalah penyakit.
      semoga mbak Novi cepet pulih ya. untuk sementara, silakan pakai alat kontrasepsi yang lain.
      salam

  25. novi Says:

    trma ksh lagi atas jawabannya….
    Ya benar, dlm islam dijelaskan darah yg tergolong darah hai paling lama adalah 15 hr.
    Masalahnya sy bingung, pertama kali mengeluarkan darah itu, apakah benar haid (pdhl blm waktunya) atau krn luka?
    Tp benar bpk bilang, sy tunggu saja perkembangannya.
    Sekali lagi terima kasih atas responnya :)
    wassalam

  26. ratri Says:

    Pertama saya mengucapkan terima kasih banyak atas informasinya.
    Dan kedua saya ingin menanyakan,apakah tidak berbahaya bila rahim kita terus menerus luka karena gesekan IUD tersebut? Dan setelah pelepasan IUD dan kemudian menginginkan hamil apakah tidak mempengaruhi pembuahan karena rahim yang terluka tadi.Tolong dijelaskan.
    Thanks

    • hadisome Says:

      Dear ibu Ratry
      Sebenarnya luka tersebut hanya istilah untuk menggambarkan kondisi rahim saat sedang menstruasi dimana terjadi peluruhan dinding rahim. Adalah sebuah mekanisme alamiah seorang perempuan mengalami masa haid setiap bulan, dan secara alami pula rahim seorang perempuan akan menyembuhkan ‘luka’ tersebut, ditandai dengan berhentinya menstruasi. Jd jangan dibayangkan bahwa iud akan melukai rahim terus menerus. Maksud ‘luka’ disini adalah apabila pada saat haid, lalu aktivitas anda berlebih sehingga mengakibatkan posisi IUD berubah maka kemungkinan iud tersebut menyentuh bagian dr dinding rahim yg telah meluruh, akibatnya darah yg keluar semakin banyak. Tp jika kondisi tidak sedang haid, seberat apapun aktivitas, tidak akan memberikan efek apapun.
      Tentang iud dan kehamilan,sekali lagi iud ini bukanlah alat yg berbahaya yg bisa menyebabkan luka rahim terus menerus. Jd tidak akan melukai secara berlebihan kecuali terjadi kesalahan prosedur pemasangan. Sekali lg, luka tersebut terjadi krn memang rahim sedang meluruhkan dinding2nya. Jadi apabila tidak haid, ya tidak ada bagian yang luka, so Kehamilan akan berlangsung seperti biasanya, bahkan kesuburan akan kembali dengan cepat.
      Mudah2an jawabannya memuaskan ya

      Salam

  27. astika Says:

    dear mas hadi,
    saya mau tanya, kan saya haid hari jumat, kemudian saya pasang iud copper T hari minggunya, koq haid saya berhenti total pas hari kamis ya? lalu keluar cairan bening dgn volume yg cukup banyak. nah yang saya mau tanyakan :
    1. apakah rahim saya bermasalah? kerena dokter yg masang kb iud ini bilang kalo saya akan dapt haid selama kira2 dua mingguan, tapi koq baru 7 hari aja haid saya sudah bersih.

    2. kenapa ada rasa mengganjal d vagina saya? katanya iud adanya kan d dlm rahim. tapi kenapa rasanya seperti ada d lubang vagina ya? apa iud saya copot tanpa saya sadari?

    3. trus ada perasaan agak gatal ya? padahal saya blm berhubungan dengan suami saya.

    apakah keluhan saya d atas wajar mas? masalahnya saya baru menggunakan iud. terima kasih…..

    • hadisome Says:

      Salam ibu tika
      1. Menjawab pertanyaan ibu tentang apakah kondisi rahim bermasalah, saya tidak bisa menjawab langsung krn untuk mengetahui kondisi rahim ibu dibutuhkan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, namun tentang perkara haid, ada kemungkinan memang haid ibu berlangsung 7 hari saja. Seperti normalnya kebanyakan perempuan. Perkiraan dokter bisa saja meleset krn awal2 pemasangan IUD ini memang membutuhkan masa adaptasi yang berbeda2 pd setiap akseptor.

      2. Tentang rasa mengganjal di vagina, mungkin itu dari benang yg terlalu menjuntai. Coba ibu cek dengan menggunakan jari ketika membersihkan area vagina, apakah benang teraba atau tidak. Jika teraba, saya sarankan untuk menghubungi dokter yg memasangkan iud anda, minta pada dokter untuk melipat benang yang terlalu menjuntai tersebut

      3. Tentang rasa gatal, katanya memang seperti itu pada sebagian akseptor. Ada perasaan tidak nyaman ketika awal2 pemakaian… Biasanya tidak berlangsung lama.

      Untuk lebih jelasnya saya sarankan pasca pemasangan ini ibu kembali ke dokter untuk melakukan kontrol sesuai dg prosedur pemasangan baru iud.

      Trims

  28. ratri Says:

    saya pakai IUD udah 4 bulan trus mens saya jd gak teratur kadang jarak 1minggu udah mens lagi,kadang jg 2 mingguan.tapi lebih seringnya 1mingguan sih.dulu sebelum pke IUD untuk neraturin mens aku pake pil KB diane 35.seumpama aku minum pil itu lagi gimana ya?bahaya gak?

    • hadisome Says:

      minum diane ya? hmmm, dibilang berbahaya sih kayaknya nggak soalnya IUD yang dipakai kan non hormonal. tapi sebelum mengkonsumsi itu, coba ibu Ratri konsulkan lagi sama dokter yang memasangi IUD.
      saya sih tidak menyarankan ibu untuk dobel alat kontrasepsi… :D

  29. astika Says:

    maaf mas, kalau boleh tau, benang iud itu seperti apa ya? masalahnya saya sendiri tidak tau bentuknya. apa seperti benang jahit???? hehehe (soalnya pada waktu pemasangan iud, saya menutup mata saya). trus berpengaruh ga ke posisi iud apabila saya menggendong anak saya yang bb nya 12 kg? terima kasih….

    • hadisome Says:

      coba ibu lihat di gambar yang saya sertakan di salah satu artikel mengenai IUD ini. disitu saya tunjukan benang IUD nya… mirip seperti benang nylon untuk mancing… nanti kalo misalnya ibu mau cek sendiri, raba saja pake jari telunjuk…
      posisi IUD gak akan berubah kok meskipun menggendong anak, karena di dalam rahim, IUD sudah pas (sesuai) dengan rahim. kecuali ada kesalahan prosedur pada saat pemasangan….

  30. astika Says:

    ok…. terima kasih y mas… infonya bermanfaat sekali :)

  31. agustina fatrochani Says:

    mau tnya,saya memaka IUD jenis nova T 4 bln lalu,1 bulan pertama haid saya banyak tp 1 bulan berikutnya hingga sekarang saya tidak pernah haid, tp keputihan lebih sering.kondisi seperti itu normal atau tidak? terima kasih

    • hadisome Says:

      Normal ngga ya?
      Tergantung sih Bu… Tapi jika merujuk pada waktu pemasangan bahwa ibu baru saja dipasang 4 bulan, ada kemungkinan ibu masih berada pada masa adaptasi. Dimana ketika adaptasi memang akan terjadi keputihan. Sedangkan untuk ketidak teraturan haid, kadang2 pd sebagian perempuan yg dipasangi iud memang seperti itu. Tp adakalanya lancar2 saja.

      Sy ingin tau, apakah ibu pernah melakukan kontrol pada dokter yg memasangi iud?

      • agustina fatrochani Says:

        pernah, terakhir tanggal 16 april lalu untuk skrg belum pernah kontrol lg, pada saat diperiksa keadaan iud normal2 saja

  32. hadisome Says:

    sebaiknya sekarang coba dikontrol lagi, biar ketahuan.
    oya, teman saya pernah kena kasus serupa, dan ternyata dia diberi obat oleh dokter untuk mengatasi keputihannya

  33. astika Says:

    mas tanya lagi donk…. apa kalau darah sudah berhenti, saya harus berendam dgn air pk? makasih jawabannya ya mas….

  34. eka Says:

    mau tanya mas,,,saya pasang iud sudah 3 minggu haidnya belum berhenti-berhenti.jdi sminggu pertama haid saya sedikit dan sempat berhenti 1hari lalu saya melakukan hubungan intim tp shari setelahnya saya haid lagi sampai sekarang bahkan keluarnya banyak terus..knp bisa begitu y mas?trs apa boleh saya meminum obat untuk menghentikan haid saya karena jujur saja ini sangat mengggangu kegiatan saya sehari-hari…terima kasih

    • hadisome Says:

      mbak, apakah benar itu darah haid? saya kok berpikiran jika itu bukan darah haid, melainkan spotting atau bercak darah yang keluar berbarengan dengan saat berhentinya masa haid anda.
      kalau memang itu spotting, itu adalah hal yang wajar pada perempuan yang baru saja dipasangi IUD. jangka waktu spotting ini berbeda-beda pada setiap perempuan, rentang waktu kemunculan spotting ini mulai dari tiga hari sampe beberapa bulan selalu terjadi.
      nah jika memang itu spotting berarti itu normal.
      beberapa dokter memang memberikan resep untuk menghentikan pendarahan. namun berhubung saya bukan petugas medis, saya pikir mendingan anda coba konsultasikan dulu dengan dokter untuk meminum obat berhenti haid tersebut.
      salam

  35. LUNA EKA MUKTI Says:

    SALAM KENAL…. MO TANYA NI, APAKAH SETELAH KB IUD BISA SEGERA HAMIL LAGI? DULU SELAMA 1 THN, SY PAKE IUD, TRS DILEPAS, TAPI SAMPE SAAT INI UDAH ADA 4 THN, SY BELUM JGA HAMIL, PADAHAL SEL INDUK TELUR SUBUR… BAGAIMANA SOLUSINYA? MAKASIH

    • hadisome Says:

      mau jawab juga nih, (kok tulisannya di capslock semua T_T kayak lagi marah2)
      setelah IUD bisa hamil? sangat bisa, menurut teori sih seharusnya begitu dilepas, kesuburan akan segera kembali. artinya anda bisa langsung hamil lagi (jika dan hanya jika Tuhan memang berkehendak). menurut pengalaman teman saya pun, sebulan setelah dia dilepas IUD, dia juga sudah positif hamil.
      solusinya bagaimana? coba anda pelajari cara menghitung masa subur, jadi anda bisa memperkirakan kapan saat2 subur anda. masa subur adalah masa dimana sel telur anda sedang keluar dan berada di dalam saluran telur. Pada saat masa subur inilah anda disarankan untuk berhubungan intens dengan suami.
      sederhananya, satu minggu sebelum dan sesudah haid katanya adalah masa subur. untuk lebih jelasnya silakan anda search di blog ini, saya pernah menuliskan bagaimana cara menghitung masa subur tersebut.
      salam capslock mbak Luna ^_^

  36. yeni Says:

    apakah setelah lepas IUD siklus mens normal seperti biasa atau ada perubahan ya?makasih..

    • hadisome Says:

      seharusnya sih normal seperti biasa Mbak Yeni, karena IUD itu alat kontrasepsi non hormonal yang tidak mengganggu sistem hormon tubuh

  37. dian Says:

    mlm mas..mau nanya setelah lebaran ini rencana saya mau melepas iud yg sdh terpasang krg lebih 3 tahun…apakah saya boleh langsung hamil apa harus menunggu,.terima kasih

  38. risma Says:

    Semangaaat \(‾▿‾)- -(‾▿‾)/pagii mas ♍áu nanya,sejak pasang iud sampe 3 bln ini masih kluar flek kadand d barengi darah merah ,kok g brenti2 Ÿªä ,jujur sgt mengganggu aktifitas saya,tp utk keluhan nyeri dsb nya,tidak ada,.. Apa saya g cocok Ÿªä?

    • hadisome Says:

      itu lagi masa adaptasi kayaknya mbak, soalnya adaptasinya ada yang lama ada yg sebentar, dan proses adaptasi itu katanya ditandai dengan adanya flek2 diluar haid.
      cocok atau ngga, kayaknya sih cocok2 aja :D
      tunggu bbrp waktu lagi deh, mudah2an berhenti flek2nya

  39. mimin Says:

    Mau nanya nih pa hadi,,, saya baru 2 Bln melahirkan dan mau pasang IUD utk menunda kehamilan. Tapi saya adalah pekerja yang aktif dan dengan aktifitas yang banyak. Apakah aman memakai IUD utk seorang penari seperti saya, dengan gerakan yg ekstrim?? Terima kasih utk jawabannya…

    • hadisome Says:

      Selamat atas kelahiran anak anda mbak mimin..
      Saya pernah bertemu dg seorang ibu ketika penyuluhan, dia berprofesi sebagai instruktur senam aerobik. Menurut pengakuan dia, diia jg menggunakan IUD dan selama memakai IUD dia tetap melakukan tugasnya sbg instruktur senam dan tidak ada keluhan apa apa.
      Saya tidak tahu apakah menari yg anda lakukan sama seperti gerakan senam aerobik, kalo misalnya emang sama, saya berkaca pada kasus ibu instruktur itu, anda boleh memakai IUD dan insyaallah akan aman2 saja. Perlu saya ingatkan selama minggu2 awal coba rajin2 cek ke dokter kandungan.
      Trims udah mampir :)

  40. chielo Says:

    pagi pag hadi…4bulan lalu saya melahirkan dan baru memakai IUD setelah 3 bln ( pertamakali haid datang setelah nifas ),tapi setelah saya memakainya kok saya hanya mengeluarkan flek sekali dalam sehari dan belum haid sampi skarang…apakah itu wajar….yg lainnya tidak ada keluhan …
    Thankss sebelumnya pak

    • hadisome Says:

      Hai mbak Chiello, selamat atas kelahiran anaknya.
      Biasanya haid pasca melahirkan itu berbeda beda pada setiap orang, ini terjadi karena terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh perempuan selama kehamilannya.
      Tentang flek setelah menggunakan IUD, sebenarnya itu sebuah hal yang wajar selama berada dalam toleransi waktu tertentu karena itu merupakan tanda penyesuaian rahim dengan keberadaan alat asing bernama IUD tersebut. Ini bisa berlangsung dalam hitungan hari hingga beberapa bulan.
      Kalo tentang belum haid, kayaknya memang masih wajar mengingat anda masih terhitung baru sj melahirkan.
      Jadi anda tidak perlu khawatir. Saya kira anda perlu menunggu beberapa waktu saja.
      Tp jika diatas 3 bulan haid anda tidak keluar saya sarankan anda memeriksakan diri anda ke dokter atau bidan.
      Salam

  41. sarah Says:

    pagi mas
    ikutan share nie,.habis nifas aku pasang IUD 12/08/11,.cm flek 2 hari (itu aja sedikit banget) tyus bersih,.pas kontrol tgl 19/08/11 kata bidan posisi bagus,.tyus ga ada flek,.karna suami udah ga tahan nahan 2 bulan ga “dikasih” semalem aku kasih,.pagi nie kok keluar bercak darah lumayan kaya haid,.apa itu normal?
    apa iya user IUD akan selalu mengalami flek setelah berhubungan ama suami?

    • hadisome Says:

      Hai sarah
      Normal gak ya?
      Coba dilihat dulu, berapa hari bercak darah itu keluar. Kalo memang tidak lama, itu normal2 saja, tp kalo lebih dari 15 hari periksakan diri ke bidan.
      User IUD ga selalu mengalami flek kok tergantung berapa lama alat tersebut beradaptasi

      • sarah Says:

        >> makasih bwt penjelasan nya mas Hadi
        >> sarah baru kali ini make itupun anjuran bidan,.
        >> moga aja IUD cocok bwt sarah.Amin :)

  42. eka Says:

    mlm mas,setelah pasang iud spotting saya hmpir 3minggu lalu muncul seperti keputihan saya anggap mungkin spotting saya sudah berhenti nah selang 2hari saya pendarahan lagi tapi saya merasakan gejala-gejala haid seperti mules gitu..nah pertanyaannya apa itu masih trmasuk spotting atau haid trs bagaimana membedakan antara darah haid dan darah spotting?.saya belum periksa k dokter karena dokter saya bilang periksa nya nanti saja setelah pendarahan saya berhenti baik itu spotting atau haid…mksih mas

    • hadisome Says:

      hai eka,
      coba dilihat dulu warna darah yang keluar, katanya, kalo spotting itu agak2 segar, kalo haid merah kecokelatan. atau coba lihat dulu berapa lama darah itu keluar, kalo memang diatas 3 hari, bisa jadi itu Haid…

      salam

  43. dian Says:

    mlm Pak, mo tanya, saya pasang IUD 25/08/11. sebelumnya saya mngkonsumsi pil Diane selama 3tahun, saya minum on/off krn suami kerja di LN, biasanya 7 bulan off dan 3 bulan on saya minum tanpa terputus.
    Saya brhenti meminum Pil KB Diane krn saya mengalami pendarahan dari 14/07/11 sd 20/08/11 dan saya memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. dokter mnegatakan jika rahim saya “tipis” sehingga harus stop pil Kb nya dan disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi non-hormonal.
    yang mau saya tanyakan:
    1. apa sih maksud dari rahim yang “tipis” itu Pak?
    2. Setelah beberapa menit menggunakan IUD saya langsung mengalami pendarahan (mirip haid hanya lebi pekat ), ngilu kontraksi raim yg dahsyat dan sempat pingsan tekanan darah mencapai (100/60), saya pun harus mendapatkan infus dan suntikan anti pendarahan. apakah itu efek IUD nya?
    3. pada saat brhubungan dengan suami ato kelelahan, saya sering mengalami flek ato lendir yg berwarna pink. apakah itu normal?
    4. s/d saat ini 30/08/11, saya masih mengalami flek yg trkadang diselingi bbrp tetes darah segar, apaka itu msh tahap normal? mengingat saya jg mhs terus mngkonsumsi obat anti nyeri & anti pendarahan dr dokter kandungan tsb?

    • hadisome Says:

      Hali dian
      Rahim tipis? Wah jujur aja saya jg baru denger hehehe. Mungkin dinding rahimnya kali ya? Kalo dinding rahimnya ya bisa aja disebut ‘tipis’, tp kalo rahim mah biasanya bukan disebut tipis tebal, tp panjang pendeknya aja.

      Pertanyaan nomer 2
      Ada kemungkinan dari efek tegangnya anda saat sebelum dipasangi IUD, sehingga ketika IUD sudah terpasang rahim anda mengalami kontraksi yg mengakibatkan rasa nyeri. Kalo diibaratkan, rahimnya mengalami keterkejutan, sementara anda sedang tegang. Sehingga ketika rahim tersebut ‘terkejut’ dg adanya benda asing, dia makin kontraksi.

      3. Bisa jadi itu keputihan krn aktivitas anda yg berlebihan (kelelahan)

      4. Kemungkinan itu masih normal.. Soalnya baru 5 hari saja kan anda dipasangi iud nya? Saran saya obatnya terus diminum saja.

      Btw sory baru dijawab, selama lebaran, jaringan internet saya lemot sangat.. Ini aja buka tersendat2. Trims sudah berkunjung ke blog saya, semoga jawabannya bisa memberi sedikit gambaran

  44. zumy Says:

    hai mas hadi,,,,slam knal…..
    saya mau konsult neeh…
    ap iya klau pke IUD jgn trlalu bnyak mlakukn aktfitas yg berat2???
    ap IUD tdk akn trlepas??

    • hadisome Says:

      Hai zumy
      Hehehe dapet info dr siapa neh?
      Setau saya boleh2 aja melakukan aktifitas berat, asal tidak berlebihan saja. IUD akan lepas? Tentu saja tidak, kecuali untuk kasus2 tertentu…


  45. […] beberapa pertanyaan yang masuk di tulisan tentang IUD (4), saya sedikit menyaring pertanyaan yang umum ditanyakan oleh para akseptor sekalian. Berikut saya […]

  46. Annisa Says:

    Selamat PAgi,
    pak sy mau tanya, ibu sy ber usia 53tahun beberapa bulan lalu melepas iud nya karena sudah tidak haid kurang lebih 5tahun…(pemasangan iud seumur sy 27 tahun)..dan sekarang setelah dilepas ibu sy seperti keluar darah haid lagi…mohon penjelasan nya..trimakasih sebelum nya..semoga pak hadisome mendapatkan ridho dari Allah SWT…amin

    • hadisome Says:

      Pagi mbak Nissa
      sepertinya itu bukan darah haid mbak, mengingat ibu anda sudah mengalami 5 tahun masa menopouse. Saya menduga itu berasal dr bekas pencabutan alat IUDnya. Namun ini hanya dugaan berdasarkan lamanya IUD terpasang di dalam rahim ibu anda.

      Saya sarankan sih segera periksakan ke dokter kandungan untuk memeriksakan keadaan di dalam rahim. Kalau bisa secepatnya ya..

  47. eka Says:

    mlm mas,,ma eka lagi nih mo nanyain kn kalo g enak badan pengennya dipijit2 nah biasanya klo dipijit pas bagian perut nya suka dipijit juga…gmn,
    g apa2 tuh secara saya kn pake iud?mkasih mas

  48. uci Says:

    salam kenal mas,
    saya uci, saya baru pasang iud sejak bln. juni 2011.pada 1bulan pertama saya dapat haid normal selama 1minggu, tp pd bulan ke 2 saya kembali mendapat haid selama 5 hari kemudian selang 2 hari keluar kembali darah seperti haid tp saya tdk merasakan nyeri apa2 seperti sy mau dpt haid sampai hampir 3 minggu ini masih saja keluar bercak darah sedikit2.saya mau tanya apa kah ini yg dinamakan spotting?thanks

    • hadisome Says:

      hai uci, salam kenal juga…
      membaca komentar anda, saya menduga itu spotting. sesuatu yg wajar kalo baru dipasang IUD, bisa dalam hitungan hari atau beberapa bulan spottingnya.
      coba anda datangi bidan atau dokter, biasanya mereka akan memberikan obat untuk anda…

  49. yuh khalifah Says:

    pa sy mau tanya’sy pasang iud sdh 5 bln.suami tdk ada kluhan.cuma setiap mau dtg menstruasi 2 minggu sebelumnya trasa sakit di sekitar anus dan dinding perut .mau bergerak jg sakit.sy sdh tanya kebidan ktnya ga apa2.sakitnya itu bisa berlangsung 3 hari .yaitu ada saran dari bidan suruh mskkan jari tangan ke vagina.dan klw tidur posisi kaki lebih tinggi.itu memang benar.yg sy ingin tanyakan apakah posisi iud benar apa benang yg terlalu panjang?

    • hadisome Says:

      hai mbak
      sudah ditanya ke dokter ahli kandungan atau belum? coba datangi dulu ahli kandungan untuk memastikan apa yang terjadi…
      mengenai posisi IUD, kemungkinan tidak ada maslaah sih. benang yang terlalu panjang pun kemungkinan tidak karena menurut penuturan anda, suami anda tidak ada keluhan. kalo benangnya terlalu menjuntai akan terasa pada saat berhubungan dengan suami. dan biasanya suami yang komplen tentang keluhan ini.
      trims

  50. ratna Says:

    salm knl saya Ratna,mau nanya sy mmkai IUD sudah 5th dr prtm tdk ada klhn tp akhr2ini suka mules sewaktu menstruasi,umur sy 45th gimn ya Dok?

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali ibu Ratna,
      sudah diperiksa ke dokter belum? takutnya itu dari rahim ibu. mengingat usia 45an itu sudah menjelang menopouse…
      soalnya kalo berdasarkan historinya, ibu tidak pernah mengalami kendala dan keluhan apapun…
      semoga cepet tertangani

      • ratna Says:

        sudah,, 6 bulan lalu saya ke dokter, katanya bagus masih berada di tempatnya.
        tapi sakitnya juga ga setiap datang bulan.
        iud ada kadaluarsanya?

  51. hadisome Says:

    Ada, 8 tahun. Maksimal 10 tahun.
    Maksud saya ke dokter periksakan kondisi rahimnya, apakah ada penyakit atau tidak.

  52. Yeni Says:

    Selamat malam mas,slam perkenalan nih saya yeni umur 31 tahun skr sudah punya anak dua.pada saat setelah kelahiran anak pertama, saya memutuskan untuk pasang iud dan sampai saat memutuskan untuk dilepas tidak pernah ada masalah bahkan lsg bisa hamil lagi dalam waktu 3 bulan.setelah kelahiran anak kedua ini saya pun memutuskan untuk menggunakan iud lagi tapi ada sedikit maslah dengan benangnya karena hampir bisa keluar miss v, sempat di blow oleh dokter kandungan tapi terlepas lagi.mmg sih tidak ada keluhan lain dan sama sekali tidak pernah keluar flek.yang ingin saya tanyakan sebenarnya posisi iud nya tidak berubah kan kalo benangnya sampai panjang ke bawah ?.pernah kontrol juga pada saat sudah terlepas stlh di blow (tp tdk blg ke dokter kalo blownya lepas)soalnya ngeri harus dipotong benangnya mslh nya kan lmyn sakit di otak atik miss v nya. Skr malah malas kontrol ke dokter :D

    • hadisome Says:

      halo mbak yeni, salam kenal…
      mengenai benang yang menjuntai, kemungkinannya memang tidak berpengaruh pada posisi IUD, namun akan berpengaruh pada saat anda berhubungan dengan suami.
      saran saya, coba ketika anda membersihkan daerah kewanitaan anda, anda masukan saja benang tersebut dengan menggunakan jari. kalo tidak berhasil dengan cara yang seperti itu, cek kembali ke dokter adalah cara terbaik yang bisa saya sarankan.
      terima kasih sudah berkunjung

  53. dyah Says:

    aslm. hai mas hadi, thumbs up bwt blognya :D
    Skalian mw konsul. Usia sy 25thn, juni kemarin melahirkan putri pertama dg sblmnya ikut hypnobirthing. Memang ga trauma dg melahirkan tp trauma dg ‘jahitannya!’ hiks.. Lalu pas usia baby 40hari sy psg IUD. stlh pasang, ada 2benang menjuntai yg melukai ujung miss v.. kontrol pertama digunting, tp trnyata msh nyisa 1benang.. ktika dicoba brhubungan, sy jd tegang & ada rasa linu krn mungkin benangnya ter-blow/terdorong ke dlm oleh suami. sy coba tahan tp tetap ga nyaman&malah linu, takut melukai organ dalam v.. jadinya ‘permainan’ dihentikan :( ternyata di penis suami ada bekas gesekan benang jg. Stlh itu (terpaksa) kontrol lg & minta benangnya dipotong tp kata bidannya ‘udh ga ada, kok..ini benangnya cuma 1cm’. Hbs kontrol,ternyata di rumah sy cek pake telunjuk: benangnya msh ada! Jadi bete nih masa ga keliatan sm bidan? Sy jd males kontrol (krn linu ketika miss v diubek2) & jd males brhubungan. Takut linuuu kan ga nyaman :(
    suami nyaranin pindah ke dokter di klinik lain, tp trauma juga.. hiks harus gimana initeh? T_T

    • hadisome Says:

      waalaikum salam
      hallo diah, salam kenal
      pertama, saya tersenyum dengan keluhannya.. hehehe, memang, ketika benang iud menjuntai, maka yg jadi korbannya adalah mister P suami anda.
      memang benang IUD itu ada dua lembar (lembar aatau apa ya disebutnya kalo benang?) nah, mungkin bidan yg anda datangi itu malas memggunting lagi, makanya, dengan cepat dia jawab: udah dipotong kok…
      saran saya, coba datangi ke bidan lain, yang lebih senior atau kalo perlu cek ke dokter SPOG aja… konsulkan terlebih dahulu. kalo dokternya nyuruh ganti IUD, ga usah dituruti, lha wong iud nya gapapa.
      atau, sambil iseng2, coba doorong benang tersebut dengan telunjuk pada saat anda membersihkan mrs.V anda.
      semoga berkenan yaaa

  54. Dwik Says:

    Pagi pak,setelah baca tanya jawabnya jadi tambah pengetahuan,tapi pertanyaan dalam hatiku blm terjawab disitu.sy umur 31,setelah melahirkan anak ketiga sy putuskan pakai iud yg dipasang tgl 16 mei 2011,setelah pemasangan sama seperti ibu 2 alami yg disampaikan .awalnya haid normal smp bulan juli tp pada bulan agustus tdk dpt haid,sy periksa ke bidan yg masang iudnya ktnya tdk apa2 mkn krn pengaruh bulan puasa jd siklus haidnya tdk teratur jg rudah di kontrol posisinya bagus,tapi sampai bulan september ini kok blm haid juga apakah normal tidak apa2 (karena takut kalau terjadi kegagalan,sy juga dah di tes hasilnya negatif tp kok belum haid juga ya),tolong jwbnya ditunggu.trims

    • hadisome Says:

      hai bu Dwi, selamat datang di blog sederhana ini.
      kalo boleh tahu, kapan ibu melahirkan anak ke 3 tersebut? trus bagaimana sebelum tanggal 16 mei tersebut haidnya, apakah teratur atau tidak?
      kemungkinannya adalah untuk seorang perempuan yang baru saja melahirkan, dia mengalami siklus haid yg berubah2 karena masih ada pengaruh perubahan hormonal selama perempuan tersebut mengandung dan proses melahirkan. makanya ada perempuan yg baru haid setelah lebih dari enam bulan setelah kelahiran anaknya, ada juga yg haidnya menjadi tidak teratur.
      nah untuk kasus ibu, saya belum tahu apakah itu karena pengaruh perubahan hormonal selama hamil atau bukan, krn saya belum tau kapan ibu melahirkan.
      tapi saran saya sih coba cari second opinion ke dokter yg lain, selain dokter(bidan) yg memasangi iud tersebut.
      trima kasih atas kunjungannya

  55. dyah Says:

    weiss dahsyat responnya cepet bgt :D
    hehehe iya klo benang mah 2 ‘helai’ ya?.. sbnrnya sy pasang & kontrol iud di RS swasta besar di kota kami dg bidan2 yg udh senior. 2 kali kontrol kesana ditangani dg bidan yg berbeda2.. makanya sy bingung kok mereka ga nemuin benang yg 1lg y? :( anyway, thnx bgt bwt infonya.. insya’Allah jd mantep utk segera jadwalkan periksa ke Sp.OG di tempat lain :)

    • hadisome Says:

      hehe, anda sedang beruntung aja mbak dyah. kebetulan semalem saya memang sedang online. biasanya cuma dapet notifikasi email di bb bahwa ada yg komen, trus saya pending dulu kalo belum online dr laptop, soalnya kalo dr BB kadang2 males ngetiknya kalo harus panjang2 wkwkwkwkwk

      nanti infokan lagi ya hasil pemeriksaan dari dokternya tentang ‘helai’ benangnya hehehe
      (benang itu helai ya?bukan lembar? hehehe)

  56. Ambu Kaka Says:

    Hadi, kumaha damang cyiiiiinnnnn….??? (hehehe…jadi inget si emak gaul nih)
    Bikin tulisan tentang Pil KB yang gak bikin gemuk dan bikin cantik dong…..

  57. nurul Says:

    salam kenal mas,sy mau tnya.
    sy pakai IUD sdh 1th, slama 1th itu sy tdk ada keluhan apa apa & haid sy pun lancar. tp sdh 1bln ini sy blm jg dpt haid, sy takut & curiga, lalu sy cek dgn tes kehamilan ternyata hasil nya positif.
    yg ingin sy tnyakan. apa resiko hamil dgn IUD yg msh terpasang dlm rahim? lalu bagaimana dgn janin yg di kandung?

    • hadisome Says:

      salam mbak nurul
      mengenai resiko hamil dengan IUD, menurut salah satu petugas medis dimana saya berkonsultasi tentang hal2 medik, boleh dikatakan resikonya kecil, dan menurut literatur yang saya baca ion-ion yang terkandung dalam tembaga IUD bisa saja memberikan efek terhadap pertumbuhan janin sehingga bisa mengakibatkan keguguran. catatan untuk anda, ketika lahir nanti, anda harus mengupayakan kelahiran di petugas medis atau klinik bersalin karena dikhawatirkan IUD tersebut akan terdorong dan memberikan rasa sakit yang lebih ketika anda akan melahirkan.

      saran saya coba anda berkonsultasi dengan petugas medis setempat untuk memastikan kesehatan kandungan anda. bahkan kalau memungkinkan, lebih baik IUD nya dicabut.

  58. Eliza Says:

    Ikutan nanya donk,stlh klahiran ank prtama,saya pasang spiral utk jangka waktu 5 th,yg ingin saya tanyakan:
    1. selama memakai IUD suami mengeluh klo cairan vagina saat brhubungan encer jd kurang enak,apa penenyebabnya dan bagaimana mengatasinya?
    2. ketika masih timbul flek amankah utk berhubungan intim?slm kenal dan sebelumnya saya ucapkan trimakasih atas jawabannya.

    • hadisome Says:

      halo mbak Eliza
      tentang cairan encer, itu ciri2 cairannya gmn? apakah hanya keluar ketika berhubungan saja atau pada saat tidak berhubungan, tetap keluar juga?
      saya sih menduga itu keputihan kayaknya. kalo memang itu keputihan, penyebabnya bisa macam2, bisa karena kecapekan, makanan, stress, kebersihan daerah kewanitaan juga. cara mengatasinya biasanya dengan cara menjaga kebersihan area kewanitaan, makanan yg bergizi, menjaga kondisi supaya tidak terlalu kecapekan. saran saya, sebaiknya dilakukan kontrol juga kepada dokter atau bidan, biar ada pemeriksaan yang menyeluruh. biasanya kalo keputihannya tidak normal, nanti akan diberikan obat.
      ketika timbul flek amankah untuk berhubungan intim? sepertinya sih aman2 saja. cuma, saran saya lebih baik dihindari, karena kondisi vagina sedang mengeluarkan darah. khawatir nanti akan lebih gampang terkena penyakit yg berasal dari virus atau bakteri.

  59. ayu Says:

    slm knl. Sy mau share ni.sy br pake IUD tgl 25/10 kmrn,stelah 2hr pmasangan sy priksa keadaan bnangny kira2 traba ktika jr tlunjuk sy sdh msk smua k dlm mis v,trus td kok malah sdh tjuntai sampai bi2r luar ny.
    Ap it tdk bpengaruh dg posi2 IUDny (mislny posi2 IUD ny turun), atau pos2 brubh ? Mhn pjelasany.

    • hadisome Says:

      ada dua kemungkinan. pertama, posisi IUD tersebut aman pada tempatnya, hanya saja benangnya menjuntai karena suatu sebab. entah karena tergeser oleh tangan ketika merabanya, atau sebab lainnya. kemungkinan kedua memang posisi IUDnya berubah karena kesalahan prosedur pemasangan. kemungkinan ini persentasenya lebih kecil.
      saya kira lebih baik diperiksakan ke bidan (dokter) yg memasangi IUD tersebut, sekalian kontrol pascapemasangan IUD.

  60. diana zhaqiesh Says:

    dok aku mau nanya nih,biasa.y kalo mau pasang Kb spiral,pemeriksaan dalam apa saja yg harus dilakukan? beserta syarat* normal.y

    • hadisome Says:

      pertama saya ingin meluruskan dulu, saya bukan dokter mbak, hanya penyuluh biasa saja. hehehe
      kalo mau pasang KB IUD (spiral) pemeriksaan yg terpenting adalah memeriksa keadaan rahim anda, apakah dideteksi hamil atau tidak. pemeriksaan kehamilan ini bisa dilakukan dengan menggunakan testpack. prosedurnya akan diberi tahu ketika anda akan dipasangi IUD.
      syarat normalnya? kalo persyaratan sih standar saja, bahwa memakai IUD ini adalah atas kehendak pasangan (atas persetujuan suami), sehat, dan yg terpenting tidak sedang hamil. IUD ini bisa digunakan oleh mereka yang memiliki penyakit jantung, darah tinggi, diabetes sekalipun.

  61. Ema Says:

    lam kenal, saya ema 23 thn, ikut konsul ya,, saya baru punya anak 1 berumur 1,5 thn, tgl 4 okt lalu sya baru pasang IUD sebelumnya saya pke suntik 3 bln. tgl 6 okt sya mengalami flek, dua hari berikutnya saya haid sampai tgl 9 Nov,,ckup lama si,,.dua hari berikutnya sya & suami berhubungan intim,,gada masalah,,besoknya kami berhubungan lagi,,yang sy rasakan benang IUD tidak bisa sya temukan, keluar keputihan seperti selaput bening tpi ada bercak darahnya walaupun gx smuanya, dan besoknya keluar tetesan darah segar,,
    yang saya tanyakan:
    1.saat haid benang terasa tapi setelah hubungan gx terasa apakah masih ada, tapi saya tanya suami katanya masih terasa ganjal.
    2.keputihan selaput bening ada bercaknya apa normal, karena saya ragu untuk menjalankan sholat.
    trimzz atas kesempatannya..

  62. Vysti Says:

    Salam.. 14-Nov-11
    Saya Vy, usia 24 thn. saya pasang IUD sebulan setelah melahirkan anak kedua (Skrg usia anak saya 7bln) selama pasang IUD sy dpt haid cm 3 kali, itupun yg kluar hanya bercak saja, dan setelah dua hari bersih dan sm sekali tidak kluar lg. Haid terakhir ( 3 bulan yl). karena darah kotor tdk pernah dengan lancar keluar jd badan saya sering pegal2&pusing. saat ini saya menyusui, apakah itu yg mjd faktor saya tdk bs haid?
    saya jg bingung krn kebanyakan keluhan ttg IUD adalah sering datang haid, yg tjd sm saya kok mlh kebalikan. saya blm prnh konsul ke dr sp. kandungan, hnya dgn bidan, dan jawabannya tdk memuaskan.
    Mohon jawaban dan solusinya.

    Salam,
    Vy

    • hadisome Says:

      salam Mbak Vy,
      melihat bahwa anda baru saja melahirkan, bisa saja itu bukan karena pengaruh dari IUD, tapi karena perubahan hormon pasca persalinan. dan biasanya, ketika seorang perempuan memberikan asi eksklusif, sang bayi akan mengisap ASI dari ibunya. Isapan bayi tersebut akan memicu keluarnya hormon prolaktin. Hormon prolaktin inilah yang memicu keluarnya ASI dan menekan keluarnya hormon yang mempengaruhi terjadinya ovulasi atau pengeluaran sel telur. Jika tidak terjadi ovulasi, maka kemungkinan hamil pun tidak ada.
      mungkin penjelasan tersebut bisa memberikan jawaban atas pertanyaan mbak. mudah2an setelah asi eksklusifnya berkurang, sekarang bisa mendapat haid.

  63. ainiqurthuby Says:

    salam kenal mas,
    sy eni, sudah 2 tahun sy pakai IUD, selama ini memang benar daah haid jd bnyk, spotting 3 hari sebelum haid dan kadang2 lima 3 hari sesudah bersih, yang sy tanyakan setelah sy bersih dari masa haid kmdian sy berhubungan malamnya, paginya sy flek coklat disertai lendir putih agak bening, apakah itu termasuk efek dari IUD…mhn cepat dibalas!

    • hadisome Says:

      salam kenal bu eni.
      pengen cepat dibalas ya? hehehe, tergantung saya online atau tidaknya bu.

      selama ini aktivitas harian anda gmn bu eni? apakah termasuk aktivitas full day yang menguras tenaga dan pikiran atau biasa2 saja?

      mengenai flek coklat disertai lendir putih agak bening, mungkin karena kondisi anda yg terlampau lelah dan capek, bukan dari IUDnya. mengingat selama dua tahun ini anda tidak bermasalah dengan IUD tersebut kan?
      (atau flek coklatnya selalu muncul setelah anda bersih haid dan kemudian berhubungan dengan suami?)

      saran saya, lakukan kontrol ulang ke bidan (dokter) yang memasangi anda IUD tersebut.
      nanti saya coba tanyakan ke pihak medis. jadi jawaban lengkap untuk ibu bisa saya tuliskan kembali di kolom reply comment ini.
      trims sudah berkunjung

    • hadisome Says:

      bu eni, saran saya coba lakukan pemeriksaan papsmear. kalo misalnya memang kejadian timbul flek itu selalu muncul sehabis berhubungan, kemungkinan rahim anda bermasalah. masalahnya bisa merupakan efek dari IUD, bisa juga berasal dari hal lain.
      trims

  64. MIFTA Says:

    salam kenal mas,
    saya mifta 25 tahun, saya punya 1 putra, dan saya ikut KB suntik yang 1 bulan.
    kalo mau waktunya KB itu saya menstruasi lancar, tapi setelah di suntik KB mens kok langsung terhenti. apa tu pengaruh dari suntikannya ya?
    trus 1 hari stelah KB, saya berhubungan intim dengan suamu kok keluar darah ya? apa itu darah mens yang belum kelar keluarnya mas???
    mohon di balas ya mas
    trims

    • hadisome Says:

      halo Mifta.
      jika membaca komentar anda, sepertinya itu adalah pengaruh dari suntikan tersebut. basicly, KB suntik itu adalah menyuntikan hormon estrogen progesteron ke dalam tubuh untuk mempengaruhi lendir rahim supaya lebih pekat. nah dengan masuknya hormon sintetis tersebut, maka hormon alami tubuh mengalami perubahan. akibatnya akan berpengaruh pada siklus menstruasi anda.
      darah yg keluar setelah berhubungan mungkin saja haid, mungkin juga flek. tergantung lamanya darah keluar. jika lebih dari 3 hari, dipastikan itu adalah darah haid.
      untuk bulan berikutnya, saya sarankan mifta untuk mengganti cara KB nya. beralih ke IUD akan lebih efektif.
      salam

      • MIFTA Says:

        trima kasih mas atas jawabannya,
        untuk ganti KB IUD aq uda pernah, tapi selama sebulan perutku sakit trus, apa lagi pas menjelang mens perut rasanya kayak ditusuk2 sampai aq ga kuat bangun, selain itu darah yang keluar berupa gumpalan2 yang sangat banyak mas, setelah genap satu bulan aq ga kuat trus aku lepas uda spiralnya.
        pa mungkin itu ga cocok ya mas?

      • hadisome Says:

        mungkin ada kesalahan pada saat pemasangan sehingga IUD yg terpasang tidak berada pada posisi yg tepat. akibatnya ya seperti itu.
        coba konsultasikan sama dokter untuk beralih ke suntik 3 bulanan, siapa tau haidnya kembali lancar

  65. imas kusumadiani Says:

    sore mas,salam kenal…sy ibu 2 anak usia 38 thn.
    Waktu tgl 31 Oktober 2011 sy bongkar psg iud,krn yg lama sdh habis masa berlakunya trs sy psg kembali yg 5 thn.setelah pemasangan keluar flek selama krg lbh 5 hari,seminggu kemudian tgl 9 Nov sy kontrol,kt dokter kandungannya posisi iud normal sy jg smpt melihatnya krn pake USG, malah dianjurkan dtg lg 3 bln ke dpn,cuma sy mau tanya kok sampe skrg tgl 25 Nov sy blm dapt haid?,haid rerakhir 14 okober apakah itu normal krn selain itu tdk ada keluahan yg lainnya memang sll ada lendir tp ga banyak dan ga sering jg.mhn penjelasannya ya mas…trmaksh sebelumnya…

    • hadisome Says:

      bu imas, salam kenal kembali…
      sebelumnya apakah pernah terjadi hal serupa juga? jika iya, kemungkinan memang siklus haid anda lebih dari 30 hari sekali.
      menurut teori yg pernah saya baca, siklus haid seorang perempuan itu berlangsung antara 21-40 hari. jadi jika siklusnya diatas 30 hari, kemungkinan setiap bulannya akan mundur bbrp hari dari biasanya. jadi jika ditanyakan apakah itu normal atau tidak, saya hanya bisa menjawab seperti itu saja. normal jika siklus haid ibu memang diatas 30 hari setiap bulannya.
      untuk lebih meyakinkan diri anda, saya sarankan datangi lagi dokter kandungan tersebut biar mendapat pemeriksaan medis.

      • imas kusumadiani Says:

        Pagi mas,trimakasih atas penjelasannya dan sarannya. Ya memang siklus haid sy biasanya normal kadang mundur kadang jg maju 2 hari, yang ingin sy tanyakan apakah keterlambatan ini akibat dari pemasangan iud baru? krn sy psgnya 14 hari setelah haid terakhir berhenti. Mohon penjelasan jg apa yg di maksud terjadinya perubahan siklus haid setelah pemasangan iud itu ?
        Terimaksh sekali lg ya mas atas penjelasan….

      • hadisome Says:

        mbak, coba mbak hitung siklus haid mbak tiap berapa hari sekali.
        siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid sampe hari terakhir sebelum besoknya haid lagi. misalnya mbak haid selama 7 hari, nah setelah selesai haid itu diteruskan sebagai hari ke 8 dan seterusnya sampe hari terakhir dimana besoknya mbak mulai haid lagi. lakukan penghitungan ini kurang lebih selama tiga bulan. nanti akan ketahuan siklus haid mbak imas setiap berapa hari sekali. jadi bisa dilihat apakah maju mundurnya haid itu krn IUD atau memang alaminya seperti itu.

        siklus haid akan berubah apabila ada perubahan hormon. perubahan hormon ini dipengaruhi oleh asupan gizi, obat2an, juga aktivitas anda.
        tentang pasang IUD yg 14 hari setelah haid terakhir berhenti, saya jadi ada pertanyaan, apakah itu dibuka tidak langsung dipasangi IUD baru sehingga ada jeda kosong? ataukah langsung begitu dibongkar langsung dipasangi lagi?

        keterlambatannya bisa saja diakibatkan adanya IUD baru dimana rahim memang kembali beradaptasi dg ‘benda asing’ baru di dalamnya. itu kemungkinan lainnya. cuma persentasenya jauh lebih kecil.

        oya, jangan lupa, dipraktekan ya penghitungan siklus haidnya… selama 3 kali masa haid (3 bulan) yaaa

  66. imas kusumadiani Says:

    Pagi Mas,terimakasih,hatur nuhun saran dan infonya….
    Sy jwb pertanyaannya nih…sy waktu itu bongkar lsg psg jd ga ada jeda waktu kosong. Ya smoga sj keterlambatannya akibat dr benda asing baru,hehehe…

  67. ayu Says:

    Trims dok atas infonya .. Hanya saya mau Tanya .. Saya pasang spiral pada bulan agustus tapi sampai bayi saya umur 4 – 5 bulan saya belum mens dok . Apa mungkin saya Hamil ??

    • hadisome Says:

      hai mbak ayu, saya bukan dokter, panggil hadi atau mas hadi saja. saya cuma karyawan BKKBN yg menaruh perhatian pada program KB hehehehe….
      pasang IUD bulan agustus 2011, artinya sudah 3 bulan ya? itu setelah brp bulan melahirkan?
      kemungkinan hamil? bisa saja. udah pernah testpack belom?… tapi kemungkinannya adalah tidak mens karena “situasi” hormon estrogen progesteron di dalam tubuh belum stabil. makanya siklus haidnya menjadi tak teratur.
      untuk memastikan itu hamil atau bukan, coba periksakan kondisi rahim anda ke dokter kandungan.

      trims

  68. bintang prasojo Says:

    Boleh ikutan ya nanya ya pak…Istri saya baru saja menggunakan IUD. Setelah pemasangan disuruh tunggu 1 minggu untuk dpt berhubungan karena akan keluar darah kata bidannya. Satu minggu kutunggu darah belum juga berhenti. Saat kontrol ke bidan dibilang tidak apa2 hanya pengarung horman (sebelumnya istri pakai KB suntik 1 bulan). Darah biasanya keluar pagi sampai siang hari sore hari bersih. Kata bidan kalau masa haid sudah 2 minggu, sore hari berhubungan silahkan aja.. itu darah pengaruh horman. Setelah 10 hari pemasangan karena nggak tahan (padahal kalau pasca melahirkan 40 hari tahan2 aja ya) akhirnya terjadilah malam hari berhubungan. pagi hari darah keluar lagi. Berbahayakah hal ini?

    • hadisome Says:

      berbahaya tidaknya, kalo memang itu adalah darah yg keluar akibat perubahan situasi hormon di dalam tubuh istri anda, keliatannya tidak akan berbahaya.
      apakah sebelumnya istri pak bintang punya masalah dalam rahim? (sebelum pasang IUD). kalo iya, coba periksakan ke dokter kandungan. tapi kalo tidak, tunggu saja hingga beberapa hari ke depan. mudah2an memang itu pengaruh perubahan situasi hormon.

  69. bintang prasojo Says:

    10 hari setelah pemasangan IUD (pemasangan hari ke 3 menstruasi) pagi masih kelaur darah sore tidak keluar darah malam berhubungan, pagi keluar darah lagi. Berbahayakah?

  70. Nine Fitri Utami Says:

    salam kenal,,,saya mau tanya kalo sudah di pasang iud boleh naik tangga ga ya,,soalnya rumah saya tingkat,,dan kamar sy ada d atas,,sy mw pasang iud tapi masih ragu,,skrg sy masih pakai KB suntik 1 bln, berat badan sy naik terus,,pola makan seperti biasa,,

    • hadisome Says:

      salam kenal juga mbak Nine…
      jangankan naik tangga Mbak, aerobik aja boleh hehehe… jadi nggak perlu ragu lagi, mantapkan niat dan hati sebagai ikhtiar untuk agar tidak terlalu sering hamil. biar bisa mengurus dan mendidik anak yg sudah ada menjadi anak yang berkualitas.
      kalo KB suntik mah emang gitu, ada pengaruh dari hormonnya

  71. shilla Says:

    mau tanya dong mas……….ak baru mau pasang kb iud,kira2 sakit ngga seh mas wktu iud itu d mskn k miss v saya .trma ksh

  72. amal Says:

    tahun 2008 saya pake mirena di australia dalam kondisi full menyusui, dan kata dokternya pemakaian mirena bisa sampai 5 th. tapi sampai sekarang (2011), saya tidak mens. Suami dan saya sendiri tidak merasa terganggu dengan pemakaian mirena, juga dengan ketidakhaid-an saya. Hanya saja memang sejak memakai kontrasepsi tsb mucus saya lebih banyak, tapi ga masalah. Pertanyaan saya, apa memang mirena bisa menyebabkan terganggunya hormon yg mengakibatkan tidak datangnya mens? jika iya, apakah efeksampingnya? trims

    • hadisome Says:

      salam mbak Amal
      wah, jujur saja, saya baru denger ada yang pakai Mirena. soalnya di indonesia, sistem KB ini tidak populer mengingat mahalnya alat ini. setelah saya mencari informasi, ternyata mirena itu merupakan IUS (intra uterine system), berbentuk seperti IUD ya, namun mengandung hormon.
      selama 2008-2011 bagaimana? apakah haid anda lancar2 saja? ataukah memang sebelumnya anda memiliki riwayat haid tidak lancar?

      saya mencoba menjawab pertanyaan anda, apakah mirena bisa menyebabkan terganggunya hormon?
      kemungkinannya iya, mengingat mirena ini mengandung hormon sintetis levornorgestrel yang dikeluarkan secara berkala setiap hari sebanyak 20 microgram per hari.

      jika melihat riwayat pemasangan mirena selama 3 taun, anda tidak mengalami keluhan, saya kok menduga, terlambatnya haid saat ini dipicu oleh faktor lain.
      coba diingat ingat, apakah saat ini tekanan pekerjaan anda sedang tinggi? ataukah anda sedang mengalami semacam stress gitu?
      jika memang iya, kemungkinan terlambat haidnya bisa saja berasal dari tingkat stress atau capeknya aktivitas harian anda.

      trims…

  73. kusuma Says:

    Kulo nuwun….saya akan menceritakan kondisi saya semoga dapat solusinya.begini,setelah melahirkan anak ke 2 dan selesai nifas saya putuskan utk pasang spiral tepatnya setelah 3 hari pasca nifas.sore dipasang paginya saya mendapati bercak merah tapi saya kurang tau itu darah nifas yg kurang bersih atau haid.tapi setelah saya tunggu2 darah trsebut brhenti dalam waktu 7 hari.saya jwb sendiri saja berarti itu darah haid.kemudian selang 2 bulan saya tdk mendapati haid,kmdn saya cek ke bidan katanya saya positif dg menunjukkan taspek bergaris dua.saya sangat kalut wkt itu.krn bayi kami br 2 bln.sy sm suami memutuskan utk mnghentikan jgn sampai hamil lg.kmdn saya periksa ke dokter klo saya trnyata tdk hamil hanya saja siklusnya yg blm teratur.Nah sampe skrng yg saya dapati ketika haid tiba pasti darah yang keluar banyak dan lama bahkan sampai 2 minggu lebih.dan sekarang ini saya sudah haid selama 8 hari kemudian berhenti selang 3 hari saya mendapatkan darah keluar kembali,apakah ini pertanda saya punya kelainan pada rahim saya?karena saya paling takut jika harus didiagnosa mengidap penyakit trtentu sprti miop,kista atau lainnya.bagaimana sebaiknya?Nuwun

    • hadisome Says:

      Wah, mengenai kelainan pada rahim, saya tidak berani menduga2, sebaiknya mbak lakukan kontrol ke dokter obgyn untuk memperoleh kepastian.
      Mengenai darah haid yg banyak, ada banyak faktor penyebab.. Salah satunya tingkat stress yg sedang dialami. Ketika anda stress, hormon akan menjadi stabil, akibatnya siklus haid menjadi tidak teraatur.

      Pada beberapa kasus, memang setelah dipasangi IUD ada beberapa perempuan yg haidnya menjadi lama, lebih dr biasanya, namun msh pada batasan masa haid, yaitu 15 hari. Itu terjadi krn rahim melakukan adaptasi, yg mana masa adaptasi tiap orang itu berbeda-beda.

      Khusus pada anda, yg jadi catatan pada saya adalah, mbak sepertinya mengalami stres krn tiidak ingin hamil, akibatnya hormon menjadi tak stabil dan haid menjadi lebih banyak.
      Tapi itu hanya dugaan saya saja. Sebaiknya coba kontrol dulu ke dokter spesialis agar mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh.
      Oya, saya belum tau, lamanya haid anda itu apakah diatas 15 hari atau kurang dr itu?

  74. kusuma Says:

    Satu hal lagi,setelah dulu pernah dikatakan hamil meskipun sudah pakai spiral saya dan suami memutuskan jika berhubungan tidak berani untuk memasukkan spermanya hingga sekarang.karena kami takut jika harus hamil lagi karena alasan anak yang masih kecil2.apakah itu salah satu penyebab kandungan hormon yang tidak pernah bertemu dengan sperma?bagaimana baiknya?Nuwun

    • hadisome Says:

      Cara kerja IUD itu adalah menghalangi sel telur untuk bertemu dg sperma. Sebenarnya jika posisi IUD nya tepat, anda berdua suami tak perlu takut. Sel telur dan sperma kemungkinannya keciil sekali untuk bertemu.
      Mengenai haid anda yg lama, bisa jadi itu pengaruh dr IUD tapi bisa jd bukan. Saya menyarankan sih periksakan ke dokter obgyn. Ga perlu takut mbak, ini demi kebaikan anda berdua… Sekalian dikontrol juga, apakah posisi iudnya sudah benar atau belum, minta di usg saja ke dokternya…
      Semoga saran saya memberi gambaran dan motivasi untuk anda

      Salam untuk suami..
      Trims

  75. kusuma Says:

    Terima kasih, matur nuwun sarannya,wah cepet banget responnya.saya hanya menduga-duga saja asalkan haid saya tdk lbh dari 3 mnggu semoga tdk ada kelainan pada diri saya.mungkin karena saya banyak tekanan/stres.maklum saya memang orgnya ga bisa tenang jk ada pekerjaan yg blm kelar2.apalagi lg jk teringat dulu mau pasang spiral dan kmdn dikatakan hamil….uchhh…bener2 stres berat.maaf ya mas, gmn mo priksa, saya itu paling fobia dg dokter.selama saya hamil 2 kali selalu periksanya ke dokter tapi di saat mo melahirkan saya pilih di bidan mas,sekali lg maaf….klo di dokter ujung2nya caecar.ampuuun.sekali lagi matur nuwun sarannya

    • hadisome Says:

      Wah, kok phobia sama dokter bu? Ehehhehe

      Insya اَللّهُ, mudah2an itu hanya karena stress yg memicu instabilitas hormon estrogen progesteron yg berhubungan dengan sekresi darah haid…

      Hehe, respon cepet krn saya lg gak males aja. Biasanya bisa pending berhari hari lho bu hehehehe

  76. kanzha Says:

    siang mas, sya mau tanya.tgl 27des 2011 kemarin saya pasang iud setelah 2,5 tahun saya pakai suntik 1bulan.efeknya perut saya sering sakit dibag.bawah terus datang flek dan dibarengi dengan keputihan, sehari hilang fleknya sehari muncul sudah hampir seminggu. apakah saya boleh berhubunga intim,stelah flek keluar dan bersih? dan pd saat flek itu saya bersihkan dan apakah saya boleh sholat?

    • hadisome Says:

      Halo mbak Kanzha,
      Tentang sakit di perut bag bawah, itu adalah hal yg biasa dialami ketika baru saja dipasang IUD. Itu adalah salah satu bentuk adaptasi rahim terhadap ‘benda asing’ di dalamnya. Biasanya dokter/bidan akan memberi obat analgesik (anti nyeri), mbak minum saja sampe habis.
      Mengenai flek, boleh saja berhubungan jika fleknya sudah bersih mah.
      Dan mengenai sholat, saya tidak tahu hukumnya, namun sepertinya boleh saja setelah anda bersih2 terlebih dahulu sbgmn ajaran yg diajarkan….

  77. retno junia Says:

    sore pak,,, pak saya salah satu mahasiswi kebidanan di pekanbaru… tahun ni saya sedang buat proposal yang berjudul “study kualitatif kurangnya rasa nyaman berhubungan seksual pada akseptor KB iud” jadi saya minta bantuan na pak sebelum saya mewawancarai ibu2 akseptor kb iud… kira2 penyebab pasti dan faktor apa saja yang menyebabkan kurangnya rasa nyaman itu.??? makasih

    • hadisome Says:

      sore juga.
      penyebab dan faktor yang menyebabkan kurang nyaman bisa dikarenakan banyak hal. misalnya, ketidak tahuan akseptor akan informasi apa dan bagaimana cara pemasangan IUD sehingga menimbulkan kekhawatiran berlebihan pada saat akan dipasangi IUD. kurang terlatihnya tenaga medis yang memasangkan IUD juga bisa menjadi faktor penyebab lainnya, hal ini akan berdampak pada ketidaknyamanan akseptor pada saat IUD sudah terpasang. bisa saja terjadi iritasi karena ada gesekan pada saat berhubungan yang diakibatkan benang IUD yang terlalu menjuntai. dan lain lain

  78. Desy Says:

    Slmt siang…saya mau tnya,saya memakai IUD slma hmpir 3 thn (dr maret 2009 smpe september 2011)…saya ingin hamil lg,normalnya stlh pemakaian IUD apakah bs langsung hamil ato msh menunggu pmulihan rahim dan kira2 smpe brp lama…krn ada tmn yg blg ke saya kl ingin hamil hrs nunggu rahim pulih stlh pemakaian IUD..???

    • hadisome Says:

      selamat sore Ibu Desy
      menurut informasi yang pernah saya baca, proses pengembalian kesuburan pada akseptor yang pernah dipasangi IUD tidaklah lama. segera setelah IUD dicabut, maka kesuburan akan segera kembali. mengingat bahwa IUD ini bukanlah alat kontrasepsi yang mengandung hormon, maka tidak perlu menunggu waktu pemulihan rahim terlebih dahulu.

      sebagai contoh, teman semasa SMA saya pernah berkonsultasi mengenai pencabutan IUD karena merencanakan kehamilan. saya bilang silakan saja langsung dicabut, karena kesuburan akan segera kembali begitu IUD dilepas. beberapa lama setelahnya saya ketemu lagi dengannya dan dia dengan bahagia memberikan informasi bahwa dia sudah mengandung 1 bulan. kata dia, “langsung jadi” , artinya begitu dilepas, tak lama setelahnya akan segera subur kembali.

      begitupun dengan anda, anda tak perlu menunggu waktu pemulihan. tinggal diprogram saja, caranya dengan mengetahui masa kesuburan anda, sehingga anda bisa memprogram kapan saat2 berhubungan (pada masa subur tersebut). info tentang penghitungan masa subur juga ada di blog ini.

      terima kasih

  79. RINA Says:

    Dok, saya sudah 1 bulan memakai KB IUD. seminggu yang lalu saya seesai menstruasi, tapi sekarang perut saya sakit, terasa mulas spt pada waktu menstruasi tetapi tidak keluar darah sama sekali. kenapa ya dok? tolong di jelaskan

    • hadisome Says:

      halo mbak Rina,
      pertama2 saya ini bukan Dokter, saya cuma petugas yang kebetulan berkecimpung dg dunia KB.
      mengenai perut mulas, memang lazim terjadi pada akseptor KB IUD yang baru dipasangi.
      kenapa hal ini bisa terjadi? karena rahim berkontraksi sebagai bentuk adaptasi keberadaan alat “asing” di dalamnya. efek dari kontraksi rahim ini adalah rasa mulas di daerah perut.
      biasanya dokter atau bidan akan memberikan resep obat anti analgesik. tapi saya tentu saja tidak akan memberikan resep itu.
      saran saya sih mendingan diperiksa dulu sekalian kontrol ke bidan / dokter yang memasangi IUD tersebut.

      terima kasih

  80. aurel Says:

    sy aurel
    salam kenal mbak,sy baru psg iud baru 1 mggu,awal pmasangan tdk ada keluhan.mlh sy dapat haid pd hari ke 4 stelah pemasangan iud,krn slm ini sy gunakan KB suntik yg 1bulan jarang dapat haid.tp setelah 1 mggu pemasangn rasa nyeri dibwh perut dan pinggang mulai terasa setelah sy melakukan aktifitas senam aerobik.
    pertanyaa saya: apa pemakaian KB IUD kt tidak bisa melakukan aktifitas senam aerobik mengingat sy adlh suka senam.
    yang kedua apa sakit yg timbul ini dikarenakan aktifitas senam saya.
    mohon bantuanx,,makasih sebelumnya

    • hadisome Says:

      Halo mbak aurel, saya mas mas, bukan mbak mbak

      Tentang aerobik, tentu saja boleh dilakukan meskipun anda dipasangi IUD. Saya pernah bertemu dg akseptor yg dipasangi IUD selama 6 tahun, dan dia adalah instruktur aerobik. Tidak ada keluhan apapun selama dia memakai IUD. Dia tetap menjadi instruktur senam hingga dibongkar karena merencanakan untuk hamil kembali. Kesuburannya pun cepat kembali setelah IUDnya dilepas. Setelah melahirkan, rencananya dia akan memakai IUD lagi supaya aktivitas senamnya tidak terganggu krn was2 takut hamil lagi…
      Jadi anda tetap boleh senam aerobik seperti biasa. Cumaaa, dikasih jeda dong setelah pemasangan, minimal satu atau dua minggu tidak senam dulu, karena pada saat anda dipasangi IUD maka rahim akan beradaptasi. Nah salah satu efek dr adaptasi tersebut adalah sakit perut seperti mules. Ini terjadi karena rahim berkontraksi. Itu hal yang wajar dan tidak apa-apa… Biasanya setelah dipasangi IUD akan dikasih obat antinyeri. Nah minum saja obatnya…
      Sakit yang timbul bisa saja dr aktifitaas senam, karena satu minggu setelah dipasang itu adalah saat2 adaptasi rahim thd benda asing di dalamnya. Jd saran saya coba istirahat saja, seminggu saja, untuk tidak senam dulu sambil coba lakukan kontrol ke bidan atau dokter yang memasangi IUDnya.

      Trims mbak aurel

      • aurel Says:

        hehhehe aduh maaf banget mas,,,sekali lg maaf ya.
        tanks bget infox,,kmren sy udh cek ke dokter dan jawabannya sm persis sperti jwabannya mas….

        makasih mas

      • hadisome Says:

        hehehe… iya, gpp.
        sekarang istirahat saja dulu ya, jangan dulu senam. gpp kok, ga akan gendut kalo gak senam 1 atau 2 kali mah :D

  81. Elok Says:

    Selamat Siang Pak,
    Saya sudah menggunakan IUD hampir 5 tahun, dan sebelum melahirkan anak kedua, saya juga menggunakan IUD selama 2 tahun dan dilepas untuk program anak kedua. IUD yang sekarang saya gunakan slema hampir 5 tahun ini akan saya lepas dan ganti yang baru. Pertanyaan saya, apakah perlu ada masa jeda setelah melepas IUD dan memasangnya kembali? Saya dapat info dari teman, untuk mencegah menopause dini, maka perlu ada jeda waktu. Saya ingin tahu, kira-kira berapa lama masa jeda itu?
    Terima kasih

    • hadisome Says:

      Siang mbak Elok
      Wah saya baru tau ya, untuk mencegah menopouse dini harus ada jeda hehehe…
      Setau saya sih, tidak perlu ada jeda waktu. Anda bisa melepas IUD dan segera memasangnya kembali.
      Jikapun anda mau memberi jeda, sebaiknya tidak terlalu lama. Dan selama masa jeda tersebut tetap menggunakan kontrasepsi lain supaya kehamilannya bisa dicegah. Tidak ada patokan khusus sih jedanya berapa lama, karena sebenarnya melepas IUD itu bisa langsung dipasangi lagi, tanpa harus memberi spasi (jeda) terlebih dahulu.

      Trims

      • Elok Says:

        Oks… thanks yaaa infonya… Saya mendengar dari teman, katanya dokternya yang menyarankan seperti itu. Pernah juga saya dengar keluhan teman lain yang hamil karena dokter menyarankan istirahat dulu sebelum pasang IUD lagi… Namun, teman tersebut juga menjelaskan bahwa dia agak infeksi karena telat mengganti IUD.
        Nanti biar saya konsultasikan dengan dokter saja bagaimana baiknya… Makasih untuk informasinya yang bermanfaat

      • hadisome Says:

        iya, lebih baik begitu mbak Elok. dikonsulkan dulu ke dokter.
        setau kami sih, biasanya kalo bongkar pasang IUD itu tidak perlu ada jeda. kecuali pada perempuan yang memiliki masalah rahim…
        trims sudah berkunjung mbak


  82. Selamat sore………….

    Saya penderita hypertensi, saya memakai kontrasepsi IUD sejak anak pertama saya.
    dulu saya pakai yang merk Nova T dan ga pernah ada masalah baik pada diri saya maupun pada suami saya, tapi sekarang saya memakai dengan merk Coper T dan sudah 4 hari ini saya merasakan sakit pada perut sebelah kiri kadang nyeri sekali kadang hilang, bahkan suami sering mengeluhkan seperti tertusuk jarum.
    yang ingin saya tanyakan
    1. apa bedanya Nova T dan Coper T?
    2. Kontrasepsi apa yang aman untuk saya pakai (IUD)? mengingat saya penderita hypertensi yang tidak boleh menggunakan kontrasepsi hormonal?

    Trim’s sebelumnya.

    • hadisome Says:

      selamat sore bu

      nova T dan copper T itu sama Bu. secara umum, iud itu sekarang berjenis copper T. artinya alat kontrasepsi tersebut berbentuk hurup T dan memiliki lilitan tembaga. nah nova T itu adalah merk dagang dari salah satu perusahaan yang membuat IUD.
      kontrasepsi yang aman, ya tetap IUD. apapun merknya, karena semuanya sama. yang tidak boleh itu alat kontrasepsi hormonal semacam implant, pil, suntik, dan mirena.

      mengenai sakit di bagian perut sebelah kiri, bisa saja itu karena alat baru tersebut masih menyesuaikan diri dengan rahim ibu. rahim berkontraksi karena adanya alat baru. nah kontraksi inilah yang menyebabkan rasa nyeri di perut. atau mungkin juga karena ada kesalahan prosedur pada saat pemasangannya, namun kemungkinan ini kecil sekali.
      mengenai suami yang seperti tertusuk jarum, bisa saya pastikan bahwa itu adalah benang IUD yang terlalu panjang menjuntai ke luar (ke dalam saluran vagina). saran saya coba dilipat saja.
      atau besok coba ibu datangi lagi dokter yang memasangkan IUD tersebut, sekalian kontrol. ceritakan keluhan ibu supaya mendapat penanganan. biasanya akan diberi anti nyeri untuk menghilangkan rasa sakit di perut sebelah kiri. dan untuk keluhan benang, minta agar benangnya dilipat ke dalam atau di gunting biar lebih pendek.

      salam

      • ina Says:

        mau tanya kalo bagi wanita yang pasangIUD dapat beresiko kena kanker serviks ga?

      • hadisome Says:

        ini, saya sendiri masih belum begitu tahu, ada yang bilang bisa mengurangi resiko kanker serviks cuma saya lupa sumbernya dmn. nanti saya coba kaji lagi ya.
        trims untuk pertanyaannya


  83. Trim’s bnyak atas infonya, sangat bermanfaat bagi saya.

    Tadi saya belum menjelaskan kapan saya memakai IUD, nah saya memakai IUD itu sudah 6 bulan sejak anak kedua saya lahir.
    kenapa terasa nyerinya baru sekarang? sedangkan kemarin pasca di pasangnya IUD tidak ada masalah sedikitpun, hanya volume menstruasi yang lama dan banyak.
    nyeri yang saya rasakan itu di perut sebelah kiri, kemudian menyebar sampai terasa mulas seperti mau melahirkan.

    • hadisome Says:

      oh, saya kira baru dipasang.
      kenapa nyerinya baru sekarang? nah itu kelihatannya harus diperiksakan ke dokter ahli kandungan.
      mudah2an sih kondisi rahimnya baik2 aja.

  84. Susan Says:

    Pada bulan Juli 2011 saya dipasang IUD, awalnya ketika saya memasukkan jari saya ke vagina tidak terasa apa apa tapi sudah hampir sebulan benang IUD nya teraba, apa yang menyebabkan hal tersebut?saya takut untuk kontrol,karena saya sudah parno duluan,apakah kalau benang nya dimasukkan ke rahimnya sakit gak?
    Trims

    • hadisome Says:

      sebenarnya benang teraba itu hal yang wajar selama dia tidak mengganggu aktivitas hubungan anda dengan suami. penyebabnya apa? bisa saja benang tersebut menjuntai karena ukurannya yang panjang.
      lebih baik dikontrol ke bidan yang memasangi IUD anda tersebut. katanya sih nggak sakit, karena cuma melipat benangnya saja.

  85. narty Says:

    slm kenal mas hadi, sy ibu 2 anak, sy br psng iud 2 mggu yg lalu setelah sebelumnya pake pil selama 11 thn, dan kmrn tepatnya tgl 21 jan sy putuskan beralih keiud, kmrn pd saat psng sy merasa kesakitan setelah psng sy seperti orang yg mo melahirkan skt perut sampe kepinggang disertai mulas pokoknya macam mo melahirkan, bsknya sampe hr ke10 msh nyeri kmdian sy kedkter dan diusg dan ternyata iud sy turun, kmdian di betulkan dan sampe saat ini kenapa perut sy msh terasa nyeri apa iud bs trn turun ato krn pemasangan yg tdk pas? apa sy tdk cocok pake iud? tq

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali bu Narty
      rasa sakit itu bisa saja disebabkan oleh belum pas nya posisi IUD di dalam rahim, salah satunya posisinya yang turun. sependek pengetahuan saya, ketika IUD telah terpasang, maka dia akan tetap berada di dalam rahim, kecuali ada kesalahan prosedur pemasangan atau ada masalah di rahim, kemungkinan IUD bisa bergeser.

      tentang masih sakit, apakah anda diberi obat antinyeri oleh dokter anda? jika dikasih, tapi masih sakit, saya sarankan untuk mendatangi kembali dokternya. minta agar dilakukan pemeriksaan rahim.

      mengenai cocok nggaknya dipasang IUD, selama tidak ada keluhan apa2, bisa dikatakan cocok2 saja. mengenai rasa sakit yang sedang anda alami, saya sarankan coba periksakan lagi, kalo perlu ke dokter yang berbeda, untuk mendapatkan second opinion.

  86. Susan Says:

    Bolehkah periksa IUD kepada bidan yang bukan memasangnya tetapi kepada bidan yang lain?semenjak dipasang IUD cairan yang keluar setelah berhubungan dengan suami berbau tak sedap,apa itu wajar?terima kasih

    • hadisome Says:

      Boleh saja..
      Cairan yg keluar seperti apa? Keputihan ya?
      Kalo berbau, biasanya ada masalah pada rahimnya. Biasanya karena daerah mulut rahim dan vagina sedang infeksi tp dipaksakan dipasangi IUD

      Saran saya sih mending periksakan ke dokter spesialis obgyn aja

  87. sarah Says:

    pak hadi.sudah hampir 5bln ni sarah pake IUD…stiap mau haid slalu mrasa mules spt kram perut..timbul tenggelam..1mg sebelum haid datang pun sdh trasa mules,apakah ini wajar??padahal klo udah keluar darah haid,perut sdh tidak mules.,..
    boleh tau ga ciri2 nya klo posisi IUD bergeser?jujur sarah takut klo2 posisi IUD nya geser..karna bulan ini sarah belum dpt haid,bulan januari sarah haid tgl 16

    • hadisome Says:

      Waduh, saya sendiri sebenarnya kurang begitu tau ciri2 posisi IUD bergeser seperti apa. Mbak sarah sudah periksa belum? Coba diperiksa ke dokter dan minta untuk di USG supaya diketahui letak IUDnya.
      Untuk mules sebelum haid kadang2 memang terjadi pada beberapa perempuan, tapi biasanya hanya satu hari menjelang hingga ketika hari pertama atau kedua saja.
      Itu terjadi karena dinding rahim melepaskan bagiannya yang menebal sebagai siklus bulanan yang wajar.

      Mohon maaf saya tidak bisa menjawab secara medis.

      Coba mbak sarah periksakan ke dokter terlebih dahulu, siapa tau bukan dr IUD nya

      Trims

  88. kicka Says:

    assalam.
    saya melahirkan 11 oktober 2011, baru pasang iud(nova T) tanggal 20 jan 2012 karena memang dr melahirkan sampai pemasangan iud saya blm berhub lagi dengan suami jadi walau tdk dlm kondisi haid saya langsung pasang langsung haid tanggal 7 feb 2012 tapi fleknya agak lama trus haidnya banyaaaak…..tapi stlh konsul dengan bidan itu katanya wajar….sekarang sudah slesai haid…..tapi terkadang masih ada flek….dan darahnya sedikit…..apalagi setelah berhub dengan suami…..apa itu wajar???saya tanya suami apa ada yang ganjel…..takutnya iudnya itu sndiri menghalangi atau bagaimana……ternyata tidak…..apa memang pemakai iud kalau habis berhub sll kluar flek atau bagaimana???mohon penjelasannya ya pak….terima kasig
    wassalam

    • hadisome Says:

      ‎​​​وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
      Selamat ya atas kelahiran putra/putrinya. Mengenai haid dan flek yg agak banyak, memang itu wajar, mengingat rahim sedang dalam masa adaptasi dg keberadaan IUD tsb, jd anda tidak perlu risau. Yakinlah apa yg dikatakan r̶u̶d̶i̶ bidan.. :p
      Mengenai flek stelah berhubungan, emang pd beberapa perempuan yg dipasangi IUD akan mengalami flek, itu jg wajar selama fleknya hanya sedikit2 saja. Sekali lagi, flek tersebut keluar sbg ciri adaptasi rahim dg keberadaan iud. Flek ini bisa keluar hanya dlm hitungan hari, tp bisa juga hitungan bulan. Tp jangan khawatir karena nantinya flek tsb akan berhenti.
      Mengenai suami, jgn kuatir akan terhalangi iud krn IUD itu posisinya di dalam rahim, sedangkan berhubungan itu hanya di vagina saja, tidak sampai rahim. Kalopun ada yg mengganjal ketika berhubungan, itu bisa dipastikan dr benang iud yg terlalu menjuntai, bukan dr IUD copper T nya sendiri..
      ‎​​​وَالسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ. وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  89. ita Says:

    salam kenal pak, ikut share ya.. bulan april 2010 saya pasang implant untuk 3thn dan sejak saat itu selama 14 bulan saya tidak pernah mens dan berat badan turun sktr 2Kg. tapi sejak bulan Agustus 2011 saya mendapat mens lagi dan sampai skg datangnya tidak teratur, kadang 2x sebulan atau flek2 yang lama, berat badan jg naik sktr 4Kg pdhl sblm dpt mens tdk pernah naik. skr usia saya 26thn dua kali melahirkan semua dengan SC, saya kepingin ganti pake IUD apa aman ya?terus terang saya terganggu dengan mens yg amburadul dan peningkatan BB. jd mohon penjelasannya..thNKS B4

    • hadisome Says:

      Implant itu memang alat kontrasepsi yg berbasis hormon, jd ketika implant terpasang akan ada reaksi antara hormon buatan yg tertanam dalam implant dengan hormon di dalam tubuh, efeknya akan berpengaruh thd siklus haid dan juga fisik, salah satunya penambahan atau pengurangan berat badan.

      Pilihan anda kepada IUD sudah tepat. Insya اَللّهُ IUD ini aman dan tidak akan mempengaruhi siklus haid dan berat badan, kecuali pd beberapa kasus, haid akan menjadi lebih banyak dan pada awal2 setelah dipasangi IUD anda akan mengalami flek2 darah.

      Sayang sekali ya, anda menemukan blog ini jauh setelah SC dilaksanakan. Pdhal kalo lahirannya melalui SC, anda bisa sekalian dipasangi IUD setelah proses operasi lahiran selesai.
      Tp tidak apa2, better late than never kan kata orang. Sekarang anda cabut saja implantnya, setelah IUDnya terpasang (akan jauh lebih aman).

  90. Bundadyon Says:

    Selamat Siang Pak…
    salam kenal ya. 6 bulan yang lalu saya melahirkan seorang putri. samapi sekarang saya belum KB karena masih bingung milih KB yang tepat. sebenarnya saya tertarik pake IUD, cuma stelah saya ngomong2 sama suami takutnya nanti malah ganggu pas hub intim. soalnya banyak kejadian (cerita teman2) ketika istri memakai IUD, saat berhubungan intim malah suami yang merasakan sakit. takutnya malah mengganggu. posisi saat ini saya masih menyusui.. kalo pake pil boleh gak y pak? pernah dengar produk Diane35 aman gak?

    • hadisome Says:

      Halo bundadyon, salam kenal kembali. Pasti anaknya namanya dyon ya? (Yaeyalaahh °• (^_^) ✗¡✗¡✗¡.. •° )

      Nah, kalo sudah ada keinginan IUD saya lebih menyarankan IUD saja, sebab kalo pake pil diane pd saat menyusui, kasihan dion bu, nanti asi yg diperolehnya lebih sedikit, krn pil diane itu termasuk kategori pil campuran, bukan pil khusus menyusui.
      Mengenai rumor bahwa pakai IUD akan mengganggu hubungan intim, terutama pada suami, saya kira itu bisa diakali kok.
      Kenapa bisa sampai mengganggu, krn benang iud terlalu menjuntai ke dalam vagina. Akibatnya, suami akan ‘terganjal’ dan itu akan mengakibatkan rasa tak nyaman. Nah cara mengakalinya adalah dengan menggunting benang iud agar tidak menjuntai, atau bisa juga dengan cara melipat benang IUD (atau kita menyebutnya di blow).
      Nah, mumpung skrg msh ASI, saya sarankan sih pakai IUD saja.
      Info lebih lengkap silakan baca2 tentang IUD di blog ini…

      Trims

  91. ria Says:

    P.hadi,sy mau tanya.sy mlahirkan juli 2011,pasang iud sjak 3 bln stlah melahirkan(pasang oktober).keluar flek slama hampir 4 hari.kmudian tiap bulan mens nya lebih banyak/mgkin krn spoting.

    tp stlah menginjak 2bln sdh haid normal(haid cm bln nov n dsmber),,,,sampai skarang lum haid lagi.ap itu krn adaptasi?atau krn sy msh memberi asi untuk anak sy?

    Sdh sy cb periksa ke dokter kandungan yg memasang iud sy.sdh di usg, di tes kehamilan tp jg tdk hamil.akhirnya sy di beri multivitamin dan disarankan tdk bkerja atau berfikir terlalu berat krn bs pengaruhi siklus mens,juga saat mau berhubungan dg suami cb pakai kondom..

    dan yang membuat sy risau, sampai2 suami saya menjadi parno,,,,,takut banget mau berhubungan intim,takut sy hamil lg(krn sy melahirkan secar,dan kt doter untuk hamil lg minimal jaraknya 2tahun lagi).sy skarang takut sekali pak,jk suami sy di luar sana melampiaskan hasratnya pada wnt lain.krn suami sy krj di luar kota, dan pulang week end sj.sbg seorang istri yg jauh dr suami tentunya sangat mendambakan kepulangan suami dg berhub intim saat week end.

    sy mohon sarannya spy haid sy lancar kembali,dan supaya suami sy jg tidak takut lg untuk berhub intim dg sy pak… Trimkasih sblumnya…maaf yaaa panjang banget ni pertanyaan nya…hehehee

    Salamm Sehat

    • hadisome Says:

      Hallo mbak Ria
      Sebenarnya, ketika anda menggunakan IUD anda tak perlu risau akan resiko hamil, krn tingkat keberhasilan IUD ini 99%
      Mengenai siklus haid anda yg tiba2 menjadi tidak beraturan, saya pikir itu terjadi krn pengaruh anda menyusui. Ketika memberikan ASI, apalagi ASI eksklusif, siklus haid akan terpengaruh oleh hormon yg keluar krn pada saat laktasi. Hormon ini mempengaruhi hormon estrogen progesteron sehingga haid anda menjadi terhenti. (Silakan baca penjelasannya pada bagian cara KB alami metode amenorhea laktasi).
      Apa yg dikatakan dokter anda benar bahwa anda jangan berpikir yg berat2, krn itu memicu tingkat stress pd diri anda. Ketika anda stres, lagi2 hormon2 yg ada didalam tubuh menjadi terpengaruh, termasuk hormon estrogen progesteron. Ketika terjadi perubahan hormon tsb, maka siklus haid anda pun akan terpengaruh. Itulah sebabnya dokter anda menyarankan agar anda tidak berpikir dan bekerja berat.
      Pikiran2 anda tentang ketakutan2 anda trhadap suami pun memicu perubahan hormonal dalam diri anda. Itupun akan membuat haid menjadi tidak lancar.
      Sekarang begini saja, jika anda msh was2 takut hamil, anda pakai saja kondom ketika berhubungan sampai anda mendapatkan haid kembali. Kemudian buang pikiran2 negatif tentang suami anda yg akan bersama perempuan lain, krn itu hanya menyiksa diri anda yg efeknya adalah haid menjadi tidak teratur.
      Multivitaminnya diminum saja, sesuai anjuran dokter. Semoga dg ‘membebaskan’ diri sendiri dr perasaan takut, haid anda akan segera normal kembali…

      Salam KB

  92. caca Says:

    siang>>> sy mau tanya…sy39 thn memiliki 2 anak dan telah memasang iud 7 tahun lalu, selama itu haid sy teratur, memang setiap datang haid akan terasa sakit, pegal badan dll dan masa haid yang agak lama, namun beberapi hari lalu sy jatuh sakit dan di diagnosa DBD pada saat yang bersamaan sy sakit, sy dapat haid dengan waktu haid 6 hari dan pendarahan yang banyak…dan rasa mual yang lama smp sy nulis inipun msh ada rasa mual dan pusing, sy penasaran…lalu sy cek dengan alat test fek kehamilan ternyata sy liat ada 2 strip garis positip hamil, yang ingin sy tanyakan, apakah ada kemungkinan sy hamil setelah selesai haid…sementara iud msh terpasang????

    • hadisome Says:

      Siang mbak,
      Kalo ditanya ada kemungkinan hamil setelah dipasangi iud atau ngga, ya ada. Tingkat keberhasilan IUD itu 99% berhasil, dan 1% gagal. Namanya juga alat buatan manusia, yaa pasti ada aja resiko kegagalannya mbak. Resiko kegagalannya bisa dipicu banyak hal, salah satunya bergesernya posisi IUD karena volume darah haid yg banyak.
      Tapi saya kok sangsi yah, itu positif hamil. Mengingat anda baru saja haid. Haid itu kan proses peluruhan dinding rahim karena tidak adanya pembuahan sel telur.
      Bisa saja testpacknya memang salah.
      Coba anda periksakan ke dokter kandungan, mengingat anda baru lepas haid, kok rasanya gak mungkin bisa secepat itu anda hamil.

  93. SUTRISNO Says:

    sy mau tnya dok, 10 bln stlh melahirkan sesar istri sy KB spiral tp stlh 9bln istri sy hamil pdahal bisa dibilang 1 kali dr 100 kali brhubungan yg sy keluarkan di dlm slebihnya diluar , knp n krn faktor apa itu trjd dok? usia kandungan saat ne 1 bulan, apa yg hrus sy lakukan / tindakan apa yg hrs sy ambil scpatnya untk keselamatan istri n janin’ya.. trmksih dok.

    • hadisome Says:

      Siang pak…
      Maaf saya bukan dokter, hanya karyawan BKKBN saja.

      Resiko kegagalan IUD memang selalu ada pak,
      Bisa saja karena posisi IUD nya bergeser atau IUDnya lepas terbawa keluar pada saat haid. Jadi walaupun dikeluarkan di luar, kemungkinan hamil tetap ada.

      Coba konsultasikan ke dokter ahli spesialis obgyn di tempat bapak agar mendapatkan pemeriksaan secara lengkap dan memperoleh penanganan medis yg tepat …

      Maaf saya tidak bisa banyak membantu.

  94. fitri Says:

    siang saya mau tny?? saya pasang iud sdh hmpir 2thn dan siklus haid saya tidak teratur lebih dari 30 hari, nah saat ini 27 feb’12 saya blum juga dapat haid pdhl haid terakhir 18 Jan’12, dan saya sdh testpack tgl 23 feb’12 hasilnya negatif. apakah ini normal atw apa krn saya sdh tdk mau hamil lagi

    makasih

    • hadisome Says:

      halo mbak fitri,
      saya kira itu masih normal mbak. mengingat siklus haid anda lebih dari 30 hari.
      jadi kemungkinan setiap haid pasti akan bergeser beberapa hari dari tanggal haid bulan sebelumnya.

      trims

  95. Karin Says:

    siang pak saya mau tanya….saya pasang KB IUD sdah skitar 5-6 bln yg lalu……. setelah pasang sya hanya mendapatkan flek” saja, untuk 2bln trakir ini (januari-februari) flek nya setiap hari, dan 2minggu yang lalu sy mengeluarkan darah banyak (sprti mens) slm 5hari… la yang jd pertanyaan sy apakah yg hr (pendarahan ) itu mens???? bg mana cr membedakan darah mens / flek… dan apakah jika pendarahan scr tiba” dan banyak itu msh terbilang aman… trimksh atas penjelasanya…

    • hadisome Says:

      Halo mbak Karin
      Untuk membedakan flek dan haid salah satunya bisa dilihat dr lamanya darah keluar. Haid biasanya berlangsung antara 5 sampai 7 hari, sedangkan flek kurang atau diatas itu.

      Jika melihat riwayat pemasangan IUD yg baru beberapa bulan, saya pikir itu msh dalam taraf wajar dan aman.
      Trims

  96. rara Says:

    Selamat sore pak…
    saya rara mahasiswi kebidanan, saya sedang sedang menulis KTI ingin meminta informasi tentang:
    -Pengertian Kehamilan dengan IUD In Situ
    -Efek samping Kehamilan dengan IUD In Situ
    -Penatalaksanaan Kehamilan dengan IUD In Situ
    beserta literaturnya kalau ada..
    Saya sudah mencari tapi hanya sedikit dan kurang jelas..saya berharap Bapak dapat membantu..
    terimakasih pak..

    • hadisome Says:

      malem Rara…
      saya tidak punya literatur mengenai kehamilan dengan IUD in Situ.
      ketika seorang perempuan dideteksi hamil padahal IUD nya masih terdapat di dalam rahim, maka IUD tersebut dibiarkan saja di dalam rahim sampai anaknya lahir, namun harus dalam pengawasan dokter ahli.
      hanya itu saja yang saya tau…
      trims sudah mampir ke sini :D

  97. chiku Says:

    malem pa..berbahayakah jika menggunakan iud tapi tidak pernah chek ke dokter selama 6 tahun…dan apakah jika di buka iud akan terasa sakit
    terimakasih

    • hadisome Says:

      malem bu..
      jika ditanya berbahaya atau tidak, jawabnya adalah tidak berbahaya selama anda tidak mengalami keluhan apa-apa.
      ketika dibuka tidak akan terasa sakit. malah katanya, membuka IUD lebih gampang ketimbang pemasangannya…
      trims

  98. susan Says:

    Sebaiknya pada saat haid hari ke berapa kalau mau dipasang IUD?trim’s

  99. aurel Says:

    Assalamu’alaikum.
    Selamat siang bu. Gini bu saya sdang ada maslah tntag siklus haid yg g teratur. 3 bulan yg lalu saya memakai IUD.Tpi buln prtma smpai buln k 3 haidx lncar, nah memasuki buln k 4 ni sya kuk belm datg haid juga. Saya tkut bget klo hmil lgi,bukankah klo pakai kb IUD tu haidx teratur? Sdangkan bebyQ Mash ber usia 6 buln,dan wktu melahrkan scara cecar. Mnta jawabnx za bu. Trima kash sbelumnya
    wassalam. Pasuruan

    • hadisome Says:

      waalaikum salam

      saya lakilaki lho :D

      kayaknya bukan hamil ya bu. tapi wallahu alam sih, kan ibu belum di test. coba ibu pastikan dulu pakai testpack.
      saya kira haid bu aurel yg belum datang juga bulan ini bukan karena hamil, melainkan karena pengaruh hormon prolaktin yang memengaruhi sekresi hormon estrogen dan progesteron. kedua hormon tersebut akan berpengaruh terhadap haid. nah, hormon prolaktin ini menekan keluarnya hormon tersebut, akibatnya ibu belum haid juga.

      hormon prolaktin ini muncul pada saat ibu sedang menyusui. terutama asi eksklusif. sampai enam bulan pertama, biasanya hormon prolaktin ini memberikan pengaruh signifikan terhadap masa haid.

      saran saya: coba lakukan test dengan testpack terlebih dahulu untuk memastikan apakah hamil atau tidak. semoga saja tidak ya..

      salam

  100. aurel Says:

    Slamat Malam pak. Sbelumxa ma’af gag tau klo anda seorang lki2,soalx bru aja mask k bl0g anda. Dan trima kasih ats jawabnx bpak.
    Sya juga kwatir bget klo misalkn sya hmil,dkarenakn sya sdang mexusui exklusif ank p’tma. Tdi pgi sudah d tes, n hsilx alhmdulillah negative, Tpi apkah buln2 brikutxa haidx akn lncar??
    Bukankah klo pkek IUD tuch benangx trasa klo sa’at dibwat b’hubungan? Tpi knpa swmi sya tdak mrskan hal itu,apkah mgkin klo bnangxa hlang?

    • hadisome Says:

      Oke, gpp

      Selama anda menyusui, kemungkinan masa haidnya memang agak kurang teratur. Tp jangan khawatir, nanti jg akan kembali normal.

      Tentang benang yg ga kerasa saat berhubungan, harusnya anda tak perlu risau, itu artinya benangnya tidak menjuntai,dia berada di dalam rahim, tidak pd vagina. jd ga mengganggu suami anda.
      Untuk memastikan benangnya ada atau ngga, anda raba saja dg jari. Masukkan jari ke situ, trus raba.
      Kalo msh belum yakin, coba di usg aja…

      • aurel Says:

        Selamat siang pak. sya merasa lega ats smua jawbn bpak.
        Tpi bgai mna klo seandaix benag dri IUD Trsebut hlag? Apakh akn brdmpak yg buruk d dalm rahim&pda sa’at brhbungan?
        Jika pda bulan dpan sya belm juga mndpatkn haid,apkah itu juga hal yg n0rmal pak?!

      • hadisome Says:

        Siang jg mbak aurel
        Benang IUD tidak akan menghilang jika IUD msh terpasang di dalam rahim. Dia akan tetap ada selama IUD msh terpasang, dan tidak akaan berdampak apapun terhdap anda.

        Selama anda msh dalam periode menyusui, memang siklus haid belum akan benar2 teratur seperti masa gadis. Hal ini disebabkan adanya hormon yg keluar ketika menyusui berpengaruh thd siklus haid

  101. Leghika Says:

    selamat pagi mas,
    saya mau tanya lagi ya..
    sudah 10 bulan pasca saya melahirkan, tetapi kenapa masih ada flek..?? tapi saya masih bingung apa ini flek atau saya menstruasi, karena fleknya kadang suka banyak.. dan apa selagi flek itu masih bisa berhubungan dengan suami atau tidak boleh..??
    maaf mohon jawabannya segera ya mas..
    terima kasih ya mas..

    • hadisome Says:

      coba periksakan dulu ke dokter… siapa tau emang ada keluhan dari rahimnya. tapi kayaknya sih memang efek terpasangnya iud.
      kalo berhubungan, menurut syariat agama yg saya anut sih harus bersih dulu ya. minimal kalopun misalnya hari ini ada flek, tunggu bersih dulu ya.

  102. alice Says:

    Salam kenal pak hadi. Saya pasang IUD tgl 21jan saat mens hari terakhir. Sampai saat ini tgl 16maret, saya blum mens lg. Tapi ada keluar lendir darah sudah 4x, sedikit, kadang br kelihatan klo lg buang air kecil. Bervariasi lamanya, ada yg 2hari, 1hari, 5hari. Apakah ini efek dari proses adaptasi IUD? Saya jg belum balik kontrol ke dokter sejak pemasangan IUD pertama kali. Selama ini tidak ada keluhan sih dr suami. Pernah sekali suami blg spt ada benda asing yg menggesek2. Tp senggama berikutnya, katanya tdk terasa lg. Menurut bapak, apakah ada something wrong sama IUDnya? Apakah perlu balik kontrol lg ke dokter? Thanks ya pak hadi. This blog is really helpful :)

    • hadisome Says:

      Halo mbak Alice, salam kenal kembali…
      Mengenai belum haid sampe skrg, saya ingin tahu dulu, apakah mbak Alice sedang menyusui saat ini?
      Mengenai darah yg keluar, kemungkinan itu memang flek mbak. Flek2 darah itu memang normal ketika iud sudah terpasang di dalam rahim. Saya istilahkan sebagai bagian dr adaptasi rahim terhadap benda asing di dalamnya. Jd anda tak perlu khawatir krn nantipun akan berangsur berhenti dan kembalo normal.
      Tentang belum haid, bisa jg dipengaruhi banyak faktor, salah satunya siklus haid yg memang lama atau kondisi ketika menyusui.
      Mengenai benda asing yg menggesek ‘itu’ suami, tenang saja, itu bukan IUDnya, melainkan benangnya saja yg terlalu menjuntai. (Silakan mbak lihat gambar IUD yg saya unggah di blog ini). Nah jika benangnya terlalu panjang, dia akan menjuntai keluar dr rahim, dan tempat dia menjuntai tersebut adalah liang senggama (vagina) sehingga ketika berhubungan akan terasa mengganggu. Ketika sanggama berikutnya tidak terasa lagi, mungkin benangnya sudah terdorong masuk pas hubungan pertama hehehehe, jd IUDnya ga something wrong :) ….

      Perlu balik lg ke dokter? Silakan, sy malah selalu menyarankan untuk kontrol medis mengingat kaalo hanya konsultasi spt ini kan nggak menyeluruh. Sekalian periksakan kondisi kenapa belum haid jg…

      Trims kalo memang blog ini membantu… Silakan dishare di fb barangkali ada temen2nya yg belum tau ttg blog ini.

      Salam
      Hadi


  103. Salam kenal Mas…..

    Pada waktu melahirkan melalui operasi caesar, tahun 2003, saya dipasangi IUD. Pada tahun 2007 IUD di lepas karena berniat menambah momongan. Namun hingga kini (2012) belum dikarunia-i juga, Selama 2007-kemarin, saya belum pernah memeriksakan diri ke dokter kandungan, mengingat tidak pernah ada keluhan. hingga kemarin, saat mengantar kakak ke dokter kandungan, saya iseng melakukan USG untuk mengetahui kondisi rahim saya mengapa tidak hamil-hamil. Ternyata masih ada sisa patahan IUD nya. Dokter menyarankan untuk segera operasi.

    memang waktu proses pelepasan IUD di Bidan, Bidan ybs sempat mengeluhkan kesulitan, dan sempat memanggil rekan bidan lainnya, ketika proses pelepasan itu juga IUD tidak diperlihatkan, hanya bilang bahwa IUD sudah di lepas, padahal dulu (sebelumnya beberapa kali saya bongkar pasang IUD, selalu di perlihatkan).

    Yang ingin saya tanyakan, apakah operasi pengambilan sisa IUD itu harus segera dilakukan? jika tidak diambil, dapatkah berdampak pada kondisi rahim saya? benarkah tidak bisa hamil karena alat sisa IUD itu? mengingat sisa IUD itu menempel di bagian kanan, sedangkan kita masih punya indung telur sebelah kiri.

    Terima kasih ya Mas,
    (bunda galau :D)

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali Mbak Aty alias Bunda Galau hehehe

      jujur, untuk pertanyaan mbak, saya sendiri mencari jawabannya melalui seorang dokter, jadi ini adalah jawaban langsung dari ahlinya (dr. Handi Intan, SpOG – RS OMNI Alam Sutera Tangerang)

      Yg biasanya patah tertinggal pada saat pencabutan IUD adalah bagian sayap. Itu kecil dan tidak memadai sebagai kontrasepsi. (jika seukuran sayap itu bisa punya efek kontrasepsi, tentu semua IUD akan diubah cukup seukuran sayapnya itu saja).

      Yg terjadi pada ibu adalah yang disebut sebagai infertilitas sekunder. Kl mau hamil (lagi) ya diperiksa sama seperti pemeriksaan kemandulan yaitu analisis sperma, siklus haid, usg (kalau2 ada massa yg menekan kavum uteri atau tuba), HSG dan kadar progesteron.Patahan IUDnya tidak perlu diangkat, karena terbuat dari bahan plastik yang tidak menimbulkan reaksi apa-apa di dalam badan.

      Sumber: dr. Handi Intan SpOG, RS Omni Alam Sutra.

      NB: Many Thanks to dr. Handi Intan SpOG atas jawabannya… :)


      • Many Thanks juga Buat Mas Hadi dan dr. Handi Intan SpOG atas pencerahannya.

        Jadi artinya kalaupun seumur hidup patahan itu tidak diambil, tidak akan berdampak apa-apa kan? (semoga…aamiin…)

      • hadisome Says:

        Iya gak apa itu bahan inert artinya tdk aktif. Kalaupun yg ada tembaganya tdk masalah cuma tdk ada efek kontrasepsi aja. Isi tembaganya sdh habis, makanya kalau KB normal kan ada jangka waktu hrs diganti kl gak bisa hamil, itu sebabnya, bukan krn bahaya.
        Salam
        dr.Handi Intan, SpOG

  104. santy Says:

    slmt sore pak Hadi, saya baru pasang IUD jenis copper T seminggu yg lalu, dan sisa benangnya masih tersisa dan mengganjal, keluar darah dan keputihan tidak terlalu sy pusingkan, tp yg membuat sy sangat tidak nyaman adalah rasa gatal pada miss V saya, yang ingin sy tanyakan apakah gatalnya miss V sy karna benang yg masih tersisa dan apakah itu normal?, saat ini sy sdang bingung rasanya ingin melepas IUD dan meggantinya dengan KB yang lain,
    terima kasih sebelumnya .

    • hadisome Says:

      Halo mbak santy,
      Untuk pertanyaan mbak santy, sy langsung tanyakan pd ahlinya,dr.Handi Intan SpOG
      Menurut dr.Handi, Banyak kemungkinan :
      1) Bisa krn filamen/benang IUDnya ngilik2 kepanjangan, itu bisa ditekuk aja lagi/didorong dengan jari bila susah hrs minta bantuan bidan/dokter dg alat spekulum
      2) Banyak lendir basah jd iritasi, jg bisa gatal.
      3) Memang ada infeksi

      Jangan dulu dilepas mbaak, coba lakukan kontrol ulang terlebih dahulu ke dokter/bidan yg memasangi anda IUD tersebut

      • santy Says:

        maksih atas responnya ya pa hadi, sbenernya sy mash takut untuk periksa lg, sbenarnya benang itu akan mengilang dengan sendirinya atau memang harus digunting lg?, kemudian satu pertanyaan lg ya pak, cara membedakan pendarahan dengan haid apa sih, soalnya sy bingin yg sy alami skrg apakah ini haid atau pendrahan, makasih :)

      • hadisome Says:

        jangan takut mbak, kan kontrol itu demi kebaikan anda sendiri.
        benangnya itu tidak akan menghilang, paling juga dilipat ke dalam (didorong menggunakan jari oleh anda sendiri atau lakukan kontrol ke dokter untuk melipat benangnya)

        nah, kalo masalah haid dan pendarahan, saya juga nanya sama dokter Handi Intan, SpOG. jadi menurut dokter Handi, klo haid itu ada siklusnya, misalnya 1x perbulan, lalu ada waktunya seperti 3,5,7 hari. haid normal itu 2-7 hari. nah di luar itu mesti dikoreksi.
        kalo pendarahan itu tidak ada siklusnya.
        ada juga flek darah, kalo flek itu hanya bercak darah saja. (jwban dr.Handi Intan, SpOG – via BBM)

  105. Dila Says:

    Salam kenal Mas…
    saya mau tanya, apa ada efeknya jika iud yang sudah habis masa berlakunya belum diganti? Kalau ada, bisa tolong jelaskan.
    Terima kasih…

    Dila

    • hadisome Says:

      Halo mbak Dila
      Menurut dr.Handi Intan,SpOG jika tidak segera diganti Bisa hamil. Kan kandungan tembaganya habis yg selama ini dilepas sedikit2.
      Tapi Tidak akan jd kanker, tumor dlsb.

      Trims

  106. emy Says:

    Assalamualaikum. Saya baru kemarin pasang iud yg 8th. Pada saat dipasang, saya sdng haid hr ke-4. Saat itu darah haid saya sedikit hanya flek saja. Mungkin sdh habis di h1 dan h2. He….he…karena di 2 hari tsb yg deras. Hari ini(H5 haid) darah yg keluar jg cuma flek2 aja. yg saya ingin tanyakan:
    1. Normalkah? Mengingat kalau dari info yg saya trima biasanya akan ada “cukup banyak” darah yg kluar sbagi penyesuaian tubuh. Saya jg tidak merasakan nyeri/mules, hanya sesaat ketika pemasangan saja.Bahkan saya hanya meminum antibiotik saja sdngkan pct yg diberikan dokter tidak saya minum krn saya tidak merasakan sakit. Atau justru berarti iud cukup cocok u/saya?
    2. Mengingat saya baru dalam kancah iud, he2 saya ada kekhawatiran akan hamil dalam kondisi iud tetap terpasang. sebenarnya yg paling saya takutkan adalah bukan hamilnya itu. Maksudnya…ya…saya sadar bahwa pemakaian iud hanyalah ikhtiar. Setelah itu Allah jualah yg mengkehendaki. Tapi saya takut resiko bagi bayi dan tubuh ibu yg hamil. Berbahayakah bagi janin dan ibu yg gagal iud? Bisakah dilepas iud jika dalam kondisi tsb? Mohon doanya aman2 saja:)
    3. Pernah ada yg cerita bahwa ada seorang ibu yg pasang iud, kemudian hamil dan mengakibatkan rahimnya retak akibat iud tsb. Bisa bpk menjelaskan maksud rahim retak?
    Terima kasih y pak. Maaf jika kebanyakan tanya. Untuk menenangkan diri :D
    *Menanti jawaban^_^

    • hadisome Says:

      waalaikum salam
      1. normalkah? sejauh tidak terjadi keluhan, normal2 saja bu. mengingat anda haid udah menjelang hari terakhir. setelah dipasang IUD keluar bercak darah juga normal.
      pada beberapa akseptor memang sering mengalami nyeri di perut seperti kram, tapi kebanyakan justru tidak merasakan mules. jadi saya pikir ibu termasuk yang kuat daya tahannya. mudah2an IUDnya memang cocok ya untuk ibu.

      2.jika memang Allah berkehendak ibu hamil setelah dipasangi IUD, setau saya IUDnya tidak perlu dilepas. cuma harus dalam pengawasan tim medis pada saat persalinan nanti.

      3. waduh, saya baru denger tuh rahim retak. nanti deh saya tanyakan ke dokter Handi..
      terima kasih sudah mampir ke blog saya.
      setelah saya dapat jawaban dr dokter Handi Intan, SpOG nanti saya update jawabannya…

      salam

  107. rury jatrina Says:

    Saya habis SC 1,5 bulan yg lalu,dan saya memutuskan untuk menggunakan IUD.saya pasang di BKKBN..sebelumnya gk ada keluhan dr suami saya mengenai benang.tpi tadi dia bilang benang nya kok kerasa banget bahkan mpe keluar.saya penasaran n periksa pake telunjuk saya sendiri.ternyata benangnya dah keluar n panjang banget.saya harus bagaimana?apa bisa hamil n posisi IUD didalam rahim turun gak?karna saya takut juga kalo mpe kebobolan.

    • hadisome Says:

      Coba datangi bidan di puskesmas atau bidan praktek di sekitar anda, minta agar benangnya di lipat atau digunting.
      bisa hamil atau ngga? kemungkinan selalu ada, namun dugaan saya, itu hanya benangnya saja yang tidak terlipat sempurna sehingga menjuntai ke bagian vagina, jadi anda tidak perlu panik dulu. besok kunjungi bidan ya…
      oya, posisi IUD bisa saja turun karena otot rahimnya misalnya mengendur, beberapa dokter menyarankan senam kegel untuk kasus seperti itu.

      salam

  108. niken respatiwulan Says:

    sya mau tnya dokter saya udah pke iud selama 1setengah thn tpi tiap haid sebln sya mendpt haid 2x n stlh selasai haid 3hari kemudian sya melakuan hubngn intim trnyta sya keluar flek n sgt mengganggu bgt.bgmana solusi dokter apa iud sya tdk cocok dan sya harus bgmana

    • hadisome Says:

      Mbak Niken bisa jadi siklus haid anda termasuk yg bersiklus pendek, 21 hari. Jd dalam sebulan haid anda bisa 2x. Itu normal2 saja.
      Mengenai flek, memang ada kemungkinan itu pengaruh iud.
      Mengenai cocok atau tidaknya, harus diketahui dulu, apakah ada keluhan lain atau ngga?
      Coba anda lakukan kontrol ke dokter spesialis obgyn, lakukan juga usg untuk melihat posisi iud di dalam rahim. Nanti dr situ akan ketahuan diagnosanya.
      Trims

  109. fitria kusumawati Says:

    salam,
    saya pengguna iud yang 8 tahun,setelah nifas berhenti saya mengalami haid yang tidak wajar,dari tanggal 1 sampai tgl 12 belum juga menunjukkan tanda2 berhenti,semakin hari darah semakin banyak,apakah hal itu wajar?

  110. Mama faza Says:

    Malam pak,
    Saya pasang iud 3hari lalu dan keluar darah merah segar agak byk,jika pada kasus keputihan iud tidak disarankan memakai pantyliner bgmana dgn spotting?karena khwtr tdk nyaman,bolehkah memakai pembalut?
    Kemudian dari infrmsi di gugel jg,mengapa di LN dan dktr di ina tidak menganjurkan pmakaian iud sdang bidan mash menganjurkanya..? Satu lagi bgmana perawatan iud selain k0ntrol rutin.trmksh dan mhn mf jika ptnyaan sy sdh dtanyakan. Panjang bgt mau bc 1 per 1

    • hadisome Says:

      pakai pantyliner atau pembalut, silahkan saja. selama itu membuat anda nyaman.

      oya, itu informasi dari website apa mbak? di LN justru pada pake IUD tapi yg jenis mirena. yg mengandung hormon seperti implant. mirena ini di ina belum populer karena harganya mahal banget.

      perawatan IUD, anda bisa melakukan kontrol diri sendiri dengan meraba benang iudnya. caranya bisa dilakukan sambil membersihkan area kewanitaan anda, masukan jari, jika teraba, berarti IUD masih ada. sisanya menjaga kebersihan area kewanitaan saja.

  111. anik Says:

    saya berusia 27th, saya pasang IUD setelah anak kedua saya berumur 15 bln, sebelum pasang IUD saya setelah melahirkan saya suntik 3bln satu kali dan dilanjutkan dengan konsumsi pil.setelah melahirkan sampai sebelum pasang IUD saya belum pernah haid, yang saya tanyakan setelah pasang IUD kenapa selama dua bulan saya mengeluarkan darah 3 kali selama selama seminggu{haid pertama 15hr bersih 3hari datang haid lagi selama 2mgg bersih lagi 3 hr datang lagi haidya } pada saat haid pertama 15 hari bahkan sampai istihadhoh. saya tanyakan pada bidan yang memasang katanya baru adaptasi,dan saya dikasih pil bentuknya kecil katanya untuk menghentikan darah haid saya.apa yang harus saya lakukan apakah saya tidak cocok dengan iud ini?atau gimana minta penjelasannya.makasih

    • hadisome Says:

      halo mbak Anik
      memang benar kata bu bidan, kemungkinan sih ada dua faktor yang membuat anda seperti itu, pertama memang itu proses adaptasi rahim terhadap IUD. selain itu, perubahan situasi hormon pasca melahirkan dan ketika konsumsi pil/suntik juga memberikan pengaruh terhadap haid anda. yang ketiga, mengingat bayi anda baru 15 bulan, itu artinya anda masih dalam suasana memberikan ASI, dan itu memberi pengaruh terhadap sekresi hormon yang mempengaruhi siklus haid.
      anda minum saja pil kecil tersebut.
      tunggu sampai beberapa bulan untuk melihat perkembangannya, saya kira, ke depannya akan kembali normal kok, jadi anda tak usah khawatir.

  112. nayla Says:

    Pagi pak,
    saya ingin bertanya:
    1. seperti apakah tanda2 ketidakcocokan tubuh terhadap IUD?
    2. kenapa labia saya sering mengalami gatal padahal sering saya bersihkah, apakah itu juga pengaruh dari penggunaan IUD?
    3. bagaimanakah cara melepas IUD? apakah harus dengan operasi?
    mohon dibantu menjelaskannya ya pak…
    jawaban anda sangat membantu saya.
    trims,

    • hadisome Says:

      pagi mbak
      saya coba jawab ya
      1. ketidak cocokan? biasanya terjadi pendarahan terus menerus. sebenarnya itu bukan karena ketidak cocokan IUD, melainkan lebih ke suspek ada kelainan/penyakit di area rahim.
      2. bisa ya, bisa tidak. ya, apabila benang kontrol IUDnya terlalu menjuntai. tapi bukan karena IUD jika memang ada infeksi di sekitar area genital. jika benang kontrol iud terlalu menjuntai, kunjungi kembali bidan/dokter untuk melipat/menggunting benang tersebut.
      3. melepaskan IUD tidak dengan operasi. sama seperti pemasangan. dan harus dilakukan oleh tenaga medis terlatih.
      semoga membantu

      salam

  113. Winny Says:

    Salam kenal yach Pak…saya winny pengguna KB suntik 3 bulan selama setahun lebih.Rencananya saya mw ganti dengan IUD.Biasanya dari KB suntik ganti ke IUD masa dpt menstruasinya kembali brp lama yach..soalnya selama saya pake K suntik,saya tidak pernah haid.Dan apakah masa adaptasi itu bisa dibilang haid?ohya saya ini kerja di lantai 3 dan lumayan sering turun naik tangga,apakah itu bisa merubah posisi pemasangan IUD tersebut.Misalnya copot gitu..Terima kasih y Pak atas jawabannya..saya tunggu secepatnya.

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali mbak Winny
      tidak bisa diprediksi mbak, tergantung apakah pengaruh hormon suntiknya masih ada atau tidak.
      masa adaptasi rahim terhadap IUD biasanya hanya ditandai dengan flek2 saja. volume darah yang keluar biasanya tidak terlalu banyak.
      tidak apa-apa kok anda naik turun tangga. jangankan naik turun tangga, senam aerobik pun tidak masalah mbak

  114. annisa Says:

    Pernah tidak,ada kejadian hamil setlah 11bulan pemasangan IUD,dan apa kira2 pnyebab nya

  115. Tantri Abeng Sumarna Says:

    met siang pak……saya tantri pengguna kb IUDsudah hampir 3 bulan sebelumnya KB inplan tp tdk haid dan takut terlalu gemuk .jadi baru 2 bulan inplan langsung ganti IUD tp sudah hampir 3 bulan pake IUD pun saya belum juga haid.yang saya tanyakan bagaimana caranya agar haid ?

    • hadisome Says:

      mbak sudah periksa ke dokter belum?
      kalo belum coba periksa dulu, sekalian dilihat kondisi rahimnya dengan USG.
      caranya supaya haid? wah saya tidak tau mbak.. itu sudah diluar bahasan KB… itu sudah ada di wilayah spesialis Obgyn..
      salam


  116. met malem pa…saya kaiza 9 bulan yang lalu saya operasi sesar tapi langsung dipasang IUD biasanya masa nifas itu paling lama 2 bulan tapi saya lebih dari 2 bulan terus sebulan setelah nifas saya keluar haid, biasanya haid saya sebelum hamil yang kedua ni paling lama 8 hari dan keluarnya pun banyak, tpi setelah pasang IUD haid saya sedikit tapi lama hampir 2 minggu, ditambah lagi 2 hri sebelum haid pinggang saya selalu terasa sakit padahal sebelumnya tidak pernah, apa itu juga efek samping dari IUD ya??

    salam

    • hadisome Says:

      kalo haid yang lama, memang kadang2 seperti itu, ketika dipasangi iud, maka volume darah haid menjadi lebih banyak.
      mengenai pinggang yg nyeri sy tidak bisa memastikan, haruss diperiksakan ke dokter

  117. enyaanggia Says:

    Cool blog!
    Sangat bermanfaat baik artikel maupun forum diskusinya. Manfaatnya sangat terasa dlm mengurangi kepanikan saya malam ini karena kesakitan & spotting setelah pemasangan iud.
    Maju terus mas Hadi dgn penyuluhan KBnya! :)

  118. Putri Pandani Says:

    salam knl pa.saya mau tnya.skr sya pkai kb iud,baru 2 minggu.sblmnya saya pakai kb suntik.nah skr knp ya masih keluar darah juga sdh 2 minggu pas di kb iud.dan kadang keputihan yg agak bau juga pa.kalau sdang berhubungan kadang bau itu juga terasa juga.gmn ya pa agar tidak bau ? apa ini akbit dari proses juga pa?tx

    • hadisome Says:

      mengenai darah yang keluar, bisa jadi itu pengaruh dari IUD yang baru terpasang sehingga rahim beradaptasi.
      mengenai keputihan yang berbau sebaiknya anda perika ke dokter kandungan untuk melihat ada apa di dalam. mengingat keputihan yang bau tersebut indikator adanya bakteri tidak baik di area miss V

  119. iska Says:

    ass. malam mas, salam kenal,,,
    saya iska,, saya mau tanya setelah melahirkan 30 hari saya menggunakan kb IUD, setelah kb IUD saya jadi sering merasakan sakit pinggang dan nyeri perut bawah,trus setelah melakukan hubungan, saya suka merasa sakit di miss V, apa penyebabnya? trus pas saya buang air kecil benang IUD teraba, tpi setelah saya check kmbali benang iud tsb dah g ada, kemanakah benang tsb? dan karena apa bnang itu juntai?? mohon penjelasannya ya,,, makasih

    • hadisome Says:

      nyeri saat berhubungan bisa saja disebabkan karena benang yang menjuntai dan menggesek ketika berhubungan…
      ketika tidak teraba, bisa saja dia terdorong ke dalam.. untuk lebih jelasnya coba di USG untuk mengetahui keberadaan alat IUDnya. kenapa benang menjuntai, karena memang ukurannya panjang…

      • iska Says:

        oo,, gtu ya,, tpi mas misalkan kalo benang tsb supaya bisa masuk lgi, didorong dengan jari ga bakaln brbah posisi pda IUD’y? Trus kadang saya masih suka ada darah kecoklat”an, klo sedang keadaan seperti itu berhubungan,apa g bakan npa?

      • hadisome Says:

        nggak.
        sebaiknya ditunggu sampai bersih dulu. tidak pada saat darah kecoklatan tersebut keluar.

  120. jingga Says:

    Salam kenal pak Hadi, salut sekali atas tanggapan bapak atas banyak pertanyaan yang banyak sekali dari tahun 2010 hingga sekarang dan semoga curhatnya saya juga sudi kiranya untuk ditanggapi, terimakasih.

    Sudah satu tahun menggunakan alat KB spiral, tepatnya setelah masa nifas selesai saya langsung pasang alat tersebut, karena menurut dokter kandungan saya alat tersebut yang paling tidak memiliki efek samping terhadap ASI yang saya berikan ke bayi saya.
    tapi setelah dipasang saya justru kembali mengeluarkan darah seperti mens lagi dan yang paling membuat saya heran kenapa setelah itu saya malah tidak mens lagi selama 9 bulan berturut-turut, tp setelah itu sampai dengan sekarang dengan waktu yang tidak teratur, kadang mens hanya keluar flek sampai beberapa hari, tapi kalau saya berhubungan dengan suami, dekat dengan waktu datang bulan saya barulah keluar darah mens dengan volume yang banyak.

    Sebagai catatan saya melahirkan secara Caesar dan menjalani ASI ekslusif selama 6 bulan, dan diteruskan sampai saat ini.

    terimakasih atas perhatian bapak,

    • hadisome Says:

      ini jawaban dari dr. Handy Intan, SpOG
      Iya itu akibat masih menyusuinya. tapi pasti sekarang sudah campur susu formula sehingga hormon prolaktin/hormon menyusuinya tidak tinggi sekali jadi antara mau haid tapi tidak bisa lancar karena masih menyusui. Ini umum terjadi pada ibu menyusui yang belum stop betul-betul. Tidak bahaya. nanti saat stop ASI total akan haid normal setiap bulan. IUD sama sekali tidak mengubah siklus haid.
      trims

      • jingga Says:

        Terimakasih banyak atas jawabannya, sy sangat puas membacanya. Terlebih setelah saya menulis komen curhat, sy jg kontrol ke dokter specialist kandungan dan memperoleh hasil yg sama, bahwa kondisi saya relatif normal.
        Dan maaf sy mau tanya jg, tentang berapa lama sebaiknya sy kontrol KB, apakah bs lbh dr 6bln atau skitar 1thn lg baru periksa, sprti yg d anjurkan dokter yaitu 3-6bln?

      • hadisome Says:

        idealnya sih diperiksa rutin secara berkala sesuai anjuran dokter. minimal tiap tiga bulan, sebagai maintenance terhadap keberadaan alat yang ada di dalam.

  121. claudia Says:

    Salam Kenal pak Hadi..
    Pak Hadi saya umur 25thn, Januari kemaren saya baru punya baby pertama dan sekarang msh ekslusif menyusui.. Nah, april kemaren saya mutusiin buat pasang IUD copper T.
    Pas bln mei kemaren saya dpt haidnya lancar terakhir dpt tgl 25 Mei. Tiba2 tgl 9 bln ini pagi2nya saya dpt flek, malamnya saya sempat berhubungan bdn dengan suami. Saya pikir hanya flek biasa tau2nya sampai hari ini saya msh dapet kyk haid tapi gak bnyk ada wktu2 tertentu sekali keluar byk abis itu gak keluar lagi. Kira2 itu kenapa yah pak? Saya jadi takut jangan2 ada sesuatu dengan rahim saya. relpy asap yah pak. Thank u

    • hadisome Says:

      mungkin itu efek dari IUD ya.. anda tidak perlu khawatir karena biasanya pada perempuan yang baru dipasangi IUD akan timbul flek2 atau bercak darah. itu terjadi krn rahim sedang beradaptasi dengan keberadaan IUDnya. hitungannya, anda masih tergolong akseptor baru IUD, jd rahim masih beradaptasi.

      Tapi coba periksa sambil USG untuk memastikan kondisi rahimnya.
      sudah direply se asap mungkin kan? :lol:

      • claudia Says:

        Hehehe iya makasih yah pak balasannya asap bgt ampe kagum-kagum gak nyangka jwbnnya se asap ini =)) kalo gitu saya gak perlu kuatir.. Btw,ada twitternya gak pak biar bisa difollow..

      • hadisome Says:

        Dulu sih sy bikin twitter @tentangkb, tp ga pernah sy update, ga keburu…
        Boro2 twitter, blog ini aja udah 3 bulan ga pernah saya update hehehehe

  122. Chacha Says:

    Saya bru 2 hr ini menggunakan dan ketika d bwa duduk terasa agak nyeri,dan ada keluar sedikit darah ,apakah ini normal

  123. nit nit Says:

    setelah pemasangan IUD ” T” saya sejak februari s.d sekarang bln juni pendarahan tidak pernah berhenti, apakah tdk cocok atau harus bagaimana?

    • hadisome Says:

      sudah pernah kontrol ulang belum?
      coba lakukan USG untuk melihat posisi IUDnya
      biasanya pada beberapa perempuan yg dipasangi IUD, memang ada yang mengalami hal yang sama, dan dokter akan memberikan obat penghenti pendarahan, tapi itu harus dikonsultasikan dulu

  124. Mom's efan Says:

    Malam dok;
    sehabis melahirkan saya pasang iud novaT sampe sekarang saya belum mens usia anak saya skrng 11 bulan dan saya sering merasakan sakit di perut dan pinggang, juga saat berhubungan ma suami terasa nyeri d perut saya sudah konsultasi ke bidan yang memasang iud saya, saya di kasih obat penghilang nyeri tapi sampe sekarang masih terasa sakit
    apakah hal itu wajar
    trimaksh

    • hadisome Says:

      kalo habis melahirkan dan menyusui eksklusif memang kadang2 efeknya adalah tidak langsung haid.
      jadi bisa saja itu bukan krn keberadaan IUD, banyak faktor yang mempengaruhinya.
      mengenai sakit di pinggang dan perut, itu di sebelah mana?
      trus apakah anda kurang minum???

  125. vanie Says:

    Lam kenal, saya salah satu pengguna nova T. Yg sya mau tnyakan. Saya baru menggunakan nova T ini 3 minggu dan slma 3 minggu ini sya full mengeluarkan darah trs sprti mens sdang byk2nya. Apa itu normal? Krn kbnyakan crita yg dgr hnya mengeluarkan flek aja.

  126. firman Says:

    malm p” maaf ganggu nih,tanya nih,istri sy pasang kb iud sudah 7 hari pd saat pemasangan kata dokter katanya mau mens cm belum turun aja,kebetulan mens pertama sesudah masa nipas,yg sy tanyakan kenapa pd hr ke6 sampe 8 darahnya byk bgt,lebih dr masa nipas,pd hal pas baru psng iud aman2 aja ga pendarahan,bahkan sampe sehari ganti pembalut 10x apakah masih normal.terima kasih atas perhatianya,sukses selalu wass..

    • hadisome Says:

      wah, sehari sampe ganti 10 kali?
      kayaknya anda harus membawa istrinya untuk melakukan kontrol ulang ke dokternya deh mas…
      tapi jangan khawatir, mengingat ini adalah menstruasi pertama setelah masa nipas, kemungkinannya adalah, masa nipas (yang sebenarnya) belum selesai

      salam

  127. Mom's Kirana Says:

    Bpk/Mas hadisome,

    Seperti komen2 diatas, keluhan saya juga seputar efek samping setelah pemasangan IUD. pertama kali saya pasang IUD adalah setelah selesai nifas kelahiran putri pertama saya, saya psg sekitar bulan april 2011. pada awalnya tidak ada keluhan sama sekali dan mens saya lancar, tetapi di bulan ke-6 saya mens 1 bulan tidak berhenti2, dokter obygin memberi obat pospargin dan satu lg saya lupa namanya(untuk menghentikan pendarahan) yg selalu membuat mual setiap kali saya minum. Karena mens tidak berhenti juga, akhirnya IUD tersebut diangkat.

    3 bulan kemudian, saya kembali ke dokter obygin untuk konsultasi alat kontrasepsi apa yg sebaiknya dipakai, dan dokter menyarankan untuk mencoba IUD kembali, karena saya masih ASI walopun sudah dibantu susu formula juga. setelah pemasangan yg kedua, dr awal pasang, mens saya mulai tidak teratur, tetapi berhenti setelah sekitar 2 minggu. dan melihat komen2 diatas, bahwa flek dan darah segar yg keluar tersebut merupakan normal, kira2 berapa lama tubuh saya akan beradaptasi thd IUD ini? atau apakah memang saya tidak cocok menggunakan IUD? ini sudah bulan ke-4 setelah pemasangan yg kedua.

    oiya, karena saya muslim, apakah setiap kali flek dan darah segar yg tidak beraturan waktunya itu keluar, saya tidak bs sholat ya? saya khawatir krn sebentar lagi akan masuk bulan ramadhan, dan saya bingung untuk berpuasa apabila flek atau darah segar keluar.

    Terima kasih Bpk/Mas hadisome :)

    • hadisome Says:

      berapa lamanya berbeda-beda pada setiap orang mbak. ada yang cuma sehari, tapi ada juga yang hitungan bulan (lebih dari enam bulan).
      mengenai bisa sholat atau ngga, saya kurang begitu paham, cuma setau saya, ketika terjadi menstruasi, maka wanita muslimah tidak diperkenankan untuk shalat, kecuali menstruasinya terjadi dalam waktu lebih dari 15 hari, maka dia wajib shalat.

  128. Erna Says:

    Malam pak,normalny berapahari stelah pemasangan iud berhubungan dgan suami.karena,skrg sudah 2 minggu stlah pmasangan iud tp kami masih takut untuk berhubungan.padahal sy sdah bersih,sdah tdak ada flek.cm keputihan yg agak bnyak.trimakasih

  129. dwi Says:

    Salam kenal pa..saya mau tanya ttng KB IUD.pada saat 40 hari stelah melahirkan saya mnggunakan KB suntik 3bln,habis nya pada bln januari,dan pda saat wkt itu jg saya mngganti KB saya dgn mnggunakan IUD.3bln prtama saya tidak mngalami haid,pda akhir bln maret saya mulai kluar haid,dan smpai skrg bln agustus saya msih haid.dlm jangka Wkt haid t’sbut prnah 1-3 bersih dlm stiap blnny,jdi dmnanfaatkn u/ mlakukan hub dgn suami..yg saya ingin tanyakan apakh wajar hal yg saya alami?adakah obt u/ mngurangi or menormalkan kmbali siklus haid saya,jujur saya sudah rindu sekali u/ beribadah,aplgi skrg blan ramadhan..trima kasih sblumnya

    • hadisome Says:

      ibu masih memberikan asi?
      pada beberapa ibu yang memberikan asi, siklus haidnya memang sedikit terganggu karena ada perubahan hormon,
      mengenai obatnya, coba ibu konsultasikan dulu ke dokter di tempat ibu tinggal, sekalian periksakan kondisi rahim dan kontrol ulang keberadaan iudnya.
      trims

  130. andriani syarif Says:

    mau tnya neh, setelah iud dipasang katanya hrus istrht dulu dr brhubungan bdan dgn suami. ‘masa istirahat/masa tunggu’ itu smpai berapa lama y? Trm ksh

  131. Lusy Says:

    sy pemakai IUD, apa benar vagina kudu dibersihkan dg cara memasukkan jari tengah?
    dokter kandungan sy tdk menyarankan hal tsb, tp teman sy yg pasang IUD di bidan, diharuskan seperti itu…
    Terima kasih

    • hadisome Says:

      kalo memasukan jari itu sebenarnya bukan untuk “membersihkan”, tapi untuk “mengontrol” keberadaan IUD. apabila ketika memasukan jari, benang IUDnya teraba itu artinya alatnya masih ada di dalam rahim.

      trims

  132. Lusy Says:

    sy pemakai IUD,apa benar vagian kudu dibersihkan dg memasukkan jari tengah?
    dokter kandungan sy tdk menyarankan hal tersebut, tp teman sy yg pasang d bidan diharuskan melakukan hal tsb.
    terima kasih

  133. fickha Says:

    saya mw tanya,,begini mz,,,sebulan yang lalu saya memakai IUD.4hari kemudian saya mengularkan darah,,entah itu darah haid atau bukan..tp yang pasti darah itu keluar hampir 1bulan,,hanya saja keluarnya tidak banyak,,wajar ga ya?
    yang k2 saya mw bertanya,jika saya meraba benang IUD saya merasa benang itu terasa lebih panjang dari awal pemasangan,,kira2 berbahaya ga mz?

    • hadisome Says:

      kayaknya masih wajar2 saja, biasanya memang akan keluar flek2 darah seperti itu.
      benang teraba lebih panjang ga berbahaya, tapi akan mengganggu pada saat berhubungan. coba ke dokternya, kontrol dan minta agar benangnya dilipat.
      trims

  134. Nanna Says:

    MBak2 pnyuluh KB yg baiiikkk.. tolong minta penjelasanya sy Nanna dah pasang KB dr bulan Mei, haid di bln juni ga da masalah tapi kenapa ya haid selama 2minggu tp sampai sekarang masih ada yg bercak kecoklatan, sesekali berdarah agak banyak,sy dah konsultasi 2X KE dr-nya lalu diharuskan konsumsi obat,tp ttp tdk ada perubahan,minta info yg akurat tt bercak ini,jd mengganggu ibadah krn puasa jd timbul keragu2an. trimksh mbak ya.

    • hadisome Says:

      ayo.. siapa disini yg mbak2 penyuluh yg bisa jawab??? :D
      Nanna pasang KB apaan, IUD bukan?
      gini Nanna, ketika dipasangi IUD, memang menjadi hal yang wajar jika volume darah haid lebih banyak.
      mengenai bercak2, itu memang seperti itu jika baru dipasangi.
      saya tidak tahu apakah bisa tetap menjalankan puasa atau tidak, kayaknya harus ditanya sama ustad.

      salam
      dari mas2 mantan penyuluh

  135. vrila Says:

    sy pasang IUD stlh mlhrkn scra caesar 2thn 7bln yg lalu…dan br control 2 x yaitu bln k1 n k2 stlh pmsngan…pd kontrol yg k2 x nya benangnya kluar pnjg n kmdian dgunting oleh bidan…sjk itu sy blm prnh kontrol lg smpi skr krna saya plg takut klo periksa dala (Vagina Tusi)…
    yg mw sy tnykn
    1. knp klo tiap haid s benang IUD nya kadang klwr dr vagina tp bgtu haid slelesai si benangnya msk dgn sndirinya
    2. smpai skr sering keputihan terutama ktka siang hari dsaat bnyk beraktivitas, apakah pngaruh dr IUD?
    3. apakah kl mw kontrol k bidan atw dokter kndungan hrs dsaat sedang haid?
    mohon djwb…trm ksh sblm nya

    • hadisome Says:

      saya langsung jawab ya:
      1. mungkin karena volume haid yg lebih banyak, jadi benangnya turut ‘keluar’
      2. keputihan tidak hanyak disebabkan IUD, kecapean dan stres juga bisa menyebabkan keputihan
      3. tidak harus, bisa kapan saja

      trims sudah mampir

  136. Santi nurhayati Says:

    Slm knal pak.. Pak sy mau tnya tp tntang KB suntik, gpp ya bukan tntang iud?,hehe, tp rncanany sy pngen nyoba pasang iud. Sjak bln feb ’12 smpe skrg sy pke KB suntik 3bln skali, sy mlahirkan januari ’12 n skrg sdang mnyusui. Tp anehny stlah pke KB suntik berat badan sy jd turun drastis/jd kurus bgt, pdhal kt org2 pke KB suntik ktny ska jd gemuk. Apakah sy tdk cocok dgn KB suntik ini?. Mhon jwbnnya ya pak, trima kasih..

    • hadisome Says:

      gpp.ada kemungkinan memang tidak cocok dengan suntik. tidak semua kb suntik itu menyebabkan gemuk, kalo mbak memang punya kecenderungan keturunan kurus, bisa makin kurus.

  137. fickha Says:

    saya mw nanya agy nih mz…
    1.mungkin gag iia klo pake IUD-nya cocok badan ssa tambah gemuk?
    2.ato mungkin ssa gag iia klo pake IUD cocok or gag ssa bikin kurus?
    saolnya q frustasi bgt.,,2th yang lalumpeg bulan mei q pake suntik BBq naik lebih dari 10kg,makanya q ganti IUD..mungkin gag iia ssa kurus?hehehe

  138. Santi nurhayati Says:

    Makasih bnyak ya pak atas jwbnnya, skrng sy ada sdkit pncerahan nih, soalny sy stress nih dgn brat bdan yg mkin turun, jd kurus kring, hehehe, sy pngen banget gemuk/berisi. Mngkin sbaiknya sy ganti KB aja ya pak?, tp mau pke IUD msih takut nih pemasanganny, trus ntar tkut rubah2 posisinya, hehee dasar pnakut sich aku. Oya ibuku ktny prnah pke IUD tp trnyata gagal n hmil, pnyebabny apa ya?. Kalo pil KB efek sampingny sama ga dgn KB suntik?. Skali lg makasih ya pak ats pnjlasanny… Sukses bwt pak hadi..

    • hadisome Says:

      sebenarnya tidak ada yg perlu ditakutkan untuk pemasangan IUD karena sebenarnya prosedur pemasangannya aman.
      jika belum mau pakai IUD, silakan pakai kondom saja dulu.

      mengenai IUD gagal dan hamil, banyak faktor yang mendasarinya. intinya IUD itu buatan manusia, tidak mungkin bisa ‘melawan’ kehendak Tuhan.
      pil KB hampir sama dengan suntik karena samasama mengandung hormon.

      salam
      (maaf baru sempet online lagi… blognya makin terbengkalai ya :)) )

  139. richo aji asmara Says:

    dok, istri saya pake IUD, baru pertama pake, nah ini sudah haid ke dua setelah melahirkan, tapi haid ini lebih dari 2 minggu, apa iya spiralnya harus dilepas dok?

    • hadisome Says:

      kalo boleh tau, ini bulan ke berapa dari kelahiran putera/i bapak?
      ketika IUD dipasangi, maka akan ada kemungkinan volume darah haid menjadi lebih banyak, akibatnya waktu haid menjadi lebih lama. IUDnya tidak perlu dilepas dulu pak, coba dilihat dulu progresnya bulan depan, kalau misalnya masih ada keluhan, saya sarankan lakukan kontrol ke dokter yang memasangi IUD tersebut.

      salam

  140. mimi Says:

    Dok saya mau nanya, saya br aja pasang KB IUD. Pemasangan d lakukan pada hari ke 6 saat saya haid. Sampe dengan 3 minggu haid saya blm berhenti juga. Mhn infonya dok knp smpe seperti itu, apa krn efek ato krn tidak cocok ya?
    Trims

    • hadisome Says:

      hai bu MImi,
      efek dari IUD itu memang membuat masa haid menjadi lebih lama, ini terjadi karena volume darah haid menjadi lebih banyak ketika IUD terpasang di rahim.
      salam

  141. Jemmie Says:

    Mas Hadi …to the point aja ya ….. ini kasus saya banyak yang sama dengan kasus yang lain, tapi bidan yang masang spiralnya mau nya lain….. ….

    istri saya menggunakan spiral T setelah melahirkan. Kata bidan boleh melakukan hubungan intim setelah tiga bulan kemudian, dengan sabar saya menunggu.
    Tiga bulan berlalu saya pun berhubungan dengan istri, tapi memang sungguh tidak mengenakan bagi saya ternyata ada benangnya yang tajam…sehingga kalau bersenggama punya saya sakit, kata bidan pun demikian, tiga bulan lagi benangnya g akan terasa lagi.
    Dengan sabar saya menunggu lagi, eh tenyata masih juga sakit punya saya.

    Saya sering menganjurkan istri saya untuk di lepas saja tapi istri g mau katanya takut kebobolan lagi.

    Datang lagi ke bidan untuk konsultasi, katanya tunggu haid baru bisa di lihat dan di betulkan. jaaaaaaahhhh……aaammmmmpppuuuuuunnnnnn nunggu lagi …..

    Sekarang sudah setahun istri belum datang bulan karena asi eksklusif, talinya pun masih terasa walaupun sudah berkurang, tapi ada keluhan lain lagi setiap kali posisi Mr. P saya penetrasinya terlalu dalam dan posisi saya di atas, istri saya merasakan sakit di daerah rahim katanya spiralnya bikin ngilu jika penetrasi terlalu dalam, jika posisi women on top,saya nya yang kena benangnya jadi sakit tuh Mr.P, yang aman doogy style ….masa itu terus?? kan bosan heheh …yang jelas harus berapa lama lagi saya harus nunggu ni mas?(pertanyaan barusan g usah di jawab) kira2 langkah lain selain menunggu apa neh?
    sampai2 istri saya nyanyiin lagunya peterpan “tak bisa kah kw menungguku ???” :( mohon masukan n sarannya salam n terima kasih ….

  142. mommysherly Says:

    Mas yg rajin n ga bosen2nya menjawab.
    Saya belum ada sebulan masang iud tp flek2 trs saja ada…..
    Biasa nya samapu brp lama flek2 itu mas..
    Trz apakah pd saat msh keluar flek boleh berhubungan???
    Soalnya semenjak pemasangan iud kami belum pernah berhubungan mas, takut kenapa2 jdnya jg belum cek apakah benang iud tersebut menganggu suami atau saya sendiri…

    Terima kasih ya mas yg tsk bosan2nya menjawab..

    • hadisome Says:

      hai mommysherly

      tergantung, flek bisa sebentar tapi bisa juga berbulan2.
      coba aja diberanikan, jd biar ketauan gmn-gmn nya….
      saat keluar flek boleh ga ya? saya kurang tau, tapi setau saya ajaran agama saya mengajarkan kalo berhubungan itu harus dalam keadaan bersih

      • mommysherly Says:

        Makasih mas atas replynya..
        Tp apa hrs diobatin untuk mslh fleknya mas?

      • hadisome Says:

        bisa saja diobatin, tapi mengenai obatnya, kayaknya ga bisa sembarangan deh, coba konsul dulu ke dokter teerdekat

  143. mekos Says:

    mat siang dok..mp ya dok aku gk ngerti maksut ri kb ni apaan si dok,,q cmn pngen ngerti dok,klo bisa tlg di jelaskan,,tentang pengaruh program kb dengan sexsual..apaka setela kb cwk maa cowok masi bisa berhubungan ya dok??????dan apa kah ada pengarunya jika sperma cowok di lepaskan di dalam,,setelah mengikuti kb itu dok

    • hadisome Says:

      coba baca2 lagi dengan baik, semua informasi yang ditanyakan sudah ada di blog ini.
      setelah KB, tentu saja masih bisa berhubungan. sperma, jika dilepaskan di dalam bisa saja mengakibatkan hamil, tapi jika ber-KB kmungkinan untuk hamil itu ditekan

      trims

  144. ANIK Says:

    ASS.met siang mas,ketemu lagi dengan saya.mau nanya nih udah 6 bln ni q pasang IUD sebelumnya q kb 3bln(2x) dan pil.tidak pernah haid,tapi setelah pasang iud haidya hampir gak berhenti-henti (bersih 3-4 hari haidya 10 hari kadang lebih) itu sampai sekarang q sudah kontrol 3x kataya masih adaptasi dan tidak ada masalah dgn iudya. dan dikasih pil untuk menormalkan.pil saya minum bisa berhenti haidya,tapi pilya habis datang lagi haidya.tolong bantuannya dan solusi menormalkan haid bulanan saya agar waktu beribadah saya lebih panjang dan tidak terganggu dengan haid yang berkepanjangan.dan apakah haidya saya dapat menimbulkan penyakit yang saya tidak inginkan.jujur suami ingin dicabut aja iudya.dan kembali ke kb yang dulu.sblnya terima kasih.MINAL AIDZIN WAL FAIZIN.WASSLM

    • hadisome Says:

      halo mbak Anik.. setia bener berkunjung :D
      kemungkinan itu akibat dari perubahan situasi hormonal ketika memakai KB suntik dan pil (nggak haid kan ya pas pake suntik dan pil?), nah jadi sekarang ini hormon ibu kembali seperti biasa, makanya terjadi perubahan situasi yang mengakibatkan haid menjadi agak lama. selain itu, memang suatu hal yang wajar jika pengguna IUD mendapati haid lebih lama, karena volume darah haid menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

      tidak usah dibuka bu, nanti juga haid akan normal kembali (agak lebih lama beberapa hari dari biasanya).
      salam

  145. ari safitri Says:

    Dok saya ibu dg 2 anak, umur saya 29 th. saya mengalami kegagalan iud, yg akan saya tanyakan di usia kehamilan saya 2 bulan saya mengalami pendarahan hingga harus dirawat di RS. Sekarang usia kehamilan saya sdh masuk 4 bulan tetapi darah masih sering keluar. apakah ini berbahaya & apakah iud penyebabnya? krn iud masih ada didalam.

    • hadisome Says:

      waduh ibu ari,
      sejujurnya saya tidak bisa menjawab karena harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu.
      saran saya, ibu lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan dari mana asal pendarahan tersebut, karena khawatir akan membahayakan keselamatan janin.
      salam

  146. Galuh A. Says:

    Mas, dalam waktu dekat saya akan melangsungkan pernikahan.
    Saya dan calon istri saya sudah sepakat untuk menunda kehamilan. karena calon istri saya masih kuliah.
    Yang ingin saya tanyakan apakah IUD bisa dipasang sebelum malam pertama? Atau harus setelah malam pertama? Jika harus setelah malam pertama, dalam jangka waktu berapa lama IUD dapat dipasang setelah malam pertama tersebut?
    Apakah semua bidan menerima pemasangan IUD?

    • hadisome Says:

      Dik, saya lebih merekomendasikan KB hormonal seperti suntik atau pil. kalo mau yg nonhormonal, pakai kondom saja. IUD biasanya dipakai oleh mereka yang sudah pernah punya anak

      • Galuh A. Says:

        Apa kerugian jika IUD dipasangkan kepada wanita yang belum pernah punya anak mas?

  147. Mitha Says:

    Mas salam kenal,,,saya ibu dr 1 anak..
    Saya melahirkan juni 2010 lalu setelah melahirkan saya kb suntik per 3bln selama sethn selama suntik menstruasi saya tdk normal tp bb saya dlm sethn naik 3kg setelah itu saya ganti kb dgn iud menstruasi kembali normal tp bb saya naik 5kg,apa bnr iud tdk menyebabkan naiknya bb krn saya sgt terganggu dgn bb saya yg semakin naik skg bb jauh lbh besar dr pd wkt saya hamil…
    Mohon penjelasannya ya,Mas…
    Terima Kasih….

    • hadisome Says:

      Mbak Mitha, salam kenal kembali.
      secara teori sih harusnya IUD tidak mempengaruhi berat badan karena IUD ini adalah alat kontrasepsi non hormonal. dugaan saya sih ada kaitannya dengan masih ada-nya hormon sintetis dari KB Suntik yang sebelumnya anda pakai. selain itu kemungkinan pola makan yang kurang tepat juga turut mempengaruhi kenaikan berat badan anda. stres juga bisa mempengaruhi loh. ada sebagian orang, yang karena stres, jadi lebih suka makan karena secara tidak sadar dia jadi lebih banyak makan nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat, karena konon katanya di dalam karbohidrat itu terdapat zat yang dapat memberikan efek tenang.
      saya pikir, ga apa-apa sih bobot anda naik beberapa kilogram, yang penting anda tetap sehat.

      salam

  148. shofa Says:

    Pak saya mau bertanya…saya sdh psang iud kmaren mlm…iud yg saya pke nova T…wkt pertma kali pasang haid saya smakin byk yg awalx cuma flek aja….dan hri brikutnya haid saya malah smakin brkurang sangat sdkit sperti flek yg keluar….yg mau saya tnyakan apakh hal itu wajar,yg saya baca dkoment2 blog bpak rata2 klo baru pasang iud haidnya bisa smpai berminggu2….apakah ciri2 yg ad pd saya cocok ap tidak saya menggunakan iud ?????rsa nyeri skrang sdh tidak ada lg pak…..mhon dbls yaa heheee….trims :)

    • hadisome Says:

      biasanya, mememang ketika dipasangi IUD, volume haid akan lebih banyak dari biasanya. itu karena keberadaan IUD di dalam rahim.
      untuk kasus seperti mbak Shofa ini, saya kurang tahu persis. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan haid menjadi sedikit salah satunya adalah berubahnya kadar hormon ketika anda menyusui. pertanyaan saya, apakah anda saat ini masih memberikan ASI Eksklusif atau tidak?
      kalau tidak, coba anda kembali ke dokternya untuk melakukan cek ulang.
      trims

  149. apri Says:

    Assalamualaikum…salam kenal,,,,saya mau tanya nich apakah siklus had pasca pemasangan IUD akan brubah dari sebelum pemasangan IUD,,,karna siklus haid saya menjadi panjang dan berhenti selama dua hari lalu muncul kembali,,apakah hal ini normal…

    • hadisome Says:

      waalaikum salam
      Memang, biasanya siklus haid akan sedikit berubah karena pada saat haid volume darah yang keluar menjadi lebih banyak, sehingga hari2 haid anda menjadi lebih lama.

  150. Ina Says:

    Dear Pa Hadi,

    Saya melakukan pemasangan IUD pada bulan Maret tahun 2009 ketika operasi caesar, dan saya bermaksud melepasnya sekarang.
    Yang saya tanyakan, benarkah IUD dengan pemasangan seperti ini tidak ada benangnya?
    Mengapa sudah 2 dokter yang saya temui manyatakan proses melepasnya akan sedikit menyakitkan karena harus ‘dicari’ terlebih dahulu?
    Benarkah melepas IUD itu harus dilakukan pada saat menstruasi agar tidak sakit?

    Saya mohon jawabannya.

    Terima kasih

    Ina

    • hadisome Says:

      Halo Ina,
      kemungkinan sih bukan tidak ada benangnya, tapi benangnya berada “jauh” di dalam rahim, mengingat pemasangan IUD post SC berbeda dengan pemasangan IUD biasanya.
      Melepas IUD bisa dilakukan kapan saja kok, tidak harus pada saat menstruasi saja.

      trims

  151. ifa Says:

    dok saya ifa,
    sebulan yang lalu saya mengalami keguguran,saat ini darah sudah tidak keluar lagi,sudah bersih..
    yang saya ingin tanyakan,mengapa perut sebelah kiri saya seperti ada yang mengganjal dan saya sering bersendawa dan buang angin..
    terima kasih sebelumnya dok..

    • hadisome Says:

      mbak Ifa, saya bukan dokter. pertanyaan Mbak udah masuk wilayah medis dan saya tidak bisa menjawabnya.
      lebih baik periksakan ke dokter kandungan…
      salam

  152. Adi Says:

    Bgus bgt artikelnya ,sgt bermnfa’at bgt dok :) o y sy mau tnya,istri sya baru pkai spiral copper T. Awal pemsangan s/d 1 mngguan gk ada mslh tp belkngan sa’at dcek posisi benang lebih rendah dr sblumnya. Apakh itu pertnda ada geser/ turun y copper T nya? Trims

    • hadisome Says:

      salam mas Adi, jarang sekali ada bapak2 muda mampir ke mari hehehe
      begini, jika awal2 pemasangan, memang benang IUD kadang menjuntai ke vagina dan menjadi pengganggu pada saat berhubungan. kemungkinannya bukan karena posisi IUD yang bergeser, tapi benangnya yang kepanjangan. ajak saja istri anda ke dokter/bidan untuk melipat/memotong benangnya agar tidak menjuntai lagi.
      salam

  153. ayu Says:

    saya pengguna IUD.
    yg sy mau tanyakan..
    knp pd saat haid yg keluar hanya bercak coklat?? apa msh wajar dg kejadian tersebut?
    sy mulai pakai IUD sejak februari 2012.
    mohon infonya…
    thx…

    • hadisome Says:

      kemungkinan itu flek ya?
      saya kira itu tidak apa2, tapi untuk memastikan bercak coklat itu berasa dari mana, sebaiknya periksa ke dokter ahli kandungan. karena diagnosa tidak bisa dengan mengira2.
      salam

  154. Nia sumiati Says:

    Pagi pak,slm kenal…mau nanya nich pak,saya pengguna IUD,sudah hampir 1 thn 6 bln,sblm nya tidak ada keluhan,nah semenjak saya pindah kamar ke atas,otomatis kegiatan nya turun naik nich?ni yg jd permasalahan,stlh mens suka terasa sakit yg lumayan sakit nya,di bgan bwh perut,smp ke bgan anus terkadang duduk aja suka susah..itu knp ya pak,apa penyebab nya dr IUD atau pengaruh turun naik tangganya itu?waktu di pasang mmng pd waktu di cesar langsung,krn melahirkan lewat cesar..jd pertanyaan nya,apakah spti itu jg sakit nya kalau memakai IUD?trim’s

    • hadisome Says:

      Hai mbak Nia
      saya tidak berani menduga-duga itu berasal dari IUD atau bekas caesar. sebaiknya ke dokter untuk di USG posisi IUDnya, jadi ketahuan penyebabnya dari mana.
      sebagai informasi, pemulihan caesar sendiri memakan waktu, normalnya, hampir sampai 2 tahunan..
      salam

  155. lee Says:

    Salam kenal Mas Hadi.. mau tanya dong, pemasangan IUD itu sakit gak sih? sya kok agak2 parno ya.. krn kata beberapa teman yg pakai, memang agak ngilu katanya. Dan kapan sebaiknya pemasangan IUD itu dilakukan? Terimakasih..

    • hadisome Says:

      hai Lee
      katanya sih nggak sakit. beberapa akseptor yang pernah dilayani IUD malah senyum2 malu setelah selesai pemasangan. mereka bilang, gak kerasa, tapi malu karena harus buka2an.. begitu.
      pemasangan IUD bisa kapan saja, tapi lebih baik pada saat haid/segera setelah selesai haid, karena anda diduga tidak sedang hamil jika sedang haid.
      salam

      • lee Says:

        Mas Hadi, Terimakasih untuk jawabannya dn semua penjelasan yg sdh mas Hadi jabarkan mengenai pemakaian IUD… cukup membantu sy dalam mengambil keputusan menggunakan IUD dalam waktu dekat ini… heheh…

      • hadisome Says:

        sama2… bulatkan tekad ya, insya Allah ga akan apaa2…
        selamat

  156. jempol Says:

    mau tanya dok
    istri saya pakai iud
    gak haid selama 1 bulan lebih apa bisa hamil ya dok

    • hadisome Says:

      bisa saja, kemungkinan selalu ada walaupun kecil.
      sebelum pakai IUD, pake suntik/pil/implant dulu ngga?
      kalo ya, kemungkinan gak haid karena ada pengaruh dari hormon yang terkandung dalam pil/suntik/implant tersebut.

  157. anita Says:

    dok, mau tanya saya menggunakan KB IUD baru 2 minggu, kalu timbul flek sudah tau, tapi ini fleknya tidak seperti seminggu sebelumnya, ini warnanya kekuningan campur coklat, dan bau ….
    padahal seminggu sebelumnya tidak seperti ini, tanya bidan katanya tidak apa2….
    tapi saya takut… karena baru kali ini saya mengalami hal seperti ini.
    tolong bantu saya agar saya tenang, dan mohon solusinya.. trims

    • hadisome Says:

      coba dipastikan dulu, itu flek atau keputihan. saya curiga itu keputihan. sebagai informasi, jika keputihan sudah berwarna dan berbau, itu indikasi ada infeksi di area kewanitaan anda. coba periksakan ke dokter obgin untuk mendapatkan kepastian…
      salam

  158. taty Says:

    hallo mas slam knal…sy mau nanya klo kt bru mmsg IUD kan darah haidnya kmbali lgi walaupun sblum pmsngan sdh hampir slesai…prtnyaan sy apakh stelah drahnya ngga kluar lgi apa sdh bisa brsenggama?? kata tante sy yg pasang IUD jg nti 1 bln pmsngan bru bsa brsenggama..krn dia prnah coba stelah 2 mnggu pmsngan dia brsenggama bnangx keluar..nah itu yg jdi prtanyaan sy apa ngga apa2 brsenggama sblum 1 bln pmsngan…kan ksian juga suami gue…hahahahaha makasih atas jawabanx

    • hadisome Says:

      salam kenal kembali,
      sebetulnya bukan darah haid,tapi cuma flek. anda boleh saja berhubungan walaupun belum sebulan. biasanya satu minggu setelah pemasangan sudah boleh, dan kalo misalnya ada benang yang keluar, dan mengganggu pada saat berhubungan, disarankan untuk kembali ke dokter/bidan yang memasang, untuk dikontrol ulang dan dilipat benangnya…
      kalo sampe sebulan, yaaaa sama aja kayak puasa dong hehehe

      • taty Says:

        kembali lagi mau nanya mas…klau kita habis memasang IUD apa bsa krja yg keras2.???..misal mengangkat atau krja lainlah yg pakai kekuatan…takutnya nti IUDnya keluar..apa ngga pengaruh?? makasi atas jawabanya..maaf ya ngeganggu

      • hadisome Says:

        kembali lagi berusaha menjawab :D
        selama mengangkat bebannya masih dalam batas wajar, boleh2 saja.
        aerobik pun tidak masalah.
        salah satu akseptor yang pernah saya temui malah seorang instruktur aerobik, dan dia tidak ada masalah dengan IUD nya.
        salam

  159. anggy Says:

    mu nanya ni mas. saya punya temen yg make IUD. dia make IUD sebulan setelah melahirkan. katanya, ketika haid alat kb nya lepas.apa itu normal?

    • hadisome Says:

      kemungkinan lepas itu ada mbak Anggy, makanya harus rajin2 kontrol. apa yang terjadi pada teman anda bisa saja terjadi walaupun itu bukanlah hal yang umum terjadi pada kebanyakan peserta KB IUD.
      salam

  160. andha Says:

    Dear mas Hadi,

    Mas, mo nanya..
    aku usia 27th,pny anak 1 umur 12bulan. Baru ikut Kb iud 2 minggu lalu dipasang dr.Spog. yah..pemasangan cm sedikit ngilu,tdk ada komplain pas “hubungan” karna memang penjelasan dokter tsb,kl bentuknya T,benang d potong n dmasukin k dalam..(jd kata suami seh..no problem) :)
    nah..pas pemasangan sy mens hari k 5,akhirnya stlah pemasangan msh mens hingga 10hari (sedikit,kdng agak banyak).
    nah sekanag ini..kok ada lendir agak pink n ada darah segar sedikit..
    Kalo mbaca2 seh normal yah..tapi ini apa bener normal?kira2 smp kapan yah..apa ini spotting?
    kadang seh mrs nyeri r mules sedikit tp yah..g berarti lah..
    trus kan suka gendong si anak,apa itu aman2 saja?
    nae motor kna gunjangan?

    thx alot yah mas..

    • hadisome Says:

      halo mbak Andha, maaf nih baru saya balas komennya, beberapa hr ini saya ga bisa OL.
      mengenai darah segar sedikit, kemungkinan itu spotting, lama tidaknya tidak bisa ditentukan. ada yang cuma hitungan hari, tapi ada juga yang sampai berbulan2. mengenai lendir yang agak pink, itu dari keputihan bukan ya?
      saran saya sih kembali ke dokter spog untuk memastikan, sekalian kontrol ulang.
      mengenai rasa nyeri mules, biasanya dokter akan memberikan obat antimules kok…
      gendong anak, aman. naek motor, aman. bahkan, aerobik juga aman :)

  161. noey Says:

    mas slm knl y :) sy pngguna iud di pasang iud bln feb 2012….aku kontrol ke bidan smnggu dari pemasangan aja, bln kmrn bln september sempat ke dokter d usg krn bln kmrn sy telat mens biasany ngga sama suka nyeri perut kt dokterny ad peradangan n luka n dksh obt sama doktrny n jgn kcpean sama angkt yg brt2, , trs skrg ada bercak cklt.. Klo ad bercak gmn y itu wjar ga!?coz udh 2 hri ni ad bercak. Pdhl jdwl mens ny msh 2mngguan lg.. Perlu d obat ga y…jujur sy klo dsuruh kontrol ke bidan suka takut dliat sama bidanny, tkt skit, klo d usg aja sih mau.he

    • hadisome Says:

      mending periksa saja mbak, ga usah takut. ga sakit kok. paling malu aja hehehe…
      kemungkinannya itu spotting, tapi melihat adanya riwayat peradangan, bisa saja itu karena efek peradangan tersebut. kalo saya sih, pasti balik ke dokter yg sebelumnya meriksa. buat mastiin, boleh aja minta USG.
      salam

  162. eka Says:

    ass,,
    mo tanya ni maass,,
    saya udh 4taun pke aud,,naahh trakhir kontrol tuh pas thn ke 2,skrg berasa kya ada ngegeter gt mas di bagian perut bawah,,apa itu aud yg bergeser atto apa ya mass,,soalnya mau kontrol ke dktr aga parno dluan takut di suruh dilepass,,hehe
    trus tanda”nya aud itu bergeser ato posisinya lgi g bener gmna ya mass,,?
    makasi yaa,,,
    regards,,B-)

    • hadisome Says:

      ngegeternya pas gmn? apa pas berhubungan kerasa juga?
      dugaan saya sih kayaknya dari benangnya ya… si benang terlalu menjuntai. ke bidan aja atau dokter buat cek….
      untuk memastikan posisi iud sih harus dilihat pake usg…
      salam

  163. Pipin - Batam Says:

    aaahhhh.. dari sekian banyak artikel yang coba saya search, baru artikel ini yang membuat saya merasa puas dan yakin untuk ambil langkah memasang IUD besok. makasih yah mas hadi.. good luck dlm pekerjaan nya. :)

  164. hilfe Says:

    Selamat malam, sy pasang nova T des 2006 dgn jangka waktu 5 thn, sdh ada cek 2x, oke2 aja. Trus minggu ini mau ganti rencananya, krn udh lewt setahun. Yg saya tanyakan, apakah setelah iud dilepas bs dipasang saat itu juga? Trus biayana kira2 brp yaa.. Makasihh

  165. Yadi Says:

    Langsung aja… Kenapa saat berhubungan ujung penis terasa tertusuk… Tapi itu hanya posisi berhadapan selain itu tidak masalah… Padahal benang sudah dipotong pendek.. Trims

  166. desRo Says:

    Gini dok, saya wanita 24th baru melahirkan 3mnggu yang lalu, waktu selesai melahirkan, saya langsung di pasangkan iud oleh bidan.
    Yang saya tanyakan, saya mengeluh ada rasa gatal di daerah vagina dimana benang iud tersebut berada, benang itupun terasa panjang kira2 1cm berada di luar vagina, darah pun masih keluar berwarna kecoklatan.. Apa itu wajar dok??
    Mohon jawabannya… Terima kasih

    • hadisome Says:

      rasa gatal dari benang dapat diatasi dengan cara melipat benang ke dalam agar tidak menjuntai.
      darah kecoklatan mungkin darah nifas ya

  167. wulan Says:

    assklm pa hadi..
    saya pasang IUD coper T selama 5 tahun, kemudian saya dan suami berencana program anak ke-2 sehingga IUD saya lepas, saat ini sudah 3 bulan setelah dilepas alatnya, sejak bulan pertama sampai saat ini haid saya hanya sampai 2 hari saja, hari ketiga sudah bersih.. biasanya bisa sampai 8-10 hari waktu masih pakai IUD, apakah ini normal pa? sy khawatir ada apa2 dengan rahim saya pasca KB IUD, ditunggu jawabannya pa, thx..

  168. nurseha Says:

    salam kenal pa’hadi,saya baru kali ini memakai IUD coper T, pertama pasang tgl 17/11/12, kata bidan kontrol 1 minggu kedepan, setelah kontrol kata bidan mulut rahim saya erosi/sariawan, tp sdh ok buat nyampur, dan suru kontrol lg 1 minggu k depan, kl kata suami si mentok2 gt rasanya dan krng nyaman, setelah 1 minggu k dpn saya kontrol lg kata bidan ternyata IUD nya lepas, dan akhirnya di pasang baru, bidan berpesan “bu benangnya saya lipat biar ga erosi dan ga ada keluhan dari suami” yg mau saya tanyakan bahaya ga dok kl benang IUD di lipat ke dalam,karna kan kalo benangnya ga kelihatan nanti susah ngontrolnya, mohon jawabannya ya dok trims..

    • hadisome Says:

      salam kenal juga
      biasanya jika ada erosi di mulut rahim, bidan tidak akan memasangi IUD terlebih dahulu hingga erosi tersebut disembuhkan.
      benang dilipat ngga bahaya kok, justru membantu supaya ketika berhubungan tidak terasa menusuk2. kontrolnya gampang, tinggal diraba saja pakai satu jari.
      salam

  169. Diah Says:

    siang pa`
    mau curhat sekaligus konsultasi ni…. saya pasang IUD sudah sekitar 2 setengah bulan yang lalu. setelah melahirkan anak pertama di puskesmas, saya mengalami pendarahan dan di rujuk ke RS umum di daerah saya. di RS saya di kuret dan langsung di pasang IUD, nah dari pemasangan IUD sampai dengan sekarang saya selalu mengeluarkan 2 setengah bulan saya selalu mengeluarkan bercak2 putih yang sangat banyak & gatal ( kalo kata orang darah putih ato darah nipas ). tapi sejak seminggu yang lalu yang saya keluarkan darah seperti darah haid. dan dari sejak pulang dari rumah sakit kalau saya terlalu lama berdiri atau menggendong anak ada rasa sakit di daerah V, saya sudah cek ke bidan terlatih & kata`y benang`y sudah rapih dan posisi IUD`y juga sudah bagus. tapi kenapa ya rasa sakit di daerah V`y masih suka kerasa bahkan saya ga kuat kalau suruh berjalan jauh. dan darah yang keluar semakin banyak kalau saya banyak gerak. mohon jawaban nya ya. thanks

    • hadisome Says:

      waduh, maaf baru dibalas.
      bercak2 putihnya itu keputihan bukan?
      bukannya darah nifas itu sama seperti darah haid? berwarna merak?

      saya sih menyarankan anda periksa ke RS lagi, kontrol. atau kalo ada, ke dokter spesialis kandungan biar keliatan dari mana asal itu nyeri…
      salam

  170. Nani Kusrokhani Says:

    salam kenal,,saya nani kusrokhani,maret 2012 saya memasang IUD di dokter kandungan. saya memilih IUD karena menurut saya ini KB yg paling praktis.alhamdulillah sampai sekarang tidak ada masalah.akhir-akhir ini saya mendengar kalau IUD tidak disarankan oleh beberapa dokter dan juga pernah dibahas di TV swasta karena bisa menyebabkan keputihan dan kanker. benarkah pendapat-pendapat itu?mohon penjelasannya.terima kasih

  171. leelo Says:

    Salam Pak Hadi,
    Saya udah 2 tahun pakai iud copper t. Setelah pakai iud tsb saya sering sekali keputihan hampir setiap hari. Apakah keputihan ini berbahaya dan dapat menyebabakan kanker serviks? Terima kasih.

    • hadisome Says:

      keputihan bisa diakibatkan karena banyak faktor, tidak hanya karena adanya iud saja.
      keputihannya bagaimana? berbau dan tidak bening?
      kalo iya, saya sarankan anda periksa ke dokter karena keputihan seperti itu tidak normal
      salam

  172. Nurhayati Lauma Says:

    Salam kenal P.Hadi…saya menggunakan IUD sudah setahun lebih tapi waktu saya haid tanpa sengaja saya meraba benang IUD tsbt dan mungkin terkena kuku saya maka IUD itu tercabut, dan perutku sangat sakit, apakah efeknya kalau sampai terlepas seperti itu? Mohon jawabannya, terima kasih sebelumnya.

    • hadisome Says:

      rasa sakitnya mungkin timbul karena dislokasi IUD pada saat akan terlepas.
      efeknya sih kemungkinan anda hamil lagi jika ketika berhubungan tidak memakai kontrasepsi semacam kondom dsb…

  173. vivi Says:

    dok saya vivi
    saya sudah 3thn lalu pkek KB spiral,,kata org” di sekitar saya KB spiral resiko kanker rahim sangat besar….apakah betul demikian?

  174. Eva Says:

    apakah KB IUD ini bisa digunakan pada saat mensturasi..??

  175. elis setyo Says:

    hallo….sy dgn ellis,
    saya pake iud nova, haid saya setelah dipasang tidak normal…dan skr sdh 2 bulan saya blm menstruasi..apakah aman atau bagaimana? tolong jawabannya..trims..

    • hadisome Says:

      setelah dipasangi IUD ini, anda merasa terbebani ngga? stres gitu? kalo ya, ada kemungkinan karena faktor stres tersebut memicu perubahan situasi hormon, makanya anda tidak haid.

  176. tikaa Says:

    Sore mas hadii sy mau tanyaa :)
    Saya umur 21thn n pny 1 anak umur 1thn
    6bln yg lalu sy pk IUD nova T
    Sblmny haid sy kdg pas kdg telat
    Tp maksimal telatnya cuma 11 hari
    Nah skrg udh 18hari telatnya
    Kmrn smpt testpack hasilnya negatif,tp 2jam setelah itu keluar garis samar
    Wktu sy cek k spog,ktny negatif,tdk ada tanda2 kehamilan,cuma ada gumpalan darah krna haidnya blm kluar
    Trus sy dkasi obat norelut utk 10 hari
    Sy udh mkn obatnya seminggu tp blm dpt2 jd haidnya
    N wktu itu kt spog nya IUD nya msh diposisi normal (masih aman)
    Apa mgkn itu bs hamil apa gmn?
    Sy tkt niiihhh hamil lg krna baby kuu baru 1thn,trus sy msh terlalu muda utk melahirkan lg
    Makasii bwt jwbnny y mas hadi :)

    • hadisome Says:

      setelah minum obat sekarang gmn bu?
      saya tidak bisa memastikan apakah itu hamil atau gmn, saran saya sih mendingan konsul sekalian periksa lagi sama SpOGnya…

  177. yuzza Says:

    salam kenal pa..saya yuzza,tgl 19 des (hari ke 41 pasca melahirkan) saya pasang iud,kt bidan sy disuruh kontrol lg tgl 26,,setelah dipasang sy menstruasi pdhl kt bidannya pling ada bercak2 cm 3 hri tp ternyata saya mens ampe tgl 24 (saya pikir mens krn bau n warna darahnya nya sama dg darah nifas),sy ga khawatir krn tanya teman jg katanya gitu,,tgl 26 sy kontrol dan ternyata kt bidan nya iud susp. expulsi,ktnya benangnya lepas kemungkinan terbawa darah mens,,kemudian sy dipasang lg,sampai hari jumat tgl 30 des ada bercak2 sdikit2 dan hari sabtunya bersih gada apa2…tp tadi pagi tiba2 sy pendarahan agak banyak,ketika sy batuk juga terasa ada yg keluar,,padahal sy belum berhubungan dg suami,sy jd khawatir mengingat teman teman sy yg pke kb iud aman aman saja tidak seperti sy…apakah itu normal pa?

    • hadisome Says:

      periksa lagi coba bu? apakah keluar lagi atau tidak?
      normal2 saja sih karena IUD memang bisa keluar dengan sendirinya. untuk memastikan keberadaan IUDnya coba di USG bu… untuk jaga2, pas berhubungan pake kondom dulu. salam

  178. elanda Says:

    salam kenal pa’ hadi, saya pernah memakai IUD coper T. waktu awal bulan juni 2012 kemarin, setelah pemasangan 2 hari berturut saya merasakan nyeri di bawah perut dan saya langsung kontrol kebidan, kata bidan mulut rahim saya erosi dan bidan memberi saya obat tapi nyeri itu terus berlanjut sampai akhirnya saya memutuskan utk lepas IUD nya saya fikir dgn melepas IUD saya tidak merasakan nyeri itu ternyata dugaan saya salah nyeri itu trs ada sampe saya mengalami keputihan berwarna hijau muda, apa yg hrs saya lakukan pa’?trims.

    • hadisome Says:

      biasanya kalo ada erosi, bidan tidak akan memasang IUD hingga erosinya sembuh dulu.
      langkah anda sudah tepat melepas IUD nya…
      mengenai keputihan yg berwarna hijau muda, jelas itu sudah menunjukan keputihan yang tidak normal. saya sarankan anda ke dokter untuk memeriksakan kondisi rahim anda supaya ketauan itu keputihan dari mana….
      salam

  179. chio's mom Says:

    tes

  180. chio's mom Says:

    slmt pagi mas hadi..
    saya mw ikut share nii,,
    dlu saya prnah psang iud tp sdh sya cpot karena pd saat msh d psang,saya flek trz smpe 4bln lalu bidan mnyarankan u/d copot hr itu jg..
    stlh saya copot eh saya mlh gga mens” smpe skrg qra” sdh 4bln ini saya tdk mens tp sdh sya cek tespek hsilna negatif!!
    mrs.V bgyn dlm saya jg mlh jd sering gtal stlh iud d cpot..
    saya sdh k SPOG mlh d blg “km psang na yg murahan koper T sii bnyk mslh”
    Saya mw tnya:
    -Mmang yg mhal itu yg ap si??
    -Knp saya blm jg menstruasi stlh copot spiral??
    -Ap itu ad hub.na dgn saya yg msh mnyusui&efek smping dr kb sblmna??
    (sblmna sy prnh suntik 3bln&1bln tp tdk ad yg ccok)

    • hadisome Says:

      wah gatau ya yang mahalan itu yang mana hehehe
      bellum mens memang ada hubungan dengan menyusui… dan riwayat suntik KB yang pernah dilakukan juga mempengaruhi menstruasi..
      salam

  181. Neni Says:

    mksh dok atas semua saran2nya&masukan yg diberikan.sangat bermanfaat bg saya.oh y dok ada 1pertanyaan nich,apa ada kemungkinan iud bisa terlepas dg sendirinya dr dlm rahim?

  182. jenny Says:

    dok mau tanya sy pengguna IUD, slm menggunakan IUD sy mengalami keputihan dan gatal pada saat menjelang menstruasi.n baunya jg amis.apa terjadi infeksi atau apa ya dok?

    • hadisome Says:

      harus diperiksa untuk memastikan, apakah ada peradangan atau ada sebab lain. keputihan yang gatal dan bau amis itu katanya sudah termasuk diluar keputihan normal.

  183. Mirah Says:

    Dok saya mau tanya, saya baru sebulan pasang iud nova T, 2 minggu pertama saya mengalami flek tapi tidak setiap hari, masuk minggu ke 3 saya haid tapi tidak terlalu banyak, dan sampai skrg saya masih haid, sewaktu masa haid saya merasa mual dan pusing setiap hari, apakah itu efek dari iud dok? Dan boleh kah selama masih ada haid melakukan hubungan suami istri? Terima kasih dok

    • hadisome Says:

      harusnya sih tidak ada mual ya dan pusing ya. tapi bisa jadi itu adalah efek dari ‘benda’ baru di dalam rahim anda. saran saya coba lakukan kontrol ulang ke dokter, mumpung masih baru. konsultasikan juga apa yang anda dan suami rasakan ketika berhubungan setelah IUD terpasang.
      selama masih haid, menurut aturan keyakinan saya sih tidak boleh, kecuali sudah bersih.

  184. itis Says:

    assalammu’alaikum pak hadi.
    Saya memakai iud sudah 3bulan lebih.alhamdulillah tak ada keluhan yg berat.yg mau saya tanyakan,bolehkah saya mengkonsumsi jamu sari rapat vagina?apakah nantinya akan berpengaruh buruk pada iud dan rahim saya?
    Lalu,setiap selesai intim,suami mengeluh gatal di ujung mr.P nya,katanya kena iud yg saya pakai.tetapi tidak sakit saat berhubungan.
    Saya tidak berani untuk mem’blow’ benangnya,takutnya ntar malah tidak senyaman sekarang ini,atau bisa lepas.solusinya gimana ya pak hadi,terima kasih sebelumnya.

  185. uhan Says:

    malam pak,mau tnya pak..maklum masih pendatang baru ttg iud…apakah saat pertma kali pasang rasanya sakit luarbiasa?maaf pak..logika saya..ada benda yg dimasukkan kedlam rahim..hehe..dan ciri cocok mnggunakan kb iud apa pak..makasih..

  186. febryanti Says:

    sy mau nanyak dokter,setelah pasang iud,haid sy kok tidak berhenti sampek skr,padahal udah 2 mingguan,terimakasih

  187. manda Says:

    halo mas,
    saya barusan k dokter mau lepas IUD, eh benangnya gk keliatan. pdhl bulan desember saya papsmear kata dokternya masih bisa liat benangnya. trus disuruh dateng lagi untuk anestesi aja. gmn sih prosedurnya? ngeri gk sih anestesi itu? bisa infertile gk setelah prosedur tersebut? apa tidak lebih baik USG dulu yah liat posisinya dmn?
    makasih responnya ya

    dari ibu yang galau

    • hadisome Says:

      ibu galau, kenapa anda tidak meminta untuk di USG aja sekalian konsultasi?
      mengenai anestesi, jujur itu bukan bidang saya, itu sudah masuk wilayah medis. dan saya tidak bisa menjawabnya hehehehe….

  188. uchie Says:

    Salam kenal mah hadi ,, saya mau tnya ,, bulan september taun kmrin sya bru sja mlahirkan seorang putri tepatnya bulan september 2012,30 hari stlah melhrkn sya mmtuskan untuk mnggunakan IUD atas sran ibu sya ,olh dktr spesialis tmpt sya mmasang 1 bulan prtma sya mmasang sya dsruh kontrol dan brtnya pda suami apakah ada keluhan ketika berhubungan,suami sya mnjwab tidak ada bedany,nmun trasa da gatal pda miss v sya nmun stlh dpriksakan dktrny blg posisi bagus dan tdk ada apa2 sya hnya dbri salep obat luar untuk dioleskn ktmpt yg gatal.haid sya lancar dr prtma dpsang sbulan kmudian hingga skrg msh lancar sja dan hanya 7 hari perbedaanny adalah darah yg kluar bgtu bnyak saat haid ,tp knp ia mas sya gk ngrsa da benang yg mnjuntai apa alat kbny msh ada ??sya tdk brani mmeriksa dngan jari sya mas .. Ngdngrny ajj ngilu .. Hehe ..trs knp jg ia mas kdang dluar siklus haid sya suka mngluarkn bercak darah ,,dan stlh brhubungan dngan suami sya pun keesokanny suka da bercak2 darah brcmpur kptuihan ??sya jd takut .. Tolong djwab ia mas .. Terimakasii :)

    • hadisome Says:

      tentang rasa gatal, bisa jadi memang karena adanya IUD di dalam rahim yang baru dipasang dan anda belum terbiasa. jadi ada perasaan bahwa ada yang mengganggu. mengingat hasil pemeriksaan dokter yang menunjukan tidak apa-apa, saya kira anda tinggal mengoleskan salep. mudah2an lama kelamaan rasa gatal itu hilang.
      tentang jumlah haid yang lebih banyak, itu memang wajar terjadi ketika IUD terpasang. mengenai bercak darah yang keluar diantara haid, itu juga wajar adanya. karena memang akan terjadi spotting ketika IUD terpasang. mengenai keputihan, harusnya diperiksakan lagi ke dokter untuk mengetahui apakah itu keputihan yang masih normal atau memang karena ada sesuatu.
      terima kasih

  189. zie Says:

    Assalamualaikum …
    Pak hadi stlh saya baca blog anda saya sangt senang..karna saya bisa sharing tentang keluhan saya akhir” ini..
    Saya pasang IUD thn 2004 saya kurng tahu namanya tapi bentuk nya T ..
    Dulu saya di pasang untuk jangka waktu 8 tahun…smpe skrng sy blm buka .kini saya sering kali merasakan keluhan sakit pinggang…
    Sblm nya selama ini saya ga pernah merasakan keluhan apaun baik diri saya ataupun dari suami saya…
    Apa karna efek samping dr kb tersebut sakit saya sekarang ini…!!

    # Mohon penjelasaannya segera…
    Trimakasih sebelum nya.

    • hadisome Says:

      waalaikum salam, maaf baru saya jawab sekarang.
      IUD coppper T ya bu? itu terasa sakit pinggangnya sejak dipasangi IUD 8 taun lalu atau baru belakangan ini?
      saya menduga bukan dari efek IUD kok bu, banyak faktor yang bs menyebabkan sakit pinggang. kurang minum juga bisa menyebabkan sakit pinggang loh bu.

      • zie Says:

        Sakit pinggang nya sejak dua tahun belakangan ini pak..

        Apa mungkin karna terllu lama ..sementara dl sewaktu di pasang untuk jangka 5 tahun sJa..

        Maaf pak..mohon penjelasan nya kembali..adakH efek samping dr terlambat nya di buka spiral tersebut…!!
        Terimakasih sebelum nya pak hadi..

        # Sukses sellu ya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,155 other followers

%d bloggers like this: